Langsung ke konten utama

PERANGKAT PPKN VIII K13 PK-Q-I



PROGRAM TAHUNAN
(PROTA)

Sekolah                   : ..............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester     : VIII/ 1.

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
Keterangan
1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.  Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
Semester 1.
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
2.2 Menghargai semangat kebangsaan dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional negara kebangsaan.
2.3 Menghargai sikap kebersamaan dalam keberagaman masyarakat sekitar.
2.4 Menghargai semangat dan komitmen Sumpah Pemuda dalam kehidupan bermasyarakat sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
3.1 Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
3.2 Memahami fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3 Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.
3.4 Memahami norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
4.1 Menalar nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Menyaji hasil telaah fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3 Menyaji hasil telaah tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.
4.4 Menalar hasil telaah norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
1. Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.
2. Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.
3. Membiasakan Perilaku sesuai Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan.
4. Lembaga Negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
5. Memahami Hubungan Antarlembaga Negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
6. Sikap Positif terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia.
7. Makna Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia.
8. Proses Pembuatan Peraturan Perundang-Undangan Indonesia.
9. Ketaatan terhadap Peraturan Perundangan.
10.           Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
11.           Arti Penting Keberagaman Konteks Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
12.           Menghargai Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
... × Jam Pelajaran (JP).

Semester 2.
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.5 Menghargai semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan bangsa untuk memperkuat dan memperkokoh NKRI.
3.5 Memahami Hak Asasi Manusia (HAM) dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.6 Memahami makna keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
3.7 Memahami unsur-unsur NKRI.
4.5 Menyaji pelaksanaan kewajiban asasi manusia sebagaimana diatur Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.6 Menyaji hasil telaah tentang kerjasama dalam masyarakat yang beragam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.7 Menyaji hasil telaah unsur-unsur NKRI sebagai satu kesatuan yang utuh.
4.8 Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender.
4.9 Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional.

... × Jam Pelajaran (JP).

























                                                                                                                             …………………………, 20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                    Guru Mata Pelajaran








 
NIP.                                                                                                                       NIP.






































PROGRAM SEMESTER

Sekolah                   : ..............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester     : VIII/ 1.

Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 1.
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
3.1 Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1 Menalar nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari.
1.   Menerangkan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
2.   Menyebutkan dan menjelaskan tentang nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
3.   Mengklasifikasikan cara membiasakan perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan.
1.            Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.
2.            Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.
3.            Membiasakan Perilaku sesuai Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan.
... × Jam Pelajaran (JP).






























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      …………………………, 20..
Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran





 
NIP.                                                                                                                                                                                                                       NIP.

PROGRAM SEMESTER


Sekolah                   : ..............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester     : VIII/ 1.

Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 2.
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.2 Menghargai semangat kebangsaan dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional negara kebangsaan.
3.2 Memahami fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.2 Menyaji hasil telaah fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
1.   Menerangkan lembaga negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.   Memahami hubungan antarlembaga negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.   Menyebutkan dan menjelaskan sikap positif terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia.
1.            Lembaga Negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.            Memahami Hubungan Antarlembaga Negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.            Sikap Positif terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia.
... × Jam Pelajaran (JP).






























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      …………………………, 20..
Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran




 
NIP.                                                                                                                                                                                                                       NIP.

PROGRAM SEMESTER

Sekolah                   : ..............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester     : VIII/ 1.

Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 3.
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.3 Menghargai sikap kebersamaan dalam keberagaman masyarakat sekitar.
3.3 Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.
4.3 Menyaji hasil telaah tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.
1.   Menerangkan makna Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia.
2.   Menguraikan proses pembuatan Peraturan Perundang-Undangan Indonesia.
3.   Menjelaskan ketaatan terhadap peraturan perundangan.
1.            Makna Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia.
2.            Proses Pembuatan Peraturan Perundang-Undangan Indonesia.
3.            Ketaatan terhadap Peraturan Perundangan.
... × Jam Pelajaran (JP).






























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      …………………………, 20..
Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran





 
NIP.                                                                                                                                                                                                                       NIP.

PROGRAM SEMESTER

Sekolah                   : ..............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester     : VIII/ 1.

Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 4.
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.4 Menghargai semangat dan komitmen Sumpah Pemuda dalam kehidupan bermasyarakat sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
3.4 Memahami norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
4.4 Menalar hasil telaah norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
1.   Menyebutkan dan menerangkan norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
2.   Menyebutkan dan mendeskripsikan arti penting keberagaman konteks norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
3.   Menyebutkan cara menghargai norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
1.            Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
2.            Arti Penting Keberagaman Konteks Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
3.            Menghargai Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
... × Jam Pelajaran (JP).






























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      …………………………, 20..
Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran




 
NIP.                                                                                                                                                                                                                       NIP.


SILABUS DAN PENILAIAN

Sekolah                   : ..............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester     : VIII/ 1.

Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
BAB 1.
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
3.1 Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1 Menalar nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari.
1.               Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.
2.               Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.
3.              Membiasakan Perilaku sesuai Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan.
1. Menerangkan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
2. Menyebutkan dan menjelaskan tentang nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
3. Mengklasifikasikan cara membiasakan perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang perilaku masyarakat sekarang ini! Apakah perilaku masyarakat di sekitar kalian menjunjung nilai Pancasila! Tuliskan perilaku menyimpang dari ajaran Pancasila di sekitar kalian.
Menanya
1.            Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang kenapa Pancasila memiliki kedudukan sebagai dasar negara.
2.            Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang kenapa Pancasila memiliki kedudukan sebagai dasar negara.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang perilaku masyarakat di sekitar kalian, apakah perilaku tersebut menyimpang dari nilai-nilai Pancasila.
Mengasosiasi
1.            Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang sebuah sikap mengenai membiasakan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan.
2.            Mengamati dan menjelaskan tentang sebuah sikap mengenai membiasakan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan.


Mengomunikasikan
1.            Mengomunikasikan secara lisan tentang sebuah kasus gambaran seseorang yang menerapkan perilaku di masyarakat yang sesuai dengan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
2.            Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang sebuah kasus gambaran seseorang yang menerapkan perilaku di masyarakat yang sesuai dengan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
BAB 2.
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.2 Menghargai semangat kebangsaan dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional negara kebangsaan.
3.2 Memahami fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.2 Menyaji hasil telaah fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
1.               Lembaga Negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.               Memahami Hubungan Antarlembaga Negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.               Sikap Positif terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia.
1.              Menerangkan lembaga negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.               Memahami hubungan antarlembaga negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.              Menyebutkan dan menjelaskan sikap positif terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang lembaga negara yang ada di Indonesia apakah sudah sesuai dengan UUD 1945.
Menanya
1.            Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang lembaga yang ada di Indonesia yang berdasarkan ketentuan UUD 1945.
2.            Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang lembaga yang ada di Indonesia yang berdasarkan ketentuan UUD 1945.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang hubungan antarlembaga yang ada di Pemerintahan Indonesia, apakah sudah sesuai dengan Undang-Undang 1945 yang ada di Indonesia.
Mengasosiasi
1.            Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang sikap positif masyarakat terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia.
2.            Mengamati dan menjelaskan tentang sikap positif masyarakat terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia.
Mengomunikasikan
1.            Mengomunikasikan secara lisan tentang sikap apa saja yang ada di lingkungan masyarakat, bahkan lingkungan sekolah yang sudah sesuai dengan sikap positif terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia.
2.            Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang sikap apa saja yang ada di lingkungan masyarakat, bahkan lingkungan sekolah yang sudah sesuai dengan sikap positif terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
BAB 3.
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.3 Menghargai sikap kebersamaan dalam keberagaman masyarakat sekitar.
3.3 Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.
4.3 Menyaji hasil telaah tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.
1.               Makna Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia.
2.               Proses Pembuatan Peraturan Perundang-Undangan Indonesia.
3.               Ketaatan terhadap Peraturan Perundangan.
1.              Menerangkan makna Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia.
2.               Menguraikan proses pembuatan Peraturan Perundang-Undangan Indonesia.
3.               Menjelaskan ketaatan terhadap peraturan perundangan.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang aturan yang ada di Indonesia, apakah sudah sesuai dengan tata urutan peraturan undang-undang.
Menanya
1.            Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang makna tata urutan peraturan yang ada di Indonesia.
2.            Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang makna tata urutan peraturan yang ada di Indonesia.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang perbandingan antara tata urutan peraturan perundang-undangan dahulu pada tahun 1945 dengan tahun sekarang ini, apakah ada perbedaannya.
Mengasosiasi
1.            Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang kendala-kendala yang dapat menghambat dalam mentaati peraturan perundangan di berbagai lingkungan.
2.            Mengamati dan menjelaskan tentang kendala-kendala yang dapat menghambat dalam mentaati peraturan perundangan di berbagai lingkungan.
Mengomunikasikan
1.            Mengomunikasikan secara lisan tentang sebuah kejadian berlalu lintas yang mengakibatkan sebuah kecelakaan karena tidak membiasakan mentaati peraturan dalam berlalu lintas.
2.            Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang sebuah kejadian berlalu lintas yang mengakibatkan sebuah kecelakaan karena tidak membiasakan mentaati peraturan dalam berlalu lintas.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
BAB 4.
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.


