Langsung ke konten utama

PERANGKAT PRAKARYA VII K13



PROGRAM TAHUNAN
(PROTA)

Sekolah                 :     SMP/ MTs-------------------
Mata Pelajaran     :     Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU).
Kelas/ Semester :     VII/ 1.

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
Keterangan
3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
Semester 1.
BAB 1. Kerajinan.
3.1 Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan serat dan tekstil.
3.2 Memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil yang kreatif dan inovatif.
4.1 Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan serat/ tekstil yang sesuai dengan potensi daerah setempat (misal: rumput/ ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik, dan lain-lain).
4.2 Merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan serat/ tekstil yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat (misal: rumput/ ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik, dan lain-lain).
1. Mengenal Jenis, Sifat, Karakter, dan Teknik Pengolahan Bahan Serat dan Tekstil untuk Kerajinan.
2. Menyajikan Produk Kerajinan dari Bahan Serat dan Tekstil.
... × Jam Pelajaran (JP).

BAB 2. Rekayasa.
3.1 Memahami wawasan teknologi, perkembangan teknologi, keselamatan kerja, sketsa, dan gambar teknik.
3.2 Memahami jenis, karakteristik, kekuatan bahan, serta peralatan kerja pengolahnya.
4.1 Membuat sketsa dan gambar teknik dari suatu rancangan produk.
4.2 Membuat produk sederhana menggunakan peralatan kerja sesuai dengan jenis, karakteristik, dan kekuatan bahan.
1. Dasar-dasar Pembuatan Rancangan Produk.
2. Membuat Produk Rekayasa Sederhana.
... × Jam Pelajaran (JP).

BAB 3. Budi Daya.
3.1 Memahami komoditas tanaman sayuran yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat.
3.2 Memahami tahapan budi daya tanaman sayuran.
4.1 Menentukan komoditas tanaman sayuran yang akan dibudidayakan sesuai kebutuhan wilayah.
4.2 Mempraktikkan tahapan budi daya tanaman sayuran.
1. Mengenal Berbagai Macam Sayuran dan Teknik Budi Dayanya.
2. Membudidayakan Tanaman Cabai Merah.
... × Jam Pelajaran (JP).

BAB 4. Pengolahan.
3.1 Memahami rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan buah menjadi makanan dan minuman segar yang ada di wilayah setempat.
3.2 Memahami rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar menjadi produk pangan yang ada di wilayah setempat.
4.1 Mengolah bahan pangan buah segar menjadi makanan dan minuman sesuai pengetahuan rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat.
4.2 Mengolah, menyaji, dan mengemas bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat.
1. Mengenal Berbagai Olahan Makanan dan Minuman Segar dari Bahan Pangan Buah.
2. Mengolah Buah menjadi Makanan dan Minuman Segar, serta Hasil Sampingnya.
... × Jam Pelajaran (JP).






PROGRAM SEMESTER

Sekolah                 :     SMP/ MTs---------------------
Mata Pelajaran     :     Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU).
Kelas/ Semester :     VII/ 1.
Kompetensi Inti
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 1.
3.1 Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan serat dan tekstil.
3.2 Memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil yang kreatif dan inovatif.
4.1 Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan serat/ tekstil yang sesuai dengan potensi daerah setempat (misal: rumput/ ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik, dan lain-lain).
4.2 Merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan serat/ tekstil yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat (misal: rumput/ ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik, dan lain-lain).
1.               Menyebutkan dan menjelaskan mengenai jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan bahan serat dan tekstil untuk kerajinan.
2.               Menyebutkan dan menguraikan tentang produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil.
1.               Mengenal Jenis, Sifat, Karakter, dan Teknik Pengolahan Bahan Serat dan Tekstil untuk Kerajinan.
2.               Menyajikan Produk Kerajinan dari Bahan Serat dan Tekstil.
... × Jam Pelajaran (JP).





























