Langsung ke konten utama

PERANGKAT MATEMATIKA IX KUR 13 PK-Q-I


PROGRAM TAHUNAN
(PROTA)


Sekolah                  : ..............................
Mata Pelajaran       : Matematika
Kelas/ Semester     : IX/ 1

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
Keterangan
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
Semester 1.
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1 Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan.
3.2 Memahami operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
3.4 Memahami perbandingan bertingkat dan persentase, serta mendeskripsikan permasalahan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan.
3.6 Memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui pengamatan.
3.7 Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola.
3.8 Menaksir dan mengitung luas permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya.
3.10Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi akar.
3.11Menentukan nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai jenis data.
3.12Memahami teknik penyajian data dari dua variabel menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik masalah nyata, serta menentukan hubungan antarvariabel untuk mengambil kesimpulan.
3.14Memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan.
4.2 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata mencakup perbandingan bertingkat dan persentase dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan.
4.3 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan berbagai teknik manipulasi aljabar dan aritmetika.
4.4 Mengenal pola bilangan, barisan, deret, dan semacam, dan memperumumnya; menggunakan untuk menyelesaikan masalah nyata, serta menemukan masalah baru.
4.5 Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan.


4.6 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan berbagai grafik, serta mengidentifikasi hubungan antarvariabel serta mengambil kesimpulan.
1. Bilangan Berpangkat.
2. Notasi Ilmiah (bentuk baku) dan Bentuk Akar.
3. Pola Bilangan.
4. Barisan Bilangan.
5. Deret Bilangan.
6. Perbandingan Bertingkat.
7. Persentase.
8. Kesebangunan.
9. Kekongruenan.
10.           Tabung.
11.           Kerucut.
12.           Bola.
13.           Penyajian Data.
14.           Mean, Median, dan Modus.
... × Jam Pelajaran (JP).

Semester 2.
3.3 Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya.
3.5 Menentukan orientasi dan lokasi benda dalam koordinat Kartesius, serta menentukan posisi relatif terhadap acuan tertentu.
3.9 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana secara empirik dan teoritik.
3.13Memahami konsep ruang sampel suatu percobaan.
3.14Memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan.
4.1 Menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel, sistem persamaan linear dua variabel, dan/ atau fungsi kuadrat.
4.7 Menerapkan prinsip-prinsip peluang untuk menyelesaikan masalah nyata.
4.8 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari berbagai permasalahan nyata.

... × Jam Pelajaran (JP).











                                                                                                                           …………………………, 20..
Mengetahui,                                                                                                                   
Kepala Sekolah                                                                                                Guru Mata Pelajaran






 

NIP.                                                                                                                    NIP.











PROGRAM SEMESTER

Sekolah                  : ..............................
Mata Pelajaran       : Matematika
Kelas/ Semester     : IX/ 1
Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 1.
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1 Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan.
3.2 Memahami operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
4.3 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan berbagai teknik manipulasi aljabar dan aritmetika.
1.            Menerangkan tentang bilangan berpangkat.
2.            Menjelaskan mengenai notasi ilmiah (bentuk baku) dan bentuk akar.
1.            Bilangan Berpangkat.
2.            Notasi Ilmiah (bentuk baku) dan Bentuk Akar.
... × Jam Pelajaran (JP).





























                                                                                                        …………………………, 20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               Guru Mata Pelajaran

 

NIP.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   NIP.

PROGRAM SEMESTER

Sekolah                  : ..............................
Mata Pelajaran       : Matematika
Kelas/ Semester     : IX/ 1
Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 2.
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10         Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi akar.
4.4 Mengenal pola bilangan, barisan, deret, dan semacam, dan memperumumnya; menggunakan untuk menyelesaikan masalah nyata, serta menemukan masalah baru.
1.            Menerangkan mengenai pola bilangan.
2.            Menjabarkan tentang barisan bilangan.
3.            Menjelaskan mengenai deret bilangan.
1.            Pola Bilangan.
2.            Barisan Bilangan.
3.            Deret Bilangan.
... × Jam Pelajaran (JP).






























