Langsung ke konten utama

LAPORAN PRAKTEK MAGANG PADA UPT.DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN

LAPORAN PRAKTEK MAGANG
PADA UPT. DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN

Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan
Mata Kuliah Praktik Magang

 







DISUSUN
O
L
E
H
                                   
NAMA  : BUDIANOOR
                                             NPM      : 12.10.02183
                                             LOKAL  : 7 B ( Eksikutif )


SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI (STIA)
AMUNTAI
2013/2014

AGENDA KEGIATAN PRAKTEK
MAHASISWA STIA AMUNTAI

Nama Mahasiswa                    : BUDIANOOR
NPM                                       : 12.10.02183
Jurusan                                    : Administrasi Negara
Objek Praktek                             :Kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan HalongKabupaten Balangan.
Tujuan Praktek                        : 1. Untuk memenuhi persyaratan Mata Kuliah
Tujuan Praktek                        : 1. Praktek Magang
Tujuan Praktek                        : 2. Untuk mengaplikasikan teori secara nyata yang
      diperoleh di bangku perkuliahan
Waktu Praktek                        : 20 Oktober 2013 s/d 20 Januari 2014
Pembimbing Magang              : 1. Kastina, S. Ag
Tujuan Praktek                        : 2. Drs. H. Arpandi, M. AP



PENGESAHAN LAPORAN PRAKTEK

A.      Laporan ini telah diperiksa dan dinyatakan bahwa:
Nama        : BUDIANOOR
NPM        : 10.12.02183
Jurusan     : Administrasi Negara
Telah melakukan praktek di Kantor UPT. Dinas Pendidikan kecamatan Halong Kabupaten Balangan terhitung tanggal 20 Oktober 2013 s/d 20 Januari 2014.


B.       Laporan ini diperiksa dan disetujui oleh pembimbing

Pembimbing I


Kastina, S.Ag
NIP 197308 272007 01 2007
Pembimbing II


Drs. H. Arpandi, M.AP
NIK. 106 388  012


Mengetahui,
Kepala UPT. Dinas Pendidikan


Bakhtiar
NIP 19590204 198009 1 001
Mengetahui,
Ketua STIA Amuntai


Drs. H. Syahrul Rahmadi, M.Si
NIK. 106 097 032

KATA PENGANTAR

          puji syukur penulis haturkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Magang ini sebaik-baiknya yang dilaksanakan dari tanggal 20 Oktober 2013 s/d 20 Januari 2014 di Kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan.
         Maksud dan tujuan penulis dalam membuat laporan ini adalah untuk memenuhi persyaratan mata kuliah Magang pada Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Amuntai.
        Penyusunan Laporan Magang ini tidak bisa lepas dari bantuan berbagai pihak baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat :
1.         Bapak Drs. H. Syahrul Rakhmadi, M.Si, selaku Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Amuntai.
2.         Bapak Bakhtiar selaku Kepala UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan atas kesediaannya memberikan izin untuk magang.
3.         Bapak Drs. H. Arpandi, M. AP selaku pembimbing magang yang banyak memberikan bimbingan, pengarahan dan motivasi kepada penulis dalam menyelesaikan laporan.
4.         Ibu Kastina, S.Ag selaku Kepala TU  kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan. Atas segala bimbingan, pengarahan dan motivasinya dalam pelaksanaan praktek.
5.         Seluruh staf/ pegawai kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan atas bantuan dan kerjasamanya yang baik.
6.         Para Dosen dan Staf Akademik STIA Amuntai yang telah menyumbangkan ilmu pengetahuan dan bantuan lainnya.

       Penulis juga menyadari dimana laporan ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari teknik penulisan maupun dari isi yang disampaikan, hal ini dikarenakan dari keterbatasan kemampuan yang dimiliki oleh penulis dalam penyusunan laporan ini, oleh karena itu penulis mohon untuk dapat memakluminya, terlepas dari itu penulis berharap semoga laporan ini berguna bagi kita semua.


Halong ,    Januari 2014
         




    Penulis



         



DAFTAR ISI

         Halaman
HALAMAN JUDUL …………………………………………………...
AGENDA KEGIATAN PRAKTEK .......................................................
PENGESAHAN LAPORAN PRAKTEK ...............................................
KATA PENGANTAR ............................................................................
DAFTAR ISI …………………………………………………………...
I
ii
iii
iv
vi
BAB I





BAB II




BAB III






BAB IV


PENDAHULUAN
A.    Keterangan Nama Objek Praktek ..................................
B.     Alasan Memilih Objek Praktek .....................................
C.     Tujuan dan Manfaat Hasil Praktek ................................
D.    Waktu Pelaksanaan .......................................................
E.     Sasaran Magang ............................................................
KEADAAN TEMPAT PRAKTEK
A.    Nama Unit Kerja ...........................................................
B.     Struktur Organisasi Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan ........................................................................
C.     Jumlah Tenaga Kerja .....................................................
PELAKSANAAN PRAKTEK
A.    Kegiatan yang Dilakukan ..............................................
B.     Permasalahan yang Dihadapi ........................................
C.     Pengalaman yang Diperoleh Selama Magang ...............
D.    Kesan Selama Magang ..................................................


PENUTUP
A.    Kesimpulan ....................................................................
B.     Saran ..............................................................................

