Langsung ke konten utama

tubat merokok

Kata pengantar

Kini sudah waktunya menghentikan kebiasaan merokok.
Bila anda merokok, maka fakta ilmiah telah secara gamblang menjalaskan bahwa sesungguhnya anda bunuh diri dengan rokok Anda.
Para dokter mengungkapkan, kebiasaan merokok pada masa kini telah menjadi penyebab utama kematian di usia dini.
Bila Anda menganggap bahwa anda tidak akan bisa melepaskan diri  dari kebiasaan merokok, maka sesungguhnya anda hanya berimajinasi belaka! Fakta ilmiah telah menunjukkan  bahwa merokok adalah kebiasaan, bukan ketergantungan atau kecanduan; yang artinya bahwa melepaskan  diri dari kebiasaan
Merokok adalah suatu yang mudah. Disaat Anda berusaha melepaskan diri dari kebiasaan merokok, yang Anda rasakan hanyalah kecemasaan sesaat karena Anda jauh dari nikotin.
Bila Anda sudah merokok dalam waktu yang sangat lama,maka sudah saatnya Anda harus waspada! Hal ini, karena sekarang kita lebih rentan di pengaruhi banyak faktor yang merusak tubuh kita dari pada waktu-waktu yang lampau, sehingga menambah bahaya rokok dan kemungkinan munculnya penyakit-penyakit yang diakibatkan rokok. Factor-faktor yang kami maksud diantaranya, ritme kehidupan yang semakin cepat, kurang sabar, kondisi kehidupan yang tidak menantu,ditambah dengan makin meningkatnya pencemaran udara. Begitu pula dengan makanan-makanan yang kita konsumsi makin banyak terkontaminasi oleh bahan-bahan kimia berbahaya, dan kesalahan kita dalam kehidupan sehari-hari seperti tidak banyak gerak. Inilah faktor-faktor yang harus kita waspadai.
saudar aku perokok aktif. Sudah waktunya anda mengambil keputusan tepat untuk bisa menghentikan kebiasaan merokok.
Dokter Anda yang tulus akan memberikan sarannya………………………………..


Dr.Aiman Husaini
Hp :+20-3-5926428


BAGIAN   I
BAHAYA & DAMPAK MEROKOK

1.      SEJARAH ROKOK
Dikala Columbus menemukan banua Amerika. Pada saat itulah ia menemukan suatu kebiasaan buruk yang pernah ada dalam sejarah dunia.
2.      ORANG YANG PERTAMA YANG MEMPERKENALKAN ROKOK
            Untuk pertama kalinya, dunia mengenalkan rokok pada abad ke-15 seiring dengan awal perjalanan Columbus dan para pelaut spanyol ke sebuah benua baru yang kemudian dikenal dengan nama benua Amerika pada tahun 1518. Pada saat itu, rokok telah menjadi suatuhal yang lazim dilakukan oleh penduduk  asli dibenua baru tersebut, yakni para Indian –yang sebenarnya pula para Indian tersebut mengenalnya dari tetangga merika, masyarakat meksiko.kebiasan merokok ini pun  secara otomatis menular pada para pelaut spanyol, dalam setiap perjalanan mereka dilaut tengah maupun dalam perjalanan merika di eropa selatan, eropa utara mengenal rokok pada tahun 1850 yakni disaat tentara inggris pulang dari peperangan yang dikenal dengan nama ‘Crimeanwar’ dengan membawa rokok dengan gemgaman mereka.
            Sedangkan kebiasaan merokok di Amerika Serikat bisa dibilang masih baru , yakni baru menyebar pada tahun 1865 bila dibanding dengan eropa yang  telah mengenalnya terlebih dahulu.
            Menyabarnya kebiasaan merokok pada masa itu beriringan dengan menyebarnya persepsi yang salah; yakni  bahwa menghisap daun tembakau   merupakan salah satu model pengobatan dengan tumbuhan dan dedaunan.maka tak heran bila kemudian masa itu , para tabeb dan dokter memerintahkan pasiennya  untuk merokok sebagai satu untuk pengubatan bagi penyakit yang merika derita ; hingga demikian, bisa dipahami mengapa akhirnya kebiasaan merokok  kemudian menjadi satu kebiasaan yang menjdi mendarah daging diantara banyak orang.
            Sedangkan permulaan munculnya kebiasaan merokok di Negara-negara Arab dan negra islam baru terjdi diakhir abad 10 Hijriah kebiasaan ini merika kenal dari orang yahudi dan nasrani yang datang ke Negara merika.
            Masyarakat mesir baru mengenal rokok, sekitar tahun 1601 atau sekitar 1603  . konon orang yang pertama memperkenalkannya adalah Ahmad bin Abdullah Al-khariy.