2.4 Menghargai semangat dan komitmen Sumpah Pemuda dalam kehidupan bermasyarakat sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
3.4 Memahami norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
4.4 Menalar hasil telaah norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
1.               Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
2.               Arti Penting Keberagaman Konteks Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
3.               Menghargai Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
1.              Menyebutkan dan menerangkan norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
2.              Menyebutkan dan mendeskripsikan arti penting keberagaman konteks norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
3.              Menyebutkan cara menghargai norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang norma yang masih berlaku di lingkungan sekitar kalian.
Menanya
1.        Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang norma-norma yang ada di lingkungan mereka (seseorang yang tinggal di lingkungan sekitar kalian).

2.            Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang norma-norma yang ada di lingkungan mereka (seseorang yang tinggal di lingkungan sekitar kalian).
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang arti penting norma atau kebiasaan yang masih ada di masyarakat pedalaman.
Mengasosiasi
1.            Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang cara menghargai norma dan kebiasaan yang ada di sekitar kalian.
2.            Mengamati dan menjelaskan tentang cara menghargai norma dan kebiasaan yang ada di sekitar kalian.
Mengomunikasikan
1.            Mengomunikasikan secara lisan tentang cara mengahargai keberagaman norma dan kebiasaan yang ada di lingkungan sekolah kalian.
2.            Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang cara mengahargai keberagaman norma dan kebiasaan yang ada di lingkungan sekolah kalian.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.



                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      …………………………, 20..
Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran





NIP......................                                                                                                                                                                                                                                                                                                               NIP.................................














BAB 1.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   : ..............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester     : VIII/ 1.
Alokasi Waktu         :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
3.1 Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1 Menalar nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.   menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa,
2.   memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, serta
3.   menalar nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.
2.   Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.
3.   Membiasakan Perilaku sesuai Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang perilaku masyarakat sekarang ini! Apakah perilaku masyarakat di sekitar kalian menjunjung nilai Pancasila! Tuliskan perilaku menyimpang dari ajaran Pancasila di sekitar kalian.
Menanya
1.   Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang kenapa Pancasila memiliki kedudukan sebagai dasar negara.
2.   Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang kenapa Pancasila memiliki kedudukan sebagai dasar negara.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang perilaku masyarakat di sekitar kalian, apakah perilaku tersebut menyimpang dari nilai-nilai Pancasila.
Mengasosiasi
1.   Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang sebuah sikap mengenai membiasakan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan.
2.   Mengamati dan menjelaskan tentang sebuah sikap mengenai membiasakan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan.
Mengomunikasikan
1.   Mengomunikasikan secara lisan tentang sebuah kasus gambaran seseorang yang menerapkan perilaku di masyarakat yang sesuai dengan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
2.   Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang sebuah kasus gambaran seseorang yang menerapkan perilaku di masyarakat yang sesuai dengan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

SUMBER BELAJAR
1.   Buku paket.
2.   Buku LKS.
3.   Buku referensi lain yang relevan.
4.   Informasi dari media massa dan internet.

PENILAIAN
1.   Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.   Instrumen/ soal:
a.   Tes pilihan ganda.
b.   Tes uraian.
c.   Penugasan.