Mengetahui,                                                                                                                                                                          …………………………. 20..
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran
                                                                                                                                        
                                                                                                                                                                                                                                                        
NIP.                                                                                                                                                                                       NIP.
PROGRAM SEMESTER

Sekolah                 :     SMP/ MTs----------------------
Mata Pelajaran     :     Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU).
Kelas/ Semester :     VII/ 1.
Kompetensi Inti
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 2.
3.1 Memahami wawasan teknologi, perkembangan teknologi, keselamatan kerja, sketsa, dan gambar teknik.
3.2 Memahami jenis, karakteristik, kekuatan bahan, serta peralatan kerja pengolahnya.
4.1 Membuat sketsa dan gambar teknik dari suatu rancangan produk.
4.2 Membuat produk sederhana menggunakan peralatan kerja sesuai dengan jenis, karakteristik, dan kekuatan bahan.
1. Mengidentifi-kasi dan menerangkan tentang dasar-dasar pembuatan rancangan produk.
2. Menyebutkan dan menjelaskan mengenai membuat produk rekayasa sederhana.
1. Dasar-dasar Pembuatan Rancangan Produk.
2. Membuat Produk Rekayasa Sederhana.
... × Jam Pelajaran (JP).


































Mengetahui,                                                                                                                                                                          …………………………. 20..
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran
                                                                                                                                        

                                                                                                                                                                                                                                                        
NIP.                                                                                                                                                                                       NIP.





PROGRAM SEMESTER

Sekolah                 :     SMP/ MTs----------------------
Mata Pelajaran     :     Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU).
Kelas/ Semester :     VII/ 1.
Kompetensi Inti
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 3.
3.1 Memahami komoditas tanaman sayuran yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat.
3.2 Memahami tahapan budi daya tanaman sayuran.
4.1 Menentukan komoditas tanaman sayuran yang akan dibudidayakan sesuai kebutuhan wilayah.
4.2 Mempraktikkan tahapan budi daya tanaman sayuran.
1. Menyebutkan dan menerangkan tentang berbagai macam sayuran dan teknik budi dayanya.
2. Menyebutkan dan menguraikan tentang membudidayakan tanaman cabai merah.
1. Mengenal Berbagai Macam Sayuran dan Teknik Budi Dayanya.
2.              Membudidayakan Tanaman Cabai Merah.
... × Jam Pelajaran (JP).


































Mengetahui,                                                                                                                                                                          …………………………. 20..
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran
                                                                                                                                        

                                                                                                                                                                                                                                                        
NIP.                                                                                                                                                                                       NIP.





PROGRAM SEMESTER

Sekolah                 :     SMP/ MTs------------------
Mata Pelajaran     :     Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU).
Kelas/ Semester :     VII/ 1.
Kompetensi Inti
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 4.
3.1 Memahami rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan buah menjadi makanan dan minuman segar yang ada di wilayah setempat.
3.2 Memahami rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar menjadi produk pangan yang ada di wilayah setempat.
4.1 Mengolah bahan pangan buah segar menjadi makanan dan minuman sesuai pengetahuan rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat.
4.2 Mengolah, menyaji, dan mengemas bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat.
1. Menyebutkan dan menjelaskan mengenai berbagai olahan makanan dan minuman segar dari bahan pangan buah.
2. Menerangkan tentang mengolah buah menjadi makanan dan minuman segar, serta hasil sampingnya.
1. Mengenal Berbagai Olahan Makanan dan Minuman Segar dari Bahan Pangan Buah.
2. Mengolah Buah menjadi Makanan dan Minuman Segar, serta Hasil Sampingnya.
... × Jam Pelajaran (JP).





























