Langsung ke konten utama

PERANGKAT PRAKARYA IX KUR 13 PK-P-I



PROGRAM TAHUNAN
( PROTA )

Sekolah                   : SMP.MTs..............................
Mata Pelajaran         : Prakarya
Kelas / Semester     : IX/1
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Materi Pelajaran
Alokasi Waktu
Keterangan
Semester 1
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kerajinan
1.1           Menghayati keberagaman produk kerajinan di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
2.1           Menunjukkan rasa ingin tahu, sikap santun, memiliki motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk kerajinan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2           Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan
2.3           Menunjukkan kemauan bekerjasama,gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan karya kerajinan yang memiliki estetika produk akhir
3.1           Memahami desain dan pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat.
3.2           Menerapkani proses modifikasi karya kerajinan yang memiliki fungsi hias dan pengemasan sesuai wilayah setempat
4.1           Membuat karya dan pengemasan kerajinan fungsi hias berdasarkan desain sesuai wilayah setempat
4.2           Memodifikasi karya dan pengemasan kerajinan fungsi hias berdasarkan hasil evaluasi sesuai wilayah setempat.
Rekayasa
1.1           Menghayati keberagaman produk pengolahan di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan.
2.1           Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk rekayasa daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia.
2.2           Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk rekayasa.
2.3           Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan produk rekayasa yang memiliki estetika produk akhir.
3.1           Memahami prosedur aneka jenis produk rakitan rekayasa kelistrikan.
3.2           Mengidentifikasi bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk pembuatan produk rekayasa kontruksi di daerah setempat dan daerah lain.
4.1           Merangkai produk rakitan berteknologi listrik berdasarkan kondisi dan bahan di daerah setempat dan daerah lain.
4.2           Membuat model bangunan dengan teknologi kontruksi berdasarkan kondisi dan bahan di daerah setempat dan daerah lain.
Budidaya
1.1           Menghayati keberagaman produk budidaya di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan.
2.1           Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk budidaya daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia.
2.2           Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan melaksankan kegiatan budidaya.
2.3           Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan budidaya.
3.1           Memahami konsep dan prosedur budidaya ternak hias di wilayah setempat.
3.2           Memahami produk dan proses budidaya ternak hias.
4.1           Memelihara ternak hias berdasarkan identifikasi konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat.
4.2           Menyajikan hasil evaluasi budidaya ternak hias.
Pengolahan
1.1           Menghayati keberagaman produk budidaya di daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan.
2.1           Menunjukkan rasa ingin tahu, sikap santun, memiliki motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia.
2.2           Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang pembuatan produk pengolahan.
2.3           Menunjukkan kemauan bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan produk pengolahan yang memiliki estetika produk akhir.
3.1           Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi makanan berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.2           Menerapkan manfaat dan proses pembuatan, penyajian dan pengemasan olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi produk pangan setengah jadi yang ada di wilayah setempat.
4.1 Membuat olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi makanan sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat.
4.2           Membuat olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi produk pangan setengah jadi sesuai hasil analisis dan bahan yang ada di wilayah setempat.
1.   Prinsip Kerajinan Fungsi Hias
2.   Produk Kerajinan Fungsi Hias
3.   Kemasan Produk Kerajinan Fungsi Hias
4.   Berkarya Kerajinan Fungsi Hias
5.   Teknologi Listrik
6.   Teknologi Konstruksi
7.   Budi Daya Ternak Hias
8.   Evaluasi hasil budidaya ternak hias
9.   Pengolahan Ikan dan Daging Menjadi Makanan
10. Pengolahan Ikan dan Daging Menjadi Olahan Pangan Setengah Jadi.



Semester 2

Kerajinan
4.3 Memodifikasi karya dan pengemasan kerajinan fungsi pakai berdasarkan hasil evaluasi sesuai wilayah setempat.
4.4 Menerapkan proses modifikasi karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai dan pengemasan sesuai wilayah setempat
Rekayasa
3.3 Memahami prosedur rekayasa yang digunakan sebagai produk sederhana dengan teknologi mekanik
3.3 Mencoba membuat produk sederhana menggunakan teknologi mekanik (gerak, putar, ungkit dan sebagainya).
4.3 Mengidentifikasi bahan, material dan alat bantu yang digunakan sebagai mainan dengan teknologi mekanik yang ada di daerah setempat dan daerah lain
Pengolahan
3.3           Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan olahan produk pangan setengah jadi dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi makanan berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
4.3           Membuat  olahan produk pangan setengah jadi dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi makanan sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
3.4 Menerapkan manfaat dan proses olahan dari hasil samping pangan hewani menjadi produk non pangan
4.4 Membuat olahan dari hasil samping pangan hewani menjadi produk non pangan sesuai wilayah setempat.




