Langsung ke konten utama

PERANGKAT SENI BUDAYA IX KUR 13 PK-Q-I



PROGRAM TAHUNAN
 ( PROTA )

Sekolah                   : SMP/MTs..............................
Mata Pelajaran         : Seni budaya
Kelas / Semester     : IX/1

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Materi Pelajaran
Alokasi Waktu
Keterangan
Semester 1
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Seni rupa
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami konsep dan prosedur karya seni lukis dengan beragam media dan teknik
3.2 Memahami konsep dan prosedur karya seni patung dengan beragam media dan teknik
4.1 Membuat karya seni lukis dengan beragam media dan teknik
4.2 Membuat karya seni patung dengan beragam media dan teknik.
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian.
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap seni musik, dan penciptanya serta arangernya.
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
3.1 Memahami cara menggubah musik modern secara unisono atau perseorangan.
3.2 Memahami cara menggubah musik modern untuk vokal group.
4.1 Menggubah musik modern secara unisono.
4.2 Menggubah musik modern untuk vokal group.
Seni tari
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni tari modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian.
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni tari dan koreografernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
3.1 Memahami komposisi tari gaya modern.
3.2 Memahami komposisi dan iringan tari gaya modern.
4.1 Menyusun karya tari modern berdasarkan komposisi tari.
4.2 Memperagakan karya tari modern berdasarkan komposisi tari sesuai iringan.
Seni teater
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni teater modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami tehnik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa teater Modern Indonesia
3.2 Memahami rancangan dan pementasan teater Modern.
4.1 Menerapkan tehnik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa teater Modern Indonesia
4.2 Merancang dan mempersiapkan pementasan teater Modern
1.   Seni Lukis Dengan Beragam Media dan Teknik
2.   Seni Patung Dengan Beragam Media dan Teknik
3.   Menggubah Musik Modern Secara Unisono
4.   Merubah Musik Modern untuk Vocal Group.
5.   Tari Gaya Modern Berdasarkan Komposisi.
6.   Tari Gaya Modern Berdasarkan Komposisi Sesuai Iringan.
7.   Teknik Olah Tubuh, Olah Pikiran, dan Olah Suara pada Teater Modern Indonesia.        
8.   Rancangan dan Persiapan Pementasan Teater Modern.



Semester 2
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Seni rupa
3.3   Memahami  konsep  dan prosedur karya seni grafis dengan beragam media dan teknik.
4.3   Membuat karya seni grafis dengan beragam media dan teknik.
3.4   Memahami konsep  dan prosedur  pada kegiatan merancang dan menyelenggarakan pameran
4.4   Merancang dan menyelenggarakan pameran.
Seni musik
3.3   Memahami  teknik bernyanyi  music  modern
4.3   Menyanyikan  musik modern sederhana secara perorangan maupun  kelompok.
3.4   Memahami teknik bermain dan menampilkan musik ansamble
4.4   Menyajikan musik  ansambel.
Seni tari
3.3   Memahami komposisi  tari gaya kontemporer
4.3   Menyusun karya tari kontemporer  berdasarkan komposisi tari
3.4   Memahami komposisi dan iringan  tari gaya kontemporer
4.4   Memperagakan karya tari kontemporer  berdasarkan komposisi tari sesuai iringan.
Seni teater
3.3   Memahami rancangan konsep produksi manajemen  pertunjukan teater
4.3   Merancang konsep produksi manajemen pertunjukan teater.
3.4   Memahami pertunjukan teater modern
4.4   Menampilkan  pertunjukan teater modern

 







..............................................., 20..
      Guru Mata Pelajaran                                                                                                         Mengetahui




                                           
______________________                                                                                                              _____________________________
      NIP                                                                                                                                     NIP










PROGRAM SEMESTER


Sekolah                   : SMP/MTs..............................
Mata Pelajaran         : Seni budaya
Kelas / Semester     : iX/1
Kompetensi Inti        :
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
Bab 1
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami konsep dan prosedur karya seni lukis dengan beragam media dan teknik
3.2 Memahami konsep dan prosedur karya seni patung dengan beragam media dan teknik
4.1 Membuat karya seni lukis dengan beragam media dan teknik
4.2 Membuat karya seni patung dengan beragam media dan teknik

1.   Menjelaskan tentang konsep berkarya seni lukis.
2.   Menjelaskan tentang prinsip-prinsip melukis.
3.   Menjelaskan tentang elemen-elemen dalam lukisan
4.   Menjelaskan tentang bahan dan alat melukis
5.   Menjelaskan tentang teknik-teknik melukis.
6.   Menjelaskan tentang langkah-langkah dalam membuat karya seni lukis.
7.   Menjelaskan tentang konsep dan prosedur membuat patung
8.   Menjelaskan tentang jenis-jenis seni patung.
9.   Menjelaskan tentang teknik pembuatan patung.
10. Menjelaskan tentang alat dan bahan membuat patung.
11. Menjelaskan tentang membuat karya patung.