                                                                                                        …………………………, 20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               Guru Mata Pelajaran


 

NIP.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   NIP.

PROGRAM SEMESTER

Sekolah                  : ..............................
Mata Pelajaran       : Matematika
Kelas/ Semester     : IX/ 1
Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 3.
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.4 Memahami perbandingan bertingkat dan persentase, serta mendeskripsikan permasalahan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan.
4.2 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata mencakup perbandingan bertingkat dan persentase dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan.
1.            Menerangkan tentang perbandingan bertingkat.
2.            Menjelaskan mengenai persentase.
1.            Perbandingan Bertingkat.
2.            Persentase.
... × Jam Pelajaran (JP).





























                                                                                                        …………………………, 20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               Guru Mata Pelajaran


 

NIP.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   NIP.

PROGRAM SEMESTER


Sekolah                  : ..............................
Mata Pelajaran       : Matematika
Kelas/ Semester     : IX/ 1
Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 4.
1.1   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1   Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2   Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3   Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.6   Memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui pengamatan.
4.5   Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan.
1.            Menerangkan mengenai kesebangunan.
2.            Menjelaskan tentang kekongruenan.
1.            Kesebangunan.
2.            Kekongruenan.
... × Jam Pelajaran (JP).






























                                                                                                        …………………………, 20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               Guru Mata Pelajaran


 

NIP.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   NIP.

PROGRAM SEMESTER

Sekolah                  : ..............................
Mata Pelajaran       : Matematika
Kelas/ Semester     : IX/ 1
Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 5.
1.1   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1   Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2   Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3   Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.7   Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola.
3.8   Menaksir dan mengitung luas permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya.
1.            Menerangkan mengenai tabung.
2.            Menjabarkan tentang kerucut.
3.            Menjelaskan mengenai bola.
1.            Tabung.
2.            Kerucut.
3.            Bola.
... × Jam Pelajaran (JP).






























                                                                                                        …………………………, 20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               Guru Mata Pelajaran


 

NIP.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   NIP.

PROGRAM SEMESTER

Sekolah                  : ..............................
Mata Pelajaran       : Matematika
Kelas/ Semester     : IX/ 1
Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 6.
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi akar.
3.11Menentukan nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai jenis data.
3.12Memahami teknik penyajian data dari dua variabel menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik masalah nyata, serta menentukan hubungan antarvariabel untuk mengambil kesimpulan.
4.6 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan berbagai grafik, serta mengidentifikasi hubungan antarvariabel serta mengambil kesimpulan.
1.            Menerangkan mengenai penyajian data.
2.            Menjelaskan tentang mean, median, dan modus.
1.            Penyajian Data.
2.            Mean, Median, dan Modus.
... × Jam Pelajaran (JP).





























                                                                                                        …………………………, 20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               Guru Mata Pelajaran

 

NIP.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   NIP.
SILABUS DAN PENILAIAN

Sekolah                  : ..............................
Mata Pelajaran       : Matematika.
Kelas/ Semester     : VII/ 1.

Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
BAB 1.
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1 Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan.
3.2 Memahami operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
4.3 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan berbagai modifikasi aljabar dan aritmetika.
1.              Bilangan Berpangkat.
2.              Notasi Ilmiah (bentuk baku) dan Bentuk Akar.
1.              Menerangkan tentang bilangan berpangkat.
2.              Menjelaskan mengenai notasi ilmiah (bentuk baku) dan bentuk akar.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang bentuk perkalian berulang n dari a tersebut. Kemudian jelaskan dengan ba-hasamu sendiri mengenai bentuk sederhananya bilangan berpangkat.
Menanya
1.            Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang mengapa semua bilangan yang dipangkatkan dengan 0 hasilnya selalu 1.
2.            Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang mengapa semua bilangan yang dipangkatkan dengan 0 hasilnya selalu 1.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang operasi pada bentuk akar.
Mengasosiasi
1.            Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang beberapa contoh notasi ilmiah di atas. Kemudian buatlah beberapa notasi ilmiah sendiri sesuai pemahaman kalian.
2.            Mengamati dan menjelaskan tentang beberapa contoh notasi ilmiah di atas. Kemudian buatlah beberapa notasi ilmiah sendiri sesuai pemahaman kalian.


