PERANGKAT SENI BUDAYA IX KUR 13 PK-Q-I
PROGRAM TAHUNAN
( PROTA )
Sekolah : SMP/MTs..............................
Mata Pelajaran : Seni budaya
Kelas /
Semester : IX/1
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
Semester 1
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
|
Seni rupa
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan karya seni rupa modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin,
melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi
internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami konsep dan prosedur karya seni lukis
dengan beragam media dan teknik
3.2 Memahami konsep dan prosedur karya seni
patung dengan beragam media dan teknik
4.1 Membuat karya seni lukis dengan beragam media
dan teknik
4.2 Membuat karya seni patung dengan beragam
media dan teknik.
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan musik modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur,
disiplin, melalui aktivitas berkesenian.
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap seni musik, dan penciptanya serta arangernya.
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi
internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
3.1 Memahami cara menggubah musik modern secara
unisono atau perseorangan.
3.2 Memahami cara menggubah musik modern untuk
vokal group.
4.1 Menggubah musik modern secara unisono.
4.2 Menggubah musik modern untuk vokal group.
Seni tari
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan karya seni tari modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur,
disiplin, melalui aktivitas berkesenian.
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap karya seni tari dan koreografernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi
internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
3.1 Memahami komposisi tari gaya modern.
3.2 Memahami komposisi dan iringan tari gaya
modern.
4.1 Menyusun karya tari modern berdasarkan
komposisi tari.
4.2 Memperagakan karya tari modern berdasarkan
komposisi tari sesuai iringan.
Seni
teater
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan karya seni teater modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur,
disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi
internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami tehnik olah tubuh, olah suara, dan
olah rasa teater Modern Indonesia
3.2 Memahami rancangan dan pementasan teater
Modern.
4.1 Menerapkan tehnik olah tubuh, olah suara, dan
olah rasa teater Modern Indonesia
4.2 Merancang dan mempersiapkan pementasan teater
Modern
|
1. Seni Lukis Dengan Beragam Media dan Teknik
2. Seni Patung Dengan Beragam Media dan Teknik
3. Menggubah Musik Modern Secara Unisono
4. Merubah Musik Modern untuk Vocal Group.
5. Tari Gaya Modern Berdasarkan Komposisi.
6. Tari Gaya Modern Berdasarkan Komposisi
Sesuai Iringan.
7. Teknik Olah Tubuh, Olah Pikiran, dan Olah
Suara pada Teater Modern Indonesia.
8. Rancangan dan Persiapan Pementasan Teater
Modern.
|
|
|
Semester 2
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
|
Seni rupa
3.3 Memahami
konsep dan prosedur karya seni
grafis dengan beragam media dan teknik.
4.3 Membuat karya seni grafis dengan beragam
media dan teknik.
3.4 Memahami konsep dan prosedur pada kegiatan merancang dan
menyelenggarakan pameran
4.4 Merancang dan menyelenggarakan pameran.
Seni musik
3.3 Memahami
teknik bernyanyi music modern
4.3 Menyanyikan
musik modern sederhana secara perorangan maupun kelompok.
3.4 Memahami teknik bermain dan menampilkan
musik ansamble
4.4 Menyajikan musik ansambel.
Seni tari
3.3 Memahami komposisi tari gaya kontemporer
4.3 Menyusun karya tari kontemporer berdasarkan komposisi tari
3.4 Memahami komposisi dan iringan tari gaya kontemporer
4.4 Memperagakan karya tari kontemporer berdasarkan komposisi tari sesuai iringan.
Seni teater
3.3 Memahami rancangan konsep produksi
manajemen pertunjukan teater
4.3 Merancang konsep produksi manajemen
pertunjukan teater.
3.4 Memahami pertunjukan teater modern
4.4 Menampilkan pertunjukan teater modern
|
|
|
|
...............................................,
20..
Guru Mata Pelajaran Mengetahui
______________________ _____________________________
NIP NIP
PROGRAM SEMESTER
Sekolah : SMP/MTs..............................
