PERANGKAT PPKN VIII K13 PK-Q-I
PROGRAM TAHUNAN
(PROTA)
Sekolah :
..............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester : VIII/ 1.
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/ teori.
|
Semester 1.
1.1 Menghargai perilaku beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan
di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.1 Menghargai keluhuran
nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
2.2 Menghargai semangat kebangsaan
dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam
menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai
landasan konstitusional negara kebangsaan.
2.3 Menghargai sikap kebersamaan
dalam keberagaman masyarakat sekitar.
2.4 Menghargai semangat dan
komitmen Sumpah Pemuda dalam kehidupan bermasyarakat sebagaimana ditunjukkan
oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
3.1 Memahami nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
3.2 Memahami fungsi
lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945.
3.3 Memahami tata urutan peraturan
perundang-undangan nasional.
3.4 Memahami norma dan kebiasaan
antardaerah di Indonesia.
4.1 Menalar nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Menyaji hasil telaah fungsi
lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945.
4.3 Menyaji hasil telaah tata
urutan peraturan perundang-undangan nasional.
4.4 Menalar hasil telaah norma dan
kebiasaan antardaerah di Indonesia.
|
1. Pancasila sebagai Dasar Negara
dan Pandangan Hidup Bangsa.
2. Nilai-nilai Pancasila sebagai
Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.
3. Membiasakan Perilaku sesuai
Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan.
4. Lembaga Negara sesuai dengan
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
5. Memahami Hubungan Antarlembaga
Negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
6. Sikap Positif terhadap Sistem
Pemerintahan Indonesia.
7. Makna Tata Urutan Peraturan
Perundang-Undangan di Indonesia.
8. Proses Pembuatan Peraturan
Perundang-Undangan Indonesia.
9. Ketaatan terhadap Peraturan
Perundangan.
10. Norma dan Kebiasaan
Antardaerah di Indonesia.
11. Arti Penting
Keberagaman Konteks Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
12. Menghargai Norma dan
Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
Semester 2.
1.1 Menghargai perilaku beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan
di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.5 Menghargai semangat dan
komitmen persatuan dan kesatuan bangsa untuk memperkuat dan memperkokoh NKRI.
3.5 Memahami Hak Asasi Manusia
(HAM) dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.6 Memahami makna keberagaman
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
3.7 Memahami unsur-unsur NKRI.
4.5 Menyaji pelaksanaan kewajiban
asasi manusia sebagaimana diatur Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945.
4.6 Menyaji hasil telaah tentang
kerjasama dalam masyarakat yang beragam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.7 Menyaji hasil telaah
unsur-unsur NKRI sebagai satu kesatuan yang utuh.
4.8 Berinteraksi dengan teman dan
orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam
keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender.
4.9 Menyaji bentuk partisipasi
kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional.
|
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
…………………………,
20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Sekolah :
..............................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester : VIII/ 1.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/
teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
BAB 1.
1.1 Menghargai
perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
dalam kehidupan di lingkungan sekolah,
masyarakat, bangsa, dan negara.
2.1 Menghargai
keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
3.1 Memahami
nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1 Menalar
nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam
kehidupan sehari-hari.
|
1. Menerangkan
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
2. Menyebutkan
dan menjelaskan tentang nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa.
3. Mengklasifikasikan
cara membiasakan perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila dalam berbagai
kehidupan.
|
1. Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup
Bangsa.
2. Nilai-nilai
Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.
3. Membiasakan
Perilaku sesuai Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………………………,
20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/
Semester : VIII/ 1.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/ teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
BAB 2.
1.1 Menghargai
perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
dalam kehidupan di lingkungan sekolah,
masyarakat, bangsa, dan negara.
2.2 Menghargai semangat kebangsaan
dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam
menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai
landasan konstitusional negara kebangsaan.
3.2 Memahami
fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945.
4.2 Menyaji
hasil telaah fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945.
|
1. Menerangkan
lembaga negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2. Memahami hubungan antarlembaga negara
sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3. Menyebutkan
dan menjelaskan sikap positif terhadap Sistem Pemerintahan
Indonesia.
|
1. Lembaga Negara
sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2. Memahami Hubungan Antarlembaga
Negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3. Sikap Positif terhadap Sistem
Pemerintahan Indonesia.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………………………,
20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Sekolah :
..............................
Mata Pelajaran : Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester : VIII/ 1.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong),
santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/ teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
BAB 3.
1.1 Menghargai
perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
dalam kehidupan di lingkungan sekolah,
masyarakat, bangsa, dan negara.
2.3 Menghargai
sikap kebersamaan dalam keberagaman masyarakat sekitar.