Mengomunikasikan
1.            Mengomunikasikan secara lisan tentang sebuah rangkuman yang berisikan tentang perbedaan dan persamaan tentang bilangan berpangkat dan bentuk akar. Kemudian presentasikan hasil pekerjaan kalian di depan kelas.
2.            Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang sebuah rangkuman yang berisikan tentang perbedaan dan persamaan tentang bilangan berpangkat dan bentuk akar. Kemudian presentasikan hasil pekerjaan kalian di depan kelas.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
BAB 2.
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi akar.
4.4 Mengenal pola bilangan, barisan, deret, dan semacam, dan memperumumnya; menggunakan untuk menyelesaikan masalah nyata, serta menemukan masalah baru.
1.              Pola Bilangan.
2.              Barisan Bilangan.
3.              Deret Bilangan.
1.              Menerangkan mengenai pola bilangan.
2.              Menjabarkan tentang barisan bilangan.
3.              Menjelaskan mengenai deret bilangan.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pola dan generalisasikanlah untuk membuat prediksi.
Menanya
1.            Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang penggunaan pola untuk memprediksi kejadian, aktivitas sehari-hari, maupun aktivitas sosial lainnya.
2.            Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang penggunaan pola untuk memprediksi kejadian, aktivitas sehari-hari, maupun aktivitas sosial lainnya.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang pola dan barisan melalui contoh dari pola atau barisan bilangan ataupun fenomena lainnya, serta strategi untuk melakukan prediksi dalam menentukan polanya.
Mengasosiasi
1.            Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pola, barisan, dan deret.
2.            Mengamati dan menjelaskan tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pola, barisan, dan deret.
Mengomunikasikan
1.            Mengomunikasikan secara lisan tentang hasil pembelajaran yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pola bilangan, barisan, dan deret.
2.            Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang hasil pembelajaran yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pola bilangan, barisan, dan deret.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
BAB 3.
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.4 Memahami perbandingan bertingkat dan persentase, serta mendeskripsikan permasalahan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan.
4.2 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata mencakup perbandingan bertingkat dan persentase dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan.
4.3 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan berbagai modifikasi aljabar dan aritmetika.
1.              Perbandingan Bertingkat.
2.              Persentase.
1.              Menerangkan tentang perbandingan bertingkat.
2.              Menjelaskan mengenai persentase.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang kejadian-kejadian di sekitar kalian yang dapat diselesaikan dengan menggunakan konsep perbandingan.
Menanya
1.            Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang kelebihan dan manfaat mengenal masalah sehari-hari yang bersifat fungsional, tidak fungsional, bagaimana mengubah masalah/ bahasa sehari-hari ke dalam bentuk perbandingan dan sebaliknya.
2.            Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang kelebihan dan manfaat mengenal masalah sehari-hari yang bersifat fungsional, tidak fungsional, bagaimana mengubah masalah/ bahasa sehari-hari ke dalam bentuk perbandingan dan sebaliknya.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang strategi mengubah suatu perbandingan ke dalam bentuk nilai perbandingan bulat paling sederhana.
Mengasosiasi
1.            Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang perbandingan bertingkat atau persentase dari kuantitas benda dengan kuantitas benda lainnya dalam suatu kumpulan benda, atau suatu ukuran/ besaran dengan ukuran/ besaran lainnya di bidang aritmetika sosial, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya.
2.            Mengamati dan menjelaskan tentang perbandingan bertingkat atau persentase dari kuantitas benda dengan kuantitas benda lainnya dalam suatu kumpulan benda, atau suatu ukuran/ besaran dengan ukuran/ besaran lainnya di bidang aritmetika sosial, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya.
Mengomunikasikan
1.            Mengomunikasikan secara lisan tentang hasil pembelajaran yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai perbandingan bertingkat dan persentase.
2.            Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang hasil pembelajaran yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai perbandingan bertingkat dan persentase.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
