PERANGKAT MATEMATIKA IX KUR 13 PK-Q-I
PROGRAM
TAHUNAN
(PROTA)
Sekolah :
..............................
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/ Semester : IX/ 1
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
|
Semester 1.
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
3.1 Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan
bentuk akar dalam suatu permasalahan.
3.2 Memahami operasi aljabar yang melibatkan
bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
3.4 Memahami perbandingan bertingkat dan
persentase, serta mendeskripsikan permasalahan menggunakan tabel, grafik, dan
persamaan.
3.6 Memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan
geometri melalui pengamatan.
3.7 Menentukan luas selimut dan volume tabung,
kerucut, dan bola.
3.8 Menaksir dan mengitung luas permukaan bangun
datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi
geometri dasarnya.
3.10Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi akar.
3.11Menentukan
nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai jenis data.
3.12Memahami
teknik penyajian data dari dua variabel menggunakan tabel dan berbagai jenis
grafik masalah nyata, serta menentukan hubungan antarvariabel untuk mengambil
kesimpulan.
3.14Memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan
suatu permasalahan.
4.2 Menggunakan konsep perbandingan untuk
menyelesaikan masalah nyata mencakup perbandingan bertingkat dan persentase
dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan.
4.3 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir
besaran yang tidak diketahui menggunakan berbagai teknik manipulasi aljabar
dan aritmetika.
4.4 Mengenal pola bilangan,
barisan, deret, dan semacam, dan memperumumnya; menggunakan untuk
menyelesaikan masalah nyata, serta menemukan masalah baru.
4.5 Menyelesaikan permasalahan nyata hasil
pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan.
4.6 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan
menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan berbagai grafik,
serta mengidentifikasi hubungan antarvariabel serta mengambil kesimpulan.
|
1. Bilangan Berpangkat.
2. Notasi Ilmiah (bentuk baku) dan Bentuk Akar.
3. Pola Bilangan.
4. Barisan Bilangan.
5. Deret Bilangan.
6. Perbandingan Bertingkat.
7. Persentase.
8. Kesebangunan.
9. Kekongruenan.
10. Tabung.
11. Kerucut.
12. Bola.
13. Penyajian Data.
14. Mean, Median, dan Modus.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
Semester 2.
3.3 Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat
ditinjau dari koefisien dan determinannya.
3.5 Menentukan orientasi dan lokasi benda dalam
koordinat Kartesius, serta menentukan posisi relatif terhadap acuan tertentu.
3.9 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana
secara empirik dan teoritik.
3.13Memahami
konsep ruang sampel suatu percobaan.
3.14Memilih
strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan.
4.1 Menyelesaikan permasalahan nyata yang
berkaitan dengan persamaan linear dua variabel, sistem persamaan linear dua
variabel, dan/ atau fungsi kuadrat.
4.7 Menerapkan prinsip-prinsip peluang untuk
menyelesaikan masalah nyata.
4.8 Membuat dan menyelesaikan model matematika
dari berbagai permasalahan nyata.
|
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
…………………………,
20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester :
IX/ 1
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/
teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
BAB 1.
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
3.1 Memahami
sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan.
3.2 Memahami
operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
4.3 Menyelesaikan
permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan
berbagai teknik manipulasi aljabar dan aritmetika.
|
1. Menerangkan
tentang bilangan berpangkat.
2. Menjelaskan mengenai notasi ilmiah (bentuk baku) dan bentuk akar.
|
1. Bilangan Berpangkat.
2. Notasi Ilmiah
(bentuk baku) dan Bentuk Akar.
|
... × Jam
Pelajaran (JP).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………………………, 20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Sekolah :
..............................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : IX/ 1
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/
teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
BAB 2.
1.1 Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis,
kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan
tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu,
percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya
pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka,
santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Menerapkan pola dan generalisasi
untuk membuat prediksi akar.
4.4 Mengenal pola bilangan, barisan, deret, dan
semacam, dan memperumumnya; menggunakan untuk menyelesaikan masalah nyata, serta
menemukan masalah baru.
|
1. Menerangkan mengenai
pola bilangan.