3.      PABRIK ROKOK PERTAMA DI DUNIA

Jenis rokok yang pertama kali dikenal oleh orang  spanyol  dari para Indian di Amerika  dan orang Meksiko adalah rokok lintingan, yakni rokok yang terdiri dari kumpulan tembakau yang dibungkus oleh dedaunan dan terkadang  dibungkus oleh kulit jagung. Namun, jenis rokok yang banyak beridar pada masa kini adalah rokok  yang dibungkus oleh kertas baru –yakni kertas sigaret – yang baru dikenal pada abad ke-16 inspirasi untuk membungkus tembakau mengunakan kertas tersebut didapatkan dari kreativitas para perokok spanyol, yang umumnya lebih suka membukus tembakau yang merika isap denga kertas dibanding dengan dedaunan.
            Meksiko merupakan negara pertama yang memprodoksi rokok dengan bungkusan kertas sigaret. Pabrik rokok dimeksiko ini mulai beruperasi  sejak tahun 1765. Hal ini terlaksana berkat tangan dingin Judy Jelvach, yang mengempor banyak kertas sigaret untuk produksinya dan melubi pihak pemerintah dengan baik, hingga pemerintah meksiko pun membentuk tem khusus yang diberi tanggung  jawab atas produksi rokok yang ada.
            Pada tahun 1680 ini, dioperasikanlah mesin baru untuk memproduksikan rokok yang dikenal dengan nama ‘ peace cutter’ yang berfungsi untuk memilah tembakau yang  akan digunakan  hingga setelahnya barulah para pekerja membungkusnya dengan kertas sigaret.
            Pada tahun 1880, mulai dikembangkan mesin terbaru untuk memprodoksi rokok dengan cara yang lebih modern; yakni mampu melaksanakan beberapa tugas sekaligus membungkusnya dengan kertas sigaret dengan bentuk  yang serupa satu dengan yang lainnya .mesin baru ini diciptakan oleh Jemes Albert Benseck  yang  berasal dari virginia, Amerika, imbasnya , kini Amerika menjadi salah satu negara  prodoksi rokok terbesar di dunia dan memiliki pabrik  yang  sangat mutakhir. Banyak negara lain mengikuti langkah Amerika ini dengan membuka pabrik rokoknya sendiri, hingga akhirnya terjadi persaingan ketat dari para pengusaha rokok. Satu dengan lainnya saling bersaing dalam mempromosikan hasil prodoksinya dan kesemuanya itu tak lain demi keuntungan materi semata.


KANDUNGAN DALAM SEBATANG ROKOK

            Tembakau merupakan kandungan rokok yang terdiri dari campuran ratusan zat kimiawi . sebagian zat ini bisa ditemukan ditumbuhan lainnya ;  namun sebagian lainnya sudah menjadi cirri khas tanaman tembakau  itu sendiri. Yang khas dari tembakau adalah nikotin dan eugenol, yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.
            Selain itu tembakau pun sebagaimana hasil perkebunan lainnya  telah berasimilasi dengan zat kimia lain, yakni pastisida yang umumnya diguinakan untuk membunuh hama tumbuhan. Perpaduan tembakau dengan pertisida inilah yang kemudian menjadi asap yang dihasilkannya sangat berbahaya; bahkan bahayanya belum banyak diteliti karena umumnya penelitian yang ada lebih berpukus kepad bahaya yang ditimbulkan dari kandungan daun tembakau semata.

