LAPORAN PRAKTEK MAGANG PADA UPT.DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN
LAPORAN PRAKTEK MAGANG
PADA UPT. DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN
HALONG KABUPATEN BALANGAN
Diajukan
Untuk Memenuhi Persyaratan
Mata
Kuliah Praktik Magang
DISUSUN
O
L
E
H
NAMA
: BUDIANOOR
NPM : 12.10.02183
LOKAL : 7 B ( Eksikutif )
SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI (STIA)
AMUNTAI
2013/2014
AGENDA KEGIATAN PRAKTEK
MAHASISWA STIA AMUNTAI
Nama Mahasiswa :
BUDIANOOR
NPM :
12.10.02183
Jurusan :
Administrasi Negara
Objek Praktek :Kantor
UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan HalongKabupaten Balangan.
Tujuan Praktek :
1. Untuk memenuhi persyaratan Mata Kuliah
Tujuan Praktek : 1. Praktek Magang
Tujuan Praktek : 2. Untuk mengaplikasikan teori secara
nyata yang
diperoleh di bangku perkuliahan
Waktu Praktek :
20 Oktober 2013 s/d 20
Januari 2014
Pembimbing Magang :
1. Kastina, S. Ag
Tujuan Praktek : 2. Drs. H. Arpandi, M. AP
PENGESAHAN LAPORAN PRAKTEK
A. Laporan ini telah
diperiksa dan dinyatakan bahwa:
Nama : BUDIANOOR
NPM : 10.12.02183
Jurusan : Administrasi Negara
Telah melakukan praktek di
Kantor UPT. Dinas Pendidikan kecamatan
Halong Kabupaten Balangan terhitung
tanggal 20 Oktober 2013 s/d 20 Januari 2014.
B. Laporan ini diperiksa
dan disetujui oleh pembimbing
Pembimbing I
Kastina, S.Ag
NIP 197308 272007 01 2007
|
Pembimbing II
Drs. H. Arpandi,
M.AP
NIK. 106 388 012
|
Mengetahui,
Kepala UPT. Dinas Pendidikan
Bakhtiar
NIP 19590204 198009 1 001
|
Mengetahui,
Ketua STIA Amuntai
Drs. H. Syahrul
Rahmadi, M.Si
NIK. 106 097 032
|
KATA PENGANTAR
puji
syukur penulis haturkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan
hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Magang ini
sebaik-baiknya yang dilaksanakan dari tanggal 20 Oktober 2013 s/d 20 Januari
2014 di Kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan.
Maksud
dan tujuan penulis dalam membuat laporan ini adalah untuk memenuhi persyaratan
mata kuliah Magang pada Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Amuntai.
Penyusunan
Laporan Magang ini tidak bisa lepas dari bantuan berbagai pihak baik secara
langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis
mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat :
1.
Bapak Drs. H. Syahrul Rakhmadi, M.Si, selaku Ketua
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Amuntai.
2.
Bapak Bakhtiar selaku Kepala UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan atas kesediaannya
memberikan izin untuk magang.
3.
Bapak Drs. H. Arpandi, M. AP selaku pembimbing magang
yang banyak memberikan bimbingan, pengarahan dan motivasi kepada penulis dalam
menyelesaikan laporan.
4.
Ibu Kastina, S.Ag selaku Kepala TU kantor
Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan. Atas segala bimbingan, pengarahan dan
motivasinya dalam pelaksanaan praktek.
5.
Seluruh staf/ pegawai kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan atas bantuan dan kerjasamanya yang baik.
6.
Para Dosen dan Staf Akademik STIA Amuntai yang telah menyumbangkan ilmu
pengetahuan dan bantuan lainnya.
Penulis juga menyadari dimana laporan
ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari teknik penulisan maupun dari isi
yang disampaikan, hal ini dikarenakan dari keterbatasan kemampuan yang dimiliki
oleh penulis dalam penyusunan laporan ini, oleh karena itu penulis mohon untuk
dapat memakluminya, terlepas dari itu penulis berharap semoga laporan ini
berguna bagi kita semua.
Halong
, Januari 2014
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL …………………………………………………...
AGENDA
KEGIATAN PRAKTEK .......................................................
PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTEK ...............................................
KATA
PENGANTAR
............................................................................
DAFTAR ISI …………………………………………………………...
|
I
ii
iii
iv
vi
|
|
BAB I
BAB II
BAB III
BAB IV
|
PENDAHULUAN
A. Keterangan Nama Objek Praktek ..................................
B. Alasan Memilih Objek Praktek .....................................
C. Tujuan dan Manfaat Hasil Praktek ................................
D. Waktu Pelaksanaan .......................................................
E. Sasaran Magang
............................................................
KEADAAN
TEMPAT PRAKTEK
A. Nama Unit Kerja ...........................................................
B. Struktur Organisasi
Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan ........................................................................
C. Jumlah Tenaga Kerja
.....................................................
PELAKSANAAN
PRAKTEK
A. Kegiatan yang Dilakukan ..............................................
B. Permasalahan yang
Dihadapi ........................................
C.
Pengalaman yang
Diperoleh Selama Magang ...............
D.
Kesan Selama Magang ..................................................
PENUTUP
A.
Kesimpulan
....................................................................
B.