1
1
2
2
2

3

21
23

26
27
28
28

Halaman

29
29

LAMPIRAN :
-          Surat Permohonan Ijin Magang dari STIA Amuntai
-          Surat Rekomendasi Ijin Magang dari Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan
-          Daftar Rekapitulasi Penilaian Praktek Magang
-          Daftar Hadir Magang Mahasiswa STIA Amuntai
















BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
         Setiap organisasi atau instansi memiliki tata kerja yang dijalankan dengan menggunakan suatu sistem ini mencakup seluruh aspek, baik pelaksanaan, media, perencana hingga pencapaian tujuan. Keseluruhan itu dikenal dengan istilah Administrasi, secara umum yang dimaksud dengan Administrasi adalah kegiatan sekelompok orang yang bekerja  sama secara rasional untuk mencapai tujuan tertentu. Administrasi itu dilaksanakan oleh seorang Administrator itu ada pada setiap kepala organisasi untuk memimpin dari tingkat yang paling tinggi sampai ketingkat yang paling rendah, namun sebagai seorang Administrator tidak cukup hanya memiliki teori saja tentang Administrasi Negara akan tetapi juga harus menimba pengalaman di lapangan, oleh karena itu dilaksanakan praktek Administrasi pada semester 7 (tujuh) atau kegiatan magang mahasiswa pada suatu instansi yang dimaksud untuk menerapkan teori yang diperoleh selama mengikuti perkoliahan.
B.     Keterangan Nama Objek Praktek
Sesuai dengan surat keputusan ketua Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai   nomor  : 324 / STIA – Amt / N / 10. 2014 pada tanggal 1 Oktober 2013 perihal Mohon Ijin Magang Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Amuntai maka ditentukan objek praktek pemagangan pada Kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamtan Halong Kabupaten Balangan Jl. Simpang Tiga Binjai Punggal Kecamatan Halong Kabupaten Balangan Kode Pos 71666
C.    Alasan Memilih Objek Praktek
Yang menjadi alasan penulis untuk memilih objek praktek magangan pada UPT. Dinas Pendidikan Kecamtan Halong Kabupaten Balangan yaitu :
1.      Proses kegiatan pelaksanaan kegiatan magang berjalan lancar dan mudah karena secara teoritis semua kegiatan-kegiatan tersebut memang telah dipelajari dalam perkuliyahan.
2.      Penulis ingin mengetahui lebih jauh bagaimana pranan Kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong tersebut dalam memberikan pelayanan dan kedisiplinan.
3.      Untuk Mengetahui lebih jauh bagaimana penyelenggaraan UPT. Dinas Pendidikan kecamatan Halong Kabupaten Balangan dalam menjalankan fungsinya dalam pelayanan Administrasi.
4.      Praktek magang merupakan mata kuliah yang diwajibkan dalam program studi Administrasi Negara STIA Amuntai sesuai dengan objek praktek.
D.    Tujuan dan Manfaat Praktek Magang
  1. Tujuan
a.       Menambah pengalaman berkaitan dengan mekanisme kerja pada kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan.
b.      Mendapat pengalaman langsung dalam hal melaksanakan pengelolaan kantor.
c.       Mengaplikasikan dan membandingkan pengetahuan/ teori yang didapat dibangku kuliyah dengan pengalaman yang ada dilapangan.
d.      Mendewasakan cara berpikir serta meningkatkan daya penalaran dalam penelaahan perumusan masalah terutama masalah kantor.
  1. Manfaat
a.       Bagi penulis, hasil praktek magang dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi kemampuan dari ilmu yang diperoleh di bangku kuliah;
b.      Bagi objek praktek, hasil praktek magang ini dapat dijadikan sebagai bahan informasi dalam upaya memecahkan masalah berkaitan dengan pelaksanaan administrasi .
E.     Waktu Pelaksanaan
Pelaksanaan magang dilakukan mulai tanggal 20 Oktober 2013s/d 20 Januari 2014











BAB II
PEMBAHASAN

A.    Gambaran Umum UPT. Dinas Pendidikan kecamatan Halong
         Kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan  yang terletak dijalan Simpang Tiga Binjai Punggal  RT. II  berdiri sejak  tahun 2006 didesa Binjai  Punggal Kecamatan Halong Kabupaten Balangan, merupakan salah satu lembaga Pemerintah yang bertugas sebagai pengelola, pengatur perkembangan pendidikan dilingkup kecamatan Halong. sangat diharapkan mampu menjadikan salah satu faktor  penunjang peningkatan kualitas pendidikan Khususnya di Kecamatan Halong.
          Lembaga Pendidikan di Kecamatan, sebelum menjadi UPT Pendidikan, dahulunya adalah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan, Dinas P dan K Kecamatan,  Depdikbud dan Dinas P & K Kecamatan, Dinas Pendidikan Kecamatan, Kasi Pendidikan dan kebudayaan (kasi Dikbud)   kecamatan, Unit Pelaksan teknis (UPT) Pendidikan TK/SD Kecamatan       
         Adapun Ruang yang menjadi fasilitas pegawai  UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kebupaten Balangan terdiri dari :
a.    Ruang Kepala UPT
b.    Ruang penilik
c.    Ruang pengawas
d.    Ruang penilik kesetaraan
e.    Ruang Tata Usaha
f.     Ruang rapat KKG Guru
B.     Tugas  pokok dan Fungsi UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan
        UPT.  Dinas pendidikan bertugas sebagai perpanjangan tangan kepala Dinas Pendidikan, pengelolaan pendidikan di daerah dalam membina dan mengurus pada semua jenjang yang ada diwilayah kecamatan.
1.      Membantu kepala dinas melaksanakan perencanaan progaram pembinaan kegiatan pendidikan dalam wilayah kecamatan
2.      Membantu kepala dinas melaksanakan pelayanan langsung pada semua jenjang sesuai tugas koordinasi dengan sekolah-sekolah dikecamatan.
3.      UPT. Bertanggung jawab langsung kepada kepala dinas dan tetap berkoordinasi kepada kepala bidang masing-masing.
4.      Mengumpulkan hasil penyusunan rencana dan pelaporan kepada kepala Dinas.
5.      Urusan tata usaha dipimpin oleh seorang kepala urusan yang dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada kepala UPT. Dinas Pendidikan.
6.      Kelompok jabatan fungsional dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada kepala UPT. Dinas Pendidikan .

