PERANGKAT PPKN IX KUR 13 PK-Q-I
PROGRAM
TAHUNAN
(PROTA)
Sekolah : SMP-------------------
Mata Pelajaran : Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester : IX/ 1.
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
|
Semester 1.
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertakwa
kepada TuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan
pergaulan antarbangsa.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika
perkembangan zaman.
2.2 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila
sebagai pandangan hidup bangsa.
2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam
masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian.
2.4 Menghargai sikap toleransi dan harmoni
keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Indonesia.
2.5 Menghargai semangat dan komitmen sumpah
pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh
pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
2.6 Menghayati semangat dan komitmen persatuan
dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI.
3.1 Memahami dinamika perwujudan Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
3.2 Memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung
dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3 Memahami aturan hukum yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan
zaman.
4.2 Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran
yang terkandung dalam Pembukaan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945.
4.3 Menyaji hasil telaah tentang aturan hukum
yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
|
1. Penerapan
Pancasila dari Masa ke Masa.
2. Nilai-nilai
Pancasila Sesuai dengan Perkembangan Zaman.
3. Perwujudan
Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan.
4. Konstitusi
yang Pernah Berlaku Di Indonesia.
5. Penyimpangan-penyimpangan
terhadap Konstitusi yang Berlaku di Indonesia.
6. Hasil-hasil
Amandemen UUD 1945.
7. Sikap
Positif terhadap UUD 1945 Hasil Amandemen.
8. Hakikat Hukum.
9. Arti Penting Hukum yang Berlaku dalam Kehidupan
Bermasyarakat dan Bernegara.
10. Kepatuhan terhadap Hukum dalam Kehidupan
Bermasyarakat dan Bernegara.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
Semester 2.
3.4 Memahami perbedaan baik dan buruk dalam bertutur
kata, berperilaku, dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
3.5 Memahami masalah-masalah yang muncul dalam
keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya.
3.6 Memahami konteks kesejarahan Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI).
4.4 Menyaji sikap, tutur kata, dan perilaku yang baik,
sesuai dengan nilai dan moral Pancasila dalam pergaulan hidup sehari-hari di
masyarakat, bangsa, dan negara.
4.5 Menalar penyelesaian masalah yang muncul dalam
keberagaman masyarakat.
4.6 Menyaji hasil telaah dinamika penguatan komitmen
mempertahankan NKRI dalam konteks kesejarahan.
4.7 Berinteraksi dengan teman dan orang lain
berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman
suku, agama, ras, budaya, dan gender.
4.8 Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung
jawab kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional.
|
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
Mengetahui ……………………,....
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Sekolah : SMP-----------------
Mata Pelajaran : Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester : IX/ 1.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
BAB 1.
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertakwa
kepada TuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan
pergaulan antarbangsa.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika
perkembangan zaman.
2.2 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila
sebagai pandangan hidup bangsa.
2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam
masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian.
2.4 Menghargai sikap toleransi dan harmoni
keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Indonesia.
2.5 Menghargai semangat dan komitmen sumpah
pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh
pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
2.6 Menghayati semangat dan komitmen persatuan
dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI.
3.1 Memahami dinamika perwujudan Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan
zaman.
|
1. Menjelaskan tentang penerapan Pancasila dari
masa ke masa.
2. Menguraikan nilai-nilai Pancasila sesuai
dengan perkembangan zaman.
3. Menerangkan perwujudan nilai-nilai Pancasila
dalam berbagai kehidupan.
|
1. Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa.
2. Nilai-nilai Pancasila Sesuai dengan
Perkembangan Zaman.
3. Perwujudan Nilai-nilai Pancasila dalam
Berbagai Kehidupan.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui ................................,…..
Kepala
sekolah Guru
Mata Pelajaran
__________________ ____________________
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Sekolah : SMP-------------------
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
(PPKn).
Kelas/ Semester : IX/
1.
Kompetensi Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
BAB 2.
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertakwa
kepada TuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan
pergaulan antarbangsa.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika
perkembangan zaman.
2.2 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai
pandangan hidup bangsa.
2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam
masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian.
2.4 Menghargai sikap toleransi dan harmoni
keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Indonesia.
2.5 Menghargai semangat dan komitmen sumpah
pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh
pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
2.6 Menghayati semangat dan komitmen persatuan
dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI.
3.2 Memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung
dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.2 Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran
yang terkandung dalam Pembukaan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945.
|
1. Menjelaskan hakikat Pokok Pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2. Menguraikan arti penting Pokok Pikiran Pembukaan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3. Menunjukkan sikap positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
1. Konstitusi yang Pernah Berlaku Di Indonesia.
2. Penyimpangan-penyimpangan terhadap Konstitusi
yang Berlaku di Indonesia.