Saran
..............................................................................
|
1
1
2
2
2
3
21
23
26
27
28
28
Halaman
29
29
|
LAMPIRAN :
-
Surat Permohonan Ijin Magang dari STIA Amuntai
-
Surat Rekomendasi Ijin Magang dari Kantor Dinas
Pendidikan Kabupaten Balangan
-
Daftar Rekapitulasi Penilaian Praktek Magang
-
Daftar Hadir Magang Mahasiswa STIA Amuntai
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Setiap organisasi atau
instansi memiliki tata kerja yang dijalankan dengan menggunakan suatu sistem
ini mencakup seluruh aspek, baik pelaksanaan, media, perencana hingga
pencapaian tujuan. Keseluruhan itu dikenal dengan istilah Administrasi, secara
umum yang dimaksud dengan Administrasi adalah kegiatan sekelompok orang yang
bekerja sama secara rasional untuk
mencapai tujuan tertentu. Administrasi itu dilaksanakan oleh seorang
Administrator itu ada pada setiap kepala organisasi untuk memimpin dari tingkat
yang paling tinggi sampai ketingkat yang paling rendah, namun sebagai seorang
Administrator tidak cukup hanya memiliki teori saja tentang Administrasi Negara
akan tetapi juga harus menimba pengalaman di lapangan, oleh karena itu dilaksanakan
praktek Administrasi pada semester 7 (tujuh) atau kegiatan magang mahasiswa
pada suatu instansi yang dimaksud untuk menerapkan teori yang diperoleh selama
mengikuti perkoliahan.
B. Keterangan Nama Objek Praktek
Sesuai
dengan surat keputusan ketua Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai nomor
: 324 / STIA – Amt / N / 10. 2014 pada tanggal 1 Oktober
2013 perihal Mohon Ijin
Magang Mahasiswa
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Amuntai maka ditentukan objek praktek pemagangan pada Kantor
UPT. Dinas Pendidikan Kecamtan
Halong Kabupaten Balangan Jl. Simpang
Tiga Binjai Punggal Kecamatan Halong Kabupaten Balangan Kode Pos 71666
C.
Alasan Memilih Objek
Praktek
Yang
menjadi alasan penulis untuk memilih objek praktek magangan pada UPT. Dinas Pendidikan Kecamtan Halong Kabupaten Balangan yaitu :
1. Proses kegiatan
pelaksanaan kegiatan magang berjalan lancar dan mudah karena secara teoritis
semua kegiatan-kegiatan tersebut memang telah dipelajari dalam perkuliyahan.
2.
Penulis ingin mengetahui lebih jauh bagaimana pranan Kantor UPT. Dinas
Pendidikan Kecamatan Halong tersebut dalam memberikan pelayanan dan
kedisiplinan.
3. Untuk Mengetahui lebih
jauh bagaimana penyelenggaraan UPT. Dinas Pendidikan kecamatan Halong Kabupaten
Balangan dalam menjalankan fungsinya dalam pelayanan Administrasi.
4. Praktek magang
merupakan mata kuliah yang diwajibkan dalam program studi Administrasi Negara
STIA Amuntai sesuai dengan objek praktek.
D.
Tujuan dan Manfaat Praktek Magang
- Tujuan
a. Menambah pengalaman
berkaitan dengan mekanisme kerja pada kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan
Halong Kabupaten Balangan.
b. Mendapat pengalaman langsung dalam hal melaksanakan pengelolaan
kantor.
c. Mengaplikasikan dan
membandingkan pengetahuan/ teori yang didapat dibangku kuliyah dengan
pengalaman yang ada dilapangan.
d. Mendewasakan
cara berpikir serta meningkatkan daya penalaran dalam penelaahan perumusan
masalah terutama masalah kantor.
- Manfaat
a. Bagi penulis, hasil
praktek magang dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi kemampuan dari ilmu yang
diperoleh di bangku kuliah;
b. Bagi objek praktek, hasil
praktek magang ini dapat dijadikan sebagai bahan informasi dalam upaya
memecahkan masalah berkaitan dengan pelaksanaan administrasi .
E.
Waktu Pelaksanaan
Pelaksanaan magang dilakukan mulai tanggal 20 Oktober 2013s/d 20 Januari 2014
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Gambaran Umum UPT. Dinas Pendidikan kecamatan Halong
Kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan
Halong Kabupaten Balangan yang terletak
dijalan Simpang Tiga Binjai Punggal RT.
II berdiri sejak tahun 2006 didesa Binjai Punggal Kecamatan Halong Kabupaten Balangan,
merupakan salah satu lembaga Pemerintah yang bertugas sebagai pengelola,
pengatur perkembangan pendidikan dilingkup kecamatan Halong. sangat diharapkan
mampu menjadikan salah satu faktor
penunjang peningkatan kualitas pendidikan Khususnya di Kecamatan Halong.
Lembaga Pendidikan di Kecamatan, sebelum menjadi UPT
Pendidikan, dahulunya adalah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan,
Dinas P dan K Kecamatan,
Depdikbud dan Dinas P & K
Kecamatan, Dinas Pendidikan Kecamatan, Kasi Pendidikan dan kebudayaan (kasi Dikbud)
kecamatan, Unit Pelaksan teknis (UPT) Pendidikan TK/SD Kecamatan
Adapun Ruang yang
menjadi fasilitas pegawai UPT. Dinas
Pendidikan Kecamatan Halong Kebupaten Balangan terdiri dari :
a. Ruang Kepala UPT
b. Ruang penilik
c. Ruang pengawas
d. Ruang penilik
kesetaraan
e. Ruang Tata Usaha
f. Ruang rapat KKG Guru
B.
Tugas pokok dan Fungsi UPT. Dinas Pendidikan
Kecamatan Halong Kabupaten Balangan
UPT.