                                                                                                                            


BAB 2.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   : ..............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester     : VIII/ 1.
Alokasi Waktu         :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.2 Menghargai semangat kebangsaan dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional negara kebangsaan.
3.2 Memahami fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.2 Menyaji hasil telaah fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.   menghargai semangat kebangsaan dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional negara kebangsaan,
2.   memahami fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta
3.   menyaji hasil telaah fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Lembaga Negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.   Memahami Hubungan Antarlembaga Negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.   Sikap Positif terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang lembaga negara yang ada di Indonesia apakah sudah sesuai dengan UUD 1945.
Menanya
1.   Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang lembaga yang ada di Indonesia yang berdasarkan ketentuan UUD 1945.
2.   Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang lembaga yang ada di Indonesia yang berdasarkan ketentuan UUD 1945.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang hubungan antarlembaga yang ada di Pemerintahan Indonesia, apakah sudah sesuai dengan Undang-Undang 1945 yang ada di Indonesia.
Mengasosiasi
1.   Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang sikap positif masyarakat terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia.
2.   Mengamati dan menjelaskan tentang sikap positif masyarakat terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia.
Mengomunikasikan
1.   Mengomunikasikan secara lisan tentang sikap apa saja yang ada di lingkungan masyarakat, bahkan lingkungan sekolah yang sudah sesuai dengan sikap positif terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia.
2.   Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang sikap apa saja yang ada di lingkungan masyarakat, bahkan lingkungan sekolah yang sudah sesuai dengan sikap positif terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia.

SUMBER BELAJAR
1.   Buku paket.
2.   Buku LKS.
3.   Buku referensi lain yang relevan.
4.   Informasi dari media massa dan internet.

PENILAIAN
1.   Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.   Instrumen/ soal:
a.   Tes pilihan ganda.
b.   Tes uraian.
c.   Penugasan.



                                                                                                                            

BAB 3.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   : ..............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester     : VIII/ 1.
Alokasi Waktu         :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.3 Menghargai sikap kebersamaan dalam keberagaman masyarakat sekitar.
3.3 Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.
4.3 Menyaji hasil telaah tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.   menghargai sikap kebersamaan dalam keberagaman masyarakat sekitar,
2.   memahami tata urutan peraturan perundang-undangan nasional, dan
3.   menyaji hasil telaah tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Makna Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia.
2.   Proses Pembuatan Peraturan Perundang-Undangan Indonesia.
3.   Ketaatan terhadap Peraturan Perundangan.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang aturan yang ada di Indonesia, apakah sudah sesuai dengan tata urutan peraturan undang-undang.
Menanya
1.   Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang makna tata urutan peraturan yang ada di Indonesia.
2.   Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang makna tata urutan peraturan yang ada di Indonesia.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang perbandingan antara tata urutan peraturan perundang-undangan dahulu pada tahun 1945 dengan tahun sekarang ini, apakah ada perbedaannya.
Mengasosiasi
1.   Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang kendala-kendala yang dapat menghambat dalam mentaati peraturan perundangan di berbagai lingkungan.
2.   Mengamati dan menjelaskan tentang kendala-kendala yang dapat menghambat dalam mentaati peraturan perundangan di berbagai lingkungan.
Mengomunikasikan
1.   Mengomunikasikan secara lisan tentang sebuah kejadian berlalu lintas yang mengakibatkan sebuah kecelakaan karena tidak membiasakan mentaati peraturan dalam berlalu lintas.
2.   Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang sebuah kejadian berlalu lintas yang mengakibatkan sebuah kecelakaan karena tidak membiasakan mentaati peraturan dalam berlalu lintas.

SUMBER BELAJAR
1.   Buku paket.
2.   Buku LKS.
3.   Buku referensi lain yang relevan.
4.   Informasi dari media massa dan internet.

PENILAIAN
1.   Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.   Instrumen/ soal:
a.   Tes pilihan ganda.
b.   Tes uraian.
c.   Penugasan.










                                                                                                                                               
BAB 4.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   : ..............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Kelas/ Semester     : VIII/ 1.
Alokasi Waktu         :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
2.4 Menghargai semangat dan komitmen Sumpah Pemuda dalam kehidupan bermasyarakat sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928.
3.4 Memahami norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
4.4 Menalar hasil telaah norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.   menghargai semangat dan komitmen Sumpah Pemuda dalam kehidupan bermasyarakat sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928,
2.   memahami norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia, serta
3.   menalar hasil telaah norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
2.   Arti Penting Keberagaman Konteks Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.
3.   Menghargai Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang norma yang masih berlaku di lingkungan sekitar kalian.
Menanya
1.   Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang norma-norma yang ada di lingkungan mereka (seseorang yang tinggal di lingkungan sekitar kalian).
2.   Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang norma-norma yang ada di lingkungan mereka (seseorang yang tinggal di lingkungan sekitar kalian).
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang arti penting norma atau kebiasaan yang masih ada di masyarakat pedalaman.
Mengasosiasi
1.   Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang cara menghargai norma dan kebiasaan yang ada di sekitar kalian.
2.   Mengamati dan menjelaskan tentang cara menghargai norma dan kebiasaan yang ada di sekitar kalian.
Mengomunikasikan
1.   Mengomunikasikan secara lisan tentang cara mengahargai keberagaman norma dan kebiasaan yang ada di lingkungan sekolah kalian.
2.   Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang cara mengahargai keberagaman norma dan kebiasaan yang ada di lingkungan sekolah kalian.