1.   Seni Lukis Dengan Beragam Media dan Teknik
2.   Seni Patung Dengan Beragam Media dan Teknik


































                                                                                                                                                                                                                                               
                                                                                                                                                                                                            

PROGRAM SEMESTER


Sekolah                   : SMP/MTs..............................
Mata Pelajaran         : Seni budaya
Kelas / Semester     : iX/1
Kompetensi Inti        :
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
Bab 2
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian.
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap seni musik, dan penciptanya serta arangernya.
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
3.1 Memahami cara menggubah musik modern secara unisono atau perseorangan.
3.2 Memahami cara menggubah musik modern untuk vokal group.
4.1 Menggubah musik modern secara unisono.
4.2 Menggubah musik modern untuk vokal group.

1.   Menjelaskan tentang arti kata unisono.
2.   Menjelaskan tentang aransemen lagu/musik.
3.   Menjelaskan tentang konsep dan prosedur dalam mengaransemen lagu.
4.   Menjelaskan tentang membuat lagu dengan berbagai alat musik
5.   Menjelaskan tentang menggubah dan membuat musik modern secara unisono
6.   Menjelaskan tentang perbedaan paduan suara dan vokal group.
7.   Menjelaskan tentang pengertian aransemen
8.   Menjelaskan tentang wilayah suara manusia
9.   Menjelaskan tentang warna register suara manusia
10. Menjelaskan tentang tahap-tahap menyusun aransemen pada vocal group (grup vokal).
11. Menjelaskan tentang menampilkan hasil aransemen lagu modern dan lagu daerah.

1.   Menggubah Musik Modern Secara Unisono
2.   Merubah Musik Modern untuk Vocal Group.


































PROGRAM SEMESTER


Sekolah                   : SMP/MTs..............................
Mata Pelajaran         : Seni budaya
Kelas / Semester     : iX/1
Kompetensi Inti        :
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
Bab 3
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni tari modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian.
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni tari dan koreografernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
3.1 Memahami komposisi tari gaya modern.
3.2 Memahami komposisi dan iringan tari gaya modern.
4.1 Menyusun karya tari modern berdasarkan komposisi tari.
4.2 Memperagakan karya tari modern berdasarkan komposisi tari sesuai iringan.

1.   Menjelaskan tentang komposisi tari
2.   Menjelaskan tentang menyusun karya tari berdasarkan komposisi
3.   Menjelaskan tentang ragam gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan.
4.   Menjelaskan tentang jenis-jenis gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan.
5.   Menjelaskan tentang memperagakan tari gaya modern cha-cha.

1.   Tari Gaya Modern Berdasarkan Komposisi.
2.   Tari Gaya Modern Berdasarkan Komposisi Sesuai Iringan.


































                                                                                                                                                                                                                                                 
                                                                                                                                                                                                            

PROGRAM SEMESTER


Sekolah                   : SMP/MTs..............................
Mata Pelajaran         : Seni budaya
Kelas / Semester     : iX/1
Kompetensi Inti        :
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
Bab 4
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni teater modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami tehnik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa teater Modern Indonesia
3.2 Memahami rancangan dan pementasan teater Modern.
4.1 Menerapkan tehnik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa teater Modern Indonesia
4.2 Merancang dan mempersiapkan pementasan teater Modern
1.   Menjelaskan tentang teknik olah tubuh
2.   Menjelaskan tentang.teknik olah pikiran
3.   Menjelaskan tentang teknik olah suara/vokal.
4.   Menjelaskan tentang komponen-komponen pementasan teater modern
5.   Menjelaskan tentang merancang pertunjukan teater modern.
6.   Menjelaskan tentang menyiapkan pementasan teater modern.