BAB 4.
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.6 Memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui pengamatan.
4.5 Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan.
1.              Kesebangunan.
2.              Kekongruenan.
1.              Menerangkan mengenai kesebangunan.
2.              Menjelaskan tentang kekongruenan.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang beberapa benda di sekitar kalian, sebutkan beberapa benda yang sebangun.
Menanya
1.            Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang penerapan kesebangunan dan kekongruenan dalam kehidupan sehari-hari.
2.            Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang penerapan kesebangunan dan kekongruenan dalam kehidupan sehari-hari.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang cara menggambar bangun datar yang sebangun dan kongruen dengan bangun lain.
Mengasosiasi
1.            Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep sebangun dan yang bukan konsep sebangun.
2.            Mengamati dan menjelaskan tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep sebangun dan yang bukan konsep sebangun.
Mengomunikasikan
1.            Mengomunikasikan secara lisan tentang hasil pembelajaran yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai kesebangunan dan kekongruenan.
2.            Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang hasil pembelajaran yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai kesebangunan dan kekongruenan.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
BAB 5.
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.7 Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola.
3.8 Menaksir dan mengitung luas permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya.
1.              Tabung.
2.              Kerucut.
3.              Bola.
1.              Menerangkan mengenai tabung.
2.              Menjabarkan tentang kerucut.
3.              Menjelaskan mengenai bola.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan luas dan volume tabung.
Menanya
1.            Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang penerapan luas dan volume tabung dalam kehidupan sehari-hari.
2.            Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang penerapan luas dan volume tabung dalam kehidupan sehari-hari.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang luas permukaan, serta volume kerucut berdasarkan konsep luas dan volume bangun ruang limas.
Mengasosiasi
1.            Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang rumus luas dan volume bangun datar dan bangun ruang sederhana untuk menaksir bangun-bangun tidak beraturan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktivitas sosial sehari-hari.
2.            Mengamati dan menjelaskan tentang rumus luas dan volume bangun datar dan bangun ruang sederhana untuk menaksir bangun-bangun tidak beraturan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktivitas sosial sehari-hari.
Mengomunikasikan
1.            Mengomunikasikan secara lisan tentang rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah kalian lakukan. Kemudian, komunikasikan hasil rangkuman kalian di depan kelas.
2.            Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah kalian lakukan. Kemudian, komunikasikan hasil rangkuman kalian di depan kelas.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
BAB 6
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok  maupun aktivitas sehari-hari.
3.11Menentukan nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai jenis data.
3.12Memahami teknik penyajian data dari dua variabel menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik masalah nyata, serta menentukan hubungan antarvariabel untuk mengambil kesimpulan.
4.6 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan berbagai grafik, serta mengidentifikasi hubungan antarvariabel serta mengambil kesimpulan.
1.              Penyajian Data.
2.              Mean, Median, dan Modus.
1.              Menerangkan mengenai penyajian data.
2.              Menjelaskan tentang mean, median, dan modus.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang (diagram batang yang terdapat dalam buku LKS pada bab 6 Statistika).
Menanya
1.            Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang hasil pembacaan diagram batang pada kegiatan di atas, cari tahu mana yang sudah benar dan mana pula yang masih salah. Kemudian, cari tahu pembetulannya pada jawabanmu yang masih salah.
2.            Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang hasil pembacaan diagram batang pada kegiatan di atas, cari tahu mana yang sudah benar dan mana pula yang masih salah. Kemudian, cari tahu pembetulannya pada jawabanmu yang masih salah.

Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang ukuran sepatu teman-teman sekelas kalian. Kemudian, sajikan hasil wawancara kalian dalam bentuk diagram batang, lingkaran, dan garis.
Mengasosiasi
1.            Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penyebaran dan penyajian data.
2.            Mengamati dan menjelaskan tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penyebaran dan penyajian data.
Mengomunikasikan
1.            Mengomunikasikan secara lisan tentang rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah kalian lakukan. Kemudian, komunikasikan hasil rangkuman kalian di depan kelas.
2.            Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah kalian lakukan. Kemudian, komunikasikan hasil rangkuman kalian di depan kelas.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.




BAB 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                  : ..............................
Mata Pelajaran       : Matematika
Kelas/ Semester     : IX/ 1
Alokasi Waktu       :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1 Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan.
3.2 Memahami operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
4.3 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan berbagai teknik manipulasi aljabar dan aritmetika.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.   memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan,
2.   memahami operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta
3.   Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan berbagai teknik manipulasi aljabar dan aritmetika.

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Bilangan Berpangkat.
2.   Notasi Ilmiah (bentuk baku) dan Bentuk Akar.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang bentuk perkalian berulang n dari a tersebut. Kemudian jelaskan dengan bahasamu sendiri mengenai bentuk sederhananya bilangan berpangkat.
Menanya
1.   Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang mengapa semua bilangan yang dipangkatkan dengan 0 hasilnya selalu 1.
2.   Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang mengapa semua bilangan yang dipangkatkan dengan 0 hasilnya selalu 1.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang operasi pada bentuk akar.
Mengasosiasi
1.   Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang beberapa contoh notasi ilmiah di atas. Kemudian buatlah beberapa notasi ilmiah sendiri sesuai pemahaman kalian.
2.   Mengamati dan menjelaskan tentang beberapa contoh notasi ilmiah di atas. Kemudian buatlah beberapa notasi ilmiah sendiri sesuai pemahaman kalian.
Mengomunikasikan
1.   Mengomunikasikan secara lisan tentang sebuah rangkuman yang berisikan tentang perbedaan dan persamaan tentang bilangan berpangkat dan bentuk akar. Kemudian presentasikan hasil pekerjaan kalian di depan kelas.
2.   Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang sebuah rangkuman yang berisikan tentang perbedaan dan persamaan tentang bilangan berpangkat dan bentuk akar. Kemudian presentasikan hasil pekerjaan kalian di depan kelas.

SUMBER BELAJAR
1.   Buku paket.
2.   Buku LKS.
3.   Buku referensi lain yang relevan.
4.   Informasi dari media massa dan internet.

PENILAIAN
1.   Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.   Instrumen/ soal:
a.   Tes pilihan ganda.
b.   Tes uraian.
c.   Penugasan.




BAB 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                  : ..............................
Mata Pelajaran       : Matematika
Kelas/ Semester     : IX/ 1
Alokasi Waktu       :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10         Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi akar.
4.4 Mengenal pola bilangan, barisan, deret, dan semacam, dan memperumumnya; menggunakan untuk menyelesaikan masalah nyata, serta menemukan masalah baru.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.   menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi akar,
2.   memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan, serta
3.   mengenal pola bilangan, barisan, deret, dan semacam, dan memperumumnya; menggunakan untuk menyelesaikan masalah nyata, serta menemukan masalah baru.

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Pola Bilangan.
2.   Barisan Bilangan.
3.   Deret Bilangan.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pola dan generalisasikanlah untuk membuat prediksi.
Menanya
1.   Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang penggunaan pola untuk memprediksi kejadian, aktivitas sehari-hari, maupun aktivitas sosial lainnya.
2.   Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang penggunaan pola untuk memprediksi kejadian, aktivitas sehari-hari, maupun aktivitas sosial lainnya.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang pola dan barisan melalui contoh dari pola atau barisan bilangan ataupun fenomena lainnya, serta strategi untuk melakukan prediksi dalam menentukan polanya.
Mengasosiasi
1.   Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pola, barisan, dan deret.
2.   Mengamati dan menjelaskan tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pola, barisan, dan deret.
Mengomunikasikan
1.   Mengomunikasikan secara lisan tentang hasil pembelajaran yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pola bilangan, barisan, dan deret.
2.   Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang hasil pembelajaran yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pola bilangan, barisan, dan deret.

SUMBER BELAJAR
1.   Buku paket.
2.   Buku LKS.
3.   Buku referensi lain yang relevan.
4.   Informasi dari media massa dan internet.

PENILAIAN
1.   Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.