rokok berarti membakar tembakau dan dau tar, dan menghisap asap yang dihasilkannya,asap ini membawa bahaya dari sejumlah kandungan tembakau dan juga bahaya dari pembakaran yang dihasilkannya.
Dengan menganalisa asap yang dihasilkan ditemukan bahwa sekitar kandungan 60/-nya adalah gas dan uap yang terdiri dari 20 jenis gas; diantaranya : karbon monoksida ,hidro sianida,nitric acid, nitrogen dioksida fluorocarbon, asetone dan amonia para peneliti mengungkapkan bahwa paling sedikit 9 dari keseluruhan gas yang ada dalam asap rokok merupakan gas yang sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru.
Gas karbon monoksida merupakan satu gas yang sangat berbahaya, karena parsentasennya yang tinggi dalam aliran darah seorang perokok aktif mampu menyedot persediaan gas oksigen   yang sangat dibutuhkan oleh individu untuk bisa bernapas.
    Selain itu, asap rokok pun mengandung jutaan zat kimiawi lain yang sangat beragam , yang dihasilkan dari perubahan kertas sigaret yang awalnya berwarna putuh pucat menjadi warna kuning.



KANDUNGAN ZAT KIMIAWI  DALAM SEBATANG ROKOK
·         Nikotin
Zat ini bersifat zat indiktif yang membuat seseorang menjadi ketagihan untuk bisa selalu merokok. Zat ini sangat berbahaya. Bagi kesehatan tubuh manusia maupun binatang. Selain itu, nikotin adalah satu penyebab penyakit jantung koroner dan kanker.
·         Tar
Zat ini adalah racun bagi tubuh
·         Insektisida
Zat ini pun sangat beracun dan umumnya banyak digunakan untuk membunuh serangga.
·         Polycyclic
Zat ini menyerang paru-paru dan menyebabkan kerusakan yang patal bagi perokok aktif.
·         Carcinogens
Asap yang dihasilkan dari pembakaran tembakau dan kertas sigaret mengandung beragam zat kimiawi yang sangat berbahaya dan mampu memicu penyakit kanker bagi siapa pun yang menghirupnya.
            Sebagai zat kimiawi diatas dengan sendirinya maupun memicu penyakit kanker;begitupun tambahan zat lain yang melengkapinya. Yang memperkuat prosesnya.
            Para peneliti bahkan berhasil mengungkapkan adanya sekitar 30  zat kimiawi yang mampu memicu penyakit kanker dalam setiab batang rokok. Diantara zat kimiawi yang dianggap paling berbahaya adalah Beta-naphtylamine dan PAH( polcyclic hydrocarbon ) para peneliti mengemukaakan bahwa keduanya mampu menjadi pencetus datangnya penyakit kanker.

KADAR RACUN DALAM SEBATANG ROKOK

            Hal ini tergantung beberapa segi. Dari jenis tembakau dan kualitas kertas yang di gunakan untuk membukusnya; ada tidaknya filter; kekuatan filter dalam mereduksi asap yang dihasilkan dari pembakaran rokok yang tergantung dari jumlah kandungan yang ada dalam sebatang rokok atau pun kadar tembakau yang di bungkusnya. Sebatang rokok dengan ukuran yang normal yang memiliki klasifikasi umum, umumnya mengandung 10-40 mg tar ( racun ) `dan memiliki kandungan nikotin yang berkisar antara  1-2 mg.
   

KADAR RACUN DALAM ASAP ROKOK  YANG MAMPU DI TAMPUNG OLEH TUBUH
           
Sampai saat ini,  belum ada penelitian yang  fokus untuk bisa meneliti dan menelaah proses perjalanan asap rokok sejak mengusik kesehatan paru-paru .merika umumnya lebih terpukus untuk bisa meneliti prosis perjalanan asap rokok sebelumnya, yakni sebelum sampai keparu-paru ataupun dampaknya terhadaf perokok pasif.
Sebuah penelitian mengemukakan bahwa asap rokok yang dihirup oleh perokok aktif selama 2-5 detik telah mampu menyerap sekitar 80-90 persen zat kimiawi yang kemudian menyusup dan merusak sestem pernapasan dalam tubuh. Makin meningkatnya asupan asap dalam paru-paru. Akan merimbas pada makin tingginya bahaya yang di timbulkan.



KEBIASAAN MEROKOK

Mengapa seseorang merokok ?

