Langsung ke konten utama

PERANGKAT SENI BUDAYA VII KUR 13 PK-Q-I



PROGRAM TAHUNAN (PROTA)

Sekolah                    : SMP/ MTs ....................
Mata Pelajaran          : Seni Budaya.
Kelas/ Semester       : VII/ 1.

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
Keterangan
3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
Semester 1.
BAB 1. Seni Rupa.
3.1  Memahami unsur, prinsip, teknik, dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda dengan berbagai bahan.
3.2  Memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias.
4.1  Menggambar flora, fauna, dan alam benda.
4.2  Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias.
1. Menggambar Flora, Fauna, dan Benda Alam dengan Berbagai Bahan.
2. Menggambar Ragam Hias.
... × Jam Pelajaran (JP).

BAB 2. Seni Musik.
3.1  Memahami konsep dasar bernyanyi satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono.
3.2  Memahami dasar bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok.
4.1  Menyanyikan lagu dengan satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono.
4.2  Menyanyikan lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal.
1. Bernyanyi Satu Suara secara Berkelompok.
2. Bernyanyi Dua Suara secara Berkelompok.
... × Jam Pelajaran (JP).

BAB 3. Seni Tari.
3.1  Memahami gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu, dan tenaga.
3.2  Memahami gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan.
4.1  Memeragakan gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu, dan tenaga.
4.2  Memeragakan gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan.
1. Elemen Gerak Tari.
2. Gerak Tari sesuai Iringan.
... × Jam Pelajaran (JP).

BAB 4. Seni Teater.
3.1  Memahami konsep, teknik dan prosedur dasar seni peran untuk pementasan fragmen.
3.2  Memahami teknik menyusun naskah fragmen.
4.1  Memeragakan adegan fragmen sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran.
4.2  Menyusun naskah sesuai kaidah pementasan fragmen.
1. Dasar Seni Peran Pementasan Fragmen.
2. Naskah Pementasan Fragmen.
... × Jam Pelajaran (JP).



                                                                                                                             …………………………, 20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                        Guru Mata Pelajaran






 
NIP.                                                                                                                       NIP.



PROGRAM SEMESTER

Sekolah                    : SMP/ MTs ....................
Mata Pelajaran          : Seni Budaya.
Kelas/ Semester       : VII/ 1.
Kompetensi Inti
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 1.
3.1  Memahami unsur, prinsip, teknik, dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda dengan berbagai bahan.
3.2  Memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias.
4.1  Menggambar flora, fauna, dan alam benda.
4.2  Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias.
1.   Menyebutkan dan menjelaskan mengenai menggambar flora, fauna, dan benda alam dengan berbagai bahan.
2.   Menyebutkan dan menguraikan tentang menggambar ragam hias.
1. Menggambar Flora, Fauna, dan Benda Alam dengan Berbagai Bahan.
2. Menggambar Ragam Hias.
... × Jam Pelajaran (JP).































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      …………………………, 20..
Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran






 
NIP.                                                                                                                                                                                                                       NIP.

PROGRAM SEMESTER

Sekolah                    : SMP/ MTs ....................
Mata Pelajaran          : Seni Budaya.
Kelas/ Semester       : VII/ 1.
Kompetensi Inti
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 2.
3.1  Memahami konsep dasar bernyanyi satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono.
3.2  Memahami dasar bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok.
4.1  Menyanyikan lagu dengan satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono.
4.2  Menyanyikan lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal.
1.   Mengidentifikasi dan menerangkan tentang bernyanyi satu suara secara berkelompok.
2.   Menyebutkan dan menjelaskan mengenai bernyanyi dua suara secara berkelompok.
1. Bernyanyi Satu Suara secara Berkelompok.
2. Bernyanyi Dua Suara secara Berkelompok.
... × Jam Pelajaran (JP).

































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      …………………………, 20..
Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran






 
NIP.                                                                                                                                                                                                                       NIP.

PROGRAM SEMESTER

Sekolah                    : SMP/ MTs ....................
Mata Pelajaran          : Seni Budaya.
Kelas/ Semester       : VII/ 1.
Kompetensi Inti
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 3.
3.1  Memahami gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu, dan tenaga.
3.2  Memahami gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan.
4.1  Memeragakan gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu, dan tenaga.
4.2  Memeragakan gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan.
1.   Menyebutkan dan menerangkan tentang elemen gerak tari.
2.   Menyebutkan dan menguraikan tentang gerak tari sesuai iringan.
1. Elemen Gerak Tari.
2. Gerak Tari sesuai Iringan.
... × Jam Pelajaran (JP).



