C.    Jumlah Tenaga Kerja pegawai UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan

Berdasarkan data kepegawaian pada Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan tahun 2014, jumlah pegawai sebanyak 11 orang. Untuk mengetahui keadaan peagawai UPT. Dinas Pendidikan kecamtan Halong Kabupaten Balangan dapat dilihat pada tabel berikut  ini :

TABEL 1
KEADAAN PEGAWAI BERDASARKAN STATUS KEPEGAWAIAN
No.
Nama
NIP
Jabatan
1
Bakhtiar
19590204 19800 9 1 001
Kepala UPT
2
D.    Ardiansyah, S. Pd
19590913 198009 1 001
Pengawas SD
3
Akhmad Dinansyah, S. Pd
19590930 197909 1 001
Pengawas SD
4
Abd. Said , S. Pd. I
19600320 198305 1 003
Pengawas SD
5
Drs. Akhmad Syahpani
19620712 199403 1 004
Penilik
6
Ardanias, S. Pd
19670712 199403 1 004
Penilik Kesetaraan
7
Kastina , S. Ag
19730827 200701 2 007
Kepala TU
8
Junaidi, S. Pd
19851205 201001 1 013
Staf TU
9
Asitam
19680608 200701 1 031
Staf TU
10
Ramnah
-
Staf TU
11
MALIK SYAIFUL  JANI, S.SOs

-
Staf TU
Sumber :  UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kabupaten  Balangan,  2014


D. Visi, Misi, Dan Tujuan UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong   Kabupaten  Balang

a.    visi
           Dalam kehidupan bernegara, visi memainkan peran yang menentukan dalam dinamika perubahan lingkungan pemerintah pada umumnya dan instansi pemerintah pada khususnya dapat bergerak maju manuju masa depan yang lebih baik , tiga nilai dasar untuk pemebentukan suatu visi yaitu :
  1.   Mengikut sertakan seluruh ide dan pikiran pegawai dilingkungannya.
  2.   Informasi yang diperlukan dari berbagai sumber yang terkait.
  3.   Kreatifitas dan tanggung jawab terhadap pekerjaan.
          Berdasarkan tiga nilai dasar tersebut maka visi dari UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong  dapat terwujudnya masyarakat Halong yang agamis dan modern, adapun Indikator visi :
a. Unggul dalam pelaksanaan syariat agama.
b. Unggul delam kepribadian.
c. Unggul dalam berbudaya disiplin dan bertanggung jawab.
d. Unggul dalam prestasi akademik.
e. Unggul dalam penguasaan teknologi tinggi.
f.  Demokrasi menjadi landasan dalam seluruh aktifitas dalam segala bidang.
g. Antara lembaga negeri dan swasta tercipta sinergi yang dinamis dan sihat.

b.    Misi
        Tidak lanjut dari pernyataan visi adalah perumusan misi yang merupakan pernyataan menetapkan tujuan instansi pemerintah dan sasaran yang ingin dicapai . dalam merumuskan nilai harus menuju pada pencapaian visi. Misi adalah suatu yang harus dilaksanakan dan berhasil dengan baik.
        Berdasarkan kriteria tersebut, maka misi dari UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong sebagi berikut :
1.    Mengoptimalkan pembinaan agama sehingga akan terwujudnya masyarakat yang beriman, berakhlaqul karimah.
2.    Menjadi lembaga pendidikan sebagai pemberi jasa layanan kepada masyarakat dan meletakkan siswa dan orang tua sebagai contumer yang harus dihormati dan didengar kebutuhannya.
3.    Menginstruksikan agar semua lembaga menerapkan MPMBS sebagai jawaban terhadap isu rendahnya manajemen pendidikan.
4.    Masyarakat full dan School pada setiap jenjang pendidikan.
5.    Mengusahakan terbentuk dan berfungsinya komite sekolah pada semua lembaga diseluruh kecamatan Halong sebagi partner dalam pengambilan kebijakan.
c.    Tujuan
               Tujuan yang hendak dicapai melalui visi dan misi adalah :
1.    Memberikan kesempatan belajar kepada semua lapisan masyrakat dengan memperluas akses pada semua jenis dan jenjang pendidikan.
2.    Meningkatkan motu hasil pendidikan sebagai bekal untuk hidup bermasyarakat yang semakin kompleks.
3.    Meningkatkan motu pendidikan dan tenaga kependidikan.
      Menciptakan masyarakat melek huruf, berbudaya baca, dan kompetitif
E.   Keadaan Sarana Dan Frasarana
         Sarana / prasarana merupakan salah satu penunjang dalam pelaksanaan kerja didalam suatu kantor. Sehingga apa bila dilihat dari keadaan sarana / prasarana pada UPT. Dinas Pendidikan nampaknya  sudah cukup memadai. Untuk lebih jelasnya keadaan sarana/ prasarana dimaksud dapat dilihat pada tabel berikut :
Tabel 2

keadaan Sarana / Prasarana UPT. Dinas Pendidikan
Kecamatan Halong  Kabupaten Balangan.