            Mengapa seseorang merokok? Mengapa merokok bisa menjadi suatu kebiasaan dan ketergantungan? Akan sulit rasanya menjawab dengan tepat atas pertanyaan-pertanyaan di atas. Kebiasaan merokok pada sebagian orang, umumnya di picu oleh citra dalam diri tiap individu dan juga pergaulan dalam lingkungan masyarakatnya. ABG ( anak baru gaede ) umumnya merokok karena sekedar ikut-ikutan orang yang lebih dewasa darinya. Kadang para ABG ini merokok karena sekedar ingin mengikuti trend yang ada di sekitarnya. Betapa banyak anak ABG yang merokok hanya kerena mereka memiliki temen perokok berat. Terkadang, seseorang merokok karena menghadi tekanan hidup dan menjadikannya sebagai serana untruk melarikan diri dari masalah yang dihadapinya sehingga akhirnya dan tanpa disadarinya, merokok pun menjdi suatu kebiasaan  dalam dirinya.
            Bisa dikatakan bahwa keluarga memiliki peranan yang sangat besar dalam membentuk prilaku merokok dalam diri tiap anggotanya. Penelitian  telah membuktikan bahwa umumnya anak-anak remaja menjadi terbiasa merokok karena mengikuti kebiasaan orang tuanya.seorang anak umumnya memang suka melakukan sesuatu yang dilakukan oleh orang tuanya.
            Selain itu,  peranan media informasi dalam  mengiklankan rokok dan juga flim-flim yang secara tidak langsung mempromosikannya yakni disaat pameran utama yang umumnya dikagumi oleh penontun ditampilkan sebagai sosok perokok aktif turut pula membentuk kebiasaan merokok dalam diri penuntunnya . khusus anak-anak muda ,anak ABG.
            Sebagian kalangan meyakini bahwa seseorang yang terbiasa merokok memiliki karakteristik khusus; namun hal ini tidak sepenuhnya benar . tidak ada seorang peneliti pun yang dapat menentukan karakteristik khusus yang dimiliki oleh perokok aktif. Baik perokok aktif maupun perokok pasif, umumnya memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda satu dengan lainnya.namun demikian, tidak diragukan bahwa merika yang mudah cemas dan cepat emosi, umumnya akan lebih mudah terjerumus pada kebiasaan merokok di banding orang lain.
            Banyak penelitian membuktikan bahwa tidak ada kecerdasan antara anak terbiasa merokok ataupun anak yang tidak pernah merokok sekali pun,namun, sebabagian sekolah di wilayah amerika telah meneliti dan mengungkapkan tingginya tingkat kegagalan tingkat dikalangan anak yang terbiasa merokok.
            Kebiasaan merokok pun banyak dialami oleh banyak orang dewasa denan beragam profisinya; termasuk merika yang melakukan wirausaha dan bahkan merika berprofisi sebagai pelajar atau pun mahasiswa. Kesemuanya itu secara tidak langsung mengindikasikan lemahnya kesadaran dalam diri tiap individu dan rendahnya pola pikir yang dimilikinya, hinga tanpa pikir panjang mereka terjerumus dalam kebiasaan merokok. Namun demikian, kita tidak bisa secara ceruboh mengkaitkan antara satu hal dengan hal lainya tanpa ada penelitian lebih lanjut. Karena bila kita bisa langsung menyatakan satu pendapat, maka pertanyaan yang muncul adalah mengapa para dokter, penulis dan bahkan paling banyak memahami banyak rokok , masih juga tidak bisa melepas diri dari kebiasan merokok? Lebih dari itu, kita pun tidak bisa menyatakan satu hubungan antara meningkatnya kebiasaan merokok dengan kemampuan finasial yang dimili seseorang;  karena fakta yang ada menunjukan bahwa justru banyak orang kaya atau pun memiliki kemampuan lebih, memilih tidak untuk merokok dibanding mereka yang memiliki kemampuan yang kurang. Bahkan kita pun dapat melihat dengan langsung, bagai mana kebiasaan merokok justru banyak banyak dialami masyarakat miskin disbanding masyarakat lebih mampu.
            Dengan demikian, faktor yang menyebabkan seorang cenderung untuk merokok tidak bisa dipastikan dan sangat sulit untuk diterapkan; sebagaimana kita pun akan sulit untuk bisa menentukan karakteristik khusus yang dimiliki oleh seorang perokok aktif.