3.3 Memahami
tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.
4.3 Menyaji
hasil telaah tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.
|
1. Menerangkan makna Tata Urutan Peraturan
Perundang-Undangan di Indonesia.
2. Menguraikan proses
pembuatan Peraturan Perundang-Undangan Indonesia.
3. Menjelaskan ketaatan
terhadap peraturan perundangan.
|
1. Makna Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan di
Indonesia.
2. Proses
Pembuatan Peraturan Perundang-Undangan Indonesia.
3. Ketaatan
terhadap Peraturan Perundangan.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………………………,
20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester : VIII/ 1.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong),
santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/ teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
BAB 4.
1.1 Menghargai
perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
dalam kehidupan di lingkungan sekolah,
masyarakat, bangsa, dan negara.
2.4 Menghargai
semangat dan komitmen Sumpah Pemuda dalam kehidupan bermasyarakat sebagaimana
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda
tahun 1928.
3.4 Memahami
norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
4.4 Menalar
hasil telaah norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
|
1. Menyebutkan dan menerangkan norma
dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
2. Menyebutkan dan
mendeskripsikan arti penting keberagaman konteks norma dan
kebiasaan antardaerah di Indonesia.
3. Menyebutkan cara menghargai norma dan kebiasaan
antardaerah di Indonesia.
|
1. Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
2. Arti
Penting Keberagaman Konteks Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
3. Menghargai
Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………………………,
20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
SILABUS DAN PENILAIAN
Sekolah :
..............................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/
Semester : VIII/ 1.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, dan
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/
teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat.
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
BAB 1.
1.1 Menghargai perilaku beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan
di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.1 Menghargai keluhuran
nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
3.1 Memahami nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1 Menalar nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari.
|
1. Pancasila sebagai
Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.
2. Nilai-nilai Pancasila sebagai
Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.
3. Membiasakan Perilaku sesuai
Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan.
|
1. Menerangkan Pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
2. Menyebutkan dan menjelaskan tentang
nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
3. Mengklasifikasikan cara
membiasakan perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan.
|
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak
dari audiovisual tentang perilaku masyarakat sekarang ini! Apakah perilaku
masyarakat di sekitar kalian menjunjung nilai Pancasila! Tuliskan perilaku
menyimpang dari ajaran Pancasila di sekitar kalian.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat
pertanyaan tentang kenapa Pancasila memiliki kedudukan sebagai dasar negara.
2. Melakukan konsultasi dengan guru
dan sumber belajar lainnya tentang kenapa Pancasila memiliki kedudukan
sebagai dasar negara.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan
menyimak dari kajian tentang perilaku masyarakat di sekitar kalian, apakah
perilaku tersebut menyimpang dari nilai-nilai Pancasila.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil
pengamatan dan kegiatan tentang sebuah sikap mengenai membiasakan perilaku
yang sesuai dengan nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang
sebuah sikap mengenai membiasakan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila
dalam berbagai kehidupan.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan
tentang sebuah kasus gambaran seseorang yang menerapkan perilaku di
masyarakat yang sesuai dengan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
2. Membuat laporan secara tertulis
hasil studi pengamatan tentang sebuah kasus gambaran seseorang yang
menerapkan perilaku di masyarakat yang sesuai dengan nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Kuis dan tugas individu.
|
Pertanyaan lisan dan tes
tertulis.
|
1. Tes
pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
|
... × Jam
Pelajaran (JP).
|
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
|
BAB 2.
1.1 Menghargai perilaku beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan
di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.2 Menghargai semangat kebangsaan
dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam
menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai
landasan konstitusional negara kebangsaan.
3.2 Memahami fungsi
lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945.
4.2 Menyaji hasil telaah fungsi
lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945.
|
1. Lembaga Negara
sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2. Memahami Hubungan Antarlembaga
Negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3. Sikap Positif terhadap Sistem
Pemerintahan Indonesia.
|
1. Menerangkan
lembaga negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2. Memahami hubungan
antarlembaga negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3. Menyebutkan dan
menjelaskan sikap positif terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia.
|
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak
dari audiovisual tentang lembaga negara yang ada di Indonesia apakah sudah
sesuai dengan UUD 1945.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat
pertanyaan tentang lembaga yang ada di Indonesia yang berdasarkan ketentuan
UUD 1945.