2. Menjabarkan tentang barisan bilangan.
3. Menjelaskan mengenai
deret
bilangan.
|
1. Pola Bilangan.
2. Barisan Bilangan.
3. Deret Bilangan.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………………………, 20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester :
IX/ 1
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/
teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
BAB 3.
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
3.4 Memahami perbandingan bertingkat dan
persentase, serta mendeskripsikan permasalahan menggunakan tabel, grafik, dan
persamaan.
4.2 Menggunakan konsep perbandingan untuk
menyelesaikan masalah nyata mencakup perbandingan bertingkat dan persentase
dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan.
|
1. Menerangkan tentang perbandingan
bertingkat.
2. Menjelaskan mengenai
persentase.
|
1. Perbandingan
Bertingkat.
2. Persentase.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………………………, 20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Sekolah :
..............................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : IX/ 1
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/
teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
BAB 4.
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
3.6 Memahami konsep kesebangunan dan
kekongruenan geometri melalui pengamatan.
4.5 Menyelesaikan permasalahan nyata hasil
pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan.
|
1. Menerangkan mengenai
kesebangunan.
2. Menjelaskan tentang
kekongruenan.
|
1. Kesebangunan.
2. Kekongruenan.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………………………, 20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Sekolah :
..............................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : IX/ 1
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/
teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
BAB 5.
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
3.7 Menentukan luas selimut dan volume tabung,
kerucut, dan bola.
3.8 Menaksir dan mengitung luas permukaan
bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan
kombinasi geometri dasarnya.
|
1. Menerangkan mengenai
tabung.
2. Menjabarkan tentang
kerucut.
3. Menjelaskan mengenai
bola.
|
1. Tabung.
2. Kerucut.
3. Bola.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………………………, 20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Sekolah :
..............................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : IX/ 1
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/
teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
BAB 6.
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
3.10Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi akar.
3.11Menentukan
nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai jenis data.
3.12Memahami teknik
penyajian data dari dua variabel menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik
masalah nyata, serta
menentukan hubungan antarvariabel untuk mengambil kesimpulan.
4.6 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan
menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan berbagai grafik, serta mengidentifikasi hubungan antarvariabel serta mengambil
kesimpulan.
|
1. Menerangkan mengenai
penyajian
data.
2. Menjelaskan tentang mean, median, dan
modus.
|
1. Penyajian Data.
2. Mean, Median, dan
Modus.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………………………, 20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
SILABUS DAN PENILAIAN
Sekolah :
..............................
Mata Pelajaran : Matematika.
Kelas/ Semester : VII/ 1.
Kompetensi Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat.
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
BAB 1.
1.1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta
memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk
melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki
sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam
interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1 Memahami
sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan.
3.2 Memahami
operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
4.3 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir
besaran yang tidak diketahui menggunakan berbagai modifikasi aljabar dan aritmetika.
|
1. Bilangan Berpangkat.
2. Notasi Ilmiah (bentuk baku) dan
Bentuk Akar.
|
1. Menerangkan tentang bilangan
berpangkat.
2. Menjelaskan mengenai notasi
ilmiah (bentuk baku) dan bentuk akar.
|
Mengamati
Melakukan
pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang bentuk perkalian
berulang n dari a tersebut. Kemudian jelaskan dengan ba-hasamu
sendiri mengenai bentuk sederhananya bilangan berpangkat.
Menanya
1. Siswa
dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang mengapa semua bilangan yang
dipangkatkan dengan 0 hasilnya selalu 1.
2. Melakukan
konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang mengapa semua
bilangan yang dipangkatkan dengan 0 hasilnya selalu 1.
Mengeksplorasi
Melakukan studi
dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang operasi pada bentuk
akar.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan
hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang beberapa contoh notasi ilmiah di
atas. Kemudian buatlah beberapa notasi ilmiah sendiri sesuai pemahaman kalian.
2. Mengamati
dan menjelaskan tentang beberapa contoh notasi ilmiah di atas. Kemudian
buatlah beberapa notasi ilmiah sendiri sesuai pemahaman kalian.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan
secara lisan tentang sebuah rangkuman yang berisikan tentang perbedaan dan
persamaan tentang bilangan berpangkat dan bentuk akar. Kemudian presentasikan
hasil pekerjaan kalian di depan kelas.