BAHAYA DAN DAMPAK MEROKOK


            Apakah anda masih kukuh untuk tetap merokok? Bila ya, sebainya bacalah terus tulisan ini.........!
            Dampak negatif darin kebiasaan merokok sangatlah banyak dan tidak terbatas. Hari demi hari kebiasaan ini seolah semaki dibenci banyak orang. Para ahli kesehatan dan juga lembaga-lembaga kesehatan tak henti-hentinya menyebarkan slogan-slogan anti rokok. Sungguh, bahaya dan dampak negatif yang ditimbulkannya sangatlah besar dari apa yang bisa kita bayangkan .
            Sebuah penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa kebiasaan merokok merupakan penyebab utama yang meruntuhkan kesehatan manusia dan menyebabkan kematian dini. Data statistik menggambarkan bahwa 90 persen kematian yang disebabkan karena gangguan pernapasan, 25 persen kematian yang disebabkan karena penyakit jantung koroner dan 75 persen kamatian yang disebabkan karena penyakit empyhsema,kesemua itu dipacu oleh kebiasan merokok.
            Daftar penyakit yang dipacu oleh kebiasaan bukan hanya 3 macam sebagai mana disebutkan diatas; namun masih banyak penyakit lain yang sangat beragam dan berbahaya bagi tubuh. Sebuah penelitiaan mengungkapkan bahwa infeksi pada lambung atau pun usus dua belas banyak dialami oleh para perokok aktif. Selain itu para perokok aktifpun rentan terhadap penyakit kanker pada kandung kamih.orang reproduksi dan juga  pad mulut dan tenggorokannya. Seorang peneliti asal polandia menyatakan bahwa pada umumnya seorang perokok aktif rentan terhadap berbagai macam penyakit dibanding mereka yang tidak merokok, yakni sekitar 3,5 kali lipat; dan seorang perokok aktif pun rentan mengalami kecelakaan 2 kali lipat dibanding merika yang tidak merokok.
            Selain itu, bahaya selalu membayangi seorang ibu yang merokok. Kebiasaannya merokok mampu membuat anak yang dilahirkan mengalami BBlR( berat badan lahir rendah <2500 gr), kematian pre-natal dan SIDS ( sudden infant death syndrome), kelahiran prematur dan juga rentan terhadap keguguran.
            Penelitianpun mengungkapkan bahwa rokok mampu membuat seorang ibu yang menelan pil KB rentan terhadap  berbagai bahaya dan bahkan kematian. Seorang wanita perokok yang menelan pil KB atau pencegah kehamilan umumnya rentan terhadap kematian dengan rasio 1:60 dapa usianya yang menginjak kelima puluh tahun.
            Dibawah ini adalah berbagai penyakit dan gangguan kesehatan yang umumnya di alami oleh para perokok aktif.
*        Infiksi saluran pernapasan
*        Emphysema
*        Alergi
*        Hipertensi( tekanan darah tinggi)
*        Bronchitis
*        Penyakit jantung koroner
*        Infeksi lidah dan rungga mulut
*        Berbagai masalah kehamilan
*        Infeksi pada lambung dan usus dua belas
*        Mengentalnya aliran darah
*        Sariawan
*        Obstruksi jalan nafas kronik
*        Infeksi tenggorokan dan terganggunya pita suara
*        Sakit mata
*        Sakit pda sistem pencernaan
*        Kecemasan
*        Menggigil
*        Menigkatnya detak jantung
*        Sakit pada dada
*        Asma
*        Melemahnya aktivitas peredaran darah
*        Berkurang energi dan vitalitas
*        Menigkatnya keasaman pada lambung
*        Melemahnya kemampuan dalam merasakan rasa pada akanan di lidah dan melemahnya kemampuan penciuman pada hidung
*        Rendahnya kemampuan untuk mampu  melahirkan anak yang sehat
*        Rendahnya kemampuan seksual
*        Impotensi
*        Sulit tidur
*        Influenza
*        Kanker




DAMPAK MEROKOK PADA DIRI PEROKOK AKTIF

*        Menguningnya gigi dan ujung jari sebagagaimana menguningnya kertas rokok yang dibakar.
*        Memiliki kulit yang pucat.
*        Memilik rambut yang kusut dan mengeluarkan bau, layaknya asap rokok dan bahkan terkadang menguning layaknya kertas rokok yang terbakar.
*        Munculnya kerutan pada dahi dan sekitsr ujung bibir yang disebabkan karena kebiasaan mengerutkannya di kala sedang merokok.
*        Munculnya kerutan hitam di bawah mata.
*        Mengeringnya bibir dan berwarna lembab karena lebih banyak di asupi oleh gas karbon monoksida dibandingkan dengan oksigen yang sudah jadi kebutuhannya.
*        Hilangnya kejernihan mata dan mata pun menjadi selalu memerah.
*        Seorang perokok selalu tampak dalam keadaan buruk, disaat ia sedang merokok.
*        Umumnya seorang perokok aktif kehilangan berat badannya dan mudah terbawa emosi.