No
Jenis barang
jumlah
keadaan
ket
1
Kursi tamu
2 Buah
Baik

2
Kursi Putar
23 Buah
Baik

3
Kursi biasa
40 Buah
Baik

4
Kompoter
2 Buah
Baik

5
Laptop
2 Buah
Baik

6
Mesin tik
2 Buah
Baik

7
Lemari arsip
3 Buah
Baik

8
Lemari Kayu
2 Buah
Baik

9
Kendaraan roda 2
7 Buah
Baik

10
AC
2 Buah
Baik

11
Kipas Angin
4 Buah
Baik

12
TV
1 Buah
Baik

13
Colkas
1 Buah
Baik

14
Meja Biasa
16 Buah
Baik

15
Meja Panjang
6 Buah
Baik

16
Lemari Kaca
1 Buah
Baik

17
Printer
3 Buah
Baik

18
Jinset
1 Buah
Baik

19
dispenser
1 Buah
Baik

20
Kompor Gas
1 Buah
Baik

21
Jam Dinding
1 Buah
Baik

   Sumber : UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kabupaten   Balangan

F.     Struktur Organisasi
  Kantor  UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan merupakan tempat penunjang dan membantu pemerintah disekitar wilayah untuk mengkurdinasi Sekolah khususnya Daerah Kecamatan Halong Kabupaten Balangan, sangat diperlukan adanya struktur organisasi yang jelas, karena berperan untuk menentukan kedudukan, fungsi, wewenang dan tanggung jawab dari seksi-seksi yang ada dalam Organisasi tersebut.






