1.   Teknik Olah Tubuh, Olah Pikiran, dan Olah Suara pada Teater Modern Indonesia.
2.   Rancangan dan Persiapan Pementasan Teater Modern..
































                                                                                                                                                                                                                                                             …………………………. 20..
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  Kepala Sekolah




NIP.---------------------------                                                                                                                                                                                                                                                                                                                NIP.-------------------------------------


SILABUS DAN PENILAIAN

Sekolah                   : SMP..............................
Mata Pelajaran         : Seni budaya
Kelas / Semester     : IX/1
Kompetensi Inti        :
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Bab 1.
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami konsep dan prosedur karya seni lukis dengan beragam media dan teknik
3.2 Memahami konsep dan prosedur karya seni patung dengan beragam media dan teknik
4.1 Membuat karya seni lukis dengan beragam media dan teknik
4.2 Membuat karya seni patung dengan beragam media dan teknik
1.   Seni Lukis Dengan Beragam Media dan Teknik
2.   Seni Patung Dengan Beragam Media dan Teknik

1.   Menjelaskan tentang konsep berkarya seni lukis.
2.   Menjelaskan tentang prinsip-prinsip melukis.
3.   Menjelaskan tentang elemen-elemen dalam lukisan
4.   Menjelaskan tentang bahan dan alat melukis
5.   Menjelaskan tentang teknik-teknik melukis.
6.   Menjelaskan tentang langkah-langkah dalam membuat karya seni lukis.
7.   Menjelaskan tentang konsep dan prosedur membuat patung
8.   Menjelaskan tentang jenis-jenis seni patung.
9.   Menjelaskan tentang teknik pembuatan patung.
10. Menjelaskan tentang alat dan bahan membuat patung.
11. Menjelaskan tentang membuat karya patung.
Mengamati
Amatilah bagian-bagian seni lukis dengan beragam media dan teknik yang ada di lingkungan sekolah anda.
Menanya
Tanyakan kepada gurumu tentang prinsip-prinsip melukis dan penerapannya di masa sekarang.
Mengasosiasikan
Ambillah kesimpulan dari hasil pengamatan terhadap bahan dan alat melukis pada berbagai bahan dan teknik secara mendetail dan tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku.
Mengkomunikasikan
Buatlah laporan dari hasil pengamatan mengenai jenis-jenis dan teknik pembuatan patung secara mendalam. Laporan dibuat secara tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku.

Kuis dan tugas individu
Pertanyaan lisan dan tes tertulis
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian
c. Penugasan
… x JP
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4. Informasi dari media masa dan internet Informasi dari media dan internet
Bab 2
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian.
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap seni musik, dan penciptanya serta arangernya.
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
3.1 Memahami cara menggubah musik modern secara unisono atau perseorangan.
3.2 Memahami cara menggubah musik modern untuk vokal group.
4.1 Menggubah musik modern secara unisono.
4.2 Menggubah musik modern untuk vokal group.

1.   Menggubah Musik Modern Secara Unisono
2.   Merubah Musik Modern untuk Vocal Group.

1.   Menjelaskan tentang arti kata unisono.
2.   Menjelaskan tentang aransemen lagu/musik.
3.   Menjelaskan tentang konsep dan prosedur dalam mengaransemen lagu.
4.   Menjelaskan tentang membuat lagu dengan berbagai alat musik
5.   Menjelaskan tentang menggubah dan membuat musik modern secara unisono
6.   Menjelaskan tentang perbedaan paduan suara dan vokal group.
7.   Menjelaskan tentang pengertian aransemen
8.   Menjelaskan tentang wilayah suara manusia
9.   Menjelaskan tentang warna register suara manusia
10. Menjelaskan tentang tahap-tahap menyusun aransemen pada vocal group (grup vokal).
11. Menjelaskan tentang menampil-kan hasil aransemen lagu modern dan lagu daerah.
12. Menjelaskan tentang mengaransemen lagu modern dan tradisional untuk vocal group (grup vokal).
Mengamati
Amatilah berbagai bentuk musik modern secara unisono yang tayang di layar TV.
Menanya
Tanyakan kepada gurumu tentang cara mengaransemen lagu/musik yang baik dan benar.
Mengumpulkan Data
Lakukan pengamatan terhadap konsep dan prosedur dalam mengaransemen lagu. Carilah informasi pendukung tentang konsep dan prosedur dalam mengaransemen lagu dari berbagai sumber yang relevan.
Mengasosiasikan
Ambillah kesimpulan dari hasil pengamatan tentang cara menampilkan hasil aransemen khusus lagu daerah secara mendetail dan tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku
Mengkomunikasikan
Buatlah laporan dari hasil pengamatan mengenai mengaransemen lagu modern untuk vocal group (grup vokal) dengan format vokal empat suara. Laporan dibuat secara tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku.

