RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD/MI : SDN Binju
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester : I
/ 1
Standar Kompetensi : 4. Mengenal
tata cara bersuci (taharah)
Kompetensi Dasar : 4.1 Menjelaskan pengertian bersuci
Alokasi Waktu : 1
x 10 menit ( 1 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran** :
1.
Siswa dapat mendefinisikan pengertian bersuci
2.
Siswa dapat menyebutkan tata cara bersuci dengan benar
3.
Siswa dapat menunjukkan alat-alat untuk bersuci
Karakter
siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran :
1.
Taharah.
Metode Pembelajaran :
1.
Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang pengertian
bersuci / taharah
2.
Siswa berlatih untuk menyebutkan tata cara bersuci dan alat-alat untuk
bersuci
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : Cerita dari
pengalaman dan kebiasaan siswa sehari-hari tentang tata cara bersuci
F Motivasi :
Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa yang
berkaitan dengan bersuci / taharah (melaui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal
Kisah)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang
bahan ajar yang disajikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan tata cara bersuci secara
klasikal dan berkelompok
F Siswa menyebutkan alat-alat yang dapat
dipakai bersuci di sekitar tempat belajar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah
yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar
peraga tentang tata cara bersuci
2. Alat-alat
bersuci yang bisa disiapkan
3. Buku
Pendidikan Agama Islam
5. Buku-buku
lain yang relevan
6. Alquran
(juz Amma)
7. Teks
doa sebelum masuk dan sesuadah keluar toilet di karton atau papan tulis
8. Pengalaman
guru
9. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
Ø Menjelaskan pengertian bersuci
Ø Menyebutkan tata cara bersuci
Ø Menunjukkan alat untuk bersuci
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Jawaban singkat
Esay
Jawaban singkat
|
1.
Toharoh itu bersuci dari
….
2.
Bagaimana bersuci yang benar/bersih?
3.
Apa alat yang digunakan untu bersuci?
|
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SDN Binju
( ALIS
SUNNAH )
NIP : 19680304 1989 11 2001
|
|
Binju , 20 Nopember 2013
Guru Pendidikan Agama Islam
(SYAH RANI )
NIM : 2012121641
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SDN Binju
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester : II
/ 1
Standar Kompetensi : 4.
Mengenal tata cara wudu
Kompetensi Dasar : 4.1 Membiasakan wudu dengan tertib
Alokasi Waktu : 1
x10 menit ( 1 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran** :
1. Siswa dapat menjelaskan tata cara wudu yang
benar
2.
Siswa dapat menyebutkan urutan berwudu
3.
Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang
membatalkan wudu
4. Siswa dapat mempraktikkan berwudu dengan
benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
Materi
Pembelajaran :
1.
Wudu .
Metode Pembelajaran :
1. Siswa berlatih menyebutkan urutan berwudu.
2. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa
tentang hal-hal yang berkaitan wudu dan yang membatalkannya
3. Siswa berlatih mempraktikkan wudu dengan
benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F
Pengenalan
tentang beberapa macam bersuci termasuk wudu
F Memberikan bahan ajar secara menarik melalui pengalaman
siswa atau kisah yang relevan
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa memahami hal-hal yang
berkaitan dengan wudu dan yang membatalkannya
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
menghafalkan niat wudu secara klasikal dan individu
F
Siswa
mengenal dan memahami tata cara berwudu
F
Siswa mempraktikkan cara berwudu dengan benar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru
mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang urutan-urutan berwudu
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang hal-hal
yang dapat membatalkan wudu
Alat / Sumber Belajar:
1. Alat
dan tempat berwudu
2. Gambar
peraga orang berwudu serta urutannya
3. Lafal
niat wudu di karton atau papan tulis
4. Buku
Pendidikan Agama Islam.
5. Pengalaman
guru
6. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø Menjelaskan tata cara wudu yang benar
Ø
Menyebutkan urutan berwudu
Ø Menyebutkan hal-hal yang membatal-kan wudu
Ø
Praktik berwudu dengan benar
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
praktik
|
Esay
Jawaban singkat
Jawaban singkat
Praktik
Pilihan ganda
Esay
Jawaban singkat
|
1.