                                                                                                                                ..............................................., 20..
             Mengetahui                                                                                                 Guru Mata Pelajaran                               
             Kepala  sekolah
            
                        
             NIP.------------------                                                                                     NIP.---------------------------------------


PROGRAM SEMESTER


Sekolah                   : SMP/MTs..............................
Mata Pelajaran         : Prakarya
Kelas / Semester     : iX/1
Kompetensi Inti        :
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
Bab 1
1.1           Menghayati keberagaman produk kerajinan di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
2.1           Menunjukkan rasa ingin tahu, sikap santun, memiliki motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk kerajinan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2           Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan
2.3           Menunjukkan kemauan bekerjasama,gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan karya kerajinan yang memiliki estetika produk akhir
3.1           Memahami desain dan pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat.
3.2           Menerapkani proses modifikasi karya kerajinan yang memiliki fungsi hias dan pengemasan sesuai wilayah setempat


4.1           Membuat karya dan pengemasan kerajinan fungsi hias berdasarkan desain sesuai wilayah setempat
4.2           Memodifikasi karya dan pengemasan kerajinan fungsi hias berdasarkan hasil evaluasi sesuai wilayah setempat.

1.   Menjelaskan tentang keunikan bahan kerajinan fungsi hias
2.   Menjelaskan tentang keterampilan tangan
3.   Menjelaskan tentang unsur estetik
4.   Menjelaskan tentang unsur hiasan
5.   Menjelaskan tentang hiasan janur
7.   Menjelaskan tentang hiasan lukis kaca
8.   Menjelaskan tentang hiasan tenun serat
9.   Menjelaskan tentang hiasan sulam
10. Menjelaskan tentang hiasan logam
11. Menjelaskan tentang kemasan kertas
12. Menjelaskan tentang kemasan kayu
13. Menjelaskan tentang kemasan plastik
14. Menjelaskan tentang modifikasi kerajinan yang memiliki fungsi hias
15. Menjelaskan tentang jenis dan motif karya modifikasi kerajinan yang memiliki fungsi hias


16. Menjelaskan tentang bahan, alat, teknik dan proses pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan alam
17. Menjelaskan tentang pengemasan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias

1.   Prinsip Kerajinan Fungsi Hias
2.   Produk Kerajinan Fungsi Hias
3.   Kemasan Produk Kerajinan Fungsi Hias
4.   Berkarya Kerajinan Fungsi Hias




































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            …………………………. 20..

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  Kepala Sekolah





NIP.--------------------------                                                                                                                                                                                    NIP.------------------------------------                                                                                                                                                               






















PROGRAM SEMESTER


Sekolah                   : SMP/MTs..............................
Mata Pelajaran         : Prakarya
Kelas / Semester     : iX/1
Kompetensi Inti        :
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
Bab 2
1.1           Menghayati keberagaman produk rekayasa di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan.
2.1           Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk rekayasa daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia.
2.2           Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk rekayasa.
2.3           Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan produk rekayasa yang memiliki estetika produk akhir.
3.1           Memahami prosedur aneka jenis produk rakitan rekayasa kelistrikan.
3.2           Mengidentifikasi bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk pembuatan produk rekayasa kontruksi di daerah setempat dan daerah lain.
4.1           Merangkai produk rakitan berteknologi listrik berdasarkan kondisi dan bahan di daerah setempat dan daerah lain.
4.2           Membuat model bangunan dengan teknologi kontruksi berdasarkan kondisi dan bahan di daerah setempat dan daerah lain.

1.   Menjelaskan tentang pengertian teknologi listrik.
2.   Menjelaskan tentang jenis produk rakitan berteknologi listrik.
3.   Menjelaskan tentang alat dan bahan yang berhubungan dengan listrik.
4.   Menjelaskan tentang membuat produk rakitan berteknologi listrik
5.   Menjelaskan tentang penyajian, tahapan dan pengujian alat pengubah tenaga panas matahari menjadi tenaga listrik dari kaleng bekas
6.   Menjelaskan tentang konstruksi bangunan.
7.   Menjelaskan tentang bangunan tradisional.
8.   Menjelaskan tentang bangunan modern.
9.   Menjelaskan tentang jenis model bangunan dengan teknologi konstruksi dan manfaatnya.
10. Menjelaskan tentang bahan dan alat pembuatan model bangunan dengan teknologi konstruksi.
11. Menjelaskan tentang teknik pembuatan model bangunan dengan teknologi konstruksi.
12. Menjelaskan tentang prosedur pembuatan model bangunan dengan teknologi konstruksi.
13. Menjelaskan tentang membuat model bangunan dengan teknologi konstruksi
14. Menjelaskan tentang penyajian, dan pengujian dalam pembuatan model bangunan dengan teknologi konstruksi bangunan yang terbuat dari bambu
1.   Teknologi Listrik
2.   Teknologi Konstruksi







































                                                                                                                                                                                                                                                              …………………………. 20..
                                                                                                                                                                                                                                   Mengetahui,
      Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                            Kepala Sekolah





                         NIP.--------------------------                                                                                                                                                                                                       NIP.------------------------------------                                    



















PROGRAM SEMESTER

Sekolah                   : SMP/MTs..............................
Mata Pelajaran         : Prakarya
Kelas / Semester     : iX/1
Kompetensi Inti        :
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
Bab 3
1.1           Menghayati keberagaman produk budidaya di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan.
2.1           Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk budidaya daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia.
2.2           Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan melaksankan kegiatan budidaya.
2.3           Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan budidaya.
3.1           Memahami konsep dan prosedur budidaya ternak hias di wilayah setempat.
3.2           Memahami produk dan proses budidaya ternak hias.
4.1           Memelihara ternak hias berdasarkan identifikasi konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat.
4.2           Menyajikan hasil evaluasi budidaya ternak hias.