Kuis dan tugas individu
Pertanyaan lisan dan tes tertulis
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian
c. Penugasan
… x JP
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan

4. Informasi dari media masa dan internet Informasi dari media dan internet
Bab 3
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni tari modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian.
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni tari dan koreografernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
3.1 Memahami komposisi tari gaya modern.
3.2 Memahami komposisi dan iringan tari gaya modern.
4.1 Menyusun karya tari modern berdasarkan komposisi tari.
4.2 Memperaga-kan karya tari modern berdasarkan komposisi tari sesuai iringan.

1.   Tari Gaya Modern Berdasarkan Komposisi.
2.   Tari Gaya Modern Berdasarkan Komposisi Sesuai Iringan.

1.   Menjelaskan tentang komposisi tari
2.   Menjelaskan tentang menyusun karya tari berdasarkan komposisi
3.   Menjelaskan tentang ragam gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan.
4.   Menjelaskan tentang jenis-jenis gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan.
5.   Menjelaskan tentang memperagakan tari gaya modern cha-cha.

Mengamati
Amatilah bagian-bagian dari komposisi tari dengan mengunjungio sanggar tari yang ada di daerahmu!
Menanya
Tanyakan kepada gurumu tentang tata letak (setting) dan tata cahaya (lightning) pada pementasan tari.
Mengumpulkan Data
Lakukan pengamatan terhadap cara-cara menyusun karya tari berdasarkan komposisi. Carilah informasi pendukung tentang proses-proses materi tersebut dari berbagai sumber yang relevan.
Mengasosiasikan
Ambillah kesimpulan dari hasil pengamatan terhadap ragam gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan secara mendetail dan tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku.
Mengkomunikasikan
Buatlah laporan dari hasil pengamatan mengenai jenis-jenis gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan secara mendalam. Laporan dibuat secara tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku
Kuis dan tugas individu
Pertanyaan lisan dan tes tertulis
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian
c. Penugasan
… x JP
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4. Informasi dari media masa dan internet Informasi dari media dan internet
Bab 4
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni teater modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami tehnik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa teater Modern Indonesia
3.2 Memahami rancangan dan pementasan teater Modern.
4.1 Menerapkan tehnik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa teater Modern Indonesia
4.2 Merancang dan mempersiapkan pementasan teater Modern

1.   Menjelaskan tentang teknik olah tubuh
2.   Menjelaskan tentang.teknik olah pikiran
3.   Menjelaskan tentang teknik olah suara/vokal.
4.   Menjelaskan tentang komponen-komponen pementasan teater modern
5.   Menjelaskan tentang merancang pertunjukan teater modern.
6.   Menjelaskan tentang menyiapkan pementasan teater modern.

Mengamati
Amatilah teknik-teknik olah tubuh bisa kalian jumpai dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitarmu!
Menanya
Tanyakan kepada gurumu tentang cara-cara melakukan teknik olah tubuh yang baik dan benar.
Mengumpulkan Data
Lakukan pengamatan terhadap berbagai teknik pernapasan dan artikulasi. Carilah informasi pendukung tentang materi tersebut dari berbagai sumber yang relevan.
Mengasosiasikan
Ambillah kesimpulan dari hasil pengamatan terhadap komponen-komponen pementasan teater modern secara mendetail dan tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku.
Mengkomunikasikan
Buatlah laporan dari hasil pengamatan mengenai menyiapkan pementasan teater modern secara mendalam. Laporan dibuat secara tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku.