2. Membuat
laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang sebuah rangkuman yang
berisikan tentang perbedaan dan persamaan tentang bilangan berpangkat dan
bentuk akar. Kemudian presentasikan hasil pekerjaan kalian di depan kelas.
|
Kuis dan tugas individu.
|
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
|
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
1. Buku paket.
2. Buku
LKS.
3. Buku
referensi lain yang relevan.
4.
Informasi dari media massa dan internet.
|
BAB 2.
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
3.10Menerapkan
pola dan generalisasi untuk membuat prediksi akar.
4.4 Mengenal pola bilangan, barisan, deret, dan
semacam, dan memperumumnya; menggunakan untuk menyelesaikan masalah nyata,
serta menemukan masalah baru.
|
1. Pola Bilangan.
2. Barisan Bilangan.
3. Deret Bilangan.
|
1. Menerangkan mengenai pola
bilangan.
2. Menjabarkan tentang barisan
bilangan.
3. Menjelaskan mengenai deret
bilangan.
|
Mengamati
Melakukan
pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan pola dan generalisasikanlah untuk membuat
prediksi.
Menanya
1. Siswa
dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang penggunaan pola untuk memprediksi
kejadian, aktivitas sehari-hari, maupun aktivitas sosial lainnya.
2. Melakukan
konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang penggunaan pola
untuk memprediksi kejadian, aktivitas sehari-hari, maupun aktivitas sosial
lainnya.
Mengeksplorasi
Melakukan studi
dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang pola dan barisan melalui
contoh dari pola atau barisan bilangan ataupun fenomena lainnya, serta
strategi untuk melakukan prediksi dalam menentukan polanya.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan
hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan pola, barisan, dan deret.
2. Mengamati
dan menjelaskan tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pola,
barisan, dan deret.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan
secara lisan tentang hasil pembelajaran yang telah dipelajari, keterampilan
atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru
yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pola bilangan,
barisan, dan deret.
2. Membuat
laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang hasil pembelajaran
yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu
ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa
yang dipelajari mengenai pola bilangan, barisan, dan deret.
|
Kuis dan tugas individu.
|
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
|
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
1. Buku paket.
2. Buku
LKS.
3. Buku
referensi lain yang relevan.
4.
Informasi dari media massa dan internet.
|
BAB 3.
1.1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta
memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk
melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki
sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam
interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.4 Memahami perbandingan bertingkat dan
persentase, serta mendeskripsikan permasalahan menggunakan tabel, grafik, dan
persamaan.
4.2 Menggunakan konsep perbandingan untuk
menyelesaikan masalah nyata mencakup perbandingan bertingkat dan persentase
dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan.
4.3 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir
besaran yang tidak diketahui menggunakan berbagai modifikasi aljabar dan
aritmetika.
|
1. Perbandingan Bertingkat.
2. Persentase.
|
1. Menerangkan tentang perbandingan
bertingkat.
2. Menjelaskan mengenai persentase.
|
Mengamati
Melakukan
pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang kejadian-kejadian
di sekitar kalian yang dapat diselesaikan dengan menggunakan konsep
perbandingan.
Menanya
1. Siswa
dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang kelebihan dan manfaat mengenal
masalah sehari-hari yang bersifat fungsional, tidak fungsional, bagaimana
mengubah masalah/ bahasa sehari-hari ke dalam bentuk perbandingan dan
sebaliknya.
2. Melakukan
konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang kelebihan dan
manfaat mengenal masalah sehari-hari yang bersifat fungsional, tidak
fungsional, bagaimana mengubah masalah/ bahasa sehari-hari ke dalam bentuk
perbandingan dan sebaliknya.
Mengeksplorasi
Melakukan studi
dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang strategi mengubah suatu
perbandingan ke dalam bentuk nilai perbandingan bulat paling sederhana.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan
hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang perbandingan bertingkat atau
persentase dari kuantitas benda dengan kuantitas benda lainnya dalam suatu
kumpulan benda, atau suatu ukuran/ besaran dengan ukuran/ besaran lainnya di
bidang aritmetika sosial, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya.