Dinas pendidikan bertugas sebagai perpanjangan tangan kepala Dinas
Pendidikan, pengelolaan pendidikan di daerah dalam membina dan mengurus pada
semua jenjang yang ada diwilayah kecamatan.
1.
Membantu kepala dinas
melaksanakan perencanaan progaram pembinaan kegiatan pendidikan dalam wilayah
kecamatan
2.
Membantu kepala dinas
melaksanakan pelayanan langsung pada semua jenjang sesuai tugas koordinasi
dengan sekolah-sekolah dikecamatan.
3.
UPT. Bertanggung jawab
langsung kepada kepala dinas dan tetap berkoordinasi kepada kepala bidang
masing-masing.
4.
Mengumpulkan hasil
penyusunan rencana dan pelaporan kepada kepala Dinas.
5.
Urusan tata usaha
dipimpin oleh seorang kepala urusan yang dalam melaksanakan tugasnya
bertanggung jawab kepada kepala UPT. Dinas Pendidikan.
6.
Kelompok jabatan
fungsional dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada kepala UPT.
Dinas Pendidikan .
C.
Jumlah Tenaga Kerja pegawai UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan
Berdasarkan data kepegawaian
pada Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan tahun 2014, jumlah pegawai sebanyak 11 orang. Untuk mengetahui keadaan peagawai UPT. Dinas
Pendidikan kecamtan Halong Kabupaten Balangan dapat dilihat pada tabel berikut ini :
TABEL 1
KEADAAN PEGAWAI BERDASARKAN STATUS
KEPEGAWAIAN
No.
|
Nama
|
NIP
|
Jabatan
|
1
|
Bakhtiar
|
19590204 19800 9 1
001
|
Kepala UPT
|
2
|
D. Ardiansyah, S. Pd
|
19590913 198009 1
001
|
Pengawas SD
|
3
|
Akhmad Dinansyah,
S. Pd
|
19590930 197909 1
001
|
Pengawas SD
|
4
|
Abd. Said , S. Pd.
I
|
19600320 198305 1 003
|
Pengawas SD
|
5
|
Drs. Akhmad
Syahpani
|
19620712 199403 1 004
|
Penilik
|
6
|
Ardanias, S. Pd
|
19670712 199403 1 004
|
Penilik Kesetaraan
|
7
|
Kastina , S. Ag
|
19730827 200701 2 007
|
Kepala TU
|
8
|
Junaidi, S. Pd
|
19851205 201001 1 013
|
Staf TU
|
9
|
Asitam
|
19680608 200701 1 031
|
Staf TU
|
10
|
Ramnah
|
-
|
Staf TU
|
11
|
MALIK SYAIFUL JANI, S.SOs
|
-
|
Staf TU
|
Sumber : UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan,
2014
D. Visi, Misi, Dan Tujuan UPT. Dinas Pendidikan
Kecamatan Halong Kabupaten Balang
a. visi
Dalam kehidupan bernegara, visi
memainkan peran yang menentukan dalam dinamika perubahan lingkungan pemerintah
pada umumnya dan instansi pemerintah pada khususnya dapat bergerak maju manuju
masa depan yang lebih baik , tiga nilai dasar untuk pemebentukan suatu visi
yaitu :
1.
Mengikut sertakan
seluruh ide dan pikiran pegawai dilingkungannya.
2.
Informasi yang
diperlukan dari berbagai sumber yang terkait.
3. Kreatifitas
dan tanggung jawab terhadap pekerjaan.
Berdasarkan tiga nilai dasar tersebut maka visi dari
UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong dapat terwujudnya masyarakat Halong yang
agamis dan modern, adapun Indikator visi :
a. Unggul dalam
pelaksanaan syariat agama.
b. Unggul delam
kepribadian.
c. Unggul dalam
berbudaya disiplin dan bertanggung jawab.
d. Unggul dalam prestasi
akademik.
e. Unggul dalam
penguasaan teknologi tinggi.
f. Demokrasi menjadi
landasan dalam seluruh aktifitas dalam segala bidang.
g. Antara lembaga negeri
dan swasta tercipta sinergi yang dinamis dan sihat.
b. Misi
Tidak lanjut dari pernyataan visi
adalah perumusan misi yang merupakan pernyataan menetapkan tujuan instansi
pemerintah dan sasaran yang ingin dicapai . dalam merumuskan nilai harus menuju
pada pencapaian visi. Misi adalah suatu yang harus dilaksanakan dan
berhasil dengan baik.
Berdasarkan kriteria tersebut, maka misi dari UPT. Dinas Pendidikan
Kecamatan Halong sebagi berikut :
1. Mengoptimalkan
pembinaan agama sehingga akan terwujudnya masyarakat yang beriman, berakhlaqul
karimah.
2. Menjadi
lembaga pendidikan sebagai pemberi jasa layanan kepada masyarakat dan
meletakkan siswa dan orang tua sebagai contumer yang harus dihormati dan
didengar kebutuhannya.
3. Menginstruksikan
agar semua lembaga menerapkan MPMBS sebagai jawaban terhadap isu rendahnya manajemen
pendidikan.
4. Masyarakat
full dan School pada setiap jenjang pendidikan.
5. Mengusahakan
terbentuk dan berfungsinya komite sekolah pada semua lembaga diseluruh
kecamatan Halong sebagi partner dalam pengambilan kebijakan.
c. Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai
melalui visi dan misi adalah :
1. Memberikan
kesempatan belajar kepada semua lapisan masyrakat dengan memperluas akses pada
semua jenis dan jenjang pendidikan.