Mata Pelajaran : Seni budaya
Kelas /
Semester : iX/1
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
Bab 1
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan karya seni rupa modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin,
melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi
internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami konsep dan prosedur karya seni lukis
dengan beragam media dan teknik
3.2 Memahami konsep dan prosedur karya seni
patung dengan beragam media dan teknik
4.1 Membuat karya seni lukis dengan beragam media
dan teknik
4.2 Membuat karya seni patung dengan beragam
media dan teknik
|
1. Menjelaskan tentang konsep berkarya
seni lukis.
2. Menjelaskan tentang prinsip-prinsip
melukis.
3. Menjelaskan tentang elemen-elemen dalam
lukisan
4. Menjelaskan tentang bahan dan alat melukis
5. Menjelaskan tentang teknik-teknik melukis.
6. Menjelaskan tentang langkah-langkah dalam
membuat karya seni lukis.
7. Menjelaskan tentang konsep dan prosedur
membuat patung
8. Menjelaskan tentang jenis-jenis seni
patung.
9. Menjelaskan tentang teknik pembuatan
patung.
10. Menjelaskan tentang alat dan bahan membuat
patung.
11. Menjelaskan tentang membuat karya patung.
|
1. Seni Lukis Dengan Beragam Media dan Teknik
2. Seni Patung Dengan Beragam Media dan Teknik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PROGRAM SEMESTER
Sekolah : SMP/MTs..............................
Mata Pelajaran : Seni budaya
Kelas /
Semester : iX/1
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
Bab 2
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan musik modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur,
disiplin, melalui aktivitas berkesenian.
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap seni musik, dan penciptanya serta arangernya.
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi
internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
3.1 Memahami cara menggubah musik modern secara
unisono atau perseorangan.
3.2 Memahami cara menggubah musik modern untuk
vokal group.
4.1 Menggubah musik modern secara unisono.
4.2 Menggubah musik modern untuk vokal group.
|
1. Menjelaskan tentang arti kata unisono.
2. Menjelaskan tentang aransemen lagu/musik.
3. Menjelaskan tentang konsep dan prosedur
dalam mengaransemen lagu.
4. Menjelaskan tentang membuat lagu dengan
berbagai alat musik
5. Menjelaskan tentang menggubah dan membuat
musik modern secara unisono
6. Menjelaskan tentang perbedaan paduan suara
dan vokal group.
7. Menjelaskan tentang pengertian aransemen
8. Menjelaskan tentang wilayah suara manusia
9. Menjelaskan tentang warna register suara
manusia
10. Menjelaskan tentang tahap-tahap menyusun
aransemen pada vocal group (grup vokal).
11. Menjelaskan tentang menampilkan hasil aransemen
lagu modern dan lagu daerah.
|
1. Menggubah Musik Modern Secara Unisono
2. Merubah Musik Modern untuk Vocal Group.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PROGRAM SEMESTER
Sekolah : SMP/MTs..............................
Mata Pelajaran : Seni budaya
Kelas /
Semester : iX/1
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
Bab 3
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan karya seni tari modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur,
disiplin, melalui aktivitas berkesenian.
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap karya seni tari dan koreografernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi
internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
3.1 Memahami komposisi tari gaya modern.
3.2 Memahami komposisi dan iringan tari gaya
modern.
4.1 Menyusun karya tari modern berdasarkan
komposisi tari.
4.2 Memperagakan karya tari modern berdasarkan
komposisi tari sesuai iringan.
|
1. Menjelaskan tentang komposisi tari
2. Menjelaskan tentang menyusun karya tari
berdasarkan komposisi
3. Menjelaskan tentang ragam gerak tari gaya
modern berdasarkan komposisi sesuai iringan.
4. Menjelaskan tentang jenis-jenis gerak tari
gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan.
5. Menjelaskan tentang memperagakan tari gaya
modern cha-cha.
|
1. Tari Gaya Modern Berdasarkan Komposisi.
2. Tari Gaya Modern Berdasarkan Komposisi
Sesuai Iringan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PROGRAM SEMESTER
Sekolah : SMP/MTs..............................
Mata Pelajaran : Seni budaya
Kelas /
Semester : iX/1
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
Bab 4
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan karya seni teater modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur,
disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi
internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami tehnik olah tubuh, olah suara, dan
olah rasa teater Modern Indonesia
3.2 Memahami rancangan dan pementasan teater
Modern.