Bagaimana cara melaksanakan wudu?
2. Setalah
berkumur dan membasuh luabang hidung kemudian ….
3. Sebutkan
dua hal yang membatalkan wudu!
4.
Praktikkan berwudu dengan benar
5.
Wudu
adalah bersuci dari hadas .…
a.
besar b. sedang
c.
kecil
6.
Di
antara sunah wudu adalah .…
a. gbr
membasuh muka
b. gbr.membersihkan
kaki
c. gbr.
Membasuh muka
7. Rukun
wudu ada .…
a. 4 b.
5
c. 6
8. Tertib
adalah tukun wudu yang .…
a. terakhir
b. pertengahan
c. pertama
9. Membasuh
telinga termasuk …wudu
a. rukun
b. sunah
c. batal
10. Membersihkan
hidung termasuk …wudu
11.
Gambar di samping termasuk……………….wudu
12. Rukun
wudu yang kedua adalah…
13. Jika
meninggalkan salah satu rukun wudu, maka
wudunya…………………
14. Waktu
wudu mwmbasuh kaki sampai…………..
15. Apakah
rukun wudu sesudah membasuh muka?
16. Sebutkan
dua di antara rukun wudu yang
berurutan!
|
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SDN Binju
( ALIS SUNNAH )
NIP : 19680304 1989 11 2001
|
|
Binju , 20 Nopember 2013
Guru Pendidikan Agama Islam
( SYAH RANI )
NIM : 2012121641
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN
- 2 NARAHAN
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester : II
/ 2
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan
salat secara tertib
Kompetensi Dasar : 9.2 Mempraktikkan
salat secara tertib
Alokasi Waktu : 1´ 10 menit
(1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
1. Siswa dapat melaksanakan salat dengan
sempurna
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran
:
1.
Salat .
Metode Pembelajaran :
1.
Siswa berlatih menyerasikan gerakan
salat dan bacaan salat
2.
Siswa mempraktikkan salat dengan
gerakan dan bacaan salat secara sempurna
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
F
Guru
mengingatkan kembali pentingnya salat sebagai seorang muslim
F Siswa menghafal bacaan salat yang telah dipelajari
2. Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
menghafal bacaan salat secara bersama-sama dan sendiri-sendiri
F
Siswa menghafal gerakan salat secara bersama-sama dan sendiri-sendiri
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memperaktikkan keserasian bacaan salat dan gerakan salat di atas secara bersama-sama, kemudian mempraktikkan secara individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
melakukan aktivitas
F
Siswa
memahami bacaan intisari
F Siswa mengerjakan latihan
Alat / Sumber Belajar:
1. Lafal
bacaan salat
2. Gambar
peraga gerakan salat
3. Kelas/ruangan/mushala
4. Perlengkapan
salat
5. Buku
tata cara salat
6. Buku
Pendidikan Agama Islam
7. Pengalaman
guru
8. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø
Melaksanakan salat dengan sempurna
|
Tes praktik
|
Praktik
|
1. Praktikkan
salat dengan sempurna ?
2. Pahala
salat berjamaah….
a. 47 derajat b. 37 derajat
c. 27 derajat
3. Jika
jamaah itu orang laki-laki dan perempuan yang menjadi imam adalah .…
a.
laki-laki
b.
perempuan
c. orang tua
4.
Dalam
salat berjamaah harus ada imam dan…
5.
Salat
berjamaah boleh dikerjakan di mana saja asal suci dari .…
6. Bolehkah
seoranglaki-laki menjadi makmum seorang perempuan?
7. Bagaimana
seharusnya saf dalam salat ebrjamaah?
8. Sebutkan
keutamaan salat berjamaah dibandingkan dengan salat munfarid ?
|
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
||||
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
||||
Mengetahui,
Kepala SDN 2 NARAHAN
( )
NIP :
|
|
Kuala Kapuas, Januari 20
Guru Pendidikan Agama Islam
(AHMAD RUS’AN, A.Pd.I)
NIP : 19710119 200604 1 015
|
|||||
|
|
|
|||||
0 Response to " "
Posting Komentar