2. Mengamati
dan menjelaskan tentang perbandingan bertingkat atau persentase dari
kuantitas benda dengan kuantitas benda lainnya dalam suatu kumpulan benda,
atau suatu ukuran/ besaran dengan ukuran/ besaran lainnya di bidang
aritmetika sosial, pengukuran (geometri, sains)
dan masalah lainnya.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan
secara lisan tentang hasil pembelajaran yang telah dipelajari, keterampilan
atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru
yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai perbandingan
bertingkat dan persentase.
2. Membuat
laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang hasil pembelajaran
yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu
ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa
yang dipelajari mengenai perbandingan bertingkat dan persentase.
|
Kuis dan tugas individu.
|
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
|
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
1. Buku paket.
2. Buku
LKS.
3. Buku
referensi lain yang relevan.
4.
Informasi dari media massa dan internet.
|
BAB 4.
1.1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta
memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk
melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki
sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam
interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.6 Memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan
geometri melalui pengamatan.
4.5 Menyelesaikan permasalahan nyata hasil
pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan.
|
1. Kesebangunan.
2. Kekongruenan.
|
1. Menerangkan mengenai
kesebangunan.
2. Menjelaskan tentang
kekongruenan.
|
Mengamati
Melakukan
pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang beberapa benda di
sekitar kalian, sebutkan beberapa benda yang sebangun.
Menanya
1. Siswa
dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang penerapan kesebangunan dan
kekongruenan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Melakukan
konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang penerapan
kesebangunan dan kekongruenan dalam kehidupan sehari-hari.
Mengeksplorasi
Melakukan studi
dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang cara menggambar bangun
datar yang sebangun dan kongruen dengan bangun lain.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan
hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan penerapan konsep sebangun dan yang bukan konsep sebangun.
2. Mengamati
dan menjelaskan tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan
penerapan konsep sebangun dan yang bukan konsep sebangun.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan
secara lisan tentang hasil pembelajaran yang telah dipelajari, keterampilan
atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru
yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai kesebangunan dan
kekongruenan.
2. Membuat
laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang hasil pembelajaran
yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu
ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa
yang dipelajari mengenai kesebangunan dan kekongruenan.
|
Kuis dan tugas individu.
|
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
|
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
1. Buku paket.
2. Buku
LKS.
3. Buku
referensi lain yang relevan.
4.
Informasi dari media massa dan internet.
|
BAB 5.
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
3.7 Menentukan luas selimut dan volume tabung,
kerucut, dan bola.
3.8 Menaksir dan mengitung luas permukaan bangun
datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi
geometri dasarnya.
|
1. Tabung.
2. Kerucut.
3. Bola.
|
1. Menerangkan mengenai tabung.
2. Menjabarkan tentang kerucut.
3. Menjelaskan mengenai bola.
|
Mengamati
Melakukan
pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan luas dan volume tabung.
Menanya
1. Siswa
dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang penerapan luas dan volume tabung
dalam kehidupan sehari-hari.
2. Melakukan
konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang penerapan luas dan
volume tabung dalam kehidupan sehari-hari.
Mengeksplorasi
Melakukan studi
dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang luas permukaan, serta
volume kerucut berdasarkan konsep luas dan volume bangun ruang limas.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan
hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang rumus luas dan volume bangun
datar dan bangun ruang sederhana untuk menaksir bangun-bangun tidak beraturan
melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktivitas
sosial sehari-hari.
2. Mengamati
dan menjelaskan tentang rumus luas dan volume bangun datar dan bangun ruang
sederhana untuk menaksir bangun-bangun tidak beraturan melalui contoh
kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktivitas sosial
sehari-hari.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan
secara lisan tentang rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah
kalian lakukan. Kemudian, komunikasikan hasil rangkuman kalian di depan
kelas.
2. Membuat
laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang rangkuman materi dari
kegiatan pembelajaran yang telah kalian lakukan. Kemudian, komunikasikan
hasil rangkuman kalian di depan kelas.
|
Kuis dan tugas individu.
|
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
|
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
1. Buku paket.
2. Buku
LKS.
3. Buku
referensi lain yang relevan.
4.
Informasi dari media massa dan internet.
|
BAB 6
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.11Menentukan
nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai jenis data.