4.1 Menerapkan tehnik olah tubuh, olah suara, dan
olah rasa teater Modern Indonesia
4.2 Merancang
dan mempersiapkan pementasan teater Modern
|
1. Menjelaskan tentang teknik olah tubuh
2. Menjelaskan tentang.teknik olah pikiran
3. Menjelaskan tentang teknik olah suara/vokal.
4. Menjelaskan tentang komponen-komponen
pementasan teater modern
5. Menjelaskan tentang merancang pertunjukan
teater modern.
6. Menjelaskan tentang menyiapkan pementasan teater
modern.
|
1. Teknik Olah Tubuh, Olah Pikiran, dan Olah
Suara pada Teater Modern Indonesia.
2. Rancangan dan Persiapan Pementasan Teater
Modern..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………………………. 20..
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala
Sekolah
NIP.--------------------------- NIP.-------------------------------------
SILABUS DAN PENILAIAN
Sekolah : SMP..............................
Mata Pelajaran : Seni budaya
Kelas /
Semester : IX/1
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan/Alat.
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
Bab
1.
1.1 Menerima, menanggapi dan
menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa modern sebagai bentuk rasa
syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap
menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung
jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya
diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami konsep dan prosedur
karya seni lukis dengan beragam media dan teknik
3.2 Memahami konsep dan prosedur
karya seni patung dengan beragam media dan teknik
4.1 Membuat karya seni lukis
dengan beragam media dan teknik
4.2 Membuat karya seni patung
dengan beragam media dan teknik
|
1. Seni Lukis Dengan Beragam Media dan Teknik
2. Seni Patung Dengan Beragam Media dan Teknik
|
1. Menjelaskan tentang konsep
berkarya seni lukis.
2. Menjelaskan tentang prinsip-prinsip
melukis.
3. Menjelaskan tentang elemen-elemen
dalam lukisan
4. Menjelaskan tentang bahan dan
alat melukis
5. Menjelaskan tentang teknik-teknik
melukis.
6. Menjelaskan tentang langkah-langkah
dalam membuat karya seni lukis.
7. Menjelaskan tentang konsep dan
prosedur membuat patung
8. Menjelaskan tentang jenis-jenis
seni patung.
9. Menjelaskan tentang teknik
pembuatan patung.
10. Menjelaskan tentang alat dan
bahan membuat patung.
11. Menjelaskan tentang membuat
karya patung.
|
Mengamati
Amatilah bagian-bagian seni lukis dengan beragam media dan teknik yang
ada di lingkungan sekolah anda.
Menanya
Tanyakan kepada gurumu tentang prinsip-prinsip melukis dan
penerapannya di masa sekarang.
Mengasosiasikan
Ambillah kesimpulan dari hasil pengamatan terhadap bahan dan alat
melukis pada berbagai bahan dan teknik secara mendetail dan tertulis sesuai
kaidah penulisan yang berlaku.
Mengkomunikasikan
Buatlah laporan dari hasil pengamatan mengenai jenis-jenis dan teknik
pembuatan patung secara mendalam. Laporan dibuat secara tertulis sesuai
kaidah penulisan yang berlaku.
|
Kuis dan tugas individu
|
Pertanyaan lisan dan tes tertulis
|
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian
c. Penugasan
|
… x JP
|
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4.
Informasi dari media masa dan internet Informasi
dari media dan internet
|
Bab
2
1.1 Menerima, menanggapi dan
menghargai keragaman dan keunikan musik modern sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian.
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung
jawab, peduli, santun terhadap seni musik, dan penciptanya serta arangernya.
2.3 Menunjukkan sikap percaya
diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
3.1 Memahami cara menggubah musik
modern secara unisono atau perseorangan.
3.2 Memahami cara menggubah musik
modern untuk vokal group.
4.1 Menggubah musik modern secara
unisono.
4.2 Menggubah musik modern untuk
vokal group.
|
1. Menggubah Musik Modern Secara Unisono
2. Merubah Musik Modern untuk Vocal Group.
|
1. Menjelaskan tentang arti
kata unisono.
2. Menjelaskan tentang aransemen lagu/musik.
3. Menjelaskan tentang konsep
dan prosedur dalam mengaransemen lagu.