1.   Menjelaskan tentang jenis-jenis ternak hias.
2.   Menjelaskan tentang sarana produksi dan teknik budi daya ternak hias.
3.   Menjelaskan tentang evaluasi hasil budidaya ternah hias.

1.   Budi Daya Ternak Hias
2.   Evaluasi hasil budidaya ternak hias






























                                                                                                                                                                                                                                                             …………………………. 20..
                                                                                                                                                                                                                                   Mengetahui,
      Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                            Kepala Sekolah




                         NIP.--------------------------                                                                                                                                                                                                       NIP.------------------------------------
                                     

PROGRAM SEMESTER

Sekolah                   : SMP/MTs..............................
Mata Pelajaran         : Prakarya
Kelas / Semester     : iX/1
Kompetensi Inti        :
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
Bab 4
1.1           Menghayati keberagaman produk budidaya di daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan.
2.1           Menunjukkan rasa ingin tahu, sikap santun, memiliki motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia.
2.2           Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang pembuatan produk pengolahan.
2.3           Menunjukkan kemauan bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan produk pengolahan yang memiliki estetika produk akhir.
3.1           Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi makanan berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.2           Menerapkan manfaat dan proses pembuatan, penyajian dan pengemasan olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi produk pangan setengah jadi yang ada di wilayah setempat.



4.1 Membuat olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi makanan sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat.
4.2           Membuat olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi produk pangan setengah jadi sesuai hasil analisis dan bahan yang ada di wilayah setempat.

1. Menjelaskan tentang jenis ikan dan daging
2. Menjelaskan tentang manfaat ikan dan daging.
3. Menjelaskan tentang metode pengolahan.
4. Menjelaskan tentang membuat makanan jadi / siap saji dari bahan ikan dan daging.
5. Menjelaskan tentang penyajian dan kemasan olahan makanan dari bahan ikan dan daging putih.
7. Menjelaskan tentang pengertian olahan pangan sosis.
8. Menjelaskan tentang jenis-jenis sosis.
9. Menjelaskan tentang teknik dan prosedur/pembuatan sosis.
10.Menjelaskan tentang pengemasan sosis
1.               Pengolahan Ikan dan Daging Menjadi Makanan
2.               Pengolahan Ikan dan Daging Menjadi Olahan Pangan Setengah Jadi.


































                                                                                                                                                                                                                                               



                                                                                                                                                                                                                                                             …………………………. 20..
                                                                                                                                                                                                                                   Mengetahui,
      Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                            Kepala Sekolah






                         NIP.--------------------------                                                                                                                                                                                           NIP.------------------------------------




















SILABUS DAN PENILAIAN

Sekolah                   : SMP..............................
Mata Pelajaran         : Prakarya
Kelas / Semester     : IX/1
Kompetensi Inti        :
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Bab 1
1.1           Menghayati keberagaman produk kerajinan di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
2.1           Menunjukkan rasa ingin tahu, sikap santun, memiliki motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk kerajinan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2           Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan
2.3           Menunjukkan kemauan bekerjasama,gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan karya kerajinan yang memiliki estetika produk akhir
3.1           Memahami desain dan pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat.

3.2           Menerapkani proses modifikasi karya kerajinan yang memiliki fungsi hias dan pengemasan sesuai wilayah setempat
4.1           Membuat karya dan pengemasan kerajinan fungsi hias berdasarkan desain sesuai wilayah setempat
4.2           Memodifikasi karya dan pengemasan kerajinan fungsi hias berdasarkan hasil evaluasi sesuai wilayah setempat.
1.   Prinsip Kerajinan Fungsi Hias
2.   Produk Kerajinan Fungsi Hias
3.   Kemasan Produk Kerajinan Fungsi Hias
4.   Berkarya Kerajinan Fungsi Hias

1.   Menjelaskan tentang keunikan bahan kerajinan fungsi hias
2.   Menjelaskan tentang keterampilan tangan
3.   Menjelaskan tentang unsur estetik
4.   Menjelaskan tentang unsur hiasan
5.   Menjelaskan tentang hiasan janur
7.   Menjelaskan tentang hiasan lukis kaca
8.   Menjelaskan tentang hiasan tenun serat
9.   Menjelaskan tentang hiasan sulam
10. Menjelaskan tentang hiasan logam
11. Menjelaskan tentang kemasan kertas
12. Menjelaskan tentang kemasan kayu
13. Menjelaskan tentang kemasan plastik
14. Menjelaskan tentang modifikasi kerajinan yang memiliki fungsi hias
15. Menjelaskan tentang jenis dan motif karya modifikasi kerajinan yang memiliki fungsi hias

16. Menjelaskan tentang bahan, alat, teknik dan proses pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan alam
17. Menjelaskan tentang pengemasan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias

Mengamati:
http://cdn.bisnisukm.com/2011/10/lampu-hias.jpg
Tanah Indonesia terkenal subur dan kaya dengan keanekaragamannya. Beranekaragam jenis pohon dan tanaman tumbuh subur dan memberi banyak manfaat bagi penduduknya. Salah satu pohon atau tanaman yang bermanfaat dan tumbuh subur di Indonesia adalah bambu. Banyak sekali manfaat bambu, salah satu diantaranya yaitu dapat dipergunakan sebagai bahan baku pembuatan aneka produk kerajinan. Coba amatilah berbagai benda hasil produk kerajinan dari bambu yang ada di lingkungan rumah dan sekolah.
Menanya
Coba tanyakan pada orang tua kalian atau perajin yang ada di daerah kalian mengenai   keunikan produk dan bahan Kerajinan Fungsi Hias yang ada di daerah kalian masing-masing!
Menalar
Coba amati dan cermati menurut penalaran kalian seni lokal apa saja yang menarik dan bisa diaplikasikan atau diterapkan  dalam pembuatan  produk kerajinan yang memiliki fngsi hias!
Mencoba
Coba buatlah produk kerajinan tangan fungsi hias yang terbuat dari bahan janur dengan cara mengembangakan model-model baru sesuai dengan imajinasi dan kreativitas kalian masing-masing.
Mengomunikasikan
Coba komunikasikan pada teman-teman kamu di sekolah dengan cara mempresentasikan beberapa produk kerajinan fungsi hias yang ada dan pernah kamu lihat serta praktikkan untuk membuatnya.

Kuis dan tugas individu
Pertanyaan lisan dan tes tertulis
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian
c. Penugasan
… x JP
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4. Informasi dari media masa dan internet Informasi dari media dan internet
Bab 2
1.1           Menghayati keberagaman produk rekayasa di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan.
2.1           Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk rekayasa daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia.
2.2           Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk rekayasa.
2.3           Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan produk rekayasa yang memiliki estetika produk akhir.
3.1           Memahami prosedur aneka jenis produk rakitan rekayasa kelistrikan.
3.2           Mengidentifi-kasi bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk pembuatan produk rekayasa kontruksi di daerah setempat dan daerah lain.

4.1           Merangkai produk rakitan berteknologi listrik berdasarkan kondisi dan bahan di daerah setempat dan daerah lain.
4.2           Membuat model bangunan dengan teknologi kontruksi berdasarkan kondisi dan bahan di daerah setempat dan daerah lain.

1.   Teknologi Listrik
2.   Teknologi Konstruksi

1.   Menjelaskan tentang pengertian teknologi listrik.
2.   Menjelaskan tentang jenis produk rakitan berteknologi listrik.
3.   Menjelaskan tentang alat dan bahan yang berhubungan dengan listrik.
4.   Menjelaskan tentang membuat produk rakitan berteknologi listrik
5.   Menjelaskan tentang penyajian, tahapan dan pengujian alat pengubah tenaga panas matahari menjadi tenaga listrik dari kaleng bekas
6.   Menjelaskan tentang konstruksi bangunan.
7.   Menjelaskan tentang bangunan tradisional.
8.   Menjelaskan tentang bangunan modern.
9.   Menjelaskan tentang jenis model bangunan dengan teknologi konstruksi dan manfaatnya.
10. Menjelaskan tentang bahan dan alat pembuatan model bangunan dengan teknologi konstruksi.
11. Menjelaskan tentang teknik pembuatan model bangunan dengan teknologi konstruksi.
12. Menjelaskan tentang prosedur pembuatan model bangunan dengan teknologi konstruksi.
13. Menjelaskan tentang membuat model bangunan dengan teknologi konstruksi
14. Menjelaskan tentang penyajian, dan pengujian dalam pembuatan model bangunan dengan teknologi konstruksi bangunan yang terbuat dari bamboo

Mengamati
Coba amatilah berbagai jenis produk rakitan berteknologi listrik yang ada di sekitar lingkungan kalian masing-masing!
Menanya
Coba tanyakan pada guru atau teknisi listrik yang ada di sekitar lingkungan kalian tentang  alat dan bahan apa saja yang berhubungan dengan Listrik!
Mencoba
Coba buatlah satu produk  rakitan berteknologi listrik sederhana dengan cara memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di lingkungan kalian masing-masing!
Menalar
Amati dan cermati kemudian analisalah menurut penalaran kamu jenis model bangunan dengan teknologi konstruksi apa yang cocok dengan lingkungan  di daerah kalian masing-masing!
Mengomunikasikan
Coba komunikasikan pada teman-teman kamu di sekolah dengan cara mempresentasikan pembuatan model bangunan dengan teknologi konstruksi bangunan yang terbuat dari bambu yang pernah kalian buat dan praktikkan!

Kuis dan tugas individu
Pertanyaan lisan dan tes tertulis
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian
c. Penugasan
… x JP
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4. Informasi dari media masa dan internet Informasi dari media dan internet
Bab 3
1.1           Menghayati keberagaman produk budidaya di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan.
2.1           Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk budidaya daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia.
2.2           Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan melaksankan kegiatan budidaya.
2.3           Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan budidaya.
3.1           Memahami konsep dan prosedur budidaya ternak hias di wilayah setempat.
3.2           Memahami produk dan proses budidaya ternak hias.
4.1           Memelihara ternak hias berdasarkan identifikasi konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat.
4.2           Menyajikan hasil evaluasi budidaya ternak hias

1.   Budi Daya Ternak Hias
2.   Evaluasi hasil budidaya ternak hias
1.   Menjelaskan tentang jenis-jenis ternak hias.
2.   Menjelaskan tentang sarana produksi dan teknik budi daya ternak hias.
3.   Menjelaskan tentang evaluasi hasil budidaya ternah hias.

