Langsung ke konten utama

PERANGKAT PPKN IX KUR 13 PK-Q-I



PROGRAM TAHUNAN
(PROTA)

Sekolah                   :     SMP-------------------
Mata Pelajaran        :     Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester     :     IX/ 1.

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
Keterangan
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
Semester 1.
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan zaman.
2.2 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian.
2.4 Menghargai sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
2.5 Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
2.6 Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI.
3.1 Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
3.2 Memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3 Memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
4.1  Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan zaman.
4.2 Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3 Menyaji hasil telaah tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
1.   Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa.
2.   Nilai-nilai Pancasila Sesuai dengan Perkembangan Zaman.
3.   Perwujudan Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan.
4.   Konstitusi yang Pernah Berlaku Di Indonesia.
5.   Penyimpangan-penyimpangan terhadap Konstitusi yang Berlaku di Indonesia.
6.   Hasil-hasil Amandemen UUD 1945.
7.   Sikap Positif terhadap UUD 1945 Hasil Amandemen.
8.   Hakikat Hukum.
9.   Arti Penting Hukum yang Berlaku dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara.
10. Kepatuhan terhadap Hukum dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara.
... × Jam Pelajaran (JP).

Semester 2.
3.4 Memahami perbedaan baik dan buruk dalam bertutur kata, berperilaku, dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
3.5 Memahami masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya.
3.6 Memahami konteks kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

4.4 Menyaji sikap, tutur kata, dan perilaku yang baik, sesuai dengan nilai dan moral Pancasila dalam pergaulan hidup sehari-hari di masyarakat, bangsa, dan negara.
4.5 Menalar penyelesaian masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat.
4.6 Menyaji hasil telaah dinamika penguatan komitmen mempertahankan NKRI dalam konteks kesejarahan.
4.7 Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku,  agama, ras, budaya, dan gender.
4.8 Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung jawab kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional.

... × Jam Pelajaran (JP).






















                   Mengetahui                                                                                                                           ……………………,....
                   Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru Mata Pelajaran






                                                                                                                                                                               
                   NIP.                                                                                                                        NIP.















PROGRAM SEMESTER

Sekolah                   :     SMP-----------------
Mata Pelajaran        :     Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester     :     IX/ 1.

Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 1.
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan zaman.
2.2 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian.
2.4 Menghargai sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
2.5 Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.

2.6 Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI.
3.1 Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan zaman.
1. Menjelaskan tentang penerapan Pancasila dari masa ke masa.
2. Menguraikan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman.
3. Menerangkan perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan.
1. Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa.
2. Nilai-nilai Pancasila Sesuai dengan Perkembangan Zaman.
3. Perwujudan Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan.
... × Jam Pelajaran (JP).









































                                            Mengetahui                                                                                                                                                        ................................,…..    
                                            Kepala sekolah                                                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran







                                            __________________                                                                                                                                                      ____________________
                                            NIP.                                                                                                                                                                              NIP.









PROGRAM SEMESTER

Sekolah                   :     SMP-------------------
Mata Pelajaran        :     Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester     :     IX/ 1.

Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 2.
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan zaman.
2.2 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian.
2.4 Menghargai sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
2.5 Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
2.6 Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI.
3.2 Memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.2 Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
1. Menjelaskan hakikat Pokok Pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2. Menguraikan arti penting Pokok Pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3. Menunjukkan sikap positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
1. Konstitusi yang Pernah Berlaku Di Indonesia.
2. Penyimpangan-penyimpangan terhadap Konstitusi yang Berlaku di Indonesia.
3. Hasil-hasil Amandemen UUD 1945.
4. Sikap Positif terhadap UUD 1945 Hasil Amandemen.
... × Jam Pelajaran (JP).










































                                            Mengetahui                                                                                                                                                        ................................,…..    
                                            Kepala sekolah                                                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran







                                            __________________                                                                                                                                                      ____________________
                                            NIP.                                                                                                                                                                              NIP.










PROGRAM SEMESTER

Sekolah                   :     SMP-----------------
Mata Pelajaran        :     Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester     :     IX/ 1.

Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 3.
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan zaman.
2.2 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian.
2.4 Menghargai sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
2.5 Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
2.6 Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI.
3.3 Memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
4.3 Menyaji hasil telaah tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
1. Mengidentifikasi Hakikat Hukum.
2. Menjelaskan Memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
3. Mendeskripsikan arti penting hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
4. Menerangkan kepatuhan terhadap hukum dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
1. Hakikat Hukum.
2. Arti Penting Hukum yang Berlaku dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara.
3. Kepatuhan terhadap Hukum dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara.
... × Jam Pelajaran (JP).








































                                            Mengetahui                                                                                                                                                        ................................,…..    
                                            Kepala sekolah                                                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran







                                            __________________                                                                                                                                                      ____________________
                                            NIP.                                                                                                                                                                              NIP.












SILABUS DAN PENILAIAN

Sekolah                   :     SMP------------------
Mata Pelajaran        :     Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester     :     IX/ 1.

Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
4.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
5.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
BAB 1.
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan zaman.
2.2 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian.
2.4 Menghargai sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
2.5 Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
2.6 Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI.
3.1 Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan zaman.
1. Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa.
2. Nilai-nilai Pancasila Sesuai dengan Perkembangan Zaman.
3. Perwujudan Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan.
1. Menjelaskan tentang penerapan Pancasila dari masa ke masa.
2. Menguraikan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman.
3. Menerangkan perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang proses dirumuskan dan ditetapkannya Pancasila sebagai dasar negara secara rinci dan lengkap. Amati dan bacalah dengan seksama. Kemudian buatlah tanggapan dari bacaan tersebut.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang mengapa pandangan hidup komunisme mulai hilang? Alasan apa yang menyebabkan komunisme mulai berkurang di dunia.
2. Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang pandangan hidup komunisme mulai hilang.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang ideologi Pancasila, ideologi liberalis, dan ideologi komunis.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang hubungan ketiga dimensi, yakni dimensi realitas, dimensi idealisme, dan dimensi fleksibilitas dengan perubahan (dinamika) nilai-nilai Pancasila dari sesuai dengan perkembangan zaman.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang hubungan ketiga dimensi, yakni dimensi realitas, dimensi idealisme, dan dimensi fleksibilitas dengan perubahan (dinamika) nilai-nilai Pancasila dari sesuai dengan perkembangan zaman.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan tentang membuat kliping dengan mengumpulkan bahan dari koran/ majalah yang berisi berita tentang pertikaian antar kelompok atau antarsuku bangsa yang disebabkan perbedaan ideologi atau keyakinan!. Kegiatan dilaksanakan secara kelompok (5 – 8) siswa, kliping ditempelkan pada karton berukuran 1 × 1 m, selanjutnya hasil kliping dipresentasikan di depan kelas, kemudian dipajang bersama hasil karya kelompok lainnya.
2. Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang membuat kliping dengan mengumpulkan bahan dari koran/ majalah yang berisi berita tentang pertikaian antar kelompok atau antarsuku bangsa yang disebabkan perbedaan ideologi atau keyakinan!. Kegiatan dilaksanakan secara kelompok (5 – 8) siswa, kliping ditempelkan pada karton berukuran 1 × 1 m, selanjutnya hasil kliping dipresentasikan di depan kelas, kemudian dipajang bersama hasil karya kelompok lainnya.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
BAB 2.
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan zaman.
2.2 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian.
2.4 Menghargai sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
2.5 Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
2.6 Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI.
3.2 Memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.2 Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
1. Konstitusi yang Pernah Berlaku Di Indonesia.
2.  Penyimpangan-penyimpangan terhadap Konstitusi yang Berlaku di Indonesia.
3. Hasil-hasil Amandemen UUD 1945.
4. Sikap Positif terhadap UUD 1945 Hasil Amandemen.
1. Menjelaskan hakikat Pokok Pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2. Menguraikan arti penting Pokok Pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3. Menunjukkan sikap positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang arti penting pokok-pokok pikiran dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2. Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang arti penting pokok-pokok pikiran dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang perubahan-perubahan yang mendasar dari pasal-pasal yang ada dalam UUD 1945 pertama (konstitusi pertama). Analisislah setiap perubahan yang ada.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang perubahan-perubahan yang mendasar dari pasal-pasal yang ada dalam UUD 1945 pertama (konstitusi pertama). Analisislah setiap perubahan yang ada.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan tentang pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Repuplik Indonesia.
2. Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD Negara Repuplik Indonesia.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
BAB 3.
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan zaman.
2.2 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian.
2.4 Menghargai sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
2.5 Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
2.6 Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI.
3.3 Memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
4.3 Menyaji hasil telaah tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
1. Hakikat Hukum.
2. Arti Penting Hukum yang Berlaku dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara.
3. Kepatuhan terhadap Hukum dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara.
1.  Mengidentifikasi Hakikat Hukum.
2. Menjelaskan Memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
3.  Mendeskripsikan arti penting hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
4. Menerangkan kepatuhan terhadap hukum dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang pengertian, ciri, dan macam-macam hukum. Kemudian buatlah sebuah ringkasan secara individu.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang hakikat hukum (pengertian, macam, dan tujuan).
2. Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang hakikat hukum (pengertian, macam, dan tujuan).
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang persoalan kewarganegaraan menjadi terasa setelah terjadi beberapa kasus mengenai status kewarganegaraan seseorang. Tidak sedikit warga negara Indonesia melakukan pernikahan dengan warga negara asing. Hukum mana yang digunakan untuk anak-anak dari hasil perkawinan tersebut?
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang manfaat adanya penghargaan dan hukuman terhadap perilaku siswa di sekolah.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang manfaat adanya penghargaan dan hukuman terhadap perilaku siswa di sekolah.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan tentang dalam kehidupan di masyarakat ada beberapa macam kebiasaan adat yang dilaksanakan. Carilah beberapa macam kebiasaan tersebut dan apa maknanya bagi kehidupan di masyarakat. Diskusikan dengan teman sebangku kalian. Kemudian kerjakan dalam buku tugas.
2. Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang dalam kehidupan di masyarakat ada beberapa macam kebiasaan adat yang dilaksanakan. Carilah beberapa macam kebiasaan tersebut dan apa maknanya bagi kehidupan di masyarakat. Diskusikan dengan teman sebangku kalian. Kemudian kerjakan dalam buku tugas.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
