3. Hasil-hasil Amandemen UUD 1945.
4. Sikap Positif terhadap UUD 1945 Hasil
Amandemen.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui ................................,…..
Kepala
sekolah Guru
Mata Pelajaran
__________________ ____________________
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Sekolah : SMP-----------------
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
(PPKn).
Kelas/ Semester : IX/ 1.
Kompetensi Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
BAB 3.
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertakwa
kepada TuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan
pergaulan antarbangsa.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika
perkembangan zaman.
2.2 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila
sebagai pandangan hidup bangsa.
2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam
masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian.
2.4 Menghargai sikap toleransi dan harmoni
keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Indonesia.
2.5 Menghargai semangat dan komitmen sumpah
pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh
pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
2.6 Menghayati semangat dan komitmen persatuan
dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI.
3.3 Memahami aturan hukum yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
4.3 Menyaji hasil telaah tentang aturan hukum
yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
|
1. Mengidentifikasi Hakikat Hukum.
2. Menjelaskan Memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara.
3. Mendeskripsikan arti penting hukum yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara.
4. Menerangkan kepatuhan terhadap hukum dalam kehidupan bermasyarakat
dan bernegara.
|
1. Hakikat Hukum.
2. Arti Penting Hukum yang Berlaku dalam
Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara.
3. Kepatuhan terhadap Hukum dalam Kehidupan
Bermasyarakat dan Bernegara.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui ................................,…..
Kepala
sekolah Guru
Mata Pelajaran
__________________ ____________________
NIP. NIP.
SILABUS DAN PENILAIAN
Sekolah : SMP------------------
Mata Pelajaran : Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/
Semester : IX/ 1.
Kompetensi Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
4. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
5. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat.
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
BAB 1.
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertakwa kepada
TuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan
pergaulan antarbangsa.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan
zaman.
2.2 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai
pandangan hidup bangsa.
2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat
sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian.
2.4 Menghargai sikap toleransi dan harmoni keberagaman
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
2.5 Menghargai
semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda
tahun 1928.
2.6 Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan
kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI.
3.1 Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan zaman.
|
1. Penerapan
Pancasila dari Masa ke Masa.
2. Nilai-nilai
Pancasila Sesuai dengan Perkembangan Zaman.
3. Perwujudan
Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan.
|
1. Menjelaskan
tentang penerapan Pancasila dari masa
ke masa.
2. Menguraikan
nilai-nilai Pancasila sesuai dengan
perkembangan zaman.
3. Menerangkan perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan.
|
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang
proses dirumuskan dan ditetapkannya Pancasila sebagai dasar negara secara
rinci dan lengkap. Amati dan bacalah dengan seksama. Kemudian buatlah
tanggapan dari bacaan tersebut.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat
pertanyaan tentang mengapa pandangan hidup komunisme mulai hilang? Alasan apa
yang menyebabkan komunisme mulai berkurang di dunia.
2. Melakukan konsultasi dengan
guru dan sumber belajar lainnya tentang pandangan hidup komunisme mulai
hilang.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang
ideologi Pancasila, ideologi liberalis, dan ideologi komunis.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil
pengamatan dan kegiatan tentang hubungan ketiga dimensi, yakni dimensi
realitas, dimensi idealisme, dan dimensi fleksibilitas dengan perubahan
(dinamika) nilai-nilai Pancasila dari sesuai dengan perkembangan zaman.
2. Mengamati dan menjelaskan
tentang hubungan ketiga dimensi, yakni dimensi realitas, dimensi idealisme,
dan dimensi fleksibilitas dengan perubahan (dinamika) nilai-nilai Pancasila
dari sesuai dengan perkembangan zaman.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan
tentang membuat kliping dengan mengumpulkan bahan dari koran/ majalah yang
berisi berita tentang pertikaian antar kelompok atau antarsuku bangsa yang
disebabkan perbedaan ideologi atau keyakinan!. Kegiatan dilaksanakan secara
kelompok (5 – 8) siswa, kliping ditempelkan pada karton berukuran 1 × 1 m, selanjutnya hasil kliping dipresentasikan di
depan kelas, kemudian dipajang bersama hasil karya kelompok lainnya.
2. Membuat laporan secara tertulis
hasil studi pengamatan tentang membuat kliping dengan mengumpulkan bahan dari
koran/ majalah yang berisi berita tentang pertikaian antar kelompok atau
antarsuku bangsa yang disebabkan perbedaan ideologi atau keyakinan!. Kegiatan
dilaksanakan secara kelompok (5 – 8) siswa, kliping ditempelkan pada karton
berukuran 1 × 1 m, selanjutnya hasil
kliping dipresentasikan di depan kelas, kemudian dipajang bersama hasil karya
kelompok lainnya.
|
Kuis dan tugas individu.
|
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
|
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang
relevan.