2. Melakukan konsultasi dengan guru
dan sumber belajar lainnya tentang lembaga yang ada di Indonesia yang
berdasarkan ketentuan UUD 1945.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan
menyimak dari kajian tentang hubungan antarlembaga yang ada di Pemerintahan
Indonesia, apakah sudah sesuai dengan Undang-Undang 1945 yang ada di
Indonesia.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil
pengamatan dan kegiatan tentang sikap positif masyarakat terhadap Sistem
Pemerintahan Indonesia.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang
sikap positif masyarakat terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan
tentang sikap apa saja yang ada di lingkungan masyarakat, bahkan lingkungan
sekolah yang sudah sesuai dengan sikap positif terhadap Sistem Pemerintahan
Indonesia.
2. Membuat laporan secara tertulis
hasil studi pengamatan tentang sikap apa saja yang ada di lingkungan
masyarakat, bahkan lingkungan sekolah yang sudah sesuai dengan sikap positif
terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia.
|
Kuis dan tugas individu.
|
Pertanyaan lisan dan tes
tertulis.
|
1. Tes
pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
|
... × Jam
Pelajaran (JP).
|
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
|
BAB 3.
1.1 Menghargai perilaku beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan
di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.3 Menghargai sikap kebersamaan
dalam keberagaman masyarakat sekitar.
3.3 Memahami tata urutan peraturan
perundang-undangan nasional.
4.3 Menyaji hasil telaah tata
urutan peraturan perundang-undangan nasional.
|
1. Makna Tata Urutan
Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia.
2. Proses Pembuatan Peraturan
Perundang-Undangan Indonesia.
3. Ketaatan terhadap Peraturan
Perundangan.
|
1. Menerangkan makna
Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia.
2. Menguraikan
proses pembuatan Peraturan Perundang-Undangan Indonesia.
3. Menjelaskan
ketaatan terhadap peraturan perundangan.
|
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak
dari audiovisual tentang aturan yang ada di Indonesia, apakah sudah sesuai
dengan tata urutan peraturan undang-undang.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat
pertanyaan tentang makna tata urutan peraturan yang ada di Indonesia.
2. Melakukan konsultasi dengan guru
dan sumber belajar lainnya tentang makna tata urutan peraturan yang ada di
Indonesia.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan
menyimak dari kajian tentang perbandingan antara tata urutan peraturan
perundang-undangan dahulu pada tahun 1945 dengan tahun sekarang ini, apakah
ada perbedaannya.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil
pengamatan dan kegiatan tentang kendala-kendala yang dapat menghambat dalam
mentaati peraturan perundangan di berbagai lingkungan.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang
kendala-kendala yang dapat menghambat dalam mentaati peraturan perundangan di
berbagai lingkungan.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan
tentang sebuah kejadian berlalu lintas yang mengakibatkan sebuah kecelakaan
karena tidak membiasakan mentaati peraturan dalam berlalu lintas.
2. Membuat laporan secara tertulis
hasil studi pengamatan tentang sebuah kejadian berlalu lintas yang
mengakibatkan sebuah kecelakaan karena tidak membiasakan mentaati peraturan
dalam berlalu lintas.
|
Kuis dan tugas individu.
|
Pertanyaan lisan dan tes
tertulis.
|
1. Tes
pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
|
... × Jam
Pelajaran (JP).
|
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
|
BAB 4.
1.1 Menghargai perilaku beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan
di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.4 Menghargai semangat dan
komitmen Sumpah Pemuda dalam kehidupan bermasyarakat sebagaimana ditunjukkan
oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
3.4 Memahami norma dan kebiasaan
antardaerah di Indonesia.
4.4 Menalar hasil telaah norma dan
kebiasaan antardaerah di Indonesia.
|
1. Norma dan
Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
2. Arti Penting
Keberagaman Konteks Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
3. Menghargai Norma
dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
|
1. Menyebutkan dan
menerangkan norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
2. Menyebutkan dan
mendeskripsikan arti penting keberagaman konteks norma dan kebiasaan
antardaerah di Indonesia.
3. Menyebutkan cara
menghargai norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
|
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak
dari audiovisual tentang norma yang
masih berlaku di lingkungan sekitar kalian.
Menanya
1.
Siswa dimotivasi untuk membuat
pertanyaan tentang norma-norma yang ada di lingkungan mereka (seseorang yang
tinggal di lingkungan sekitar kalian).
2. Melakukan konsultasi dengan guru
dan sumber belajar lainnya tentang norma-norma
yang ada di lingkungan mereka (seseorang yang tinggal di lingkungan sekitar
kalian).
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan
menyimak dari kajian tentang arti penting norma atau kebiasaan yang masih ada
di masyarakat pedalaman.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil
pengamatan dan kegiatan tentang cara menghargai norma dan kebiasaan yang ada
di sekitar kalian.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang
cara menghargai norma dan kebiasaan yang ada di sekitar kalian.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan
tentang cara mengahargai keberagaman
norma dan kebiasaan yang ada di lingkungan sekolah kalian.