Mengetahui,                                                                                                                                                                          …………………………. 20..
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran
                                                                                                                                        

                                                                                                                                                                                                                                                        
NIP.                                                                                                                                                                                       NIP.
SILABUS DAN PENILAIAN

Sekolah                 :     SMP/ MTs------------------
Mata Pelajaran     :     Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU).
Kelas/ Semester :     VII/ 1.
Kompetensi Inti
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
BAB 1.
3.1 Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan serat dan tekstil.
3.2 Memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil yang kreatif dan inovatif.
4.1 Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan serat/ tekstil yang sesuai dengan potensi daerah setempat (misal: rumput/ ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik, dan lain-lain).
4.2 Merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan serat/ tekstil yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat (misal: rumput/ ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik, dan lain-lain).
1. Mengenal Jenis, Sifat, Karakter, dan Teknik Pengolahan Bahan Serat dan Tekstil untuk Kerajinan.
2. Menyajikan Produk Kerajinan dari Bahan Serat dan Tekstil.
1. Menyebutkan dan menjelaskan mengenai jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan bahan serat dan tekstil untuk kerajinan.
2. Menyebutkan dan menguraikan tentang produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati kerajian tangan yang ada di sekitar kalian. Manakah contoh kerajinan yang terbuat dari bahan serat dan tekstil? Amati pula sifat dan karateristik bahan kerajinan tersebut.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat karya seni bahan alam yang berasal dari serat alami.
2. Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang kerajinan-kerajinan serat wol selain yang dicontohkan di atas. Carilah pula informasi tentang langkah-langkah pembuatannya.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang teknik pengolahan bermacam-macam bahan serat alam untuk membuat kerajinan tangan.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang kegiatan perencanaan dalam pembuatan karya kerajinan dari bahan serat/ tekstil.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang kegiatan perencanaan dalam pembuatan karya kerajinan dari bahan serat/ tekstil.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan tentang langkah-langkah pembuatan kerajinan serat tanaman rotan menjadi wadah tempat pensil. Kemudian, buatlah laporan secara tertulis mengenai teknik pengolahan serat tanaman rotan menjadi kerajinan.
2. Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang langkah-langkah pembuatan kerajinan serat tanaman rotan menjadi wadah tempat pensil. Kemudian, buatlah laporan secara tertulis mengenai teknik pengolahan serat tanaman rotan menjadi kerajinan.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3.           Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
BAB 2.
3.1 Memahami wawasan teknologi, perkembangan teknologi, keselamatan kerja, sketsa, dan gambar teknik.
3.2 Memahami jenis, karakteristik, kekuatan bahan, serta peralatan kerja pengolahnya.
4.1 Membuat sketsa dan gambar teknik dari suatu rancangan produk.
4.2 Membuat produk sederhana menggunakan peralatan kerja sesuai dengan jenis, karakteristik, dan kekuatan bahan.
1. Dasar-dasar Pembuatan Rancangan Produk.
2. Membuat Produk Rekayasa Sederhana.
1. Mengidentifikasi dan menerangkan tentang dasar-dasar pembuatan rancangan produk.
2. Menyebutkan dan menjelaskan mengenai membuat produk rekayasa sederhana.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati jenis pembangkit listrik yang digunakan untuk mengalirkan tenaga listrik di daerah tempat tinggalmu. Cari tahu mengenai proses transmisi listrik pada pembangkit tenaga listrik tersebut.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang orang di sekitarmu yang bekerja dengan selalu melibatkan peralatan listrik. Bagaimana mereka menjaga dan mengupayakan keselematan kerja saat melakukan pekerjaannya? Catat hal-hal penting dan diskusikan dengan temanmu di sekolah.
2. Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang orang di sekitarmu yang bekerja dengan selalu melibatkan peralatan listrik. Bagaimana mereka menjaga dan mengupayakan keselematan kerja saat melakukan pekerjaannya? Catat hal-hal penting dan diskusikan dengan temanmu di sekolah.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang pembuatan sketsa gambar teknik pada perancangan suatu produk rekayasa.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang beragam peralatan mekanik yang digunakan untuk membuat produk rekayasa sederhana. Diskusikan pula mengenai cara penggunaannya.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang beragam peralatan mekanik yang digunakan untuk membuat produk rekayasa sederhana. Diskusikan pula mengenai cara penggunaannya.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan tentang langkah-langkah membuat produk rekayasa pembangkit tenaga listrik sederhana dengan teman dan guru di kelas kalian masing-masing.
2. Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang langkah-langkah membuat produk rekayasa pembangkit tenaga listrik sederhana dengan teman dan guru di kelas kalian masing-masing.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3.           Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
BAB 3.
3.1 Memahami komoditas tanaman sayuran yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat.
3.2 Memahami tahapan budi daya tanaman sayuran.
4.1 Menentukan komoditas tanaman sayuran yang akan dibudidayakan sesuai kebutuhan wilayah.
4.2          Mempraktikkan tahapan budi daya tanaman sayuran.
1. Mengenal Berbagai Macam Sayuran dan Teknik Budi Dayanya.
2.              Membudidayakan Tanaman Cabai Merah.
1. Menyebutkan dan menerangkan tentang berbagai macam sayuran dan teknik budi dayanya.
2. Menyebutkan dan menguraikan tentang membudidayakan tanaman cabai merah.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati beberapa jenis sayuran yang paling banyak dibudidayakan di daerah tempat tinggal kalian. Kemudian, amati pula tahapan budi daya masing-masing jenis sayuran tersebut.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang kondisi di wilayah tempat tinggal kalian. Apakah termasuk dataran tinggi ataukah dataran rendah. Komoditas tanaman sayuran unggulan apa yang ada di daerahmu?
2. Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang ciri-ciri dari tiga buah tanaman yang dapat tumbuh di lingkungan tersebut (di sekitar tempat tinggal kalian).
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang teknik-teknik budi daya tanaman sayuran secara umum.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang teknik dan langkah-langkah dalam menyiapkan lahan untuk menanam tanaman sayuran.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang teknik dan langkah-langkah dalam menyiapkan lahan untuk menanam tanaman sayuran.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan tentang tahapan-tahapan perawaan tanaman sayuran. Kemudian, buatlah laporan tertulis mengenai perawatan tanaman sayuran secara umum.
2. Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang tahapan-tahapan perawaan tanaman sayuran. Kemudian, buatlah laporan tertulis mengenai perawatan tanaman sayuran secara umum.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3.           Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
BAB 4.
.1   Memahami rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan buah menjadi makanan dan minuman segar yang ada di wilayah setempat.
3.2 Memahami rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar menjadi produk pangan yang ada di wilayah setempat.
4.1 Mengolah bahan pangan buah segar menjadi makanan dan minuman sesuai pengetahuan rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat.
4.2 Mengolah, menyaji, dan mengemas bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat.
1. Mengenal Berbagai Olahan Makanan dan Minuman Segar dari Bahan Pangan Buah.
2. Mengolah Buah menjadi Makanan dan Minuman Segar, serta Hasil Sampingnya.
1. Menyebutkan dan menjelaskan mengenai berbagai olahan makanan dan minuman segar dari bahan pangan buah.
2. Menerangkan tentang mengolah buah menjadi makanan dan minuman segar, serta hasil sampingnya.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati berbagai jenis buah yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Olahan makanan dan minuman segar apakah yang dapat dibuat dari buah tersebut? Adakah hasil sampingnya? Apakah hasil sampingnya dapat dimanfaatkan untuk membuat produk makanan? Lakukan pengamatan secara mendetail.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang olahan makanan yang dibuat dari buah pepaya. Carilah jenis makanan selain yang dicontohkan pada materi ini. Kemudian catat dan cari tahu cara membuatnya.
2. Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang olahan makanan yang dibuat dari buah pepaya. Carilah jenis makanan selain yang dicontohkan pada materi ini. Kemudian catat dan cari tahu cara membuatnya.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang teknik penyajian dan pengemasan berbagai produk olahan makanan dan minuman segar dari buah segar.

Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang ide atau gagasan lain mengenai penyajian keripik pisang goreng manis. Temukan jenis penyajian lain yang lebih menarik.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang ide atau gagasan lain mengenai penyajian keripik pisang goreng manis. Temukan jenis penyajian lain yang lebih menarik.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan tentang langkah-langkah pembuatan keripik pisang dan es pisang ijo. Kemukakan pula ide atau gagasanmu tentang penyajian dan pengemasan produk olahan tersebut yang lebih menarik daripada yang disajikan pada materi ini. Ayo kembangkan kreatifitasmu dalam mengolah buah segar menjadi makanan dan minuman.
2. Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang langkah-langkah pembuatan keripik pisang dan es pisang ijo. Kemukakan pula ide atau gagasanmu tentang penyajian dan pengemasan produk olahan tersebut yang lebih menarik daripada yang disajikan pada materi ini. Ayo kembangkan kreatifitasmu dalam mengolah buah segar menjadi makanan dan minuman.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3.           Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.









Mengetahui,                                                                                                                                                                          …………………………. 20..
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran



                                                                                                                                        

                                                                                                                                                                                                                                                        
NIP.                                                                                                                                                                                       NIP.










BAB 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                 :     SMP/ MTs----------------------
Mata Pelajaran     :     Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU).
Kelas/ Semester :     VII/ 1.
Alokasi Waktu      :     ... × Jam Pelajaran (JP).

KOMPETENSI INTI
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan serat dan tekstil.
3.2 Memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil yang kreatif dan inovatif.
4.1 Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan serat/ tekstil yang sesuai dengan potensi daerah setempat (misal: rumput/ ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik, dan lain-lain).
4.2 Merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan serat/ tekstil yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat (misal: rumput/ ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik, dan lain-lain).

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.   menyebutkan dan menjelaskan mengenai jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan bahan serat dan tekstil untuk kerajinan, serta
2.   menyebutkan dan menguraikan tentang produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil.

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Mengenal Jenis, Sifat, Karakter, dan Teknik Pengolahan Bahan Serat dan Tekstil untuk Kerajinan.
2.   Menyajikan Produk Kerajinan dari Bahan Serat dan Tekstil.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati kerajian tangan yang ada di sekitar kalian. Manakah contoh kerajinan yang terbuat dari bahan serat dan tekstil? Amati pula sifat dan karateristik bahan kerajinan tersebut.
Menanya
1.   Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat karya seni bahan alam yang berasal dari serat alami.
2.   Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang kerajinan-kerajinan serat wol selain yang dicontohkan di atas. Carilah pula informasi tentang langkah-langkah pembuatannya.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang teknik pengolahan bermacam-macam bahan serat alam untuk membuat kerajinan tangan.
Mengasosiasi
1.   Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang kegiatan perencanaan dalam pembuatan karya kerajinan dari bahan serat/ tekstil.
2.   Mengamati dan menjelaskan tentang kegiatan perencanaan dalam pembuatan karya kerajinan dari bahan serat/ tekstil.
Mengomunikasikan
1.   Mengomunikasikan secara lisan tentang langkah-langkah pembuatan kerajinan serat tanaman rotan menjadi wadah tempat pensil. Kemudian, buatlah laporan secara tertulis mengenai teknik pengolahan serat tanaman rotan menjadi kerajinan.
2.   Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang langkah-langkah pembuatan kerajinan serat tanaman rotan menjadi wadah tempat pensil. Kemudian, buatlah laporan secara tertulis mengenai teknik pengolahan serat tanaman rotan menjadi kerajinan.

SUMBER BELAJAR
1.   Buku paket.
2.   Buku LKS.
3.   Buku referensi lain yang relevan.
4.   Informasi dari media massa dan internet.

PENILAIAN
1.   Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.   Instrumen/ soal:
a.   Tes pilihan ganda.
b.   Tes uraian.
c.   Penugasan.
BAB 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                 :     SMP/ MTs-------------------
Mata Pelajaran           :     Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU).
Kelas/ Semester       :     VII/ 1.
Alokasi Waktu            :     ... × Jam Pelajaran (JP).

KOMPETENSI INTI
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami wawasan teknologi, perkembangan teknologi, keselamatan kerja, sketsa, dan gambar teknik.
3.2 Memahami jenis, karakteristik, kekuatan bahan, serta peralatan kerja pengolahnya.
4.1 Membuat sketsa dan gambar teknik dari suatu rancangan produk.
4.2 Membuat produk sederhana menggunakan peralatan kerja sesuai dengan jenis, karakteristik, dan kekuatan bahan.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.   mengidentifikasi dan menerangkan tentang dasar-dasar pembuatan rancangan produk, serta
2.   menyebutkan dan menjelaskan mengenai membuat produk rekayasa sederhana.