Kuis dan tugas individu
Pertanyaan lisan dan tes tertulis
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian
c. Penugasan
… x JP
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4. Informasi dari media masa dan internet Informasi dari media dan internet

                                                                                                                                                                                                                               
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            …………………………. 20..
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  Kepala Sekolah



  NIP.---------------------------                                                                                                                                                                                                    NIP.-------------------------------------



Bab 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   : SMP   ..............................
Mata Pelajaran         : Seni budaya
Kelas / Semester     : iX/1
Alokasi Waktu         :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
               
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami konsep dan prosedur karya seni lukis dengan beragam media dan teknik
3.2 Memahami konsep dan prosedur karya seni patung dengan beragam media dan teknik
4.1 Membuat karya seni lukis dengan beragam media dan teknik
4.2 Membuat karya seni patung dengan beragam media dan teknik

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini, maka di harapkan siswa mampu:
1.   Menjelaskan tentang konsep berkarya seni lukis.
2.   Menjelaskan tentang prinsip-prinsip melukis.
3.   Menjelaskan tentang elemen-elemen dalam lukisan
4.   Menjelaskan tentang bahan dan alat melukis
5.   Menjelaskan tentang teknik-teknik melukis.
6.   Menjelaskan tentang langkah-langkah dalam membuat karya seni lukis.
7.   Menjelaskan tentang konsep dan prosedur membuat patung
8.   Menjelaskan tentang jenis-jenis seni patung.
9.   Menjelaskan tentang teknik pembuatan patung.
10. Menjelaskan tentang alat dan bahan membuat patung.
11. Menjelaskan tentang membuat karya patung.

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Seni Lukis Dengan Beragam Media dan Teknik
2.   Seni Patung Dengan Beragam Media dan Teknik

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Amatilah bagian-bagian seni lukis dengan beragam media dan teknik yang ada di lingkungan sekolah anda.
Menanya
Tanyakan kepada gurumu tentang prinsip-prinsip melukis dan penerapannya di masa sekarang.
Mengasosiasikan
Ambillah kesimpulan dari hasil pengamatan terhadap bahan dan alat melukis pada berbagai bahan dan teknik secara mendetail dan tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku.
Mengkomunikasikan
Buatlah laporan dari hasil pengamatan mengenai jenis-jenis dan teknik pembuatan patung secara mendalam. Laporan dibuat secara tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku.

SUMBER BELAJAR :
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4. Informasi dari media masa dan internet

PENILAIAN
1. Teknik/ jenis : kuis dan tugas individu.
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3. Instrumen/soal:
a. Tes Pilihan Ganda
b. Tes Uraian
c. Penugasan   


                                                                                                                       …………………………. 20..
                                                                                                                        Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                                                        Kepala Sekolah



NIP.----------------------                                                                                    NIP.------------------------------------               

Bab 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   : SMP  ..............................
Mata Pelajaran         : Seni budaya
Kelas / Semester     : iX/1
Alokasi Waktu         :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
               
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian.
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap seni musik, dan penciptanya serta arangernya.
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
3.1 Memahami cara menggubah musik modern secara unisono atau perseorangan.
3.2 Memahami cara menggubah musik modern untuk vokal group.
4.1 Menggubah musik modern secara unisono.
4.2 Menggubah musik modern untuk vokal group.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini, siswa  di harapkan siswa mampu:
1.   menjelaskan tentang arti kata unisono.
2.   menjelaskan tentang aransemen lagu/musik.
3.   menjelaskan tentang konsep dan prosedur dalam mengaransemen lagu.
4.   menjelaskan tentang membuat lagu dengan berbagai alat musik
5.   menjelaskan tentang menggubah dan membuat musik modern secara unisono
6.   menjelaskan tentang perbedaan paduan suara dan vokal group.
7.   menjelaskan tentang pengertian aransemen
8.   menjelaskan tentang wilayah suara manusia
9.   menjelaskan tentang warna register suara manusia
10. menjelaskan tentang tahap-tahap menyusun aransemen pada vocal group (grup vokal).
11. menjelaskan tentang menampilkan hasil aransemen lagu modern dan lagu daerah.
12. menjelaskan tentang mengaransemen lagu modern dan tradisional untuk vocal group (grup vokal).

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Menggubah Musik Modern Secara Unisono
2.   Merubah Musik Modern untuk Vocal Group.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Amatilah berbagai bentuk musik modern secara unisono yang tayang di layar TV.
Menanya
Tanyakan kepada gurumu tentang cara mengaransemen lagu/musik yang baik dan benar.
Mengumpulkan Data
Lakukan pengamatan terhadap konsep dan prosedur dalam mengaransemen lagu. Carilah informasi pendukung tentang konsep dan prosedur dalam mengaransemen lagu dari berbagai sumber yang relevan.
Mengasosiasikan
Ambillah kesimpulan dari hasil pengamatan tentang cara menampilkan hasil aransemen khusus lagu daerah secara mendetail dan tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku
Mengkomunikasikan
Buatlah laporan dari hasil pengamatan mengenai mengaransemen lagu modern untuk vocal group (grup vokal) dengan format vokal empat suara. Laporan dibuat secara tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku.