4. Informasi dari media massa dan
internet.
|
BAB 2.
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertakwa kepada
TuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan
pergaulan antarbangsa.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan
zaman.
2.2 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai
pandangan hidup bangsa.
2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat
sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian.
2.4 Menghargai sikap toleransi dan harmoni keberagaman
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
2.5 Menghargai
semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda
tahun 1928.
2.6 Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan
kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI.
3.2 Memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam
Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.2 Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran yang
terkandung dalam Pembukaan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
1. Konstitusi yang Pernah Berlaku Di Indonesia.
2. Penyimpangan-penyimpangan terhadap
Konstitusi yang Berlaku di Indonesia.
3. Hasil-hasil Amandemen UUD 1945.
4. Sikap Positif terhadap UUD 1945 Hasil
Amandemen.
|
1. Menjelaskan
hakikat Pokok Pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945.
2. Menguraikan
arti penting Pokok Pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945.
3. Menunjukkan
sikap positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945.
|
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang
Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat
pertanyaan tentang arti penting pokok-pokok pikiran dalam pembukaan UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2. Melakukan konsultasi dengan
guru dan sumber belajar lainnya tentang arti penting pokok-pokok pikiran
dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang
pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil
pengamatan dan kegiatan tentang perubahan-perubahan yang mendasar dari
pasal-pasal yang ada dalam UUD 1945 pertama (konstitusi pertama). Analisislah
setiap perubahan yang ada.
2. Mengamati dan menjelaskan
tentang perubahan-perubahan yang mendasar dari pasal-pasal yang ada dalam UUD
1945 pertama (konstitusi pertama). Analisislah setiap perubahan yang ada.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan
tentang pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara
Repuplik Indonesia.
2. Membuat laporan secara tertulis
hasil studi pengamatan tentang pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam
pembukaan UUD Negara Repuplik Indonesia.
|
Kuis dan tugas individu.
|
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
|
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang
relevan.
4. Informasi dari media massa dan
internet.
|
BAB 3.
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertakwa kepada
TuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan
pergaulan antarbangsa.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan
zaman.
2.2 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai
pandangan hidup bangsa.
2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat
sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian.
2.4 Menghargai sikap toleransi dan harmoni keberagaman
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
2.5 Menghargai
semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda
tahun 1928.
2.6 Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan
kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI.
3.3 Memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara.
4.3 Menyaji hasil telaah tentang aturan hukum yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
|
1. Hakikat
Hukum.
2. Arti
Penting Hukum yang Berlaku dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara.
3. Kepatuhan
terhadap Hukum dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara.
|
1. Mengidentifikasi
Hakikat Hukum.
2. Menjelaskan
Memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan
bernegara.
3. Mendeskripsikan
arti penting hukum yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara.
4. Menerangkan kepatuhan terhadap hukum dalam
kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
|
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang
pengertian, ciri, dan macam-macam hukum. Kemudian buatlah sebuah ringkasan
secara individu.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat
pertanyaan tentang hakikat hukum (pengertian, macam, dan tujuan).
2. Melakukan konsultasi dengan
guru dan sumber belajar lainnya tentang hakikat hukum (pengertian, macam, dan
tujuan).
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang
persoalan kewarganegaraan menjadi terasa setelah terjadi beberapa kasus
mengenai status kewarganegaraan seseorang. Tidak sedikit warga negara
Indonesia melakukan pernikahan dengan warga negara asing. Hukum mana yang
digunakan untuk anak-anak dari hasil perkawinan tersebut?
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil
pengamatan dan kegiatan tentang manfaat adanya penghargaan dan hukuman
terhadap perilaku siswa di sekolah.
2. Mengamati dan menjelaskan
tentang manfaat adanya penghargaan dan hukuman terhadap perilaku siswa di
sekolah.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan
tentang dalam kehidupan di masyarakat ada beberapa macam kebiasaan adat yang
dilaksanakan. Carilah beberapa macam kebiasaan tersebut dan apa maknanya bagi
kehidupan di masyarakat. Diskusikan dengan teman sebangku kalian. Kemudian
kerjakan dalam buku tugas.