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Dasar-dasar Pembuatan Rancangan Produk.
2.   Membuat Produk Rekayasa Sederhana.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati jenis pembangkit listrik yang digunakan untuk mengalirkan tenaga listrik di daerah tempat tinggalmu. Cari tahu mengenai proses transmisi listrik pada pembangkit tenaga listrik tersebut.
Menanya
1.   Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang orang di sekitarmu yang bekerja dengan selalu melibatkan peralatan listrik. Bagaimana mereka menjaga dan mengupayakan keselematan kerja saat melakukan pekerjaannya? Catat hal-hal penting dan diskusikan dengan temanmu di sekolah.
2.   Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang orang di sekitarmu yang bekerja dengan selalu melibatkan peralatan listrik. Bagaimana mereka menjaga dan mengupayakan keselematan kerja saat melakukan pekerjaannya? Catat hal-hal penting dan diskusikan dengan temanmu di sekolah.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang pembuatan sketsa gambar teknik pada perancangan suatu produk rekayasa.
Mengasosiasi
1.   Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang beragam peralatan mekanik yang digunakan untuk membuat produk rekayasa sederhana. Diskusikan pula mengenai cara penggunaannya.
2.   Mengamati dan menjelaskan tentang beragam peralatan mekanik yang digunakan untuk membuat produk rekayasa sederhana. Diskusikan pula mengenai cara penggunaannya.
Mengomunikasikan
1.   Mengomunikasikan secara lisan tentang langkah-langkah membuat produk rekayasa pembangkit tenaga listrik sederhana dengan teman dan guru di kelas kalian masing-masing.
2.   Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang langkah-langkah membuat produk rekayasa pembangkit tenaga listrik sederhana dengan teman dan guru di kelas kalian masing-masing.

SUMBER BELAJAR
1.   Buku paket.
2.   Buku LKS.
3.   Buku referensi lain yang relevan.
4.   Informasi dari media massa dan internet.

PENILAIAN
1.   Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.   Instrumen/ soal:
a.   Tes pilihan ganda.
b.   Tes uraian.
c.   Penugasan.



BAB 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                 :     SMP/ MTs--------------------
Mata Pelajaran     :     Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU).
Kelas/ Semester :     VII/ 1.
Alokasi Waktu      :     ... × Jam Pelajaran (JP).

KOMPETENSI INTI
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami komoditas tanaman sayuran yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat.
3.2 Memahami tahapan budi daya tanaman sayuran.
4.1 Menentukan komoditas tanaman sayuran yang akan dibudidayakan sesuai kebutuhan wilayah.
4.2 Mempraktikkan tahapan budi daya tanaman sayuran.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.   menyebutkan dan menerangkan tentang berbagai macam sayuran dan teknik budi dayanya, serta
2.   menyebutkan dan menguraikan tentang membudidayakan tanaman cabai merah.

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Mengenal Berbagai Macam Sayuran dan Teknik Budi Dayanya.
2.   Membudidayakan Tanaman Cabai Merah.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati beberapa jenis sayuran yang paling banyak dibudidayakan di daerah tempat tinggal kalian. Kemudian, amati pula tahapan budi daya masing-masing jenis sayuran tersebut.
Menanya
1.   Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang kondisi di wilayah tempat tinggal kalian. Apakah termasuk dataran tinggi ataukah dataran rendah. Komoditas tanaman sayuran unggulan apa yang ada di daerahmu?
2.   Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang ciri-ciri dari tiga buah tanaman yang dapat tumbuh di lingkungan tersebut (di sekitar tempat tinggal kalian).
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang teknik-teknik budi daya tanaman sayuran secara umum.
Mengasosiasi
1.   Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang teknik dan langkah-langkah dalam menyiapkan lahan untuk menanam tanaman sayuran.
2.   Mengamati dan menjelaskan tentang teknik dan langkah-langkah dalam menyiapkan lahan untuk menanam tanaman sayuran.
Mengomunikasikan
1.   Mengomunikasikan secara lisan tentang tahapan-tahapan perawaan tanaman sayuran. Kemudian, buatlah laporan tertulis mengenai perawatan tanaman sayuran secara umum.
2.   Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang tahapan-tahapan perawaan tanaman sayuran. Kemudian, buatlah laporan tertulis mengenai perawatan tanaman sayuran secara umum.