3.12Memahami
teknik penyajian data dari dua variabel menggunakan tabel dan berbagai jenis
grafik masalah nyata, serta menentukan hubungan antarvariabel untuk mengambil
kesimpulan.
4.6 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan
menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan berbagai grafik,
serta mengidentifikasi hubungan antarvariabel serta mengambil kesimpulan.
|
1. Penyajian Data.
2. Mean, Median, dan Modus.
|
1. Menerangkan mengenai penyajian
data.
2. Menjelaskan tentang mean,
median, dan modus.
|
Mengamati
Melakukan
pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang (diagram batang
yang terdapat dalam buku LKS pada bab 6 Statistika).
Menanya
1. Siswa
dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang hasil pembacaan diagram batang
pada kegiatan di atas, cari tahu mana yang sudah benar dan mana pula yang
masih salah. Kemudian, cari tahu pembetulannya pada jawabanmu yang masih
salah.
2. Melakukan
konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang hasil pembacaan
diagram batang pada kegiatan di atas, cari tahu mana yang sudah benar dan
mana pula yang masih salah. Kemudian, cari tahu pembetulannya pada jawabanmu
yang masih salah.
Mengeksplorasi
Melakukan studi
dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang ukuran sepatu
teman-teman sekelas kalian. Kemudian, sajikan hasil wawancara kalian dalam
bentuk diagram batang, lingkaran, dan garis.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan
hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan penyebaran dan penyajian data.
2. Mengamati
dan menjelaskan tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan
penyebaran dan penyajian data.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan
secara lisan tentang rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah
kalian lakukan. Kemudian, komunikasikan hasil rangkuman kalian di depan
kelas.
2. Membuat
laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang rangkuman materi dari
kegiatan pembelajaran yang telah kalian lakukan. Kemudian, komunikasikan
hasil rangkuman kalian di depan kelas.
|
Kuis dan tugas individu.
|
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
|
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
1. Buku paket.
2. Buku
LKS.
3. Buku
referensi lain yang relevan.
4.
Informasi dari media massa dan internet.
|
BAB 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/ Semester : IX/ 1
Alokasi Waktu :
KOMPETENSI
INTI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki
rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.3 Memiliki
sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam
interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1 Memahami
sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan.
3.2 Memahami
operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
4.3 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir
besaran yang tidak diketahui menggunakan berbagai teknik manipulasi aljabar dan
aritmetika.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa
diharapkan dapat:
1. memahami
sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan,
2. memahami
operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar,
serta
3. Menyelesaikan
permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan berbagai
teknik manipulasi aljabar dan aritmetika.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Bilangan Berpangkat.
2. Notasi Ilmiah (bentuk baku) dan Bentuk Akar.
METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang
bentuk perkalian berulang n dari a tersebut. Kemudian jelaskan
dengan bahasamu sendiri mengenai bentuk sederhananya bilangan berpangkat.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat
pertanyaan tentang mengapa semua bilangan yang dipangkatkan dengan 0 hasilnya
selalu 1.
2. Melakukan konsultasi dengan
guru dan sumber belajar lainnya tentang mengapa semua bilangan yang
dipangkatkan dengan 0 hasilnya selalu 1.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang
operasi pada bentuk akar.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil
pengamatan dan kegiatan tentang beberapa contoh notasi ilmiah di atas. Kemudian
buatlah beberapa notasi ilmiah sendiri sesuai pemahaman kalian.
2. Mengamati dan menjelaskan
tentang beberapa contoh notasi ilmiah di atas. Kemudian buatlah beberapa notasi
ilmiah sendiri sesuai pemahaman kalian.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan
tentang sebuah rangkuman yang berisikan tentang perbedaan dan persamaan tentang
bilangan berpangkat dan bentuk akar. Kemudian presentasikan hasil pekerjaan
kalian di depan kelas.
2. Membuat laporan secara tertulis
hasil studi pengamatan tentang sebuah rangkuman yang berisikan tentang
perbedaan dan persamaan tentang bilangan berpangkat dan bentuk akar. Kemudian
presentasikan hasil pekerjaan kalian di depan kelas.
SUMBER BELAJAR
1. Buku
paket.
2. Buku
LKS.
3. Buku
referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan
internet.