2. Meningkatkan
motu hasil pendidikan sebagai bekal untuk hidup bermasyarakat yang semakin
kompleks.
3. Meningkatkan
motu pendidikan dan tenaga kependidikan.
Menciptakan
masyarakat melek huruf, berbudaya baca, dan kompetitif
E. Keadaan Sarana Dan
Frasarana
Sarana / prasarana merupakan salah
satu penunjang dalam pelaksanaan kerja didalam suatu kantor. Sehingga apa bila
dilihat dari keadaan sarana / prasarana pada UPT. Dinas Pendidikan
nampaknya sudah cukup memadai. Untuk
lebih jelasnya keadaan sarana/ prasarana dimaksud dapat dilihat pada tabel
berikut :
Tabel
2
keadaan Sarana / Prasarana UPT. Dinas Pendidikan
Kecamatan Halong Kabupaten Balangan.
No
|
Jenis barang
|
jumlah
|
keadaan
|
ket
|
1
|
Kursi tamu
|
2 Buah
|
Baik
|
|
2
|
Kursi Putar
|
23 Buah
|
Baik
|
|
3
|
Kursi biasa
|
40 Buah
|
Baik
|
|
4
|
Kompoter
|
2 Buah
|
Baik
|
|
5
|
Laptop
|
2 Buah
|
Baik
|
|
6
|
Mesin tik
|
2 Buah
|
Baik
|
|
7
|
Lemari arsip
|
3 Buah
|
Baik
|
|
8
|
Lemari Kayu
|
2 Buah
|
Baik
|
|
9
|
Kendaraan roda 2
|
7 Buah
|
Baik
|
|
10
|
AC
|
2 Buah
|
Baik
|
|
11
|
Kipas Angin
|
4 Buah
|
Baik
|
|
12
|
TV
|
1 Buah
|
Baik
|
|
13
|
Colkas
|
1 Buah
|
Baik
|
|
14
|
Meja Biasa
|
16 Buah
|
Baik
|
|
15
|
Meja Panjang
|
6 Buah
|
Baik
|
|
16
|
Lemari Kaca
|
1 Buah
|
Baik
|
|
17
|
Printer
|
3 Buah
|
Baik
|
|
18
|
Jinset
|
1 Buah
|
Baik
|
|
19
|
dispenser
|
1 Buah
|
Baik
|
|
20
|
Kompor Gas
|
1 Buah
|
Baik
|
|
21
|
Jam Dinding
|
1 Buah
|
Baik
|
|
Sumber : UPT. Dinas Pendidikan
Kecamatan Halong Kabupaten Balangan
F. Struktur Organisasi
Kantor UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Halong
Kabupaten Balangan merupakan tempat penunjang dan membantu pemerintah disekitar
wilayah untuk mengkurdinasi Sekolah khususnya Daerah Kecamatan Halong Kabupaten
Balangan, sangat diperlukan adanya struktur organisasi yang jelas, karena
berperan untuk menentukan kedudukan, fungsi, wewenang dan tanggung jawab dari
seksi-seksi yang ada dalam Organisasi tersebut.
Tugas kantor UPT. Dinas Pendidikan
Kecamatan Halong Kabupaten Balangan sesuai dengan jabatannya adalah :
. kepala UPT
Kepala UPT pendidikan dasar mempunyai
tugas pokok memimpin, merencanakan, mengawasi, mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan
teknis pendidikan dasar serta pendidikan non formal.Untuk menyelenggarakan
tugas pokok sebgaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala UPT mempunyai
fungsi:
1
perumusan dan penetapan visi, misi dan rencana strategis serta progaram
kerja UPT pendidikan
dasar;
2. Pengkoordinasian pelaksanaan program kerja bidang pendidikan dasar (TK/RA,
SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs)
dengan instansi terkait di tingkat kecamatan;
3. Melakukan perhitungan kebutuhan guru dan konsep anlisa untuk pemerataan
guru di masing –masing wilayah berdasarkan data dan perhitungan kebutuhan
guru di tingkat kecamatan;
4. Merencanakan, melaksanakan,
mengevaluasi dan melaporkan kegiatan
pengembangan kurukulum, bahan ajar, metode pembelajaran dan penilaian
pada bidang pendidikan dasar tingkat kecamatan;
6. Merencanakan,
melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan lomba
akademik dan non akademik siswa dibidang
pendidikan dasar;
7.
merencakanakn, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporakan kegiatan
evaluasi kinerja di bidang pendidikan dasar;
8.
pengkoordinasian dan pembinaan, penyelenggaraan serta pengelolaan
administrasi UPT pendidikan dasar;
9. pelaporan pelaksanaan tugas kepada dinas
melalui Sekretaris Dinas;
10. pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh dinas sesuai dengan
bidang
tugasnya.
b.
Pengawas SD
pengawas mempunyai tugas tanggung
jawab dan wewenang secara penuh melakukan pengawasan pendidikan disekolah
dengan melaksanakan penilaian dan pembinaan dari segi teknis pendidikan dan
administrasi pada satuan pendidikan tertentu dan mempunyai fungsi sebagai
berikut :
1.
Menyusun progam kerja kepengawasan untuk setiap semester
dan setiap tahunnya pada sekolah yang dibinanya.
2.
Melaksanakan penilaiaan, pengolahan dan analisis data
hasil belajar atau bimbingan siswa dan kemampuan guru.
3.