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      …………………………, 20..
Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran







 
NIP.                                                                                                                                                                                                                       NIP.

PROGRAM SEMESTER

Sekolah                    : SMP/ MTs ....................
Mata Pelajaran          : Seni Budaya.
Kelas/ Semester       : VII/ 1.
Kompetensi Inti
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
BAB 4.
3.1  Memahami konsep, teknik dan prosedur dasar seni peran untuk pementasan fragmen.
3.2  Memahami teknik menyusun naskah fragmen.
4.1  Memeragakan adegan fragmen sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran.
4.2  Menyusun naskah sesuai kaidah pementasan fragmen.
1.   Menyebutkan dan menjelaskan mengenai dasar seni peran pementasan fragmen.
2.   Menerangkan tentang naskah pementasan fragmen.
1. Dasar Seni Peran Pementasan Fragmen.
2. Naskah Pementasan Fragmen.
... × Jam Pelajaran (JP).
































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      …………………………, 20..
Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran






 
NIP.                                                                                                                                                                                                                       NIP.



SILABUS DAN PENILAIAN

Sekolah                    : SMP/ MTs ....................
Mata Pelajaran          : Seni Budaya.
Kelas/ Semester       : VII/ 1.
Kompetensi Inti
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
BAB 1.
3.1  Memahami unsur, prinsip, teknik, dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda dengan berbagai bahan.
3.2  Memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias.
4.1  Menggambar flora, fauna, dan alam benda.
4.2  Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias.
1. Menggambar Flora, Fauna, dan Benda Alam dengan Berbagai Bahan.
2. Menggambar Ragam Hias.
1. Menyebutkan dan menjelaskan mengenai menggambar flora, fauna, dan benda alam dengan berbagai bahan.
2. Menyebutkan dan menguraikan tentang menggambar ragam hias.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati gambar-gambar yang ada di sekitar kalian, manakah yang termasuk jenis gambar flora, fauna, dan benda alam? Lakukan pengamatan terhadap objek gambar yang ada pada gambar tersebut.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang hal-hal yang belum kalian pahami seputar objek menggambar.
2. Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang hal-hal yang belum kalian pahami seputar objek menggambar.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang informasi seputar teknik menggambar di media cetak atau elektronik.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang analisis informasi dari media cetak/ elektronik yang telah kalian dapatkan tersebut, kemudian gunakan hasilnya untuk menulis sebuah makalah atau artikel mengenai menggambar ragam hias.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang analisis informasi dari media cetak/ elektronik yang telah kalian dapatkan tersebut, kemudian gunakan hasilnya untuk menulis sebuah makalah atau artikel mengenai menggambar ragam hias.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan tentang presentasi makalah atau artikel kalian mengenai teknik menggambar ragam hias tersebut di depan kelas, kemudian kumpulkan kepada guru untuk dievaluasi.
2. Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang presentasi makalah atau artikel kalian mengenai teknik menggambar ragam hias tersebut di depan kelas, kemudian kumpulkan kepada guru untuk dievaluasi.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3.           Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
BAB 2.
3.1  Memahami konsep dasar bernyanyi satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono.
3.2  Memahami dasar bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok.
4.1  Menyanyikan lagu dengan satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono.
4.2  Menyanyikan lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal.
1. Bernyanyi Satu Suara secara Berkelompok.
2. Bernyanyi Dua Suara secara Berkelompok.
1. Mengidentifikasi dan menerangkan tentang bernyanyi satu suara secara berkelompok.
2. Menyebutkan dan menjelaskan mengenai bernyanyi dua suara secara berkelompok.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati dengan rutin dan seksama berbagai bentuk teknik vokal dalam bernyanyi yang dibawakan oleh para penyanyi Nusantara.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang teknik vokal.
2. Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang teknik vokal.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang informasi seputar teknik berlatih vokal di media cetak atau elektronik.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang analisis informasi dari media cetak/ elektronik tersebut, kemudian gunakan hasilnya untuk menulis sebuah makalah atau artikel mengenai teknik menyanyikan lagu dengan kelompok vokal.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang analisis informasi dari media cetak/ elektronik tersebut, kemudian gunakan hasilnya untuk menulis sebuah makalah atau artikel mengenai teknik menyanyikan lagu dengan kelompok vokal.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan tentang hubungan antara teknik vokal dengan bermain musik menggunakan kelompok vokal tersebut. Kemudian, kumpulkan kepada guru untuk dievaluasi.
2. Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang hubungan antara teknik vokal dengan bermain musik menggunakan kelompok vokal tersebut. Kemudian, kumpulkan kepada guru untuk dievaluasi.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3.           Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
BAB 3.
3.1  Memahami gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu, dan tenaga.
3.2  Memahami gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan.
4.1  Memeragakan gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu, dan tenaga.
4.2  Memeragakan gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan.
1. Elemen Gerak Tari.
2. Gerak Tari sesuai Iringan.
1. Menyebutkan dan menerangkan tentang elemen gerak tari.
2. Menyebutkan dan menguraikan tentang gerak tari sesuai iringan.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati gerak setiap penari dalam melakukan tariannya, unsur-unsur apakah yang menonjol terdapat pada gerakan penari saat menari?
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang hal-hal yang belum kalian pahami seputar ruang, waktu, dan tenaga dalam seni tari.
2. Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang hal-hal yang belum kalian pahami seputar ruang, waktu, dan tenaga dalam seni tari.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang informasi seputar ruang, waktu, dan tenaga, dalam seni tari di media massa atau internet.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang analisis informasi dari media massa/ internet yang telah kalian kumpulkan, kemudian gunakan hasilnya untuk menulis sebuah makalah atau artikel mengenai gerak tari dan iringan.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang analisis informasi dari media massa/ internet yang telah kalian kumpulkan, kemudian gunakan hasilnya untuk menulis sebuah makalah atau artikel mengenai gerak tari dan iringan.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan tentang presentasi makalah atau artikel kalian mengenai melakukan gerak tari sesuai iringan yang telah kalian susun di depan kelas secara lisan, kemudian kumpulkan kepada guru untuk dievaluasi.
2. Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang presentasi makalah atau artikel kalian mengenai melakukan gerak tari sesuai iringan yang telah kalian susun di depan kelas secara lisan, kemudian kumpulkan kepada guru untuk dievaluasi.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3.           Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
BAB 4.
3.1  Memahami konsep, teknik dan prosedur dasar seni peran untuk pementasan fragmen.
3.2  Memahami teknik menyusun naskah fragmen.
4.1  Memeragakan adegan fragmen sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran.
4.2  Menyusun naskah sesuai kaidah pementasan fragmen.
1. Dasar Seni Peran Pementasan Fragmen.
2. Naskah Pementasan Fragmen.
1. Menyebutkan dan menjelaskan mengenai dasar seni peran pementasan fragmen.
2. Menerangkan tentang naskah pementasan fragmen.
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati seni peran melalu berbagai media di sekitar kalian, kemudian temukan unsur-unsur yang terdapat pada seni peran.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang hal-hal yang belum kalian pahami mengenai teknik dalam teater atau seni peran.
2. Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang hal-hal yang belum kalian pahami mengenai teknik dalam teater atau seni peran.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang informasi seputar teknik akting teater mencakup teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah vokal di media massa atau internet. Kemudian lakukan studi mengenai prosedur dalam pementasan fragmen.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang teknik penyusunan dialog dalam naskah fragmen atau teater, kemudian konsultasikan hasilnya dengan gurumu di kelas.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang teknik penyusunan dialog dalam naskah fragmen atau teater, kemudian konsultasikan hasilnya dengan gurumu di kelas.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan tentang memperagakan dialog dalam naskah fragmen atau teater. Lakukan dengan teknik yang benar sesuai dengan kaidah pementasan fragmen seperti yang telah kalian pelajari.
2. Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang memperagakan dialog dalam naskah fragmen atau teater. Lakukan dengan teknik yang benar sesuai dengan kaidah pementasan fragmen seperti yang telah kalian pelajari.
Kuis dan tugas individu.
Pertanyaan lisan dan tes tertulis.
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3.           Penugasan.
... × Jam Pelajaran (JP).
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.







                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      …………………………, 20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran







 
NIP.                                                                                                                                                                                                                       NIP.


BAB 1.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                    : SMP/ MTs ....................
Mata Pelajaran          : Seni Budaya.
Kelas/ Semester       : VII/ 1.
Alokasi Waktu          : ... × Jam Pelajaran (JP).

KOMPETENSI INTI
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR
3.1  Memahami unsur, prinsip, teknik, dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda dengan berbagai bahan.
3.2  Memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias.
4.1  Menggambar flora, fauna, dan alam benda.
4.2  Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.    menyebutkan dan menjelaskan mengenai menggambar flora, fauna, dan benda alam dengan berbagai bahan, serta
2.    menyebutkan dan menguraikan tentang menggambar ragam hias.