PENILAIAN
1. Teknik/
jenis: kuis dan tugas individu.
2. Bentuk
instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3. Instrumen/
soal:
a. Tes
pilihan ganda.
b. Tes
uraian.
c. Penugasan.
BAB 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
..............................
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/ Semester : IX/ 1
Alokasi Waktu :
KOMPETENSI
INTI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan
matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
3.10 Menerapkan pola dan generalisasi untuk
membuat prediksi akar.
4.4 Mengenal pola bilangan, barisan, deret, dan
semacam, dan memperumumnya; menggunakan untuk menyelesaikan masalah nyata,
serta menemukan masalah baru.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa
diharapkan dapat:
1. menerapkan pola dan generalisasi untuk
membuat prediksi akar,
2. memilih strategi dan aturan-aturan yang
sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan, serta
3. mengenal pola bilangan, barisan, deret, dan
semacam, dan memperumumnya; menggunakan untuk menyelesaikan masalah nyata,
serta menemukan masalah baru.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Pola Bilangan.
2. Barisan Bilangan.
3. Deret Bilangan.
METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pola dan generalisasikanlah
untuk membuat prediksi.
Menanya
1. Siswa
dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang penggunaan pola untuk memprediksi
kejadian, aktivitas sehari-hari, maupun aktivitas sosial lainnya.
2. Melakukan
konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang penggunaan pola untuk
memprediksi kejadian, aktivitas sehari-hari, maupun aktivitas sosial lainnya.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang pola
dan barisan melalui contoh dari pola atau barisan bilangan ataupun fenomena
lainnya, serta strategi untuk melakukan prediksi dalam menentukan polanya.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan
hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan pola, barisan, dan deret.
2. Mengamati
dan menjelaskan tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pola,
barisan, dan deret.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan
secara lisan tentang hasil pembelajaran yang telah dipelajari, keterampilan
atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang
ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pola bilangan, barisan, dan
deret.
2. Membuat
laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang hasil pembelajaran yang
telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau
strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari
mengenai pola bilangan, barisan, dan deret.
SUMBER BELAJAR
1. Buku
paket.
2. Buku
LKS.
3. Buku
referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan
internet.
PENILAIAN
1. Teknik/
jenis: kuis dan tugas individu.
2. Bentuk
instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3. Instrumen/
soal:
a. Tes
pilihan ganda.
b. Tes
uraian.
c. Penugasan.
BAB 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
..............................
Mata Pelajaran :
Matematika.
Kelas/ Semester : IX/ 1.
Alokasi Waktu :
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, serta memiliki
rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.3 Memiliki
sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam
interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.4 Memahami perbandingan bertingkat dan
persentase, serta mendeskripsikan permasalahan menggunakan tabel, grafik, dan
persamaan.
4.2 Menggunakan konsep perbandingan untuk
menyelesaikan masalah nyata mencakup perbandingan bertingkat dan persentase
dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa
diharapkan dapat:
1. memahami perbandingan
bertingkat dan persentase, serta mendeskripsikan permasalahan menggunakan
tabel, grafik, dan persamaan, serta
2. menggunakan konsep
perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata mencakup perbandingan bertingkat
dan persentase dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan,
MATERI PEMBELAJARAN
1. Perbandingan Bertingkat.
2. Persentase.
METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang
kejadian-kejadian di sekitar kalian yang dapat diselesaikan dengan menggunakan
konsep perbandingan.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat
pertanyaan tentang kelebihan dan manfaat mengenal masalah sehari-hari yang
bersifat fungsional, tidak fungsional, bagaimana mengubah masalah/ bahasa
sehari-hari ke dalam bentuk perbandingan dan sebaliknya.
2. Melakukan konsultasi dengan
guru dan sumber belajar lainnya tentang kelebihan dan manfaat mengenal masalah
sehari-hari yang bersifat fungsional, tidak fungsional, bagaimana mengubah
masalah/ bahasa sehari-hari ke dalam bentuk perbandingan dan sebaliknya.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang
strategi mengubah suatu perbandingan ke dalam bentuk nilai perbandingan bulat
paling sederhana.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil
pengamatan dan kegiatan tentang perbandingan bertingkat atau persentase dari
kuantitas benda dengan kuantitas benda lainnya dalam suatu kumpulan benda, atau
suatu ukuran/ besaran dengan ukuran/ besaran lainnya di bidang aritmetika
sosial, pengukuran (geometri, sains)
dan masalah lainnya.