4. Menjelaskan tentang membuat
lagu dengan berbagai alat musik
5. Menjelaskan tentang
menggubah dan membuat musik modern secara unisono
6. Menjelaskan tentang
perbedaan paduan suara dan vokal group.
7. Menjelaskan tentang
pengertian aransemen
8. Menjelaskan tentang wilayah
suara manusia
9. Menjelaskan tentang warna
register suara manusia
10. Menjelaskan tentang
tahap-tahap menyusun aransemen pada vocal group (grup vokal).
11. Menjelaskan tentang menampil-kan hasil
aransemen lagu modern dan lagu daerah.
12. Menjelaskan tentang
mengaransemen lagu modern dan tradisional untuk vocal group (grup vokal).
|
Mengamati
Amatilah
berbagai bentuk musik modern secara unisono yang tayang di layar TV.
Menanya
Tanyakan
kepada gurumu tentang cara mengaransemen lagu/musik yang baik dan benar.
Mengumpulkan Data
Lakukan
pengamatan terhadap konsep dan prosedur dalam mengaransemen lagu. Carilah
informasi pendukung tentang konsep dan prosedur dalam mengaransemen lagu dari
berbagai sumber yang relevan.
Mengasosiasikan
Ambillah
kesimpulan dari hasil pengamatan tentang cara menampilkan hasil aransemen
khusus lagu daerah secara mendetail dan tertulis sesuai kaidah penulisan yang
berlaku
Mengkomunikasikan
Buatlah
laporan dari hasil pengamatan mengenai mengaransemen lagu modern untuk vocal
group (grup vokal) dengan format vokal empat suara. Laporan dibuat secara
tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku.
|
Kuis dan tugas individu
|
Pertanyaan lisan dan tes tertulis
|
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian
c. Penugasan
|
… x JP
|
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4.
Informasi dari media masa dan internet Informasi
dari media dan internet
|
Bab
3
1.1 Menerima, menanggapi dan
menghargai keragaman dan keunikan karya seni tari modern sebagai bentuk rasa
syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian.
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung
jawab, peduli, santun terhadap karya seni tari dan koreografernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya
diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya
seni.
3.1 Memahami komposisi tari gaya
modern.
3.2 Memahami komposisi dan
iringan tari gaya modern.
4.1 Menyusun karya tari modern
berdasarkan komposisi tari.
4.2 Memperaga-kan karya
tari modern berdasarkan komposisi tari sesuai iringan.
|
1. Tari Gaya Modern Berdasarkan Komposisi.
2. Tari Gaya Modern Berdasarkan Komposisi
Sesuai Iringan.
|
1. Menjelaskan tentang
komposisi tari
2. Menjelaskan tentang menyusun karya tari
berdasarkan komposisi
3. Menjelaskan tentang ragam
gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan.
4. Menjelaskan tentang jenis-jenis gerak tari gaya
modern berdasarkan komposisi sesuai iringan.
5. Menjelaskan tentang
memperagakan tari gaya modern cha-cha.
|
Mengamati
Amatilah
bagian-bagian dari komposisi tari dengan mengunjungio sanggar tari yang ada
di daerahmu!
Menanya
Tanyakan
kepada gurumu tentang tata letak (setting) dan tata cahaya (lightning) pada
pementasan tari.
Mengumpulkan Data
Lakukan
pengamatan terhadap cara-cara menyusun karya tari berdasarkan komposisi.
Carilah informasi pendukung tentang proses-proses materi tersebut dari
berbagai sumber yang relevan.
Mengasosiasikan
Ambillah
kesimpulan dari hasil pengamatan terhadap ragam gerak tari gaya modern
berdasarkan komposisi sesuai iringan secara mendetail dan tertulis sesuai
kaidah penulisan yang berlaku.
Mengkomunikasikan
Buatlah laporan dari hasil
pengamatan mengenai jenis-jenis gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
sesuai iringan secara mendalam. Laporan dibuat secara tertulis sesuai kaidah
penulisan yang berlaku
|
Kuis dan tugas individu
|
Pertanyaan lisan dan tes tertulis
|
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian
c. Penugasan
|
… x JP
|
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4.