SUMBER BELAJAR
1.   Buku paket.
2.   Buku LKS.
3.   Buku referensi lain yang relevan.
4.   Informasi dari media massa dan internet.

PENILAIAN
1.   Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.   Instrumen/ soal:
a.   Tes pilihan ganda.
b.   Tes uraian.
c.   Penugasan.

Mengetahui,                                                                                                       …………………………. 20..
Kepala Sekolah                                                                                                  Guru Mata Pelajaran
                                                                                                                                                                                               
                   NIP.                                                                                                                       NIP.
BAB 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                 :     SMP/ MTs-------------------
Mata Pelajaran           :     Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU).
Kelas/ Semester       :     VII/ 1.
Alokasi Waktu            :     ... × Jam Pelajaran (JP).

KOMPETENSI INTI
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan buah menjadi makanan dan minuman segar yang ada di wilayah setempat.
3.2 Memahami rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar menjadi produk pangan yang ada di wilayah setempat.
4.1 Mengolah bahan pangan buah segar menjadi makanan dan minuman sesuai pengetahuan rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat.
4.2 Mengolah, menyaji, dan mengemas bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.   menyebutkan dan menjelaskan mengenai berbagai olahan makanan dan minuman segar dari bahan pangan buah, serta
2.   menerangkan tentang mengolah buah menjadi makanan dan minuman segar, serta hasil sampingnya.

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Mengenal Berbagai Olahan Makanan dan Minuman Segar dari Bahan Pangan Buah.
2.   Mengolah Buah menjadi Makanan dan Minuman Segar, serta Hasil Sampingnya.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati berbagai jenis buah yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Olahan makanan dan minuman segar apakah yang dapat dibuat dari buah tersebut? Adakah hasil sampingnya? Apakah hasil sampingnya dapat dimanfaatkan untuk membuat produk makanan? Lakukan pengamatan secara mendetail.
Menanya
1.   Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang olahan makanan yang dibuat dari buah pepaya. Carilah jenis makanan selain yang dicontohkan pada materi ini. Kemudian catat dan cari tahu cara membuatnya.
2.   Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang olahan makanan yang dibuat dari buah pepaya. Carilah jenis makanan selain yang dicontohkan pada materi ini. Kemudian catat dan cari tahu cara membuatnya.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang teknik penyajian dan pengemasan berbagai produk olahan makanan dan minuman segar dari buah segar.
Mengasosiasi
1.   Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang ide atau gagasan lain mengenai penyajian keripik pisang goreng manis. Temukan jenis penyajian lain yang lebih menarik.
2.   Mengamati dan menjelaskan tentang ide atau gagasan lain mengenai penyajian keripik pisang goreng manis. Temukan jenis penyajian lain yang lebih menarik.
Mengomunikasikan
1.   Mengomunikasikan secara lisan tentang langkah-langkah pembuatan keripik pisang dan es pisang ijo. Kemukakan pula ide atau gagasanmu tentang penyajian dan pengemasan produk olahan tersebut yang lebih menarik daripada yang disajikan pada materi ini. Ayo kembangkan kreatifitasmu dalam mengolah buah segar menjadi makanan dan minuman.
2.   Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang langkah-langkah pembuatan keripik pisang dan es pisang ijo. Kemukakan pula ide atau gagasanmu tentang penyajian dan pengemasan produk olahan tersebut yang lebih menarik daripada yang disajikan pada materi ini. Ayo kembangkan kreatifitasmu dalam mengolah buah segar menjadi makanan dan minuman.