2. Mengamati dan menjelaskan
tentang perbandingan bertingkat atau persentase dari kuantitas benda dengan
kuantitas benda lainnya dalam suatu kumpulan benda, atau suatu ukuran/ besaran
dengan ukuran/ besaran lainnya di bidang aritmetika sosial, pengukuran
(geometri, sains) dan masalah
lainnya.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan
tentang hasil pembelajaran yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai perbandingan bertingkat dan
persentase.
2. Membuat laporan secara tertulis
hasil studi pengamatan tentang hasil pembelajaran yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep
baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai perbandingan
bertingkat dan persentase.
SUMBER BELAJAR
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan
internet.
PENILAIAN
1. Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes
tertulis.
3. Instrumen/ soal:
a. Tes pilihan ganda.
b. Tes uraian.
c. Penugasan.
BAB 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
..............................
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/ Semester : IX/ 1
Alokasi Waktu :
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
3.6 Memahami konsep kesebangunan
dan kekongruenan geometri melalui pengamatan.
4.5 Menyelesaikan permasalahan
nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa
diharapkan dapat:
1. memahami konsep kesebangunan
dan kekongruenan geometri melalui pengamatan, serta
2. menyelesaikan permasalahan nyata
hasil pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Kesebangunan.
2. Kekongruenan.
METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang
beberapa benda di sekitar kalian, sebutkan beberapa benda yang sebangun.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat
pertanyaan tentang penerapan kesebangunan dan kekongruenan dalam kehidupan
sehari-hari.
2. Melakukan konsultasi dengan
guru dan sumber belajar lainnya tentang penerapan kesebangunan dan kekongruenan
dalam kehidupan sehari-hari.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang cara
menggambar bangun datar yang sebangun dan kongruen dengan bangun lain.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil
pengamatan dan kegiatan tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan
penerapan konsep sebangun dan yang bukan konsep sebangun.
2. Mengamati dan menjelaskan
tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep
sebangun dan yang bukan konsep sebangun.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan
tentang hasil pembelajaran yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai kesebangunan dan kekongruenan.
2. Membuat laporan secara tertulis
hasil studi pengamatan tentang hasil pembelajaran yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai
kesebangunan dan kekongruenan.
SUMBER BELAJAR
1. Buku
paket.
2. Buku
LKS.
3. Buku
referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan
internet.
PENILAIAN
1. Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes
tertulis.
3. Instrumen/ soal:
a. Tes pilihan ganda.
b. Tes uraian.
c. Penugasan.
BAB 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
..............................
Mata Pelajaran :
Matematika.
Kelas/ Semester :
IX/ 1.
Alokasi Waktu :
KOMPETENSI
INTI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
3.7 Menentukan luas selimut dan
volume tabung, kerucut, dan bola.
3.8 Menaksir dan mengitung luas
permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan
kombinasi geometri dasarnya.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa
diharapkan dapat:
1. menentukan luas selimut dan
volume tabung, kerucut, dan bola, serta
2. menaksir dan mengitung luas
permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan
kombinasi geometri dasarnya.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Tabung.
2. Kerucut.
3. Bola.
METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan luas dan volume tabung.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat
pertanyaan tentang penerapan luas dan volume tabung dalam kehidupan
sehari-hari.
2. Melakukan konsultasi dengan
guru dan sumber belajar lainnya tentang penerapan luas dan volume tabung dalam
kehidupan sehari-hari.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang luas
permukaan, serta volume kerucut berdasarkan konsep luas dan volume bangun ruang
limas.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil
pengamatan dan kegiatan tentang rumus luas dan volume bangun datar dan bangun
ruang sederhana untuk menaksir bangun-bangun tidak beraturan melalui contoh
kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktivitas sosial
sehari-hari.
2. Mengamati dan menjelaskan
tentang rumus luas dan volume bangun datar dan bangun ruang sederhana untuk
menaksir bangun-bangun tidak beraturan melalui contoh kejadian, peristiwa,
situasi atau fenomena alam dan aktivitas sosial sehari-hari.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan
tentang rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah kalian lakukan.