Informasi dari media masa dan internet Informasi
dari media dan internet
|
Bab
4
1.1 Menerima, menanggapi dan
menghargai keragaman dan keunikan karya seni teater modern sebagai bentuk
rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung
jawab, peduli, santun terhadap naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan
pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya
diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami tehnik olah tubuh,
olah suara, dan olah rasa teater Modern Indonesia
3.2 Memahami rancangan dan
pementasan teater Modern.
4.1 Menerapkan tehnik olah tubuh,
olah suara, dan olah rasa teater Modern Indonesia
4.2 Merancang dan mempersiapkan pementasan teater
Modern
|
|
1. Menjelaskan tentang teknik
olah tubuh
2. Menjelaskan tentang.teknik
olah pikiran
3. Menjelaskan tentang teknik
olah suara/vokal.
4. Menjelaskan tentang
komponen-komponen pementasan teater modern
5. Menjelaskan tentang
merancang pertunjukan teater modern.
6. Menjelaskan tentang
menyiapkan pementasan teater modern.
|
Mengamati
Amatilah
teknik-teknik olah tubuh bisa kalian jumpai dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan sekitarmu!
Menanya
Tanyakan
kepada gurumu tentang cara-cara melakukan teknik olah tubuh yang baik dan
benar.
Mengumpulkan Data
Lakukan
pengamatan terhadap berbagai teknik pernapasan dan artikulasi. Carilah
informasi pendukung tentang materi tersebut dari berbagai sumber yang
relevan.
Mengasosiasikan
Ambillah
kesimpulan dari hasil pengamatan terhadap komponen-komponen pementasan teater
modern secara mendetail dan tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku.
Mengkomunikasikan
Buatlah
laporan dari hasil pengamatan mengenai menyiapkan pementasan teater modern
secara mendalam. Laporan dibuat secara tertulis sesuai kaidah penulisan yang
berlaku.
|
Kuis dan tugas individu
|
Pertanyaan lisan dan tes tertulis
|
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian
c. Penugasan
|
… x JP
|
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4.
Informasi dari media masa dan internet Informasi
dari media dan internet
|
………………………….
20..
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala
Sekolah
NIP.--------------------------- NIP.-------------------------------------
Bab 1
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
..............................
Mata Pelajaran : Seni budaya
Kelas /
Semester : iX/1
Alokasi Waktu :
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya
seni rupa modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya
seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal , kepedulian
terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami konsep dan prosedur karya seni lukis dengan beragam media
dan teknik
3.2 Memahami konsep dan prosedur karya seni patung dengan beragam media
dan teknik
4.1 Membuat karya seni lukis dengan beragam media dan teknik
4.2 Membuat karya seni patung dengan beragam media dan teknik
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi
ini, maka di harapkan siswa mampu:
1. Menjelaskan tentang konsep berkarya seni lukis.
2. Menjelaskan tentang prinsip-prinsip melukis.
3. Menjelaskan tentang elemen-elemen dalam lukisan
4. Menjelaskan tentang bahan dan alat melukis
5. Menjelaskan tentang teknik-teknik melukis.
6. Menjelaskan tentang langkah-langkah dalam membuat karya seni
lukis.
7. Menjelaskan tentang konsep dan prosedur membuat patung
8. Menjelaskan tentang jenis-jenis seni patung.
9. Menjelaskan tentang teknik pembuatan patung.
10. Menjelaskan tentang alat dan bahan membuat patung.
11. Menjelaskan tentang membuat karya patung.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Seni Lukis Dengan Beragam Media dan Teknik
2. Seni Patung Dengan Beragam Media dan Teknik
METODE
PEMBELAJARAN
Informasi,
diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
Mengamati
Amatilah
bagian-bagian seni lukis dengan beragam media dan teknik yang ada di lingkungan
sekolah anda.
Menanya
Tanyakan kepada
gurumu tentang prinsip-prinsip melukis dan penerapannya di masa sekarang.
Mengasosiasikan
Ambillah
kesimpulan dari hasil pengamatan terhadap bahan dan alat melukis pada berbagai
bahan dan teknik secara mendetail dan tertulis sesuai kaidah penulisan yang
berlaku.
Mengkomunikasikan
Buatlah laporan
dari hasil pengamatan mengenai jenis-jenis dan teknik pembuatan patung secara
mendalam. Laporan dibuat secara tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku.
SUMBER
BELAJAR :
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku
reverensi lain yang relevan
4.