3.   Instrumen/ soal:
a.   Tes pilihan ganda.
b.   Tes uraian.
c.   Penugasan.


BAB 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                  : ..............................
Mata Pelajaran       : Matematika.
Kelas/ Semester     : IX/ 1.
Alokasi Waktu       :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.4 Memahami perbandingan bertingkat dan persentase, serta mendeskripsikan permasalahan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan.
4.2 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata mencakup perbandingan bertingkat dan persentase dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.   memahami perbandingan bertingkat dan persentase, serta mendeskripsikan permasalahan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan, serta
2.   menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata mencakup perbandingan bertingkat dan persentase dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan,

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Perbandingan Bertingkat.
2.   Persentase.
METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang kejadian-kejadian di sekitar kalian yang dapat diselesaikan dengan menggunakan konsep perbandingan.
Menanya
1.   Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang kelebihan dan manfaat mengenal masalah sehari-hari yang bersifat fungsional, tidak fungsional, bagaimana mengubah masalah/ bahasa sehari-hari ke dalam bentuk perbandingan dan sebaliknya.
2.   Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang kelebihan dan manfaat mengenal masalah sehari-hari yang bersifat fungsional, tidak fungsional, bagaimana mengubah masalah/ bahasa sehari-hari ke dalam bentuk perbandingan dan sebaliknya.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang strategi mengubah suatu perbandingan ke dalam bentuk nilai perbandingan bulat paling sederhana.
Mengasosiasi
1.   Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang perbandingan bertingkat atau persentase dari kuantitas benda dengan kuantitas benda lainnya dalam suatu kumpulan benda, atau suatu ukuran/ besaran dengan ukuran/ besaran lainnya di bidang aritmetika sosial, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya.
2.   Mengamati dan menjelaskan tentang perbandingan bertingkat atau persentase dari kuantitas benda dengan kuantitas benda lainnya dalam suatu kumpulan benda, atau suatu ukuran/ besaran dengan ukuran/ besaran lainnya di bidang aritmetika sosial, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya.
Mengomunikasikan
1.   Mengomunikasikan secara lisan tentang hasil pembelajaran yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai perbandingan bertingkat dan persentase.
2.   Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang hasil pembelajaran yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai perbandingan bertingkat dan persentase.
SUMBER BELAJAR
1.   Buku paket.
2.   Buku LKS.
3.   Buku referensi lain yang relevan.
4.   Informasi dari media massa dan internet.
PENILAIAN
1.   Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.   Instrumen/ soal:
a.   Tes pilihan ganda.
b.   Tes uraian.
c.   Penugasan.
BAB 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                  : ..............................
Mata Pelajaran       : Matematika
Kelas/ Semester     : IX/ 1
Alokasi Waktu       :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.6 Memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui pengamatan.
4.5 Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.   memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui pengamatan, serta
2.   menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan.

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Kesebangunan.
2.   Kekongruenan.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang beberapa benda di sekitar kalian, sebutkan beberapa benda yang sebangun.
Menanya
1.   Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang penerapan kesebangunan dan kekongruenan dalam kehidupan sehari-hari.
2.   Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang penerapan kesebangunan dan kekongruenan dalam kehidupan sehari-hari.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang cara menggambar bangun datar yang sebangun dan kongruen dengan bangun lain.
Mengasosiasi
1.   Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep sebangun dan yang bukan konsep sebangun.
2.   Mengamati dan menjelaskan tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep sebangun dan yang bukan konsep sebangun.
Mengomunikasikan
1.   Mengomunikasikan secara lisan tentang hasil pembelajaran yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai kesebangunan dan kekongruenan.
2.   Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang hasil pembelajaran yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai kesebangunan dan kekongruenan.

SUMBER BELAJAR
1.   Buku paket.
2.   Buku LKS.
3.   Buku referensi lain yang relevan.
4.   Informasi dari media massa dan internet.

PENILAIAN
1.   Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.   Instrumen/ soal:
a.   Tes pilihan ganda.
b.   Tes uraian.
c.   Penugasan.