SUMBER BELAJAR
1.   Buku paket.
2.   Buku LKS.
3.   Buku referensi lain yang relevan.
4.   Informasi dari media massa dan internet.

PENILAIAN
1.   Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.

3.   Instrumen/ soal:
a.   Tes pilihan ganda.
b.   Tes uraian.
c.   Penugasan.






















Mengetahui,                                                                                                       …………………………. 20..
Kepala Sekolah                                                                                                  Guru Mata Pelajaran




                                                                                                                                                                                               
                   NIP.                                                                                                                       NIP.

Komentar

  1. Makasih ini sangat bermanfaat artikelnya, kebetulan saya lagi membutuhkan artikel ini utk materi pelajaran prakarya


    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

pertanyaan dan jawaban tentang manajemen proyek

TUGAS   TEKNI PERENCANAAN DAN EVALUASI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Tekni perencanaan dan evaluasi Disusun Oleh :        Budianoor NPM : 10.12.02183 Semester : 7 (Tujuh) A Eksekutif SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI (STIA) AMUNTAI TAHUN AKADEMIK 2013 BAB 1 Soal-Soal 1.       Dalam manajemen proyek, ada hubungan sebab akibat dari suatu tindakan manajemen. Dari daftar efek dan sebab berikut carilah pasangannya. Efek - Keterlambatan penyelesaian aktivitas dalam proyek - Pembengkakan biaya proyek - Konflik antar personal proyek Sebab -    Tidak ada orang khusus untuk menangani proyek -   Desain yang kurang bagus -   Pembuatan jadwal yang tidak realistis 2.       Sebutkan ciri-ciri proyek. 3.       Terangkan bagaimana cara munculnya proyek. Beri contoh. 4.       Jelaskan segitiga project constraint. 5.       Apa perbedaan antara ukuran dan kompleksitas proyek. Jawab : 1.     Pasangan efek

CONTOH PROPOSAL MAULID AL-HABSYI

PERSATUAN MAULID AL-HABSYI “ DARUL MUKHLISIN ” DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor                         : 03/BJP-BLG/2014                                                                              Halong, 06 Juli 2014 Lampiran         : 1 (satu) berkas Perihal                         : Mohon Bantuan Keuangan Untuk perlengkapan maulid Al-habsyi Kepada Yth, PIMPINAN PT. ATA Di – Halong Asslamu’alaikum Wr. Wb. Dengan Hormat, Kami dari Persatuan Maulid Al-Habsyi “DARUL MUKHLISIN” Ds. Binjai punggal Rt.II Kec.Halong Kab. Balangan mengajukan permohonan kepada Bapak kiranya dapat memberikan bantuan dana untuk perbaikan dan penggantian alat-alat yang hampir tidak layak lagi untuk dipakai. Dan perlu Bapak ketahui bahwa Persatuan Maulid ini sudah dibentuk sejak tahun 2006 atau sudah berusia 8 tahun jadi hampir 80% peralatan yang ada sudah tidak layak pakai. Bantuan yang akan Bapak berikan sangat berarti bagi kelancaran kegi

Proposal Prmohonan Bibit jagung

PROPOSAL KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN TAHUN   201 5 KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL RT.02 KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor      : 04/BJP/HLG/2015 Lampiran : 1 ( satu ) berkas Perihal      : mohon bantuan Bibit jagung,Pupuk dan perlengkapan lainnya                                    Kepada Yth.                  BAPAK KEPALA DINAS PER IKANAN       KABUPATEN BALANGAN                     di -   tempat Assalamu’alaikum Wr.Wb Salam silaturrahmi kami semua, teriring Do’a semoga Bapak senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan sukses selalu dalam menjalankan tugas sehari-hari Amein. Sehubung dengan potensi yang dimiliki Desa Binjai Punggal untuk pengembangan sektur pertanian serta untuk pembangunan daerah kabupaten Balangan, maka kami dari kelompok tani “LULUTUNG INDAH” Desa Binjai Punggal Kecamatan Halong Kabupaten Balangan bermaksu