Mengumpulkan dan mengolah data sumber daya pendidikan,
proses pembelajaran atau bimbingan, lingkungan sekolah yang berpengaruh
terhadap perkembangan hasil belajar atau bimbingan siswa.
4.
Melaksanakan analisis komprehensif hasil analisis
berbagai faktor sumber daya pendididkan sebagai bahan untuk melakukan inovasi
sekolah.
5.
Memberikan arahan, bantuan dan bimbingan kepada guru
tentang proses pembelajaran atau bimbingan yang bermutu untuk meningkatkan mutu
proses dan hasil belajar atau bimbingan.
6.
Melaksanakan penilaian dan monitoring penyelanggaraan
pendidikan disekolah dibinaannya mulai dari penerimaan sisiwa baru, pelaksanaan
pembelajaran, pelaksanaan ujian sampai kepada pelepasan lulusan atau pemberian
izasah.
7.
Menyusun laporan hasil pengawasan di sekolah binaannya
dan melaporkannya kepada dinas Pendidikan, komite sekolah dan stakeholder
lainnya.
8.
Melaksanakan penilaian hasil pengawasan seluruh sekolah
sebagai bahan kajian untuk menetapkan progam pengawasan semester berikutnya.
9.
Memberikan bahan penilaiaan kepada sekolah dalam rangka
akreditasi sekolah.
10. Memberikan saran dan
pertimbangan kepada pihak sekolah dalam memecahkan masalah yang dihadapi
sekolah berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan.
C .penilik PAUD
1. Penilik adalah jabatan
fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan kegiatan
pengendalian mutu dan evaluasi dampak progam pendidikan anak usia dini dan
mempunyai fungsi :
2. Penilik adalah jabatan
ungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab dan wewenang
untuk melakukan kegiatan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program pendidikan
anak usia dini PAUD.
3. Memantau
pelaksanaan pembelajaran dan menganalisis kinerja pendidikan dan tenaga
kependidikan PAUD.
4. Membimbing
pendidikan dan tenaga kependidikan PAUD dalam memanfaatkan hasil penilaiaan
kinerja untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
5. Mengevaluasi
kinerja satuan pendidikan PAUD untuk melakukan pembinaan lebih lanjut.
D .Penilik
Kesetaraan
Penilik
kesetaraan adalah jabatan fungsional
yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan kegiatan
pengendalian mutu dan evaluasi dampak progam pendidikan kesetaraan dan
keaksaraan, serta kursus pada jalur pendidikan nonformal dan mempunyai fungsi :
a)
Menghimpun, mengolah dan menganalisa serta menyajikan
data dan informasi untuk pemutusan dan penyusunan bahan kebijakan pengembangan
data Buta Aksara, Pendidikan Kesetaraan (Paket A, B, C) dan Keaksaraan
Fungsional Pendidikan Nonformal dan sistem pengelolaan serta pemberdayaan peran
serta masyarakat dalam penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan dan Keaksaraan
Fungsional Pendidikan Nonformal;
b)
Menghimpun, mengolah dan menganalisa serta menyajikan
data dan informasi pemberdayaan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan
Pendidikan Kesetaraan (Paket A,B,C) dan Keaksaraan Fungsional pada Pendidikan Nonformal;
c)
Menyiapkan bahan petunjuk teknis pelaksanaan standarisasi
sistem pengelolaan kelembagaan Pendidikan Kesetaraan (Paket A,B,C) dan
Keaksaraan Fungsional Pendidikan Nonformal;
d)
Menyiapkan bahan petunjuk teknis pelaksanaan pemberdayaan
peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan (Paket
A,B,C) dan Keaksaraan Fungsional Pendidikan Nonformal;
e)
Melaksanakan tugas lain baik yang telah ditetapkan maupun
yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal dalam melaksanakan tugasnya
dilembaga pendidikan akan dibina, dipantau, dimonitor serta dievaluasi oleh
Jabatan Fungsional (Pengawas TK) dan penilik yang membidanginya.
Jabatan Fungsional (Pengawas TK) dan
Pendidik menyampaikan hasil pembinaan, pemantauan, monitoring dan evaluasi ke
Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal secara berkala.
a. Kepala TU
dan Staf TU
Sub Bagian Tata Usaha dipimpin oleh seorang
Kepala Sub Bagian yang mempuyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas
UPT . pendidikan dasar dalam kegiatan
ketatausahaan yang meliputi urusan perencanaan, keuangan, umum dan kepegawaian.
Untuk menyelenggarakan
tugas pokok sebagaimana dimakud pada ayat (1), Kepala Sub
Bagian Tata Usah mempunyai fungsi;
1.
pengkoordinasian penyusunan Rancana Strategis, Rencana Kerja Tahunan dan
Penetapan
Kinerja Tahunan dan Penetapan Kineja UPT pendidikan dasar;
2.
pengkoordinasian penyesunan program kerja UPT pendidikan dasar;
3.
pelaksanaan pelayanan teknis administratif lingkup UPT;
4.
perumusan bahan pedoman dan petunjuk tata laksana administrasi umum pendidikan dasar;
5.
pengkoordinasian penyusunan Standar Pelayanan Minimal dan Standar
Prosedur
Tetap Pelaksanaan Kegiatan lingkup UPT pendidikan dasar;
6. perumusan dan
penjabaran kebijakan teknis pengyelenggaraan administrasi
umum, perencanaan, keuangan, kepegawaian, dan
perlengkapan UPT. pendidikan dasar;
7.pengkoordinasian
penyusnan laporan pelaksanaan tugas UPTpendidikan
dasar;
8. pelaksanaan
pengaturan, pembinaan dan pengelolaan administrasi umum,
perencanaan
, keungan , kepegawaian dan perlengkapan pendidikan dasar;
9.
pelaskanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksaan tugas kesekretariatan pendidikan dasar;
10.
pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidan tugasnya..
b. Kelompok jabatan fungsional
Kelompok jabatan fongsional mempunyai tugas
melaksanankan sebagian tugas dan fungsi UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong
sesuai keahlian atau keterampilan berdasarkan kebutuhan dan ketentuan peraturan
perundang-undangan yang berlaku.