BAB 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                  : ..............................
Mata Pelajaran       : Matematika.
Kelas/ Semester     : IX/ 1.
Alokasi Waktu       :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.7 Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola.
3.8 Menaksir dan mengitung luas permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.   menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola, serta
2.   menaksir dan mengitung luas permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya.

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Tabung.
2.   Kerucut.
3.   Bola.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan luas dan volume tabung.
Menanya
1.   Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang penerapan luas dan volume tabung dalam kehidupan sehari-hari.
2.   Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang penerapan luas dan volume tabung dalam kehidupan sehari-hari.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang luas permukaan, serta volume kerucut berdasarkan konsep luas dan volume bangun ruang limas.
Mengasosiasi
1.   Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang rumus luas dan volume bangun datar dan bangun ruang sederhana untuk menaksir bangun-bangun tidak beraturan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktivitas sosial sehari-hari.
2.   Mengamati dan menjelaskan tentang rumus luas dan volume bangun datar dan bangun ruang sederhana untuk menaksir bangun-bangun tidak beraturan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktivitas sosial sehari-hari.
Mengomunikasikan
1.   Mengomunikasikan secara lisan tentang rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah kalian lakukan. Kemudian, komunikasikan hasil rangkuman kalian di depan kelas.
2.   Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah kalian lakukan. Kemudian, komunikasikan hasil rangkuman kalian di depan kelas.

SUMBER BELAJAR
1.   Buku paket.
2.   Buku LKS.
3.   Buku referensi lain yang relevan.
4.   Informasi dari media massa dan internet.

PENILAIAN
1.   Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.   Instrumen/ soal:
a.   Tes pilihan ganda.
b.   Tes uraian.
c.   Penugasan.




BAB 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                  : ..............................
Mata Pelajaran       : Matematika.
Kelas/ Semester     : IX/ 1.
Alokasi Waktu       :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10  Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi akar.
3.11  Menentukan nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai jenis data.
3.12  Memahami teknik penyajian data dari dua variabel menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik masalah nyata, serta menentukan hubungan antarvariabel untuk mengambil kesimpulan.
4.6 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan berbagai grafik, serta mengidentifikasi hubungan antarvariabel serta mengambil kesimpulan.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.   menentukan nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai jenis data,
2.   memahami teknik penyajian data dari dua variabel menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik masalah nyata, serta menentukan hubungan antarvariabel untuk mengambil kesimpulan, dan
3.   mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan berbagai grafik, serta mengidentifikasi hubungan antarvariabel serta mengambil kesimpulan.

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Penyajian Data.
2.   Mean, Median, dan Modus.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang diagram batang pada gambar berikut menunjukkan data pendaftaran mobil dan total kendaraan selama 6 bulan pertama (pada tahun 2006) di suatu negara.
diagram batang pendaftaran mobil dan total kendaraan selama 6 bulan pertama (pada tahun 2006) di suatu negara.
a.   Berapakah kenaikan pendaftaran kendaraan selain mobil dari Januari sampai dengan April 2006?
b.   Berapa persenkah kenaikan pendaftaran mobil dari Mei sampai Juni 2006?
c.   Berapakah jumlah kendaraan selain mobil yang didaftar pada Maret 2006?
(diagram batang yang terdapat dalam Buku LKS pada Bab 6 Statistika.).
Menanya
1.   Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang hasil pembacaan diagram batang pada kegiatan di atas, cari tahu mana yang sudah benar dan mana pula yang masih salah. Kemudian, cari tahu pembetulannya pada jawabanmu yang masih salah.
2.   Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang hasil pembacaan diagram batang pada kegiatan di atas, cari tahu mana yang sudah benar dan mana pula yang masih salah. Kemudian, cari tahu pembetulannya pada jawabanmu yang masih salah.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang ukuran sepatu teman-teman sekelas kalian. Kemudian, sajikan hasil wawancara kalian dalam bentuk diagram batang, lingkaran, dan garis.