MATERI PEMBELAJARAN
1.    Menggambar Flora, Fauna, dan Benda Alam dengan Berbagai Bahan.
2.    Menggambar Ragam Hias.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati gambar-gambar yang ada di sekitar kalian, manakah yang termasuk jenis gambar flora, fauna, dan benda alam? Lakukan pengamatan terhadap objek gambar yang ada pada gambar tersebut.
Menanya
1.    Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang hal-hal yang belum kalian pahami seputar objek menggambar.
2.    Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang hal-hal yang belum kalian pahami seputar objek menggambar.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang informasi seputar teknik menggambar di media cetak atau elektronik.
Mengasosiasi
1.    Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang analisis informasi dari media cetak/ elektronik yang telah kalian dapatkan tersebut, kemudian gunakan hasilnya untuk menulis sebuah makalah atau artikel mengenai menggambar ragam hias.
2.    Mengamati dan menjelaskan tentang analisis informasi dari media cetak/ elektronik yang telah kalian dapatkan tersebut, kemudian gunakan hasilnya untuk menulis sebuah makalah atau artikel mengenai menggambar ragam hias.
Mengomunikasikan
1.    Mengomunikasikan secara lisan tentang presentasi makalah atau artikel kalian mengenai teknik menggambar ragam hias tersebut di depan kelas, kemudian kumpulkan kepada guru untuk dievaluasi.
2.    Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang presentasi makalah atau artikel kalian mengenai teknik menggambar ragam hias tersebut di depan kelas, kemudian kumpulkan kepada guru untuk dievaluasi.

SUMBER BELAJAR
1.    Buku paket.
2.    Buku LKS.
3.    Buku referensi lain yang relevan.
4.    Informasi dari media massa dan internet.

PENILAIAN
1.    Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.    Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.    Instrumen/ soal:
a.    Tes pilihan ganda.
b.    Tes uraian.
c.    Penugasan.

                                                                                                                             …………………………, 20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                        Guru Mata Pelajaran




 
NIP.                                                                                                                       NIP.

BAB 2.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                    : SMP/ MTs ....................
Mata Pelajaran          : Seni Budaya.
Kelas/ Semester        : VII/ 1.
Alokasi Waktu          : ... × Jam Pelajaran (JP).

KOMPETENSI INTI
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR
3.1  Memahami konsep dasar bernyanyi satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono.
3.2  Memahami dasar bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok.
4.1  Menyanyikan lagu dengan satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono.
4.2  Menyanyikan lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.    mengidentifikasi dan menerangkan tentang bernyanyi satu suara secara berkelompok, serta
2.    menyebutkan dan menjelaskan mengenai bernyanyi dua suara secara berkelompok.

MATERI PEMBELAJARAN
1.    Bernyanyi Satu Suara secara Berkelompok.
2.    Bernyanyi Dua Suara secara Berkelompok.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati dengan rutin dan seksama berbagai bentuk teknik vokal dalam bernyanyi yang dibawakan oleh para penyanyi Nusantara.
Menanya
1.    Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang teknik vokal.
2.    Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang teknik vokal.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang informasi seputar teknik berlatih vokal di media cetak atau elektronik.
Mengasosiasi
1.    Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang analisis informasi dari media cetak/ elektronik tersebut, kemudian gunakan hasilnya untuk menulis sebuah makalah atau artikel mengenai teknik menyanyikan lagu dengan kelompok vokal.
2.    Mengamati dan menjelaskan tentang analisis informasi dari media cetak/ elektronik tersebut, kemudian gunakan hasilnya untuk menulis sebuah makalah atau artikel mengenai teknik menyanyikan lagu dengan kelompok vokal.
Mengomunikasikan
1.    Mengomunikasikan secara lisan tentang hubungan antara teknik vokal dengan bermain musik menggunakan kelompok vokal tersebut. Kemudian, kumpulkan kepada guru untuk dievaluasi.
2.    Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang hubungan antara teknik vokal dengan bermain musik menggunakan kelompok vokal tersebut. Kemudian, kumpulkan kepada guru untuk dievaluasi.

SUMBER BELAJAR
1.    Buku paket.
2.    Buku LKS.
3.    Buku referensi lain yang relevan.
4.    Informasi dari media massa dan internet.