Kelompok jabatan fungsional terdiri atas sejumlah tenaga dalam jenjang
jabatan fungsional, yang terbagi dalam kelompok sesuai dengan bidang keahlian
atau keterampilan.
BAB III
PELAKSANAAN PRAKTEK
A.
Kegiatan yang dilakukan
Sesuai dengan arahan,
petunjuk, pembimbing pada objek tempat magang pada kantor UPT. Dinas Pendidikan
Kecamatan Halong Kabupaten Balangan, dengan jenis kegiatan praktek meliputi :
1.
Pembimbing magang kantor
UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong memberikan arahan dan petunjuk dalam
pelaksanaan tugas. Dengan kegiatan praktek magang berupa aktivitas umum yang
dilaksanakan oleh pegawai kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong.
2.
Pemberian data dan
imformasi baik secara umum maupun khusus oleh pembimbing magang guna
mendapatkan hasil yang akuntabel.
3.
Penugasan-penugasan
pembimbing pada pemagangan antara lain :
a.
Membantu dibidang
administrasi
b.
Membantu tugas-tugas
yang lain berkaitan dengan pengadministrasian yang diperintah oleh pembimbing
magang.
c.
Mengarahkan kepada
pemagang dalam pembagian berupa barang atau surat yang akan diambil oleh kepala
sekolah/ guru-guru.
Atas dasar arahan kegiatan praktek
yang ditentukan oleh pembimbing sesuai dengan kegiatan praktek yang telah ditentukan, dimana dalam
pelaksanaan meliputi :
1.
Bentuk kegiatan fisik
Bentuk kegiatan fisik
pemagangan tersebut berupa pemberian tugas oleh pembimbing kepada pemagang yang
berupa bagian dari aktivitas kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong.
2.
Bentuk Non fisik
a .Bentuk pengarahan dan petunjuk dalam pelaksanaan tugas pada kantor
UPT. Dinas pendidikan Kecamatan Halong.
b .penelaahan, pengamatan atas tugas-tugas objek praktek yaitu pada
kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong.
c . kegiatan konsultasi dan tanya jawab antara pemagang dengan pembimbing
magang.
d . penyampaian pendapat dan saran terhadap kantor UPT. Dinas Pendidikan
Kecamatan Halong terutama menyangkut kegiatan administrasi oleh pemagang.
Kegiatan yang dilakukan selama magang dikantor UPT. Dinas Pendidikan
Kecamatan Halong yaitu :
1.
Membantu tugas dalam
menangani surat-menyurat
2.
Pembuatan surat dan
pengarsipan surat masuk dan surat keluar
3.
Menyatukan hasil Laporan bulanan sekolah untuk dijadikan arsip
4.
Membantu pengetikan
kompoter
5.
Membagi barang-barang
yang datang dari kebupaten atau propinsi kepada sekolah.
6.
Mangcopy, paste
fail-fail dikompoter apabila diperkukan oleh guru yang bersangkuatan.
B.
Kendala-kendala yang
dihadapi UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong
Berdasarkan hasil
pengamatan penulis selama melakukan praktik magang bahwa kendala dan
permasalahan yang terjadi disebabkan atau diakibatkan oleh beberapa hal :
1.
Kurangnya fasilitas
penunjang seperti kompoter, sehingga menyebabkan kegiatan administrasi kurang
lancar.
2.
Kurangnya kedisiplinan
para pegawai dan seringnya tidak berada ditempat pada waktu jam kerja sehingga
mengakibatkan pekerjaan kurang lancar.
C.
Mengatasi kendala-kendala
yang ada pada kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong.
Sebagimana telah
disebutkan diatas mengenai permasalahan yang penulis temukan pada tempat
praktek magang, maka dalam masalah ini penulis mencoba memberikan solusi untuk
pemecahan masalah tersebut diatas, dengan cara :
1.
Menambah fasilitas
penunjang seperti kompoter agar pelaksanaan kegiatan administrasi berjalan
lancar. Sistem komputerisasi harus pula diberangi dengan fasilitas proteksi
yang berkesinambungan. Artinya segala bentuk perangkat kompoter harus
dilindungi secara rutin.
2.
mengadakan pengontrolan
kepada para pegawai pada saat jam kerja secara mendadak maupun terencana.
D.
Pengalaman yang didapat
Adapun
pengalaman yang didapat selama magang antara lain :
1.
Mendapat pengalaman
langsung mengenai kegiatan apa saja yang dilakukan di kantor UPT. Dinas
Pendidikan kecamatan Halong dalam hal pelayanan kepada guru.
2.
Turut adil dan mengerti
bagaimana berhubungan langsung dan melayani guru-guru.
3.
Mengetahui setiap
kegiatan harus didukung oleh sarana dan fasilitas yang memadai.
4.