2. Membuat laporan secara tertulis
hasil studi pengamatan tentang cara
mengahargai keberagaman norma dan kebiasaan yang ada di lingkungan sekolah
kalian.
|
Kuis dan tugas individu.
|
Pertanyaan lisan dan tes
tertulis.
|
1. Tes
pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
|
... × Jam
Pelajaran (JP).
|
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
|
…………………………,
20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata
Pelajaran
NIP...................... NIP.................................
BAB 1.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah :
..............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester : VIII/ 1.
Alokasi
Waktu :
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, dan
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/
teori.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghargai
perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.1 Menghargai
keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
3.1 Memahami
nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1 Menalar
nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam
kehidupan sehari-hari.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1. menghargai
keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa,
2. memahami
nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, serta
3. menalar
nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam
kehidupan sehari-hari.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Pancasila
sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.
2. Nilai-nilai
Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.
3. Membiasakan
Perilaku sesuai Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan.
METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan
lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang perilaku masyarakat sekarang
ini! Apakah perilaku masyarakat di sekitar kalian menjunjung nilai Pancasila!
Tuliskan perilaku menyimpang dari ajaran Pancasila di sekitar kalian.
Menanya
1. Siswa
dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang kenapa Pancasila memiliki kedudukan
sebagai dasar negara.
2. Melakukan
konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang kenapa Pancasila
memiliki kedudukan sebagai dasar negara.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara
membaca dan menyimak dari kajian tentang perilaku masyarakat di sekitar kalian,
apakah perilaku tersebut menyimpang dari nilai-nilai Pancasila.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan
hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang sebuah sikap mengenai membiasakan
perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan.
2. Mengamati
dan menjelaskan tentang sebuah sikap mengenai membiasakan perilaku yang sesuai
dengan nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan
secara lisan tentang sebuah kasus gambaran seseorang yang menerapkan perilaku
di masyarakat yang sesuai dengan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
2. Membuat
laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang sebuah kasus gambaran
seseorang yang menerapkan perilaku di masyarakat yang sesuai dengan nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
SUMBER
BELAJAR
1. Buku
paket.
2. Buku LKS.
3. Buku
referensi lain yang relevan.
4. Informasi
dari media massa dan internet.
PENILAIAN
1. Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes
tertulis.
3. Instrumen/ soal:
a. Tes pilihan ganda.
b. Tes uraian.
c. Penugasan.
BAB 2.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah :
..............................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/
Semester : VIII/ 1.
Alokasi
Waktu :
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, dan
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/
teori.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghargai
perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.2 Menghargai
semangat kebangsaan dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh para
pendiri negara dalam menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional negara kebangsaan.
3.2 Memahami
fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945.
4.2 Menyaji
hasil telaah fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1. menghargai
semangat kebangsaan dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh para
pendiri negara dalam menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional negara kebangsaan,
2. memahami
fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945, serta
3. menyaji
hasil telaah fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Lembaga
Negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2. Memahami
Hubungan Antarlembaga Negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945.
3. Sikap
Positif terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia.
METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan
lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang lembaga negara yang ada di
Indonesia apakah sudah sesuai dengan UUD 1945.
Menanya
1. Siswa
dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang lembaga yang ada di Indonesia yang
berdasarkan ketentuan UUD 1945.
2. Melakukan
konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang lembaga yang ada di
Indonesia yang berdasarkan ketentuan UUD 1945.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara
membaca dan menyimak dari kajian tentang hubungan antarlembaga yang ada di
Pemerintahan Indonesia, apakah sudah sesuai dengan Undang-Undang 1945 yang ada
di Indonesia.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan
hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang sikap positif masyarakat terhadap
Sistem Pemerintahan Indonesia.
2. Mengamati
dan menjelaskan tentang sikap positif masyarakat terhadap Sistem Pemerintahan
Indonesia.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan
secara lisan tentang sikap apa saja yang ada di lingkungan masyarakat, bahkan
lingkungan sekolah yang sudah sesuai dengan sikap positif terhadap
Sistem Pemerintahan Indonesia.
2. Membuat
laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang sikap apa saja yang ada
di lingkungan masyarakat, bahkan lingkungan sekolah yang sudah sesuai
dengan sikap positif terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia.
SUMBER
BELAJAR
1. Buku
paket.
2. Buku LKS.
3. Buku
referensi lain yang relevan.
4. Informasi
dari media massa dan internet.
PENILAIAN
1. Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes
tertulis.