Mengamati
Coba amatilah berbagai jenis jenis ternak hias yang cocok dengan kondisi lingkungan di sekitar lingkungan tempat tinggal kalian masing-masing!
Menanya
Coba tanyakan pada guru atau peternak hias yang ada di lingkungan kalian masing-masing  tentang  sarana produksi budi daya ternak hias!
Menalar
Amati dan cermati kemudian analisalah menurut penalaran kamu Sistem kandang pada teknik budi daya ternak hias merpati yang paling cocok dengan lingkungan  di daerah kalian masing-masing!
Mencoba
Coba  budi dayakanlah salah satu hewan yang termasuk ternak hias yang kamu senangi dan cocok dengan lingkungan tempat tinggal kamu masing-masing!
Mengomunikasikan
Coba komunikasikan pada teman-teman kamu di sekolah dengan cara mempresentasikan kegiatan budi daya ternak hias yang pernah kalian budidayakan dan praktikkan!

Kuis dan tugas individu
Pertanyaan lisan dan tes tertulis
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian
c. Penugasan
… x JP
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4. Informasi dari media masa dan internet Informasi dari media dan internet
Bab 4
1.1           Menghayati keberagaman produk budidaya di daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan.
2.1           Menunjukkan rasa ingin tahu, sikap santun, memiliki motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia.
2.2           Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang pembuatan produk pengolahan.
2.3           Menunjukkan kemauan bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan produk pengolahan yang memiliki estetika produk akhir.
3.1           Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi makanan berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.2           Menerapkan manfaat dan proses pembuatan, penyajian dan pengemasan olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi produk pangan setengah jadi yang ada di wilayah setempat.
4.1 Membuat olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi makanan sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat.
4.2           Membuat olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi produk pangan setengah jadi sesuai hasil analisis dan bahan yang ada di wilayah setempat.

1.   Pengolahan Ikan dan Daging Menjadi Makanan
2.   Pengolahan Ikan dan Daging Menjadi Olahan Pangan Setengah Jadi.

1.   Menjelaskan tentang jenis ikan dan daging
2.   Menjelaskan tentang manfaat ikan dan daging.
3.   Menjelaskan tentang metode pengolahan.
4.   Menjelaskan tentang membuat makanan jadi / siap saji dari bahan ikan dan daging.
5.   Menjelaskan tentang penyajian dan kemasan olahan makanan dari bahan ikan dan daging putih.
7.   Menjelaskan tentang pengertian olahan pangan sosis.
8.   Menjelaskan tentang jenis-jenis sosis.
9.   Menjelaskan tentang teknik dan prosedur/pembuatan sosis.
10. Menjelaskan tentang pengemasan sosis
Mengamati
Coba amatilah berbagai jenis ikan dan daging yang dapat diolah menjadi bahan pangan yang ada di sekitar lingkungan kalian masing-masing!
Menanya
Coba tanyakan pada ibu kamu atau koki masakan yang ada di sekitar lingkungan kalian tentang  beberapa metode pengolahan dalam mengolah ikan dan daging!
Mencoba
Coba buatlah satu porsi  makanan jadi / siap saji dari bahan ikan dan daging dengan memanfaatkan bahan-bahan ikan dan daging yang tersedia di lingkungan kalian masing-masing!
Menalar
Amati dan cermati kemudian analisalah menurut penalaran kamu jenis ikan dan daging apa saja yang mengandung zat gizi yang baik bagi tubuh yang tersedia di lingkungan daerah kalian masing-masing!
Mengomunikasikan
Coba komunikasikan pada teman-teman kamu di sekolah dengan cara mempresentasikan pembuatan
dan pengemasan pengolahan ikan dan daging menjadi olahan pangan setengah jadi yang pernah kalian buat dan praktikkan!

Kuis dan tugas individu
Pertanyaan lisan dan tes tertulis
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian
c. Penugasan
… x JP
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4. Informasi dari media masa dan internet Informasi dari media dan internet











                                                                                                                                                                                                                                                             …………………………. 20..
                                                                                                                                                                                                                                   Mengetahui,
      Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                            Kepala Sekolah







                         NIP.--------------------------                                                                                                                                                                                                       NIP.-----------------------------------





Bab 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   : SMP   ..............................
Mata Pelajaran         : Prakarya
Kelas / Semester     : IX/1
Alokasi Waktu         :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
               