Mengerti dan memahami
bahwa dalam melaksanakan tugas harus benar-benar cepat, tanggap dan ahli.
E.
Kesan selama magang
Pada waktu pelaksanaan
kegiatan magang pada kantor UPT. Dinas pendidikan Kecamatan Halong, penulis
memperoleh kesan antara lain sebagai berikut :
1.
Pimpinan kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong yakni
menunjukan sikap mendukung dan memberikan kesempatan bagi penulis untuk
melaukan kegiatan praktek magang
dikantor tersebut, sehingga penulis mendapatkan pengalaman luar biasa dalam hal
administratif serta pelayanan yang tentunya akan sangat berguna bagi penulis
nanti ketika terjun ke dunia kerja.
2.
Ketika melaksanakan
kegiatan magang penulis banyak mengalami hal-hal baru yang tidak dapat dalam
perkoliahan, dengan demikian penulis dapat menjadikan hal demikian tersebut
sebagai tembahan ilmu serta perbandingan yang tentunya tetap saling
berkoherensi dan saling melengkapi antara fakta kegiatan administrasi yang
terjadi dilapangan dengan teori yang ada dalam perkoliahan itu sendiri.
3.
Selama mengikuti kegiatan
praktik, penulis juga mendapatkan kesan yang sangat baik dari pegawai-pegawai
yang ada di kantor UPT. Dinas pendidikan
Kecamatan Halong karena juga merika memberikan dukungan dan kerja sama yang
baik sehingga penulis dapat
menyeleseikan kegiatan praktik ini dengan berbagai kemudahan-kemudahan sesuai
dengan apa yang telah direncanakan.
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Adapun kesimpulan yang
dapat diambil selama penulis melakukan pemagangan pada kantor UPT. Dinas
Pendidikan Kecamatan Halong Kebupaten Balangan, bahwa kondisi administrasi
kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan yaitu :
1.
Keberadaan kantor UPT.
Dinas Pendidikan Kecamatan Halong merupakan penunjang dan pembantu pemerintah
kabupaten dalam pelaksanaan pendidikan baik itu dalam proses dan pemerataan
pendidikan.
2.
Pada batasan tertentu, pembuatan kebijakan dapat
dilakukan oleh kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong dalam upaya
memperlancar kegiatan pendidikan.
3.
Fungsi dan tugas kantor
UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong dalam proses kerja memerlukan tenaga
ahli dan terampil disegala bidang yang berkenaan dengan pelaksanaan dan fungsi
dan tugasnya pada sebuah kantor UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Halong
4.
Masih ada beberapa hal
yang perlu ditingkatkan guna menunjang kegiatan agar kualitas pelayanan dapat
di tingkatkan, seperti waktu yang memadai, barang-barang yang harus dilengkapi
kebutuhannya agar tercipta pelayanan
yang prima.
B.
Saran
Dari hasil magang yang
dilaksanakan maka penulis dapat menyarankan :
1.
Masalah disiplin pegawai
perlu ditingkatkan agar kapabilitas dan kredibilitas pegawai UPT. Dinas
Pendidikan Kecamatan Halong lebih baik.
2.
Menambah fasilitas
kantor seperti internet, kompoter yang kurang, program anti virus kompoter
sehingga data-data yang tersimpan dapat terjaga keamanannya.
DAFTAR HADIR PRAKTEK MAGANG
PADA KANTOR UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN
NAMA : BUDIANOOR
NPM :
10.12.02183
BULAN :OKTOBER 2013
NO
|
Hari
|
Tanggal
|
Tanda
tangan
|
1
|
Senin
|
21
Oktober 2013
|
1
|
2
|
selasa
|
22
Oktober 2013
|
2
|
3
|
rabu
|
23
Oktober 2013
|
3
|
4
|
kamis
|
24
Oktober 2013
|
4
|
5
|
Jum’at
|
25
Oktober 2013
|
5
|
6
|
Senin
|
28
Oktober 2013
|
6
|
7
|
Selasa
|
29
Oktober 2013
|
7
|
8
|
Rabu
|
30
Oktober 2013
|
8
|
9
|
kamis
|
31
Oktober 2013
|
9
|
Halong, 31 Oktober 2013
Menetahui
:
Kepala UPT Dinas Pendidikan
Kecamatan
Halong
BAKHTIAR
NIP.
19590204 198009 1 001
DAFTAR HADIR PRAKTEK MAGANG
PADA KANTOR UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN
NAMA : BUDIANOOR
NPM :
10.12.02183
BULAN : NOPEMBER 2013
NO
|
Hari
|
Tanggal
|
Tanda
tangan
|
1
|
Jum’at
|
1
Nopember 2013
|
1
|
2
|
Senin
|
4
Nopember 2013
|
2
|
3
|
Selasa
|
5
Nopember 2013
|
3. Tahun baru Hijriyah
|
4
|
Rabu
|
6
Nopember 2013
|
4
|
5
|
Kamis
|
7
Nopember 2013
|
5
|
6
|
Jum’at
|
8
Nopember 2013
|
6
|
7
|
Senin
|
11
Nopember 2013
|
7
|
8
|
Selasa
|
12
Nopember 2013
|
8
|
9
|
Rabu
|
13
Nopember 2013
|
9
|
10
|
Kamis
|
14
Nopember 2013
|
10
|
11
|
Jum’at
|
15
Nopember 2013
|
11
|
12
|
Senin
|
18
Nopember 2013
|
12
|
13
|
Selasa
|
19
Nopember 2013
|
13
|
14
|
Rabu
|
20
Nopember 2013
|
14
|
15
|
Kamis
|
21
Nopember 2013
|
15
|
16
|
Jum’at
|
22
Nopember 2013
|
16
|
17
|
Senin
|
25
Nopember 2013
|
17
|
18
|
Selasa
|
26
Nopember 2013
|
18
|
19
|
Rabu
|
27
Nopember 2013
|
19
|
20
|
Kamis
|
28
Nopember 2013
|
20
|
21
|
Jum’at
|
29
Nopember 2013
|
21
|
Halong,28 Nopember 2013
Menetahui
:
Kepala UPT Dinas Pendidikan
Kecamatan
Halong
BAKHTIAR
NIP.