3. Instrumen/ soal:
a. Tes pilihan ganda.
b. Tes uraian.
c. Penugasan.
BAB 3.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah :
..............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester : VIII/ 1.
Alokasi
Waktu :
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, dan
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/
teori.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Menghargai
perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.3 Menghargai
sikap kebersamaan dalam keberagaman masyarakat sekitar.
3.3 Memahami
tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.
4.3 Menyaji
hasil telaah tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1. menghargai
sikap kebersamaan dalam keberagaman masyarakat sekitar,
2. memahami
tata urutan peraturan perundang-undangan nasional, dan
3. menyaji
hasil telaah tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Makna Tata
Urutan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia.
2. Proses
Pembuatan Peraturan Perundang-Undangan Indonesia.
3. Ketaatan
terhadap Peraturan Perundangan.
METODE
PEMBELAJARAN
Informasi,
diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari
audiovisual tentang aturan yang ada di Indonesia, apakah sudah sesuai dengan
tata urutan peraturan undang-undang.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat
pertanyaan tentang makna tata urutan peraturan yang ada di Indonesia.
2. Melakukan konsultasi dengan
guru dan sumber belajar lainnya tentang makna tata urutan peraturan yang ada di
Indonesia.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak
dari kajian tentang perbandingan antara tata urutan peraturan
perundang-undangan dahulu pada tahun 1945 dengan tahun sekarang ini, apakah ada
perbedaannya.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil
pengamatan dan kegiatan tentang kendala-kendala yang dapat menghambat dalam
mentaati peraturan perundangan di berbagai lingkungan.
2. Mengamati dan menjelaskan
tentang kendala-kendala yang dapat menghambat dalam mentaati peraturan
perundangan di berbagai lingkungan.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan
tentang sebuah kejadian berlalu lintas yang mengakibatkan sebuah kecelakaan
karena tidak membiasakan mentaati peraturan dalam berlalu lintas.
2. Membuat laporan secara tertulis
hasil studi pengamatan tentang sebuah kejadian berlalu lintas yang
mengakibatkan sebuah kecelakaan karena tidak membiasakan mentaati peraturan
dalam berlalu lintas.
SUMBER
BELAJAR
1. Buku
paket.
2. Buku LKS.
3. Buku
referensi lain yang relevan.
4. Informasi
dari media massa dan internet.
PENILAIAN
1. Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes
tertulis.
3. Instrumen/ soal:
a. Tes pilihan ganda.
b. Tes uraian.
c. Penugasan.
BAB 4.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
..............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester : VIII/ 1.
Alokasi
Waktu :
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, dan
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/
teori.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Menghargai
perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.4 Menghargai
semangat dan komitmen Sumpah Pemuda dalam kehidupan bermasyarakat sebagaimana
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda
tahun 1928.
3.4 Memahami
norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
4.4 Menalar
hasil telaah norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1. menghargai
semangat dan komitmen Sumpah Pemuda dalam kehidupan bermasyarakat sebagaimana
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda
tahun 1928,
2. memahami
norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia, serta
3. menalar
hasil telaah norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Norma dan
Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
2. Arti
Penting Keberagaman Konteks Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
3. Menghargai
Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
METODE
PEMBELAJARAN
Informasi,
diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari
audiovisual tentang norma yang masih
berlaku di lingkungan sekitar kalian.
Menanya
1. Siswa
dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang norma-norma yang ada di lingkungan
mereka (seseorang yang tinggal di lingkungan sekitar kalian).
2. Melakukan
konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang norma-norma yang ada di lingkungan mereka
(seseorang yang tinggal di lingkungan sekitar kalian).
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak
dari kajian tentang arti penting norma atau kebiasaan yang masih ada di
masyarakat pedalaman.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan
hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang cara menghargai norma dan kebiasaan
yang ada di sekitar kalian.
2. Mengamati
dan menjelaskan tentang cara menghargai norma dan kebiasaan yang ada di sekitar
kalian.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan
secara lisan tentang cara mengahargai
keberagaman norma dan kebiasaan yang ada di lingkungan sekolah kalian.
2. Membuat
laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang cara mengahargai keberagaman norma dan kebiasaan yang ada di lingkungan
sekolah kalian.
SUMBER
BELAJAR
1. Buku
paket.
2. Buku LKS.
3. Buku
referensi lain yang relevan.
4. Informasi
dari media massa dan internet.
PENILAIAN
1. Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes
tertulis.
3. Instrumen/ soal:
a. Tes pilihan ganda.
b. Tes uraian.
c. Penugasan.
…………………………,
20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
0 Response to "PERANGKAT PPKN VIII K13 PK-Q-I"
Posting Komentar