2. Membuat laporan secara tertulis
hasil studi pengamatan tentang dalam kehidupan di masyarakat ada beberapa
macam kebiasaan adat yang dilaksanakan. Carilah beberapa macam kebiasaan
tersebut dan apa maknanya bagi kehidupan di masyarakat. Diskusikan dengan
teman sebangku kalian. Kemudian kerjakan dalam buku tugas.
|
Kuis dan tugas individu.
|
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
|
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang
relevan.
4. Informasi dari media massa dan
internet.
|
Mengetahui ............................,…..
Kepala
sekolah Guru
Mata Pelajaran
__________________ ____________________
NIP. NIP.
BAB 1.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP------------------
Mata Pelajaran : Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester : IX/ 1.
Alokasi Waktu :
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertakwa kepada
TuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan
antarbangsa.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika
perkembangan zaman.
2.2 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila
sebagai pandangan hidup bangsa.
2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat
sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian.
2.4 Menghargai sikap toleransi dan harmoni
keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
2.5 Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda
sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada
saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
2.6 Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan
kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI.
3.1 Memahami
dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1 Menyaji
hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
bangsa sesuai dinamika perkembangan zaman.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut,
siswa diharapkan dapat:
1. memahami
dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
2. menjelaskan
tentang penerapan Pancasila dari masa ke masa,
3. menguraikan
nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman, serta
4. menerangkan
perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Penerapan
Pancasila dari Masa ke Masa.
2. Nilai-nilai
Pancasila Sesuai dengan Perkembangan Zaman.
3. Perwujudan
Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan.
METODE
PEMBELAJARAN
Informasi,
diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari
audiovisual tentang proses dirumuskan dan ditetapkannya Pancasila sebagai dasar
negara secara rinci dan lengkap. Amati dan bacalah dengan seksama. Kemudian
buatlah tanggapan dari bacaan tersebut.
Menanya
1. Siswa
dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang mengapa pandangan hidup komunisme
mulai hilang? Alasan apa yang menyebabkan komunisme mulai berkurang di dunia.
2. Melakukan
konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang pandangan hidup
komunisme mulai hilang.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak
dari kajian tentang ideologi Pancasila, ideologi liberalis, dan ideologi
komunis.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan
hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang hubungan ketiga dimensi, yakni
dimensi realitas, dimensi idealisme, dan dimensi fleksibilitas dengan perubahan
(dinamika) nilai-nilai Pancasila dari sesuai dengan perkembangan zaman.
2. Mengamati
dan menjelaskan tentang hubungan ketiga dimensi, yakni dimensi realitas,
dimensi idealisme, dan dimensi fleksibilitas dengan perubahan (dinamika)
nilai-nilai Pancasila dari sesuai dengan perkembangan zaman.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan
secara lisan tentang membuat kliping dengan mengumpulkan bahan dari koran/
majalah yang berisi berita tentang pertikaian antar kelompok atau antarsuku
bangsa yang disebabkan perbedaan ideologi atau keyakinan!. Kegiatan
dilaksanakan secara kelompok (5 – 8) siswa, kliping ditempelkan pada karton
berukuran 1 × 1 m, selanjutnya hasil kliping dipresentasikan di depan kelas, kemudian
dipajang bersama hasil karya kelompok lainnya.
2. Membuat
laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang membuat kliping dengan
mengumpulkan bahan dari koran/ majalah yang berisi berita tentang pertikaian
antar kelompok atau antarsuku bangsa yang disebabkan perbedaan ideologi atau
keyakinan!. Kegiatan dilaksanakan secara kelompok (5 – 8) siswa, kliping
ditempelkan pada karton berukuran 1 × 1 m, selanjutnya hasil
kliping dipresentasikan di depan kelas, kemudian dipajang bersama hasil karya
kelompok lainnya.
SUMBER
BELAJAR
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
PENILAIAN
1. Teknik/
jenis: kuis dan tugas individu.
2. Bentuk
instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3. Instrumen/
soal:
a. Tes pilihan ganda.
b. Tes uraian.
c. Penugasan.
Mengetahui ……………………,....
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
BAB 2.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP----------------
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
(PPKn).
Kelas/
Semester : IX/ 1.
Alokasi Waktu :
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertakwa kepada
TuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan
antarbangsa.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika
perkembangan zaman.
2.2 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila
sebagai pandangan hidup bangsa.
2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat
sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian.
2.4 Menghargai sikap toleransi dan harmoni
keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
2.5 Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda
sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada
saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
2.6 Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan
kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI.
3.2 Memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung
dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.2 Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran yang
terkandung dalam Pembukaan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan hakikat Pokok Pikiran Pembukaan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,
2. memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung
dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945,
3. menguraikan arti penting Pokok Pikiran
Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta
4. menunjukkan sikap positif terhadap Pokok
Pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Konstitusi
yang Pernah Berlaku Di Indonesia.