Informasi dari media masa dan internet
PENILAIAN
1. Teknik/
jenis : kuis dan tugas individu.
2.
Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.
Instrumen/soal:
a. Tes Pilihan Ganda
b. Tes Uraian
c. Penugasan
…………………………. 20..
Mengetahui,
Guru
Mata Pelajaran Kepala Sekolah
NIP.---------------------- NIP.------------------------------------
Bab 2
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
..............................
Mata Pelajaran : Seni budaya
Kelas /
Semester : iX/1
Alokasi Waktu :
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik
modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian.
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap seni
musik, dan penciptanya serta arangernya.
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian
terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
3.1 Memahami cara menggubah musik modern secara unisono atau
perseorangan.
3.2 Memahami cara menggubah musik modern untuk vokal group.
4.1 Menggubah musik modern secara unisono.
4.2 Menggubah musik modern untuk vokal group.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi
ini, siswa di harapkan siswa mampu:
1. menjelaskan tentang arti kata unisono.
2. menjelaskan tentang aransemen lagu/musik.
3. menjelaskan tentang konsep dan prosedur dalam mengaransemen lagu.
4. menjelaskan tentang membuat lagu dengan berbagai alat musik
5. menjelaskan tentang menggubah dan membuat musik modern secara
unisono
6. menjelaskan tentang perbedaan paduan suara dan vokal group.
7. menjelaskan tentang pengertian aransemen
8. menjelaskan tentang wilayah suara manusia
9. menjelaskan tentang warna register suara manusia
10. menjelaskan tentang tahap-tahap menyusun aransemen pada vocal group
(grup vokal).
11. menjelaskan tentang menampilkan hasil aransemen lagu modern dan lagu
daerah.
12. menjelaskan tentang mengaransemen lagu modern dan tradisional untuk
vocal group (grup vokal).
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Menggubah Musik Modern Secara Unisono
2. Merubah Musik Modern untuk Vocal Group.
METODE
PEMBELAJARAN
Informasi,
diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
Mengamati
Amatilah berbagai bentuk musik modern secara unisono
yang tayang di layar TV.
Menanya
Tanyakan kepada gurumu tentang cara mengaransemen
lagu/musik yang baik dan benar.
Mengumpulkan
Data
Lakukan pengamatan terhadap konsep
dan prosedur dalam mengaransemen lagu. Carilah informasi pendukung tentang konsep
dan prosedur dalam mengaransemen lagu dari berbagai sumber yang relevan.
Mengasosiasikan
Ambillah kesimpulan dari hasil
pengamatan tentang cara menampilkan hasil aransemen khusus lagu daerah secara
mendetail dan tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku
Mengkomunikasikan
Buatlah laporan dari hasil pengamatan
mengenai mengaransemen lagu modern untuk vocal group (grup vokal) dengan format
vokal empat suara. Laporan dibuat secara tertulis sesuai kaidah penulisan yang
berlaku.
SUMBER
BELAJAR :
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku
reverensi lain yang relevan
4.
Informasi dari media masa dan internet
PENILAIAN
1. Teknik/
jenis : kuis dan tugas individu.
2.
Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.
Instrumen/soal:
a. Tes Pilihan Ganda
b. Tes Uraian
c. Penugasan
………………………….
20..
Mengetahui,
Guru
Mata Pelajaran Kepala Sekolah
NIP.---------------------- NIP.------------------------------------
Bab 3
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
..............................
Mata Pelajaran : Seni budaya
Kelas /
Semester : iX/1
Alokasi Waktu :
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya
seni tari modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian.
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya
seni tari dan koreografernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal , kepedulian
terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
3.1 Memahami komposisi tari gaya modern.
3.2 Memahami komposisi dan iringan tari gaya modern.
4.1 Menyusun karya tari modern berdasarkan komposisi tari.
4.2 Memperagakan karya tari modern berdasarkan komposisi tari sesuai
iringan.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi
ini, maka di harapkan siswa mampu:
1. menjelaskan tentang komposisi tari
2. menjelaskan tentang menyusun karya tari berdasarkan komposisi
3. menjelaskan tentang ragam gerak tari gaya modern berdasarkan
komposisi sesuai iringan.