SUMBER BELAJAR :
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4. Informasi dari media masa dan internet

PENILAIAN
1. Teknik/ jenis : kuis dan tugas individu.
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3. Instrumen/soal:
a. Tes Pilihan Ganda
b. Tes Uraian
c. Penugasan   
                                                                                                                        …………………………. 20..
                                                                                                                        Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                                                        Kepala Sekolah

NIP.----------------------                                                                                    NIP.------------------------------------               

Bab 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   : SMP  ..............................
Mata Pelajaran         : Seni budaya
Kelas / Semester     : iX/1
Alokasi Waktu         :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
               
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni tari modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian.
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni tari dan koreografernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
3.1 Memahami komposisi tari gaya modern.
3.2 Memahami komposisi dan iringan tari gaya modern.
4.1 Menyusun karya tari modern berdasarkan komposisi tari.
4.2 Memperagakan karya tari modern berdasarkan komposisi tari sesuai iringan.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini, maka di harapkan siswa mampu:
1.   menjelaskan tentang komposisi tari
2.   menjelaskan tentang menyusun karya tari berdasarkan komposisi
3.   menjelaskan tentang ragam gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan.
4.   menjelaskan tentang jenis-jenis gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan.
5.   menjelaskan tentang memperagakan tari gaya modern cha-cha.

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Tari Gaya Modern Berdasarkan Komposisi.
2.   Tari Gaya Modern Berdasarkan Komposisi Sesuai Iringan.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Amatilah bagian-bagian dari komposisi tari dengan mengunjungio sanggar tari yang ada di daerahmu!
Menanya
Tanyakan kepada gurumu tentang tata letak (setting) dan tata cahaya (lightning) pada pementasan tari.
Mengumpulkan Data
Lakukan pengamatan terhadap cara-cara menyusun karya tari berdasarkan komposisi. Carilah informasi pendukung tentang proses-proses materi tersebut dari berbagai sumber yang relevan.
Mengasosiasikan
Ambillah kesimpulan dari hasil pengamatan terhadap ragam gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan secara mendetail dan tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku.
Mengkomunikasikan
Buatlah laporan dari hasil pengamatan mengenai jenis-jenis gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan secara mendalam. Laporan dibuat secara tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku.

SUMBER BELAJAR :
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4. Informasi dari media masa dan internet

PENILAIAN
1. Teknik/ jenis : kuis dan tugas individu.
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3. Instrumen/soal:
a. Tes Pilihan Ganda
b. Tes Uraian
c. Penugasan   



                                                                                                                         …………………………. 20..
                                                                                                                        Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                                                        Kepala Sekolah




NIP.----------------------                                                                                    NIP.------------------------------------               


Bab 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   : SMP  ..............................
Mata Pelajaran         : Seni budaya
Kelas / Semester     : iX/1
Alokasi Waktu         :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
                               
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni teater modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami tehnik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa teater Modern Indonesia
3.2 Memahami rancangan dan pementasan teater Modern.
4.1 Menerapkan tehnik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa teater Modern Indonesia
4.2 Merancang dan mempersiapkan pementasan teater Modern.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini, maka di harapkan siswa mampu:
1.   menjelaskan tentang teknik olah tubuh
2.   menjelaskan tentang.teknik olah pikiran
3.   menjelaskan tentang teknik olah suara/vokal.
4.   menjelaskan tentang komponen-komponen pementasan teater modern
5.   menjelaskan tentang merancang pertunjukan teater modern.
6.   menjelaskan tentang menyiapkan pementasan teater modern.