          Tugas kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan sesuai dengan jabatannya adalah :
.   kepala UPT
                   Kepala UPT pendidikan dasar mempunyai  tugas pokok memimpin, merencanakan, mengawasi, mengendalikan dan mengkoordinasikan  kegiatan teknis pendidikan dasar serta pendidikan non formal.Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebgaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala UPT mempunyai  fungsi:
1 perumusan dan penetapan visi, misi dan rencana strategis serta progaram  
     kerja UPT pendidikan dasar;
                2. Pengkoordinasian pelaksanaan program kerja bidang pendidikan dasar (TK/RA,
                    SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs) dengan instansi terkait di tingkat kecamatan;
                3. Melakukan perhitungan kebutuhan guru dan konsep anlisa untuk pemerataan
                  guru di masing –masing wilayah berdasarkan data dan perhitungan kebutuhan
                  guru di tingkat kecamatan;
                  4. Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan  kegiatan
                  pengembangan kurukulum, bahan ajar, metode pembelajaran dan penilaian
                  pada bidang pendidikan dasar tingkat kecamatan;
              6. Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan lomba
                   akademik dan non akademik siswa dibidang  pendidikan dasar;
                7. merencakanakn, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporakan kegiatan
                  evaluasi kinerja di bidang pendidikan dasar;
                8. pengkoordinasian dan pembinaan, penyelenggaraan serta pengelolaan
                   administrasi UPT pendidikan dasar;
                9. pelaporan pelaksanaan tugas kepada dinas melalui Sekretaris Dinas;
                10. pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh dinas sesuai dengan bidang
                  tugasnya.
         b.  Pengawas SD
           pengawas mempunyai tugas tanggung jawab dan wewenang secara penuh melakukan pengawasan pendidikan disekolah dengan melaksanakan penilaian dan pembinaan dari segi teknis pendidikan dan administrasi pada satuan pendidikan tertentu dan mempunyai fungsi sebagai
 berikut :
1.    Menyusun progam kerja kepengawasan untuk setiap semester dan setiap tahunnya pada sekolah yang dibinanya.
2.    Melaksanakan penilaiaan, pengolahan dan analisis data hasil belajar atau bimbingan siswa dan kemampuan guru.
3.    Mengumpulkan dan mengolah data sumber daya pendidikan, proses pembelajaran atau bimbingan, lingkungan sekolah yang berpengaruh terhadap perkembangan hasil belajar atau bimbingan siswa.
4.    Melaksanakan analisis komprehensif hasil analisis berbagai faktor sumber daya pendididkan sebagai bahan untuk melakukan inovasi sekolah.
5.    Memberikan arahan, bantuan dan bimbingan kepada guru tentang proses pembelajaran atau bimbingan yang bermutu untuk meningkatkan mutu proses dan hasil belajar atau bimbingan.
6.    Melaksanakan penilaian dan monitoring penyelanggaraan pendidikan disekolah dibinaannya mulai dari penerimaan sisiwa baru, pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan ujian sampai kepada pelepasan lulusan atau pemberian izasah.
7.    Menyusun laporan hasil pengawasan di sekolah binaannya dan melaporkannya kepada dinas Pendidikan, komite sekolah dan stakeholder lainnya.
8.    Melaksanakan penilaian hasil pengawasan seluruh sekolah sebagai bahan kajian untuk menetapkan progam pengawasan semester berikutnya.
9.    Memberikan bahan penilaiaan kepada sekolah dalam rangka akreditasi sekolah.
10. Memberikan saran dan pertimbangan kepada pihak sekolah dalam memecahkan masalah yang dihadapi sekolah berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan.
C .penilik  PAUD
1.    Penilik adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab dan  wewenang untuk melakukan kegiatan pengendalian mutu dan evaluasi dampak progam pendidikan anak usia dini dan mempunyai fungsi :
2.    Penilik adalah jabatan ungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan kegiatan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program pendidikan anak usia dini PAUD.
3.    Memantau pelaksanaan pembelajaran dan menganalisis kinerja pendidikan dan tenaga kependidikan PAUD.
4.    Membimbing pendidikan dan tenaga kependidikan PAUD dalam memanfaatkan hasil penilaiaan kinerja untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
5.    Mengevaluasi kinerja satuan pendidikan PAUD untuk melakukan pembinaan lebih lanjut.
D .Penilik Kesetaraan
                    Penilik kesetaraan  adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab dan  wewenang untuk melakukan kegiatan pengendalian mutu dan evaluasi dampak progam pendidikan kesetaraan dan keaksaraan, serta kursus pada jalur pendidikan nonformal dan mempunyai fungsi :
a)  Menghimpun, mengolah dan menganalisa serta menyajikan data dan informasi untuk pemutusan dan penyusunan bahan kebijakan pengembangan data Buta Aksara, Pendidikan Kesetaraan (Paket A, B, C) dan Keaksaraan Fungsional Pendidikan Nonformal dan sistem pengelolaan serta pemberdayaan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan dan Keaksaraan Fungsional Pendidikan Nonformal;
b)  Menghimpun, mengolah dan menganalisa serta menyajikan data dan informasi pemberdayaan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan (Paket A,B,C) dan Keaksaraan Fungsional pada Pendidikan Nonformal;
c)  Menyiapkan bahan petunjuk teknis pelaksanaan standarisasi sistem pengelolaan kelembagaan Pendidikan Kesetaraan (Paket A,B,C) dan Keaksaraan Fungsional Pendidikan Nonformal;
d)  Menyiapkan bahan petunjuk teknis pelaksanaan pemberdayaan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan (Paket A,B,C) dan Keaksaraan Fungsional Pendidikan Nonformal;
e)  Melaksanakan tugas lain baik yang telah ditetapkan maupun yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal dalam melaksanakan tugasnya dilembaga pendidikan akan dibina, dipantau, dimonitor serta dievaluasi oleh Jabatan Fungsional (Pengawas TK) dan penilik yang membidanginya.
Jabatan Fungsional (Pengawas TK) dan Pendidik menyampaikan hasil pembinaan, pemantauan, monitoring dan evaluasi ke Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal secara berkala.
a.    Kepala TU dan Staf TU
          Sub Bagian Tata Usaha dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang mempuyai tugas pokok melaksanakan sebagian  tugas UPT . pendidikan  dasar dalam kegiatan ketatausahaan yang meliputi urusan perencanaan, keuangan, umum dan kepegawaian.
Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana  dimakud pada ayat (1), Kepala   Sub  Bagian Tata Usah mempunyai fungsi;
    1. pengkoordinasian penyusunan Rancana Strategis, Rencana Kerja Tahunan dan   
        Penetapan Kinerja Tahunan dan Penetapan  Kineja UPT pendidikan dasar;
    2. pengkoordinasian penyesunan program kerja UPT  pendidikan dasar;
    3. pelaksanaan pelayanan teknis administratif lingkup UPT;
   4. perumusan bahan pedoman dan petunjuk tata laksana administrasi umum   pendidikan dasar;
    5. pengkoordinasian penyusunan Standar Pelayanan Minimal dan Standar
          Prosedur Tetap Pelaksanaan Kegiatan lingkup UPT pendidikan dasar;
    6. perumusan dan penjabaran kebijakan teknis pengyelenggaraan administrasi
umum, perencanaan, keuangan, kepegawaian, dan perlengkapan UPT.     pendidikan dasar;
     7.pengkoordinasian penyusnan laporan pelaksanaan tugas   UPTpendidikan  dasar;
     8. pelaksanaan pengaturan, pembinaan dan pengelolaan administrasi umum,
         perencanaan , keungan , kepegawaian dan perlengkapan pendidikan dasar;
    9. pelaskanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksaan tugas    kesekretariatan  pendidikan dasar;
     10. pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan   bidan tugasnya..
b.    Kelompok jabatan fungsional
Kelompok jabatan fongsional mempunyai tugas melaksanankan sebagian tugas dan fungsi UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong sesuai keahlian atau keterampilan berdasarkan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
        Kelompok jabatan fungsional terdiri atas sejumlah tenaga dalam jenjang jabatan fungsional, yang terbagi dalam kelompok sesuai dengan bidang keahlian atau keterampilan.