Mengasosiasi
1.   Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penyebaran dan penyajian data.
2.   Mengamati dan menjelaskan tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penyebaran dan penyajian data.
Mengomunikasikan
1.   Mengomunikasikan secara lisan tentang rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah kalian lakukan. Kemudian, komunikasikan hasil rangkuman kalian di depan kelas.
2.   Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah kalian lakukan. Kemudian, komunikasikan hasil rangkuman kalian di depan kelas.

SUMBER BELAJAR
1.   Buku paket.
2.   Buku LKS.
3.   Buku referensi lain yang relevan.
4.   Informasi dari media massa dan internet.

PENILAIAN
1.   Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.   Instrumen/ soal:
a.   Tes pilihan ganda.
b.   Tes uraian.
c.   Penugasan.








                                                                                                                           …………………………, 20..
Mengetahui,                                                                                                                   
Kepala Sekolah                                                                                                Guru Mata Pelajaran





 

NIP.                                                                                                                    NIP.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

pertanyaan dan jawaban tentang manajemen proyek

TUGAS   TEKNI PERENCANAAN DAN EVALUASI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Tekni perencanaan dan evaluasi Disusun Oleh :        Budianoor NPM : 10.12.02183 Semester : 7 (Tujuh) A Eksekutif SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI (STIA) AMUNTAI TAHUN AKADEMIK 2013 BAB 1 Soal-Soal 1.       Dalam manajemen proyek, ada hubungan sebab akibat dari suatu tindakan manajemen. Dari daftar efek dan sebab berikut carilah pasangannya. Efek - Keterlambatan penyelesaian aktivitas dalam proyek - Pembengkakan biaya proyek - Konflik antar personal proyek Sebab -    Tidak ada orang khusus untuk menangani proyek -   Desain yang kurang bagus -   Pembuatan jadwal yang tidak realistis 2.       Sebutkan ciri-ciri proyek. 3.       Terangkan bagaimana cara munculnya proyek. Beri contoh. 4.       Jelaskan segitiga project constraint. 5.       Apa perbedaan antara ukuran dan kompleksitas proyek. Jawab : 1.     Pasangan efek

CONTOH PROPOSAL MAULID AL-HABSYI

PERSATUAN MAULID AL-HABSYI “ DARUL MUKHLISIN ” DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor                         : 03/BJP-BLG/2014                                                                              Halong, 06 Juli 2014 Lampiran         : 1 (satu) berkas Perihal                         : Mohon Bantuan Keuangan Untuk perlengkapan maulid Al-habsyi Kepada Yth, PIMPINAN PT. ATA Di – Halong Asslamu’alaikum Wr. Wb. Dengan Hormat, Kami dari Persatuan Maulid Al-Habsyi “DARUL MUKHLISIN” Ds. Binjai punggal Rt.II Kec.Halong Kab. Balangan mengajukan permohonan kepada Bapak kiranya dapat memberikan bantuan dana untuk perbaikan dan penggantian alat-alat yang hampir tidak layak lagi untuk dipakai. Dan perlu Bapak ketahui bahwa Persatuan Maulid ini sudah dibentuk sejak tahun 2006 atau sudah berusia 8 tahun jadi hampir 80% peralatan yang ada sudah tidak layak pakai. Bantuan yang akan Bapak berikan sangat berarti bagi kelancaran kegi

Proposal Prmohonan Bibit jagung

PROPOSAL KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN TAHUN   201 5 KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL RT.02 KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor      : 04/BJP/HLG/2015 Lampiran : 1 ( satu ) berkas Perihal      : mohon bantuan Bibit jagung,Pupuk dan perlengkapan lainnya                                    Kepada Yth.                  BAPAK KEPALA DINAS PER IKANAN       KABUPATEN BALANGAN                     di -   tempat Assalamu’alaikum Wr.Wb Salam silaturrahmi kami semua, teriring Do’a semoga Bapak senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan sukses selalu dalam menjalankan tugas sehari-hari Amein. Sehubung dengan potensi yang dimiliki Desa Binjai Punggal untuk pengembangan sektur pertanian serta untuk pembangunan daerah kabupaten Balangan, maka kami dari kelompok tani “LULUTUNG INDAH” Desa Binjai Punggal Kecamatan Halong Kabupaten Balangan bermaksu