PENILAIAN
1.    Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.    Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.    Instrumen/ soal:
a.    Tes pilihan ganda.
b.    Tes uraian.
c.    Penugasan.


                                                                                                                             …………………………, 20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                        Guru Mata Pelajaran




 
NIP.                                                                                                                       NIP.

BAB 3.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                    : SMP/ MTs ....................
Mata Pelajaran          : Seni Budaya.
Kelas/ Semester       : VII/ 1.
Alokasi Waktu          : ... × Jam Pelajaran (JP).

KOMPETENSI INTI
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR
3.1  Memahami gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu, dan tenaga.
3.2  Memahami gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan.
4.1  Memeragakan gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu, dan tenaga.
4.2  Memeragakan gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.    menyebutkan dan menerangkan tentang elemen gerak tari, serta
2.    menyebutkan dan menguraikan tentang gerak tari sesuai iringan.

MATERI PEMBELAJARAN
1.    Elemen Gerak Tari.
2.    Gerak Tari sesuai Iringan.

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati gerak setiap penari dalam melakukan tariannya, unsur-unsur apakah yang menonjol terdapat pada gerakan penari saat menari?
Menanya
1.    Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang hal-hal yang belum kalian pahami seputar ruang, waktu, dan tenaga dalam seni tari.
2.    Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang hal-hal yang belum kalian pahami seputar ruang, waktu, dan tenaga dalam seni tari.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang informasi seputar ruang, waktu, dan tenaga, dalam seni tari di media massa atau internet.
Mengasosiasi
1.    Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang analisis informasi dari media massa/ internet yang telah kalian kumpulkan, kemudian gunakan hasilnya untuk menulis sebuah makalah atau artikel mengenai gerak tari dan iringan.
2.    Mengamati dan menjelaskan tentang analisis informasi dari media massa/ internet yang telah kalian kumpulkan, kemudian gunakan hasilnya untuk menulis sebuah makalah atau artikel mengenai gerak tari dan iringan.
Mengomunikasikan
1.    Mengomunikasikan secara lisan tentang presentasi makalah atau artikel kalian mengenai melakukan gerak tari sesuai iringan yang telah kalian susun di depan kelas secara lisan, kemudian kumpulkan kepada guru untuk dievaluasi.
2.    Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang presentasi makalah atau artikel kalian mengenai melakukan gerak tari sesuai iringan yang telah kalian susun di depan kelas secara lisan, kemudian kumpulkan kepada guru untuk dievaluasi.

SUMBER BELAJAR
1.    Buku paket.
2.    Buku LKS.
3.    Buku referensi lain yang relevan.
4.    Informasi dari media massa dan internet.

PENILAIAN
1.    Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.    Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.    Instrumen/ soal:
a.    Tes pilihan ganda.
b.    Tes uraian.
c.    Penugasan.

                                                                                                                             …………………………, 20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                        Guru Mata Pelajaran



 
NIP.                                                                                                                       NIP.

BAB 4.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                    : SMP/ MTs ....................
Mata Pelajaran          : Seni Budaya.
Kelas/ Semester        : VII/ 1.
Alokasi Waktu          : ... × Jam Pelajaran (JP).

KOMPETENSI INTI
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
KOMPETENSI DASAR
3.1  Memahami konsep, teknik dan prosedur dasar seni peran untuk pementasan fragmen.
3.2  Memahami teknik menyusun naskah fragmen.
4.1  Memeragakan adegan fragmen sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran.
4.2  Menyusun naskah sesuai kaidah pementasan fragmen.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1.    menyebutkan dan menjelaskan mengenai dasar seni peran pementasan fragmen, serta
2.    menerangkan tentang naskah pementasan fragmen.
MATERI PEMBELAJARAN
1.    Dasar Seni Peran Pementasan Fragmen.
2.    Naskah Pementasan Fragmen.
METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati seni peran melalu berbagai media di sekitar kalian, kemudian temukan unsur-unsur yang terdapat pada seni peran.
Menanya
1.    Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang hal-hal yang belum kalian pahami mengenai teknik dalam teater atau seni peran.
2.    Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya tentang hal-hal yang belum kalian pahami mengenai teknik dalam teater atau seni peran.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang informasi seputar teknik akting teater mencakup teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah vokal di media massa atau internet. Kemudian lakukan studi mengenai prosedur dalam pementasan fragmen.
Mengasosiasi
1.    Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang teknik penyusunan dialog dalam naskah fragmen atau teater, kemudian konsultasikan hasilnya dengan gurumu di kelas.
2.    Mengamati dan menjelaskan tentang teknik penyusunan dialog dalam naskah fragmen atau teater, kemudian konsultasikan hasilnya dengan gurumu di kelas.
Mengomunikasikan
1.    Mengomunikasikan secara lisan tentang memperagakan dialog dalam naskah fragmen atau teater. Lakukan dengan teknik yang benar sesuai dengan kaidah pementasan fragmen seperti yang telah kalian pelajari.
2.    Membuat laporan secara tertulis hasil studi pengamatan tentang memperagakan dialog dalam naskah fragmen atau teater. Lakukan dengan teknik yang benar sesuai dengan kaidah pementasan fragmen seperti yang telah kalian pelajari.
SUMBER BELAJAR
1.    Buku paket.
2.    Buku LKS.
3.    Buku referensi lain yang relevan.
4.    Informasi dari media massa dan internet.
PENILAIAN
1.    Teknik/ jenis: kuis dan tugas individu.
2.    Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.    Instrumen/ soal:
a.    Tes pilihan ganda.
b.    Tes uraian.
c.    Penugasan.