BAB III
PELAKSANAAN PRAKTEK

A.    Kegiatan yang dilakukan
         Sesuai dengan arahan, petunjuk, pembimbing pada objek tempat magang pada kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan, dengan jenis kegiatan praktek meliputi :
1.      Pembimbing magang kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong memberikan arahan dan petunjuk dalam pelaksanaan tugas. Dengan kegiatan praktek magang berupa aktivitas umum yang dilaksanakan oleh pegawai kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong.
2.      Pemberian data dan imformasi baik secara umum maupun khusus oleh pembimbing magang guna mendapatkan hasil yang akuntabel.
3.      Penugasan-penugasan pembimbing pada pemagangan antara lain :
a.       Membantu dibidang administrasi
b.      Membantu tugas-tugas yang lain berkaitan dengan pengadministrasian yang diperintah oleh pembimbing magang.
c.       Mengarahkan kepada pemagang dalam pembagian berupa barang atau surat yang akan diambil oleh kepala sekolah/ guru-guru.
         Atas dasar arahan kegiatan praktek yang ditentukan oleh pembimbing sesuai dengan kegiatan praktek   yang telah ditentukan, dimana dalam pelaksanaan meliputi :
1.      Bentuk kegiatan fisik
         Bentuk kegiatan fisik pemagangan tersebut berupa pemberian tugas oleh pembimbing kepada pemagang yang berupa bagian dari aktivitas kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong.
2.      Bentuk Non fisik
a .Bentuk pengarahan dan petunjuk dalam pelaksanaan tugas pada kantor UPT. Dinas pendidikan Kecamatan Halong.
b .penelaahan, pengamatan atas tugas-tugas objek praktek yaitu pada kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong.
c . kegiatan konsultasi dan tanya jawab antara pemagang dengan pembimbing magang.
d . penyampaian pendapat dan saran terhadap kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong terutama menyangkut kegiatan administrasi oleh pemagang.
               Kegiatan yang dilakukan selama magang dikantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong yaitu :
1.      Membantu tugas dalam menangani surat-menyurat
2.      Pembuatan surat dan pengarsipan surat masuk dan surat keluar
3.      Menyatukan hasil  Laporan bulanan sekolah untuk dijadikan arsip
4.      Membantu pengetikan kompoter
5.      Membagi barang-barang yang datang dari kebupaten atau propinsi kepada sekolah.
6.      Mangcopy, paste fail-fail dikompoter apabila diperkukan oleh guru yang bersangkuatan.
B.     Kendala-kendala yang dihadapi UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong
         Berdasarkan hasil pengamatan penulis selama melakukan praktik magang bahwa kendala dan permasalahan yang terjadi disebabkan atau diakibatkan oleh beberapa hal :
1.      Kurangnya fasilitas penunjang seperti kompoter, sehingga menyebabkan kegiatan administrasi kurang lancar.
2.      Kurangnya kedisiplinan para pegawai dan seringnya tidak berada ditempat pada waktu jam kerja sehingga mengakibatkan pekerjaan kurang lancar.
C.    Mengatasi kendala-kendala yang ada pada kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong.
         Sebagimana telah disebutkan diatas mengenai permasalahan yang penulis temukan pada tempat praktek magang, maka dalam masalah ini penulis mencoba memberikan solusi untuk pemecahan masalah tersebut diatas, dengan cara :
1.      Menambah fasilitas penunjang seperti kompoter agar pelaksanaan kegiatan administrasi berjalan lancar. Sistem komputerisasi harus pula diberangi dengan fasilitas proteksi yang berkesinambungan. Artinya segala bentuk perangkat kompoter harus dilindungi secara rutin.
2.      mengadakan pengontrolan kepada para pegawai pada saat jam kerja secara mendadak maupun terencana.
D.    Pengalaman yang didapat
                   Adapun pengalaman yang didapat selama magang antara lain :
1.      Mendapat pengalaman langsung mengenai kegiatan apa saja yang dilakukan di kantor UPT. Dinas Pendidikan kecamatan Halong dalam hal pelayanan kepada guru.
2.      Turut adil dan mengerti bagaimana berhubungan langsung dan melayani guru-guru.
3.      Mengetahui setiap kegiatan harus didukung oleh sarana dan fasilitas yang memadai.
4.      Mengerti dan memahami bahwa dalam melaksanakan tugas harus benar-benar cepat, tanggap dan ahli.
E.  Kesan selama magang
          Pada waktu pelaksanaan kegiatan magang pada kantor UPT. Dinas pendidikan Kecamatan Halong, penulis memperoleh kesan antara lain sebagai berikut :
1.      Pimpinan kantor  UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong yakni menunjukan sikap mendukung dan memberikan kesempatan bagi penulis untuk melaukan kegiatan praktek  magang dikantor tersebut, sehingga penulis mendapatkan pengalaman luar biasa dalam hal administratif serta pelayanan yang tentunya akan sangat berguna bagi penulis nanti ketika terjun ke dunia kerja.
2.      Ketika melaksanakan kegiatan magang penulis banyak mengalami hal-hal baru yang tidak dapat dalam perkoliahan, dengan demikian penulis dapat menjadikan hal demikian tersebut sebagai tembahan ilmu serta perbandingan yang tentunya tetap saling berkoherensi dan saling melengkapi antara fakta kegiatan administrasi yang terjadi dilapangan dengan teori yang ada dalam perkoliahan itu sendiri.
3.      Selama mengikuti kegiatan praktik, penulis juga mendapatkan kesan yang sangat baik dari pegawai-pegawai yang ada di kantor UPT. Dinas  pendidikan Kecamatan Halong karena juga merika memberikan dukungan dan kerja sama yang baik  sehingga penulis dapat menyeleseikan kegiatan praktik ini dengan berbagai kemudahan-kemudahan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.








BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
          Adapun kesimpulan yang dapat diambil selama penulis melakukan pemagangan pada kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kebupaten Balangan, bahwa kondisi administrasi kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan yaitu :
1.      Keberadaan kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong merupakan penunjang dan pembantu pemerintah kabupaten dalam pelaksanaan pendidikan baik itu dalam proses dan pemerataan pendidikan.
2.      Pada  batasan tertentu, pembuatan kebijakan dapat dilakukan oleh kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong dalam upaya memperlancar kegiatan pendidikan.
3.      Fungsi dan tugas kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong dalam proses kerja memerlukan tenaga ahli dan terampil disegala bidang yang berkenaan dengan pelaksanaan dan fungsi dan tugasnya pada sebuah kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong
4.      Masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan guna menunjang kegiatan agar kualitas pelayanan dapat di tingkatkan, seperti waktu yang memadai, barang-barang yang harus dilengkapi kebutuhannya agar  tercipta pelayanan yang prima.
B.     Saran
         Dari hasil magang yang dilaksanakan maka penulis dapat menyarankan :
1.      Masalah disiplin pegawai perlu ditingkatkan agar kapabilitas dan kredibilitas pegawai UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong lebih baik.
2.      Menambah fasilitas kantor seperti internet, kompoter yang kurang, program anti virus kompoter sehingga data-data yang tersimpan dapat terjaga keamanannya.












DAFTAR HADIR PRAKTEK MAGANG
PADA KANTOR UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN

NAMA                        : BUDIANOOR
NPM                           : 10.12.02183
BULAN                     :OKTOBER 2013
       
NO
Hari
Tanggal
Tanda tangan
1
Senin
21 Oktober 2013
1
2
selasa
22 Oktober 2013
2
3
rabu
23 Oktober 2013
3
4
kamis
24 Oktober 2013
4
5
Jum’at
25 Oktober 2013
5
6
Senin
28 Oktober 2013
6
7
Selasa
29 Oktober 2013
7
8
Rabu
30 Oktober 2013
8
9
kamis
31 Oktober 2013
9


                                                                                                Halong, 31 Oktober 2013


                                                                                    Menetahui :
                                                                                    Kepala UPT Dinas Pendidikan
                                                                                    Kecamatan Halong


   

                                                                                    BAKHTIAR
                                                                                    NIP. 19590204 198009 1 001





DAFTAR HADIR PRAKTEK MAGANG
PADA KANTOR UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN

NAMA                        : BUDIANOOR
NPM                           : 10.12.02183
BULAN                     : NOPEMBER 2013
       
NO
Hari
Tanggal
Tanda tangan
1
Jum’at
1 Nopember 2013
1
2
Senin
4 Nopember 2013
2
3
Selasa
5 Nopember 2013
3. Tahun baru Hijriyah
4
Rabu
6 Nopember 2013
4
5
Kamis
7 Nopember 2013
5
6
Jum’at
8 Nopember 2013
6
7
Senin
11 Nopember 2013
7
8
Selasa
12 Nopember 2013
8
9
Rabu
13 Nopember 2013
9
10
Kamis
14 Nopember 2013
10
11
Jum’at
15 Nopember 2013
11
12
Senin
18 Nopember 2013
12
13
Selasa
19 Nopember 2013
13
14
Rabu
20 Nopember 2013
14
15
Kamis
21 Nopember 2013
15
16
Jum’at
22 Nopember 2013
16
17
Senin
25 Nopember 2013
17
18
Selasa
26 Nopember 2013
18
19
Rabu
27 Nopember 2013
19
20
Kamis
28 Nopember 2013
20
21
Jum’at
29 Nopember 2013
21 

                                                                                            Halong,28 Nopember 2013

                                                                                    Menetahui :
                                                                                    Kepala UPT Dinas Pendidikan
                                                                                    Kecamatan Halong



                                                                                    BAKHTIAR
                                                                                    NIP. 19590204 198009 1 001
DAFTAR HADIR PRAKTEK MAGANG
PADA KANTOR UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN

NAMA                        : BUDIANOOR
NPM                           : 10.12.02183
BULAN                      : DESEMBER 2013 

NO
Hari
Tanggal
Tanda tangan
1
Senin
2 Desember 2013
1
2
Selasa
3 Desember 2013
2
3
Rabu
4 Desember 2013
3
4
Kamis
5 Desember 2013
4
5
Jum’at
6 Desember 2013
5
6
Senin
9 Desember 2013
6
7
Selasa
10 Desember 2013
7
8
Rabu
11 Desember 2013
8
9
Kamis
12 Desember 2013
9
10
Jum’at
13 Desember 2013
10
11
Senin
16 Desember 2013
11
12
Selasa
17 Desember 2013
12
13
Rabu
18 Desember 2013
13
14
Kamis
19 Desember 2013
14
15
Jum’at
20 Desember 2013
15
16
Senin
23 Desember 2013
16
17
Selasa
24 Desember 2013
17
18
Rabu
25 Desember 2013
18.  Hari Natal
19
Kamis
26 Desember 2013
19. Cuti Bersama
20
Jum’at
27 Desember 2013
20
21
Senin
30 Desember 2013
21
22
Selasa
31 Desember 2013
22

                                                                                              Halong,31 Desember 2013

                                                                                    Menetahui :
                                                                                    Kepala UPT Dinas Pendidikan
                                                                                    Kecamatan Halong

       

                                                                                    BAKHTIAR
                                                                                    NIP. 19590204 198009 1 001
DAFTAR HADIR PRAKTEK MAGANG
PADA KANTOR UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN

NAMA                        : BUDIANOOR
NPM                           : 10.12.02183
BULAN                      : JANUARI 2014
       