BENTUK PARU-PARU SEORANG PEROKOK
            Bagaikan megunjungi museum patologi; begitulah bentuk paru-paru seorang perokok sebagaimana  yang penulis lihat dan pelajari selama penulis menjadi mahasiswa di fakultas kedokteran.
            Dalam bab mengenai patologi yakni suatu ilmu yang mempelajari tentang beragam penyakit, sang dosen menunjukan bentuk paru-paru perokok aktif, yakni dengan warnanya yang hitam dengan diselubungi banyak tar ( racun).lalu sang dosen memeras paru-paru tersebut dengan tangannya dan meneteslah tar-tar hitam tersamebut, dan tampaklah beraragam lubang yang ada pada paru-paru tersebut yang diliwati oleh aliran udara. Bentuk paru-paru inilah sebenarnya yang menyebabkan seorang perokok aktif rentan mengalami kematian dini.
            Sang dosen pun memaparkan secara spesifik tentang bahaya dari rokok, diantaranya rentan terhadap serangan jantung dan penyakit kanker, baik itu kanker pada sistem pernapasan ataupun penyakit lainnya yang berhubungan dengan sistem pernafasan yang akut ( chronic bronchitis ). Selain itu pula, seorang perokok aktif karap mengalami gangguan pada organ seksual dan prodoksinya.

   BAHAYA ROKOK PADA JANTUNG


Wahai para perokok! Sayangi jantungmu!
           
            Di amerika serikat, diperkirakan 500.000 perokok pertahunnya meninggal di sebabkan serangan jantung; yakni sekitar 75 persen dari jumlah pasien yang meninggal karena serangan jantung pada umumnya.
            Bahaya terbesar yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok adalah renatnnya jantung dan pembuluh darah perokok dalam mengalami gangguan yang umumnya menyebabkan kematian.
            Gaya hidup mudern juga ditengarai mampu mengusik ketenangan jantung dan pembuluh darah, hingga tubuh pun tidak bisa memiliki ketahanan yang prima. Kecemasan, depresi, gaya hidup yang serba instan, kemacetan dan sejenisnya merupakn karakteristik negatif dalam kehidupan masa kini yang mampu membahayakan kesahatan jantung. Selain itu, asupan nutrisi dimasa modern ini dimana banyak individu mulai cendrung lebih banyak mengkonsomsi lemak atau pun makanan baragam zat kimiawi yang berbahaya turut pula menurunkan daya tahan tubuh.maka, masalah akan bertambah kompleks bila disertai dengan bahaya yang ditimbulkan pada jantung dari kebiasaan merokok; terlebih bila sang perokok selalu menyertakan kebiasaan merokoknya dengan meminum teh dan kopi. Sesungguhnya pada saat itulah ia sedang menyumbat kerja jantung. Dengan demikian, seolah ia sedang mangarahkan dirinya pada suatu penyakit yang sangat berbahaya. Karenanya, sayangilah jantungmu wahai perokok!
            Kini, mari kita menelaah bersama bahaya rokok pada kesehatan jantung dan pembuluh darah.