                                                                                                                             …………………………, 20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                        Guru Mata Pelajaran





 
NIP.                                                                                                                       NIP.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pertanyaan dan jawaban tentang manajemen proyek

TUGAS   TEKNI PERENCANAAN DAN EVALUASI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Tekni perencanaan dan evaluasi Disusun Oleh :        Budianoor NPM : 10.12.02183 Semester : 7 (Tujuh) A Eksekutif SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI (STIA) AMUNTAI TAHUN AKADEMIK 2013 BAB 1 Soal-Soal 1.       Dalam manajemen proyek, ada hubungan sebab akibat dari suatu tindakan manajemen. Dari daftar efek dan sebab berikut carilah pasangannya. Efek - Keterlambatan penyelesaian aktivitas dalam proyek - Pembengkakan biaya proyek - Konflik antar personal proyek Sebab -    Tidak ada orang khusus untuk menangani proyek -   Desain yang kurang bagus -   Pembuatan jadwal yang tidak realistis 2.       Sebutkan ciri-ciri proyek. 3.       Terangkan bagaimana cara munculnya proyek. Beri contoh. 4.       Jelaskan segitiga project constraint. 5.       Apa perbedaan antara ukuran dan kompleksitas proyek. Jawab : 1.     Pasangan efek

CONTOH PROPOSAL MAULID AL-HABSYI

PERSATUAN MAULID AL-HABSYI “ DARUL MUKHLISIN ” DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor                         : 03/BJP-BLG/2014                                                                              Halong, 06 Juli 2014 Lampiran         : 1 (satu) berkas Perihal                         : Mohon Bantuan Keuangan Untuk perlengkapan maulid Al-habsyi Kepada Yth, PIMPINAN PT. ATA Di – Halong Asslamu’alaikum Wr. Wb. Dengan Hormat, Kami dari Persatuan Maulid Al-Habsyi “DARUL MUKHLISIN” Ds. Binjai punggal Rt.II Kec.Halong Kab. Balangan mengajukan permohonan kepada Bapak kiranya dapat memberikan bantuan dana untuk perbaikan dan penggantian alat-alat yang hampir tidak layak lagi untuk dipakai. Dan perlu Bapak ketahui bahwa Persatuan Maulid ini sudah dibentuk sejak tahun 2006 atau sudah berusia 8 tahun jadi hampir 80% peralatan yang ada sudah tidak layak pakai. Bantuan yang akan Bapak berikan sangat berarti bagi kelancaran kegi

Proposal Prmohonan Bibit jagung

PROPOSAL KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN TAHUN   201 5 KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL RT.02 KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor      : 04/BJP/HLG/2015 Lampiran : 1 ( satu ) berkas Perihal      : mohon bantuan Bibit jagung,Pupuk dan perlengkapan lainnya                                    Kepada Yth.                  BAPAK KEPALA DINAS PER IKANAN       KABUPATEN BALANGAN                     di -   tempat Assalamu’alaikum Wr.Wb Salam silaturrahmi kami semua, teriring Do’a semoga Bapak senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan sukses selalu dalam menjalankan tugas sehari-hari Amein. Sehubung dengan potensi yang dimiliki Desa Binjai Punggal untuk pengembangan sektur pertanian serta untuk pembangunan daerah kabupaten Balangan, maka kami dari kelompok tani “LULUTUNG INDAH” Desa Binjai Punggal Kecamatan Halong Kabupaten Balangan bermaksu