                                            Mengetahui                                                                                                                                                        ............................,…..  
                                            Kepala sekolah                                                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran






                                            __________________                                                                                                                                                      ____________________
                                            NIP.                                                                                                                                                                              NIP.













BAB 1.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   :     SMP------------------
Mata Pelajaran        :     Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester     :     IX/ 1.
Alokasi Waktu         :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan zaman.
2.2 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian.
2.4 Menghargai sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
2.5 Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
2.6 Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI.
3.1 Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan zaman.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.   memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
2.   menjelaskan tentang penerapan Pancasila dari masa ke masa,
3.   menguraikan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman, serta
4.   menerangkan perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan.

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa.
2.   Nilai-nilai Pancasila Sesuai dengan Perkembangan Zaman.
3.   Perwujudan Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang proses dirumuskan dan ditetapkannya Pancasila sebagai dasar negara secara rinci dan lengkap. Amati dan bacalah dengan seksama. Kemudian buatlah tanggapan dari bacaan tersebut.
Menanya
1.   Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang mengapa pandangan hidup komunisme mulai hilang? Alasan apa yang menyebabkan komunisme mulai berkurang di dunia.
2.   Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang pandangan hidup komunisme mulai hilang.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang ideologi Pancasila, ideologi liberalis, dan ideologi komunis.
Mengasosiasi
1.   Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang hubungan ketiga dimensi, yakni dimensi realitas, dimensi idealisme, dan dimensi fleksibilitas dengan perubahan (dinamika) nilai-nilai Pancasila dari sesuai dengan perkembangan zaman.
2.   Mengamati dan menjelaskan tentang hubungan ketiga dimensi, yakni dimensi realitas, dimensi idealisme, dan dimensi fleksibilitas dengan perubahan (dinamika) nilai-nilai Pancasila dari sesuai dengan perkembangan zaman.
Mengomunikasikan
1.   Mengomunikasikan secara lisan tentang membuat kliping dengan mengumpulkan bahan dari koran/ majalah yang berisi berita tentang pertikaian antar kelompok atau antarsuku bangsa yang disebabkan perbedaan ideologi atau keyakinan!. Kegiatan dilaksanakan secara kelompok (5 – 8) siswa, kliping ditempelkan pada karton berukuran 1 × 1 m, selanjutnya hasil kliping dipresentasikan di depan kelas, kemudian dipajang bersama hasil karya kelompok lainnya.
2.   Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang membuat kliping dengan mengumpulkan bahan dari koran/ majalah yang berisi berita tentang pertikaian antar kelompok atau antarsuku bangsa yang disebabkan perbedaan ideologi atau keyakinan!. Kegiatan dilaksanakan secara kelompok (5 – 8) siswa, kliping ditempelkan pada karton berukuran 1 × 1 m, selanjutnya hasil kliping dipresentasikan di depan kelas, kemudian dipajang bersama hasil karya kelompok lainnya.