4. menjelaskan tentang jenis-jenis gerak tari gaya modern berdasarkan
komposisi sesuai iringan.
5. menjelaskan tentang memperagakan tari gaya modern cha-cha.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Tari Gaya Modern Berdasarkan Komposisi.
2. Tari Gaya Modern Berdasarkan Komposisi Sesuai Iringan.
METODE
PEMBELAJARAN
Informasi,
diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
Mengamati
Amatilah bagian-bagian dari komposisi
tari dengan mengunjungio sanggar tari yang ada di daerahmu!
Menanya
Tanyakan kepada gurumu tentang tata
letak (setting) dan tata cahaya (lightning) pada pementasan tari.
Mengumpulkan
Data
Lakukan pengamatan terhadap cara-cara
menyusun karya tari berdasarkan komposisi. Carilah informasi pendukung tentang
proses-proses materi tersebut dari berbagai sumber yang relevan.
Mengasosiasikan
Ambillah kesimpulan dari hasil
pengamatan terhadap ragam gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai
iringan secara mendetail dan tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku.
Mengkomunikasikan
Buatlah laporan dari hasil pengamatan
mengenai jenis-jenis gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai
iringan secara mendalam. Laporan dibuat secara tertulis sesuai kaidah penulisan
yang berlaku.
SUMBER
BELAJAR :
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku
reverensi lain yang relevan
4.
Informasi dari media masa dan internet
PENILAIAN
1. Teknik/
jenis : kuis dan tugas individu.
2.
Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.
Instrumen/soal:
a. Tes Pilihan Ganda
b. Tes Uraian
c. Penugasan
…………………………. 20..
Mengetahui,
Guru
Mata Pelajaran Kepala Sekolah
NIP.---------------------- NIP.------------------------------------
Bab 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
..............................
Mata Pelajaran : Seni budaya
Kelas /
Semester : iX/1
Alokasi Waktu :
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya
seni teater modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap naskah
drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian
terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami tehnik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa teater Modern
Indonesia
3.2 Memahami rancangan dan pementasan teater Modern.
4.1 Menerapkan tehnik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa teater
Modern Indonesia
4.2 Merancang dan mempersiapkan pementasan teater Modern.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi
ini, maka di harapkan siswa mampu:
1. menjelaskan tentang teknik olah tubuh
2. menjelaskan tentang.teknik olah pikiran
3. menjelaskan tentang teknik olah suara/vokal.
4. menjelaskan tentang komponen-komponen pementasan teater modern
5. menjelaskan tentang merancang pertunjukan teater modern.
6. menjelaskan tentang menyiapkan pementasan teater modern.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Teknik Olah Tubuh, Olah Pikiran, dan Olah Suara pada Teater Modern
Indonesia.
2. Rancangan dan Persiapan Pementasan Teater Modern.
METODE
PEMBELAJARAN
Informasi,
diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
Mengamati
Amatilah teknik-teknik olah
tubuh bisa kalian jumpai dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitarmu!
Menanya
Tanyakan kepada gurumu
tentang cara-cara melakukan teknik olah tubuh yang baik dan benar.
Mengumpulkan Data
Lakukan pengamatan terhadap
berbagai teknik pernapasan dan artikulasi. Carilah informasi pendukung tentang
materi tersebut dari berbagai sumber yang relevan.
Mengasosiasikan
Ambillah kesimpulan dari hasil
pengamatan terhadap komponen-komponen pementasan teater modern secara mendetail
dan tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku.
Mengkomunikasikan
Buatlah laporan dari hasil
pengamatan mengenai menyiapkan pementasan teater modern secara mendalam. Laporan
dibuat secara tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku.
SUMBER
BELAJAR :
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku
reverensi lain yang relevan
4.
Informasi dari media masa dan internet
PENILAIAN
1. Teknik/
jenis : kuis dan tugas individu.
2.
Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.
Instrumen/soal:
a.
Tes Pilihan Ganda
b.
Tes Uraian
c. Penugasan
…………………………. 20..
Mengetahui,
Guru
Mata Pelajaran Kepala Sekolah
NIP.---------------------- NIP.------------------------------------
0 Response to "PERANGKAT SENI BUDAYA IX KUR 13 PK-Q-I"
Posting Komentar