19590204 198009 1 001
DAFTAR HADIR PRAKTEK MAGANG
PADA KANTOR UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN
NAMA : BUDIANOOR
NPM :
10.12.02183
BULAN : DESEMBER 2013
NO
|
Hari
|
Tanggal
|
Tanda
tangan
|
1
|
Senin
|
2
Desember 2013
|
1
|
2
|
Selasa
|
3
Desember 2013
|
2
|
3
|
Rabu
|
4
Desember 2013
|
3
|
4
|
Kamis
|
5
Desember 2013
|
4
|
5
|
Jum’at
|
6
Desember 2013
|
5
|
6
|
Senin
|
9
Desember 2013
|
6
|
7
|
Selasa
|
10
Desember 2013
|
7
|
8
|
Rabu
|
11
Desember 2013
|
8
|
9
|
Kamis
|
12
Desember 2013
|
9
|
10
|
Jum’at
|
13
Desember 2013
|
10
|
11
|
Senin
|
16
Desember 2013
|
11
|
12
|
Selasa
|
17
Desember 2013
|
12
|
13
|
Rabu
|
18
Desember 2013
|
13
|
14
|
Kamis
|
19
Desember 2013
|
14
|
15
|
Jum’at
|
20
Desember 2013
|
15
|
16
|
Senin
|
23
Desember 2013
|
16
|
17
|
Selasa
|
24
Desember 2013
|
17
|
18
|
Rabu
|
25
Desember 2013
|
18. Hari Natal
|
19
|
Kamis
|
26
Desember 2013
|
19. Cuti Bersama
|
20
|
Jum’at
|
27
Desember 2013
|
20
|
21
|
Senin
|
30
Desember 2013
|
21
|
22
|
Selasa
|
31
Desember 2013
|
22
|
Halong,31 Desember 2013
Menetahui
:
Kepala UPT Dinas Pendidikan
Kecamatan
Halong
BAKHTIAR
NIP.
19590204 198009 1 001
DAFTAR HADIR PRAKTEK MAGANG
PADA KANTOR UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN
NAMA : BUDIANOOR
NPM : 10.12.02183
BULAN : JANUARI 2014
NO
|
Hari
|
Tanggal
|
Tanda
tangan
|
1
|
Rabu
|
1. Januari 2014
|
1.Tahun Baru Masehi
|
2
|
Kamis
|
2
Januari 2014
|
2
|
3
|
Jum’at
|
3
Januari 2014
|
3
|
4
|
Senin
|
5
Januari 2014
|
4
|
5
|
Selasa
|
6
Januari 2014
|
5
|
6
|
Rabu
|
8 Januari
2014
|
6
|
7
|
Kamis
|
9
Januari 2014
|
7
|
8
|
Jum’at
|
10
Januari 2014
|
8
|
9
|
Senin
|
13
Januari 2014
|
9
|
10
|
Selasa
|
14
Januari 2014
|
10. maulid nabi muhammad
|
11
|
Rabu
|
15
Januari 2014
|
11
|
12
|
Kamis
|
16
Januari 2014
|
12
|
13
|
Jum’at
|
17
Januari 2014
|
13
|
14
|
Senin
|
20
Januari 2014
|
14
|
Halong,20 Januari 2014
Menetahui
:
Kepala UPT Dinas Pendidikan
Kecamatan
Halong
BAKHTIAR
NIP. 19590204
198009 1 001
LAMPIRAN -LAMPIRAN
HASIL PENILAIAN
PRAKTIK MAGANG
PADA KANTOR UPT.
DINAS PENDIDIKAN KECAMTAN HALONG
KABUPATEN BANGAN
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Bakhtiar
Jabatan : Kepala UPT Kecamatan Halong
Setalah melakukan evaluasi terhadap
mahasiswa :
Nama
: Budianoor
Npm
: 10.12.02183
Jurusan : Administrasi Negara
Atas laporan praktek yang bersangkutan,
pada objek dan memberikan nilai
sebagai berikut :
PENILAIAN
|
|||
No
|
Unsur Yang Di
Nilai
|
Angka
|
Huruf
|
1
|
Disiplin Kerja
|
|
|
2
|
Sikap dan prilaku
|
|
|
3
|
Kemampuan
Mengerjakan Tugas
|
|
|
4
|
Kerapian dan
Ketelitian
|
|
|
5
|
Interaksi dan
adaptasi
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
Keterangan :
80-100 Sangat
baik ( A )
66-79 Baik
( B )
56-65 Cukup
( C )
45-55 Kurang
( D )
0-44 Sangat
kurang ( E )
Kepala
UPT Dinas Pendidikan
Kecamtan Halong
BAKHTIAR
NIP 19590204 198009
1 001
0 Response to "LAPORAN PRAKTEK MAGANG PADA UPT.DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN"
Posting Komentar