2. Penyimpangan-penyimpangan
terhadap Konstitusi yang Berlaku di Indonesia.
3. Hasil-hasil
Amandemen UUD 1945.
4. Sikap
Positif terhadap UUD 1945 Hasil Amandemen.
METODE
PEMBELAJARAN
Informasi,
diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari
audiovisual tentang Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Menanya
1. Siswa
dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang arti penting pokok-pokok pikiran
dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2. Melakukan
konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang arti penting
pokok-pokok pikiran dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak
dari kajian tentang pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan
hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang perubahan-perubahan yang mendasar
dari pasal-pasal yang ada dalam UUD 1945 pertama (konstitusi pertama).
Analisislah setiap perubahan yang ada.
2. Mengamati
dan menjelaskan tentang perubahan-perubahan yang mendasar dari pasal-pasal yang
ada dalam UUD 1945 pertama (konstitusi pertama). Analisislah setiap perubahan
yang ada.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan
secara lisan tentang pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD
Negara Repuplik Indonesia.
2. Membuat
laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang pokok-pokok pikiran yang
terkandung dalam pembukaan UUD Negara Repuplik Indonesia.
SUMBER
BELAJAR
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
PENILAIAN
1. Teknik/
jenis: kuis dan tugas individu.
2. Bentuk
instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3. Instrumen/
soal:
a. Tes pilihan ganda.
b. Tes uraian.
c. Penugasan.
Mengetahui ……………………,....
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
BAB 3.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP-----------------
Mata Pelajaran : Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester : IX/ 1.
Alokasi Waktu :
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Menghayati
perilaku beriman dan bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia
dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa.
2.1 Menghargai
keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
sesuai dengan dinamika perkembangan zaman.
2.2 Menghargai
keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
2.3 Menghargai
hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan
kedamaian.
2.4 Menghargai
sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara Indonesia.
2.5 Menghargai
semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda
tahun 1928.
2.6 Menghayati
semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan
mempertahankan NKRI.
3.3 Memahami
aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
4.3 Menyaji
hasil telaah tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat
dan bernegara.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1. mengidentifikasi hakikat hukum,
2. memahami aturan hukum yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat dan bernegara,
3. mendeskripsikan arti penting hukum yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, serta
4. menerangkan kepatuhan terhadap hukum dalam
kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Hakikat Hukum.
2. Arti Penting Hukum yang Berlaku dalam
Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara.
3. Kepatuhan terhadap Hukum dalam Kehidupan
Bermasyarakat dan Bernegara.
METODE
PEMBELAJARAN
Informasi,
diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan
pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang pengertian, ciri, dan
macam-macam hukum. Kemudian buatlah sebuah ringkasan secara individu.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan
tentang hakikat hukum (pengertian, macam, dan tujuan).
2. Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber
belajar lainnya tentang hakikat hukum (pengertian, macam, dan tujuan).
Mengeksplorasi
Melakukan
studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang persoalan
kewarganegaraan menjadi terasa setelah terjadi beberapa kasus mengenai status
kewarganegaraan seseorang. Tidak sedikit warga negara Indonesia melakukan
pernikahan dengan warga negara asing. Hukum mana yang digunakan untuk anak-anak
dari hasil perkawinan tersebut?
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan
kegiatan tentang manfaat adanya penghargaan dan hukuman terhadap perilaku siswa
di sekolah.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang manfaat
adanya penghargaan dan hukuman terhadap perilaku siswa di sekolah.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan tentang dalam kehidupan
di masyarakat ada beberapa macam kebiasaan adat yang dilaksanakan. Carilah
beberapa macam kebiasaan tersebut dan apa maknanya bagi kehidupan di
masyarakat. Diskusikan dengan teman sebangku kalian. Kemudian kerjakan dalam
buku tugas.
2. Membuat laporan secara tertulis hasil studi
pengamatan tentang dalam kehidupan di masyarakat ada beberapa macam kebiasaan
adat yang dilaksanakan. Carilah beberapa macam kebiasaan tersebut dan apa
maknanya bagi kehidupan di masyarakat. Diskusikan dengan teman sebangku kalian.
Kemudian kerjakan dalam buku tugas.
SUMBER
BELAJAR
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
PENILAIAN
1. Teknik/
jenis: kuis dan tugas individu.
2. Bentuk
instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3. Instrumen/
soal:
a. Tes pilihan ganda.
b. Tes uraian.
c. Penugasan.
Mengetahui ……………………,....
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
0 Response to "PERANGKAT PPKN IX KUR 13 PK-Q-I"
Posting Komentar