SUMBER BELAJAR
1.   Buku paket.
2.   Buku LKS.
3.   Buku referensi lain yang relevan.
4.   Informasi dari media massa dan internet.

PENILAIAN
1.   Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.   Instrumen/ soal:
a.   Tes pilihan ganda.
b.   Tes uraian.
c.   Penugasan.


                                                                                                                             …………………………, 20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                    Guru Mata Pelajaran




 
NIP.                                                                                                                       NIP.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pertanyaan dan jawaban tentang manajemen proyek

TUGAS   TEKNI PERENCANAAN DAN EVALUASI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Tekni perencanaan dan evaluasi Disusun Oleh :        Budianoor NPM : 10.12.02183 Semester : 7 (Tujuh) A Eksekutif SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI (STIA) AMUNTAI TAHUN AKADEMIK 2013 BAB 1 Soal-Soal 1.       Dalam manajemen proyek, ada hubungan sebab akibat dari suatu tindakan manajemen. Dari daftar efek dan sebab berikut carilah pasangannya. Efek - Keterlambatan penyelesaian aktivitas dalam proyek - Pembengkakan biaya proyek - Konflik antar personal proyek Sebab -    Tidak ada orang khusus untuk menangani proyek -   Desain yang kurang bagus -   Pembuatan jadwal yang tidak realistis 2.       Sebutkan ciri-ciri proyek. 3.       Terangkan bagaimana cara munculnya proyek. Beri contoh. 4.       Jelaskan segitiga project constraint. 5.       Apa perbedaan antara ukuran dan kompleksitas proyek. Jawab : 1.     Pasangan efek

CONTOH PROPOSAL MAULID AL-HABSYI

PERSATUAN MAULID AL-HABSYI “ DARUL MUKHLISIN ” DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor                         : 03/BJP-BLG/2014                                                                              Halong, 06 Juli 2014 Lampiran         : 1 (satu) berkas Perihal                         : Mohon Bantuan Keuangan Untuk perlengkapan maulid Al-habsyi Kepada Yth, PIMPINAN PT. ATA Di – Halong Asslamu’alaikum Wr. Wb. Dengan Hormat, Kami dari Persatuan Maulid Al-Habsyi “DARUL MUKHLISIN” Ds. Binjai punggal Rt.II Kec.Halong Kab. Balangan mengajukan permohonan kepada Bapak kiranya dapat memberikan bantuan dana untuk perbaikan dan penggantian alat-alat yang hampir tidak layak lagi untuk dipakai. Dan perlu Bapak ketahui bahwa Persatuan Maulid ini sudah dibentuk sejak tahun 2006 atau sudah berusia 8 tahun jadi hampir 80% peralatan yang ada sudah tidak layak pakai. Bantuan yang akan Bapak berikan sangat berarti bagi kelancaran kegi

Proposal Prmohonan Bibit jagung

PROPOSAL KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN TAHUN   201 5 KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL RT.02 KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor      : 04/BJP/HLG/2015 Lampiran : 1 ( satu ) berkas Perihal      : mohon bantuan Bibit jagung,Pupuk dan perlengkapan lainnya                                    Kepada Yth.                  BAPAK KEPALA DINAS PER IKANAN       KABUPATEN BALANGAN                     di -   tempat Assalamu’alaikum Wr.Wb Salam silaturrahmi kami semua, teriring Do’a semoga Bapak senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan sukses selalu dalam menjalankan tugas sehari-hari Amein. Sehubung dengan potensi yang dimiliki Desa Binjai Punggal untuk pengembangan sektur pertanian serta untuk pembangunan daerah kabupaten Balangan, maka kami dari kelompok tani “LULUTUNG INDAH” Desa Binjai Punggal Kecamatan Halong Kabupaten Balangan bermaksu