ü  MUDAH LELAH DAN HIPERTENSI
            Nikotin yang dihisap seorang perokok mampu mengeluarkan catecholamines dari tubuh, yakni kumpulan zat kimiawi Yang sangat dibutuhkan tubuh. Diantaranya adalah hormon adrenalin.
                        Keluarnya adrenalin dalam jumlah besar ini mampu mempengaruri kerja darah; di antaranya penyebabkan denyut jantung berdetak lebih cepat sekitar 15- 20 kali lipat per menitnya dan berdampak pada meningkatnya tekanan darah sekitar 10-20 jenjang.
            Kesemuanya secara tidak langsung bisa membuat seorang perokok menjadi mudah lelah dikala harus melakukan tugas; dan juga rentan terhadap beragam gejala hipertensi, hal ini mengindikasi adanya kerja rodi organ jantung seorang perokok dalam menyalurkan darah kesemua organ tubuh lainnya sebagai imbas  dari meningkatnya detak yang diakibatkan oleh meningkatnya detak adrenalin yang keluar. Denagn demikian pula, kadar darah yang dibutuhkan pun meningkat untuk mengimbangi aktivitas yang besar. Dari sini muncul masalah lainnya; bila pembuluh darah tidak seutuhnya prikma dan tidak mampu menyalurkan darah keorgan jantung,maka secara tidak lansung, kerja jantung melemah dan kerja tubuh pun tidak akan mampu melakukan tugas rutinitasnya dengan baik.

ü  INFIKSI PADA PEMBULUH DARAH DAN RENTAN TERHADAP SERANGAN JANTUNG


  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pertanyaan dan jawaban tentang manajemen proyek

TUGAS   TEKNI PERENCANAAN DAN EVALUASI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Tekni perencanaan dan evaluasi Disusun Oleh :        Budianoor NPM : 10.12.02183 Semester : 7 (Tujuh) A Eksekutif SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI (STIA) AMUNTAI TAHUN AKADEMIK 2013 BAB 1 Soal-Soal 1.       Dalam manajemen proyek, ada hubungan sebab akibat dari suatu tindakan manajemen. Dari daftar efek dan sebab berikut carilah pasangannya. Efek - Keterlambatan penyelesaian aktivitas dalam proyek - Pembengkakan biaya proyek - Konflik antar personal proyek Sebab -    Tidak ada orang khusus untuk menangani proyek -   Desain yang kurang bagus -   Pembuatan jadwal yang tidak realistis 2.       Sebutkan ciri-ciri proyek. 3.       Terangkan bagaimana cara munculnya proyek. Beri contoh. 4.       Jelaskan segitiga project constraint. 5.       Apa perbedaan antara ukuran dan kompleksitas proyek. Jawab : 1.     Pasangan efek

CONTOH PROPOSAL MAULID AL-HABSYI

PERSATUAN MAULID AL-HABSYI “ DARUL MUKHLISIN ” DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor                         : 03/BJP-BLG/2014                                                                              Halong, 06 Juli 2014 Lampiran         : 1 (satu) berkas Perihal                         : Mohon Bantuan Keuangan Untuk perlengkapan maulid Al-habsyi Kepada Yth, PIMPINAN PT. ATA Di – Halong Asslamu’alaikum Wr. Wb. Dengan Hormat, Kami dari Persatuan Maulid Al-Habsyi “DARUL MUKHLISIN” Ds. Binjai punggal Rt.II Kec.Halong Kab. Balangan mengajukan permohonan kepada Bapak kiranya dapat memberikan bantuan dana untuk perbaikan dan penggantian alat-alat yang hampir tidak layak lagi untuk dipakai. Dan perlu Bapak ketahui bahwa Persatuan Maulid ini sudah dibentuk sejak tahun 2006 atau sudah berusia 8 tahun jadi hampir 80% peralatan yang ada sudah tidak layak pakai. Bantuan yang akan Bapak berikan sangat berarti bagi kelancaran kegi

Proposal Prmohonan Bibit jagung

PROPOSAL KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN TAHUN   201 5 KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL RT.02 KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor      : 04/BJP/HLG/2015 Lampiran : 1 ( satu ) berkas Perihal      : mohon bantuan Bibit jagung,Pupuk dan perlengkapan lainnya                                    Kepada Yth.                  BAPAK KEPALA DINAS PER IKANAN       KABUPATEN BALANGAN                     di -   tempat Assalamu’alaikum Wr.Wb Salam silaturrahmi kami semua, teriring Do’a semoga Bapak senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan sukses selalu dalam menjalankan tugas sehari-hari Amein. Sehubung dengan potensi yang dimiliki Desa Binjai Punggal untuk pengembangan sektur pertanian serta untuk pembangunan daerah kabupaten Balangan, maka kami dari kelompok tani “LULUTUNG INDAH” Desa Binjai Punggal Kecamatan Halong Kabupaten Balangan bermaksu