SUMBER BELAJAR
1.   Buku paket.
2.   Buku LKS.
3.   Buku referensi lain yang relevan.
4.   Informasi dari media massa dan internet.


PENILAIAN
1.   Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.   Instrumen/ soal:
      a.   Tes pilihan ganda.
      b.   Tes uraian.
      c.   Penugasan.






































                   Mengetahui                                                                                                                           ……………………,....
                   Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru Mata Pelajaran





                                                                                                                                                                               
                   NIP.                                                                                                                       NIP.































BAB 2.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   :     SMP----------------
Mata Pelajaran        :     Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester     :     IX/ 1.
Alokasi Waktu         :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan zaman.
2.2 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian.
2.4 Menghargai sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
2.5 Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
2.6 Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI.
3.2 Memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.2 Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.   menjelaskan hakikat Pokok Pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,
2.   memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945,
3.   menguraikan arti penting Pokok Pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta
4.   menunjukkan sikap positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Konstitusi yang Pernah Berlaku Di Indonesia.
2.   Penyimpangan-penyimpangan terhadap Konstitusi yang Berlaku di Indonesia.
3.   Hasil-hasil Amandemen UUD 1945.
4.   Sikap Positif terhadap UUD 1945 Hasil Amandemen.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Menanya
1.   Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang arti penting pokok-pokok pikiran dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.   Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang arti penting pokok-pokok pikiran dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Mengasosiasi
1.   Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang perubahan-perubahan yang mendasar dari pasal-pasal yang ada dalam UUD 1945 pertama (konstitusi pertama). Analisislah setiap perubahan yang ada.
2.   Mengamati dan menjelaskan tentang perubahan-perubahan yang mendasar dari pasal-pasal yang ada dalam UUD 1945 pertama (konstitusi pertama). Analisislah setiap perubahan yang ada.
Mengomunikasikan
1.   Mengomunikasikan secara lisan tentang pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Repuplik Indonesia.
2.   Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD Negara Repuplik Indonesia.

SUMBER BELAJAR
1.   Buku paket.
2.   Buku LKS.
3.   Buku referensi lain yang relevan.
4.   Informasi dari media massa dan internet.






PENILAIAN
1.   Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.   Instrumen/ soal:
      a.   Tes pilihan ganda.
      b.   Tes uraian.
      c.   Penugasan.
































                   Mengetahui                                                                                                                           ……………………,....
                   Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru Mata Pelajaran






                                                                                                                                                                               
                   NIP.                                                                                                                       NIP.



































BAB 3.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   :     SMP-----------------
Mata Pelajaran        :     Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester     :     IX/ 1.
Alokasi Waktu         :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan zaman.
2.2 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian.
2.4 Menghargai sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
2.5 Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
2.6 Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI.
3.3 Memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
4.3 Menyaji hasil telaah tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.   mengidentifikasi hakikat hukum,
2.   memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,
3.   mendeskripsikan arti penting hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, serta
4.   menerangkan kepatuhan terhadap hukum dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Hakikat Hukum.
2.   Arti Penting Hukum yang Berlaku dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara.
3.   Kepatuhan terhadap Hukum dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang pengertian, ciri, dan macam-macam hukum. Kemudian buatlah sebuah ringkasan secara individu.
Menanya
1.   Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang hakikat hukum (pengertian, macam, dan tujuan).
2.   Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang hakikat hukum (pengertian, macam, dan tujuan).
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang persoalan kewarganegaraan menjadi terasa setelah terjadi beberapa kasus mengenai status kewarganegaraan seseorang. Tidak sedikit warga negara Indonesia melakukan pernikahan dengan warga negara asing. Hukum mana yang digunakan untuk anak-anak dari hasil perkawinan tersebut?
Mengasosiasi
1.   Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang manfaat adanya penghargaan dan hukuman terhadap perilaku siswa di sekolah.
2.   Mengamati dan menjelaskan tentang manfaat adanya penghargaan dan hukuman terhadap perilaku siswa di sekolah.
Mengomunikasikan
1.   Mengomunikasikan secara lisan tentang dalam kehidupan di masyarakat ada beberapa macam kebiasaan adat yang dilaksanakan. Carilah beberapa macam kebiasaan tersebut dan apa maknanya bagi kehidupan di masyarakat. Diskusikan dengan teman sebangku kalian. Kemudian kerjakan dalam buku tugas.
2.   Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang dalam kehidupan di masyarakat ada beberapa macam kebiasaan adat yang dilaksanakan. Carilah beberapa macam kebiasaan tersebut dan apa maknanya bagi kehidupan di masyarakat. Diskusikan dengan teman sebangku kalian. Kemudian kerjakan dalam buku tugas.