KOMPETENSI DASAR
1.1           Menghayati keberagaman produk kerajinan di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
2.1           Menunjukkan rasa ingin tahu, sikap santun, memiliki motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2           Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan
2.3           Menunjukkan kemauan bekerjasama,gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan karya kerajinan yang memiliki estetika produk akhir
3.1           Memahami desain dan pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat.
3.2           Menerapkani proses modifikasi karya kerajinan yang memiliki fungsi hias dan pengemasan sesuai wilayah setempat
4.1           Membuat karya dan pengemasan kerajinan fungsi hias berdasarkan desain sesuai wilayah setempat
4.2           Memodifikasi karya dan pengemasan kerajinan fungsi hias berdasarkan hasil evaluasi sesuai wilayah setempat.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini, maka di harapkan siswa mampu:
1.   menjelaskan tentang keunikan bahan kerajinan fungsi hias
2.   menjelaskan tentang keterampilan tangan
3.   menjelaskan tentang unsur estetik
4.   menjelaskan tentang unsur hiasan
5.   menjelaskan tentang hiasan janur
7.   menjelaskan tentang hiasan lukis kaca
8.   menjelaskan tentang hiasan tenun serat
9.   menjelaskan tentang hiasan sulam
10. menjelaskan tentang hiasan logam
11. menjelaskan tentang kemasan kertas
12. menjelaskan tentang kemasan kayu
13. menjelaskan tentang kemasan plastik
14. menjelaskan tentang modifikasi kerajinan yang memiliki fungsi hias
15. menjelaskan tentang jenis dan motif karya modifikasi kerajinan yang memiliki fungsi hias
16. menjelaskan tentang bahan, alat, teknik dan proses pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan alam
17. menjelaskan tentang pengemasan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Prinsip Kerajinan Fungsi Hias
2.   Produk Kerajinan Fungsi Hias
3.   Kemasan Produk Kerajinan Fungsi Hias
4.   Berkarya Kerajinan Fungsi Hias

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati:
http://cdn.bisnisukm.com/2011/10/lampu-hias.jpg

Tanah Indonesia terkenal subur dan kaya dengan keanekaragamannya. Beranekaragam jenis pohon dan tanaman tumbuh subur dan memberi banyak manfaat bagi penduduknya. Salah satu pohon atau tanaman yang bermanfaat dan tumbuh subur di Indonesia adalah bambu. Banyak sekali manfaat bambu, salah satu diantaranya yaitu dapat dipergunakan sebagai bahan baku pembuatan aneka produk kerajinan. Coba amatilah berbagai benda hasil produk kerajinan dari bambu yang ada di lingkungan rumah dan sekolah.

Menanya
Coba tanyakan pada orang tua kalian atau perajin yang ada di daerah kalian mengenai   keunikan produk dan bahan Kerajinan Fungsi Hias yang ada di daerah kalian masing-masing!

Menalar
Coba amati dan cermati menurut penalaran kalian seni lokal apa saja yang menarik dan bisa diaplikasikan atau diterapkan  dalam pembuatan  produk kerajinan yang memiliki fngsi hias!



Mencoba
Coba buatlah produk kerajinan tangan fungsi hias yang terbuat dari bahan janur dengan cara mengembangakan model-model baru sesuai dengan imajinasi dan kreativitas kalian masing-masing.

Mengomunikasikan
Coba komunikasikan pada teman-teman kamu di sekolah dengan cara mempresentasikan beberapa produk kerajinan fungsi hias yang ada dan pernah kamu lihat serta praktikkan untuk membuatnya.

SUMBER BELAJAR :
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4. Informasi dari media masa dan internet

PENILAIAN
1. Teknik/ jenis : kuis dan tugas individu.
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3. Instrumen/soal:
a. Tes Pilihan Ganda
b. Tes Uraian
c. Penugasan   






                                                                                                                          …………………………. 20..
                                                                                                                              Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                                                              Kepala Sekolah






 
NIP.                                                                                                                       NIP.















































Bab 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   : SMP   ..............................
Mata Pelajaran         : Prakarya
Kelas / Semester     : IX/1
Alokasi Waktu         :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
               
KOMPETENSI DASAR
1.1           Menghayati keberagaman produk rekayasa di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan.
2.1           Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk rekayasa daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia.
2.2           Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk rekayasa.
2.3           Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan produk rekayasa yang memiliki estetika produk akhir.
3.1           Memahami prosedur aneka jenis produk rakitan rekayasa kelistrikan.
3.2           Mengidentifikasi bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk pembuatan produk rekayasa kontruksi di daerah setempat dan daerah lain.
4.1           Merangkai produk rakitan berteknologi listrik berdasarkan kondisi dan bahan di daerah setempat dan daerah lain.
4.2           Membuat model bangunan dengan teknologi kontruksi berdasarkan kondisi dan bahan di daerah setempat dan daerah lain.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini, maka di harapkan siswa mampu:
1.   menjelaskan tentang pengertian teknologi listrik.
2.   menjelaskan tentang jenis produk rakitan berteknologi listrik.
3.   menjelaskan tentang alat dan bahan yang berhubungan dengan listrik.
4.   menjelaskan tentang membuat produk rakitan berteknologi listrik
5.   menjelaskan tentang penyajian, tahapan dan pengujian alat pengubah tenaga panas matahari menjadi tenaga listrik dari kaleng bekas
6.   menjelaskan tentang konstruksi bangunan.
7.   menjelaskan tentang bangunan tradisional.
8.   menjelaskan tentang bangunan modern.
9.   menjelaskan tentang jenis model bangunan dengan teknologi konstruksi dan manfaatnya.
10. menjelaskan tentang bahan dan alat pembuatan model bangunan dengan teknologi konstruksi.
11. menjelaskan tentang teknik pembuatan model bangunan dengan teknologi konstruksi.
12. menjelaskan tentang prosedur pembuatan model bangunan dengan teknologi konstruksi.
13. menjelaskan tentang membuat model bangunan dengan teknologi konstruksi
14. menjelaskan tentang penyajian, dan pengujian dalam pembuatan model bangunan dengan teknologi konstruksi bangunan yang terbuat dari bambu

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Teknologi Listrik
2.   Teknologi Konstruksi

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Coba amatilah berbagai jenis produk rakitan berteknologi listrik yang ada di sekitar lingkungan kalian masing-masing!