NO
Hari
Tanggal
Tanda tangan
1
Rabu
             1. Januari 2014
1.Tahun Baru Masehi
2
Kamis
2 Januari 2014
2
3
Jum’at
3 Januari 2014
3
4
Senin
5 Januari 2014
4
5
Selasa
6 Januari 2014
5
6
Rabu
8 Januari 2014
6
7
Kamis
9 Januari 2014
7
8
Jum’at
10 Januari 2014
8
9
Senin
13 Januari 2014
9
10
Selasa
14 Januari 2014
10. maulid nabi muhammad
11
Rabu
15 Januari 2014
11
12
Kamis
16 Januari 2014
12
13
Jum’at
17 Januari 2014
13
14
Senin
20 Januari 2014
14


                                                                                                 Halong,20 Januari 2014

                                                                                    Menetahui :
                                                                                    Kepala UPT Dinas Pendidikan
                                                                                    Kecamatan Halong

  



                                                                                    BAKHTIAR
                                                                                    NIP. 19590204 198009 1 001
                                                                                     




































LAMPIRAN -LAMPIRAN






























HASIL PENILAIAN PRAKTIK MAGANG
PADA KANTOR UPT. DINAS PENDIDIKAN KECAMTAN HALONG
KABUPATEN BANGAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama    : Bakhtiar
Jabatan : Kepala UPT Kecamatan Halong

Setalah melakukan evaluasi terhadap mahasiswa :
Nama     : Budianoor
Npm       : 10.12.02183
Jurusan : Administrasi Negara

Atas laporan praktek yang bersangkutan, pada objek dan memberikan nilai
sebagai berikut :

PENILAIAN
No
Unsur Yang Di Nilai
Angka
Huruf
1
Disiplin Kerja


2
Sikap dan prilaku


3
Kemampuan Mengerjakan Tugas


4
Kerapian dan Ketelitian


5
Interaksi dan adaptasi



Jumlah



Nilai rata-rata




Keterangan :
80-100             Sangat baik              ( A )
66-79               Baik                         ( B )
56-65               Cukup                      ( C )
45-55               Kurang                                 ( D )
0-44                 Sangat kurang          ( E )



                                                                                            Kepala UPT  Dinas Pendidikan
                                                                                            Kecamtan Halong



                                                                                            BAKHTIAR
NIP 19590204 198009 1 001


Komentar

Postingan populer dari blog ini

pertanyaan dan jawaban tentang manajemen proyek

TUGAS   TEKNI PERENCANAAN DAN EVALUASI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Tekni perencanaan dan evaluasi Disusun Oleh :        Budianoor NPM : 10.12.02183 Semester : 7 (Tujuh) A Eksekutif SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI (STIA) AMUNTAI TAHUN AKADEMIK 2013 BAB 1 Soal-Soal 1.       Dalam manajemen proyek, ada hubungan sebab akibat dari suatu tindakan manajemen. Dari daftar efek dan sebab berikut carilah pasangannya. Efek - Keterlambatan penyelesaian aktivitas dalam proyek - Pembengkakan biaya proyek - Konflik antar personal proyek Sebab -    Tidak ada orang khusus untuk menangani proyek -   Desain yang kurang bagus -   Pembuatan jadwal yang tidak realistis 2.       Sebutkan ciri-ciri proyek. 3.       Terangkan bagaimana cara munculnya proyek. Beri contoh. 4.       Jelaskan segitiga project constraint. 5.       Apa perbedaan antara ukuran dan kompleksitas proyek. Jawab : 1.     Pasangan efek

CONTOH PROPOSAL MAULID AL-HABSYI

PERSATUAN MAULID AL-HABSYI “ DARUL MUKHLISIN ” DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor                         : 03/BJP-BLG/2014                                                                              Halong, 06 Juli 2014 Lampiran         : 1 (satu) berkas Perihal                         : Mohon Bantuan Keuangan Untuk perlengkapan maulid Al-habsyi Kepada Yth, PIMPINAN PT. ATA Di – Halong Asslamu’alaikum Wr. Wb. Dengan Hormat, Kami dari Persatuan Maulid Al-Habsyi “DARUL MUKHLISIN” Ds. Binjai punggal Rt.II Kec.Halong Kab. Balangan mengajukan permohonan kepada Bapak kiranya dapat memberikan bantuan dana untuk perbaikan dan penggantian alat-alat yang hampir tidak layak lagi untuk dipakai. Dan perlu Bapak ketahui bahwa Persatuan Maulid ini sudah dibentuk sejak tahun 2006 atau sudah berusia 8 tahun jadi hampir 80% peralatan yang ada sudah tidak layak pakai. Bantuan yang akan Bapak berikan sangat berarti bagi kelancaran kegi

Proposal Prmohonan Bibit jagung

PROPOSAL KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN TAHUN   201 5 KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL RT.02 KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor      : 04/BJP/HLG/2015 Lampiran : 1 ( satu ) berkas Perihal      : mohon bantuan Bibit jagung,Pupuk dan perlengkapan lainnya                                    Kepada Yth.                  BAPAK KEPALA DINAS PER IKANAN       KABUPATEN BALANGAN                     di -   tempat Assalamu’alaikum Wr.Wb Salam silaturrahmi kami semua, teriring Do’a semoga Bapak senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan sukses selalu dalam menjalankan tugas sehari-hari Amein. Sehubung dengan potensi yang dimiliki Desa Binjai Punggal untuk pengembangan sektur pertanian serta untuk pembangunan daerah kabupaten Balangan, maka kami dari kelompok tani “LULUTUNG INDAH” Desa Binjai Punggal Kecamatan Halong Kabupaten Balangan bermaksu