Kemudian, komunikasikan hasil rangkuman kalian di depan kelas.
2. Membuat laporan secara tertulis
hasil studi pengamatan tentang rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang
telah kalian lakukan. Kemudian, komunikasikan hasil rangkuman kalian di depan
kelas.
SUMBER BELAJAR
1. Buku
paket.
2. Buku
LKS.
3. Buku
referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan
internet.
PENILAIAN
1. Teknik/
jenis: kuis dan tugas individu.
2. Bentuk
instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3. Instrumen/
soal:
a. Tes
pilihan ganda.
b. Tes
uraian.
c. Penugasan.
BAB 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
..............................
Mata Pelajaran :
Matematika.
Kelas/ Semester : IX/ 1.
Alokasi Waktu :
KOMPETENSI
INTI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika, serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
3.10 Menerapkan
pola dan generalisasi untuk membuat prediksi akar.
3.11 Menentukan
nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai jenis data.
3.12 Memahami
teknik penyajian data dari dua variabel menggunakan tabel dan berbagai jenis
grafik masalah nyata, serta menentukan hubungan antarvariabel untuk mengambil
kesimpulan.
4.6 Mengumpulkan, mengolah,
menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan
berbagai grafik, serta mengidentifikasi hubungan antarvariabel serta mengambil
kesimpulan.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa
diharapkan dapat:
1. menentukan nilai rata-rata,
median, dan modus dari berbagai jenis data,
2. memahami teknik penyajian
data dari dua variabel menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik masalah
nyata, serta menentukan hubungan antarvariabel untuk mengambil kesimpulan, dan
3. mengumpulkan, mengolah,
menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan
berbagai grafik, serta mengidentifikasi hubungan antarvariabel serta mengambil
kesimpulan.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Penyajian Data.
2. Mean, Median, dan Modus.
METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang
diagram batang pada gambar berikut menunjukkan data pendaftaran mobil dan total
kendaraan selama 6 bulan pertama (pada tahun 2006) di suatu negara.
a. Berapakah kenaikan pendaftaran
kendaraan selain mobil dari Januari sampai dengan April 2006?
b. Berapa persenkah kenaikan
pendaftaran mobil dari Mei sampai Juni 2006?
c. Berapakah jumlah kendaraan
selain mobil yang didaftar pada Maret 2006?
(diagram batang yang terdapat dalam Buku LKS pada Bab 6 Statistika.).
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat
pertanyaan tentang hasil pembacaan diagram batang pada kegiatan di atas, cari
tahu mana yang sudah benar dan mana pula yang masih salah. Kemudian, cari tahu
pembetulannya pada jawabanmu yang masih salah.
2. Melakukan konsultasi dengan
guru dan sumber belajar lainnya tentang hasil pembacaan diagram batang pada
kegiatan di atas, cari tahu mana yang sudah benar dan mana pula yang masih
salah. Kemudian, cari tahu pembetulannya pada jawabanmu yang masih salah.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang
ukuran sepatu teman-teman sekelas kalian. Kemudian, sajikan hasil wawancara
kalian dalam bentuk diagram batang, lingkaran, dan garis.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil
pengamatan dan kegiatan tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan
penyebaran dan penyajian data.
2. Mengamati dan menjelaskan
tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penyebaran dan penyajian
data.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan
tentang rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah kalian lakukan.
Kemudian, komunikasikan hasil rangkuman kalian di depan kelas.
2. Membuat laporan secara tertulis
hasil studi pengamatan tentang rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang
telah kalian lakukan. Kemudian, komunikasikan hasil rangkuman kalian di depan
kelas.
SUMBER BELAJAR
1. Buku
paket.
2. Buku
LKS.
3. Buku
referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan
internet.
PENILAIAN
1. Teknik/
jenis: kuis dan tugas individu.
2. Bentuk
instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3. Instrumen/
soal:
a. Tes
pilihan ganda.
b. Tes
uraian.
c. Penugasan.
…………………………,
20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
0 Response to "PERANGKAT MATEMATIKA IX KUR 13 PK-Q-I"
Posting Komentar