Menanya
Coba tanyakan pada guru atau teknisi listrik yang ada di sekitar lingkungan kalian tentang  alat dan bahan apa saja yang berhubungan dengan Listrik!

Mencoba
Coba buatlah satu produk  rakitan berteknologi listrik sederhana dengan cara memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di lingkungan kalian masing-masing!

Menalar
Amati dan cermati kemudian analisalah menurut penalaran kamu jenis model bangunan dengan teknologi konstruksi apa yang cocok dengan lingkungan  di daerah kalian masing-masing!

Mengomunikasikan
Coba komunikasikan pada teman-teman kamu di sekolah dengan cara mempresentasikan pembuatan model bangunan dengan teknologi konstruksi bangunan yang terbuat dari bambu yang pernah kalian buat dan praktikkan!

SUMBER BELAJAR :
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4. Informasi dari media masa dan internet



PENILAIAN
1. Teknik/ jenis : kuis dan tugas individu.
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3. Instrumen/soal:
a. Tes Pilihan Ganda
b. Tes Uraian
c. Penugasan   








                                                                                                                             …………………………. 20..
                                                                                                                              Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                                                              Kepala Sekolah






 
                   NIP.                                                                                                                      NIP.



























































Bab 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   : SMP   ..............................
Mata Pelajaran         : Prakarya
Kelas / Semester     : IX/1
Alokasi Waktu         :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
                               
KOMPETENSI DASAR
1.1           Menghayati keberagaman produk budidaya di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan.
2.1           Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk budidaya daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia.
2.2           Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan melaksankan kegiatan budidaya.
2.3           Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan budidaya.
3.1           Memahami konsep dan prosedur budidaya ternak hias di wilayah setempat.
3.2           Memahami produk dan proses budidaya ternak hias.
4.1           Memelihara ternak hias berdasarkan identifikasi konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat.
4.2           Menyajikan hasil evaluasi budidaya ternak hias.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini, maka di harapkan siswa mampu:
1.   Menjelaskan tentang jenis-jenis ternak hias.
2.   Menjelaskan tentang sarana produksi dan teknik budi daya ternak hias.
3.   Menjelaskan tentang evaluasi hasil budidaya ternah hias.

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Budi Daya Ternak Hias
2.   Evaluasi hasil budidaya ternak hias.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Coba amatilah berbagai jenis jenis ternak hias yang cocok dengan kondisi lingkungan di sekitar lingkungan tempat tinggal kalian masing-masing!
Menanya
Coba tanyakan pada guru atau peternak hias yang ada di lingkungan kalian masing-masing  tentang  sarana produksi budi daya ternak hias!
Mencoba
Coba  budi dayakanlah salah satu hewan yang termasuk ternak hias yang kamu senangi dan cocok dengan lingkungan tempat tinggal kamu masing-masing!
Menalar
Amati dan cermati kemudian analisalah menurut penalaran kamu Sistem kandang pada teknik budi daya ternak hias merpati yang paling cocok dengan lingkungan  di daerah kalian masing-masing!
Mengomunikasikan
Coba komunikasikan pada teman-teman kamu di sekolah dengan cara mempresentasikan kegiatan budi daya ternak hias yang pernah kalian budidayakan dan praktikkan!

SUMBER BELAJAR :
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4. Informasi dari media masa dan internet

PENILAIAN
1. Teknik/ jenis : kuis dan tugas individu.
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3. Instrumen/soal:
a. Tes Pilihan Ganda
b. Tes Uraian
c. Penugasan   


                                                                                                                              ..............................................., 20..
             Mengetahui                                                                                                 Guru Mata Pelajaran                               
             Kepala  sekolah
            
            
            
             NIP.------------------                                                                                     NIP.---------------------------------------



Bab 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   : SMP   ..............................
Mata Pelajaran         : Prakarya
Kelas / Semester     : iX/1
Alokasi Waktu         :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
               
KOMPETENSI DASAR
1.1           Menghayati keberagaman produk pengolahan di daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan.
2.1           Menunjukkan rasa ingin tahu, sikap santun, memiliki motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia.
2.2           Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang pembuatan produk pengolahan.
2.3           Menunjukkan kemauan bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan produk pengolahan yang memiliki estetika produk akhir.
3.1           Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi makanan berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.2           Menerapkan manfaat dan proses pembuatan, penyajian dan pengemasan olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi produk pangan setengah jadi yang ada di wilayah setempat.
4.1 Membuat olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi makanan sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat.
4.2           Membuat olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi produk pangan setengah jadi sesuai hasil analisis dan bahan yang ada di wilayah setempat.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini, maka di harapkan siswa mampu:
1.   Menjelaskan tentang jenis ikan dan daging
2.   Menjelaskan tentang manfaat ikan dan daging.
3.   Menjelaskan tentang metode pengolahan.
4.   Menjelaskan tentang membuat makanan jadi / siap saji dari bahan ikan dan daging.
5.   Menjelaskan tentang penyajian dan kemasan olahan makanan dari bahan ikan dan daging putih.
7.   Menjelaskan tentang pengertian olahan pangan sosis.
8.   Menjelaskan tentang jenis-jenis sosis.
9.   Menjelaskan tentang teknik dan prosedur/pembuatan sosis.
10. Menjelaskan tentang pengemasan sosis

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Pengolahan Ikan dan Daging Menjadi Makanan
2.   Pengolahan Ikan dan Daging Menjadi Olahan Pangan Setengah Jadi.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Coba amatilah berbagai jenis ikan dan daging yang dapat diolah menjadi bahan pangan yang ada di sekitar lingkungan kalian masing-masing!