SUMBER BELAJAR
1.   Buku paket.
2.   Buku LKS.
3.   Buku referensi lain yang relevan.
4.   Informasi dari media massa dan internet.









PENILAIAN
1.   Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.   Instrumen/ soal:
      a.   Tes pilihan ganda.
      b.   Tes uraian.
      c.   Penugasan.















                   Mengetahui                                                                                                                           ……………………,....
                   Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru Mata Pelajaran






                                                                                                                                                                               
                   NIP.                                                                                                                       NIP.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pertanyaan dan jawaban tentang manajemen proyek

TUGAS   TEKNI PERENCANAAN DAN EVALUASI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Tekni perencanaan dan evaluasi Disusun Oleh :        Budianoor NPM : 10.12.02183 Semester : 7 (Tujuh) A Eksekutif SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI (STIA) AMUNTAI TAHUN AKADEMIK 2013 BAB 1 Soal-Soal 1.       Dalam manajemen proyek, ada hubungan sebab akibat dari suatu tindakan manajemen. Dari daftar efek dan sebab berikut carilah pasangannya. Efek - Keterlambatan penyelesaian aktivitas dalam proyek - Pembengkakan biaya proyek - Konflik antar personal proyek Sebab -    Tidak ada orang khusus untuk menangani proyek -   Desain yang kurang bagus -   Pembuatan jadwal yang tidak realistis 2.       Sebutkan ciri-ciri proyek. 3.       Terangkan bagaimana cara munculnya proyek. Beri contoh. 4.       Jelaskan segitiga project constraint. 5.       Apa perbedaan antara ukuran dan kompleksitas proyek. Jawab : 1.     Pasangan efek

CONTOH PROPOSAL MAULID AL-HABSYI

PERSATUAN MAULID AL-HABSYI “ DARUL MUKHLISIN ” DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor                         : 03/BJP-BLG/2014                                                                              Halong, 06 Juli 2014 Lampiran         : 1 (satu) berkas Perihal                         : Mohon Bantuan Keuangan Untuk perlengkapan maulid Al-habsyi Kepada Yth, PIMPINAN PT. ATA Di – Halong Asslamu’alaikum Wr. Wb. Dengan Hormat, Kami dari Persatuan Maulid Al-Habsyi “DARUL MUKHLISIN” Ds. Binjai punggal Rt.II Kec.Halong Kab. Balangan mengajukan permohonan kepada Bapak kiranya dapat memberikan bantuan dana untuk perbaikan dan penggantian alat-alat yang hampir tidak layak lagi untuk dipakai. Dan perlu Bapak ketahui bahwa Persatuan Maulid ini sudah dibentuk sejak tahun 2006 atau sudah berusia 8 tahun jadi hampir 80% peralatan yang ada sudah tidak layak pakai. Bantuan yang akan Bapak berikan sangat berarti bagi kelancaran kegi

Proposal Prmohonan Bibit jagung

PROPOSAL KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN TAHUN   201 5 KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL RT.02 KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor      : 04/BJP/HLG/2015 Lampiran : 1 ( satu ) berkas Perihal      : mohon bantuan Bibit jagung,Pupuk dan perlengkapan lainnya                                    Kepada Yth.                  BAPAK KEPALA DINAS PER IKANAN       KABUPATEN BALANGAN                     di -   tempat Assalamu’alaikum Wr.Wb Salam silaturrahmi kami semua, teriring Do’a semoga Bapak senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan sukses selalu dalam menjalankan tugas sehari-hari Amein. Sehubung dengan potensi yang dimiliki Desa Binjai Punggal untuk pengembangan sektur pertanian serta untuk pembangunan daerah kabupaten Balangan, maka kami dari kelompok tani “LULUTUNG INDAH” Desa Binjai Punggal Kecamatan Halong Kabupaten Balangan bermaksu