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Teknik Olah Tubuh, Olah Pikiran, dan Olah Suara pada Teater Modern Indonesia.         
2.   Rancangan dan Persiapan Pementasan Teater Modern.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Amatilah teknik-teknik olah tubuh bisa kalian jumpai dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitarmu!
Menanya
Tanyakan kepada gurumu tentang cara-cara melakukan teknik olah tubuh yang baik dan benar.
Mengumpulkan Data
Lakukan pengamatan terhadap berbagai teknik pernapasan dan artikulasi. Carilah informasi pendukung tentang materi tersebut dari berbagai sumber yang relevan.
Mengasosiasikan
Ambillah kesimpulan dari hasil pengamatan terhadap komponen-komponen pementasan teater modern secara mendetail dan tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku.
Mengkomunikasikan
Buatlah laporan dari hasil pengamatan mengenai menyiapkan pementasan teater modern secara mendalam. Laporan dibuat secara tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku.

SUMBER BELAJAR :
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4. Informasi dari media masa dan internet

PENILAIAN
1. Teknik/ jenis : kuis dan tugas individu.
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3. Instrumen/soal:
a. Tes Pilihan Ganda
b. Tes Uraian
c. Penugasan   


                                                                                                                         …………………………. 20..
                                                                                                                        Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                                                        Kepala Sekolah



NIP.----------------------                                                                                    NIP.------------------------------------



Komentar

Postingan populer dari blog ini

pertanyaan dan jawaban tentang manajemen proyek

TUGAS   TEKNI PERENCANAAN DAN EVALUASI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Tekni perencanaan dan evaluasi Disusun Oleh :        Budianoor NPM : 10.12.02183 Semester : 7 (Tujuh) A Eksekutif SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI (STIA) AMUNTAI TAHUN AKADEMIK 2013 BAB 1 Soal-Soal 1.       Dalam manajemen proyek, ada hubungan sebab akibat dari suatu tindakan manajemen. Dari daftar efek dan sebab berikut carilah pasangannya. Efek - Keterlambatan penyelesaian aktivitas dalam proyek - Pembengkakan biaya proyek - Konflik antar personal proyek Sebab -    Tidak ada orang khusus untuk menangani proyek -   Desain yang kurang bagus -   Pembuatan jadwal yang tidak realistis 2.       Sebutkan ciri-ciri proyek. 3.       Terangkan bagaimana cara munculnya proyek. Beri contoh. 4.       Jelaskan segitiga project constraint. 5.       Apa perbedaan antara ukuran dan kompleksitas proyek. Jawab : 1.     Pasangan efek

CONTOH PROPOSAL MAULID AL-HABSYI

PERSATUAN MAULID AL-HABSYI “ DARUL MUKHLISIN ” DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor                         : 03/BJP-BLG/2014                                                                              Halong, 06 Juli 2014 Lampiran         : 1 (satu) berkas Perihal                         : Mohon Bantuan Keuangan Untuk perlengkapan maulid Al-habsyi Kepada Yth, PIMPINAN PT. ATA Di – Halong Asslamu’alaikum Wr. Wb. Dengan Hormat, Kami dari Persatuan Maulid Al-Habsyi “DARUL MUKHLISIN” Ds. Binjai punggal Rt.II Kec.Halong Kab. Balangan mengajukan permohonan kepada Bapak kiranya dapat memberikan bantuan dana untuk perbaikan dan penggantian alat-alat yang hampir tidak layak lagi untuk dipakai. Dan perlu Bapak ketahui bahwa Persatuan Maulid ini sudah dibentuk sejak tahun 2006 atau sudah berusia 8 tahun jadi hampir 80% peralatan yang ada sudah tidak layak pakai. Bantuan yang akan Bapak berikan sangat berarti bagi kelancaran kegi

Proposal Prmohonan Bibit jagung

PROPOSAL KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN TAHUN   201 5 KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL RT.02 KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor      : 04/BJP/HLG/2015 Lampiran : 1 ( satu ) berkas Perihal      : mohon bantuan Bibit jagung,Pupuk dan perlengkapan lainnya                                    Kepada Yth.                  BAPAK KEPALA DINAS PER IKANAN       KABUPATEN BALANGAN                     di -   tempat Assalamu’alaikum Wr.Wb Salam silaturrahmi kami semua, teriring Do’a semoga Bapak senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan sukses selalu dalam menjalankan tugas sehari-hari Amein. Sehubung dengan potensi yang dimiliki Desa Binjai Punggal untuk pengembangan sektur pertanian serta untuk pembangunan daerah kabupaten Balangan, maka kami dari kelompok tani “LULUTUNG INDAH” Desa Binjai Punggal Kecamatan Halong Kabupaten Balangan bermaksu