Menalar
Amati dan cermati kemudian analisalah menurut penalaran kamu jenis ikan dan daging apa saja yang mengandung zat gizi yang baik bagi tubuh yang tersedia di lingkungan daerah kalian masing-masing!

Menanya
Coba tanyakan pada ibu kamu atau koki masakan yang ada di sekitar lingkungan kalian tentang  beberapa metode pengolahan dalam mengolah ikan dan daging!

Mencoba
Coba buatlah satu porsi  makanan jadi / siap saji dari bahan ikan dan daging dengan memanfaatkan bahan-bahan ikan dan daging yang tersedia di lingkungan kalian masing-masing!

Mengomunikasikan
Coba komunikasikan pada teman-teman kamu di sekolah dengan cara mempresentasikan pembuatan
dan pengemasan pengolahan ikan dan daging menjadi olahan pangan setengah jadi yang pernah kalian buat dan praktikkan!

SUMBER BELAJAR :
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4. Informasi dari media masa dan internet






PENILAIAN
1. Teknik/ jenis : kuis dan tugas individu.
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3. Instrumen/soal:
a. Tes Pilihan Ganda
b. Tes Uraian
c. Penugasan   







                                                                                                                                ..............................................., 20..
             Mengetahui                                                                                                 Guru Mata Pelajaran                               
             Kepala  sekolah
            
                        



             NIP.------------------                                                                                   NIP.---------------------------------------




















Komentar

Postingan populer dari blog ini

pertanyaan dan jawaban tentang manajemen proyek

TUGAS   TEKNI PERENCANAAN DAN EVALUASI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Tekni perencanaan dan evaluasi Disusun Oleh :        Budianoor NPM : 10.12.02183 Semester : 7 (Tujuh) A Eksekutif SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI (STIA) AMUNTAI TAHUN AKADEMIK 2013 BAB 1 Soal-Soal 1.       Dalam manajemen proyek, ada hubungan sebab akibat dari suatu tindakan manajemen. Dari daftar efek dan sebab berikut carilah pasangannya. Efek - Keterlambatan penyelesaian aktivitas dalam proyek - Pembengkakan biaya proyek - Konflik antar personal proyek Sebab -    Tidak ada orang khusus untuk menangani proyek -   Desain yang kurang bagus -   Pembuatan jadwal yang tidak realistis 2.       Sebutkan ciri-ciri proyek. 3.       Terangkan bagaimana cara munculnya proyek. Beri contoh. 4.       Jelaskan segitiga project constraint. 5.       Apa perbedaan antara ukuran dan kompleksitas proyek. Jawab : 1.     Pasangan efek

CONTOH PROPOSAL MAULID AL-HABSYI

PERSATUAN MAULID AL-HABSYI “ DARUL MUKHLISIN ” DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor                         : 03/BJP-BLG/2014                                                                              Halong, 06 Juli 2014 Lampiran         : 1 (satu) berkas Perihal                         : Mohon Bantuan Keuangan Untuk perlengkapan maulid Al-habsyi Kepada Yth, PIMPINAN PT. ATA Di – Halong Asslamu’alaikum Wr. Wb. Dengan Hormat, Kami dari Persatuan Maulid Al-Habsyi “DARUL MUKHLISIN” Ds. Binjai punggal Rt.II Kec.Halong Kab. Balangan mengajukan permohonan kepada Bapak kiranya dapat memberikan bantuan dana untuk perbaikan dan penggantian alat-alat yang hampir tidak layak lagi untuk dipakai. Dan perlu Bapak ketahui bahwa Persatuan Maulid ini sudah dibentuk sejak tahun 2006 atau sudah berusia 8 tahun jadi hampir 80% peralatan yang ada sudah tidak layak pakai. Bantuan yang akan Bapak berikan sangat berarti bagi kelancaran kegi

Proposal Prmohonan Bibit jagung

PROPOSAL KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN TAHUN   201 5 KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL RT.02 KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor      : 04/BJP/HLG/2015 Lampiran : 1 ( satu ) berkas Perihal      : mohon bantuan Bibit jagung,Pupuk dan perlengkapan lainnya                                    Kepada Yth.                  BAPAK KEPALA DINAS PER IKANAN       KABUPATEN BALANGAN                     di -   tempat Assalamu’alaikum Wr.Wb Salam silaturrahmi kami semua, teriring Do’a semoga Bapak senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan sukses selalu dalam menjalankan tugas sehari-hari Amein. Sehubung dengan potensi yang dimiliki Desa Binjai Punggal untuk pengembangan sektur pertanian serta untuk pembangunan daerah kabupaten Balangan, maka kami dari kelompok tani “LULUTUNG INDAH” Desa Binjai Punggal Kecamatan Halong Kabupaten Balangan bermaksu