PERANGKAT SENI BUDAYA VII KUR 13 PK-Q-I
PROGRAM TAHUNAN
(PROTA)
Sekolah : SMP/
MTs ....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya.
Kelas/ Semester : VII/ 1.
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
|
Semester 1.
BAB 1. Seni Rupa.
3.1 Memahami unsur, prinsip, teknik, dan prosedur menggambar flora,
fauna, dan alam benda dengan berbagai bahan.
3.2 Memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna,
dan bentuk geometrik menjadi ragam hias.
4.1 Menggambar flora, fauna, dan alam benda.
4.2 Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi
ragam hias.
|
1. Menggambar Flora, Fauna, dan Benda Alam
dengan Berbagai Bahan.
2. Menggambar Ragam Hias.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
BAB 2. Seni
Musik.
3.1 Memahami
konsep dasar bernyanyi satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono.
3.2 Memahami
dasar bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok.
4.1 Menyanyikan
lagu dengan satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono.
4.2 Menyanyikan
lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal.
|
1. Bernyanyi Satu Suara
secara Berkelompok.
2. Bernyanyi Dua Suara secara Berkelompok.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
|
BAB 3. Seni Tari.
3.1 Memahami
gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu, dan tenaga.
3.2 Memahami
gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan.
4.1 Memeragakan
gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu, dan tenaga.
4.2 Memeragakan
gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan.
|
1. Elemen Gerak Tari.
2. Gerak Tari sesuai Iringan.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
|
BAB 4. Seni
Teater.
3.1 Memahami
konsep, teknik dan prosedur dasar seni peran untuk pementasan fragmen.
3.2 Memahami
teknik menyusun naskah fragmen.
4.1 Memeragakan
adegan fragmen sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran.
4.2 Menyusun
naskah sesuai kaidah pementasan fragmen.
|
1. Dasar Seni Peran
Pementasan Fragmen.
2. Naskah Pementasan Fragmen.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
…………………………,
20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Sekolah :
SMP/ MTs ....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya.
Kelas/ Semester : VII/ 1.
Kompetensi Inti
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
BAB
1.
3.1 Memahami unsur, prinsip,
teknik, dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda dengan berbagai
bahan.
3.2 Memahami prinsip dan
prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam
hias.
4.1 Menggambar flora, fauna, dan
alam benda.
4.2 Menggambar gubahan flora,
fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias.
|
1. Menyebutkan
dan menjelaskan mengenai menggambar flora, fauna, dan benda alam dengan
berbagai bahan.
2. Menyebutkan
dan menguraikan tentang menggambar ragam hias.
|
1. Menggambar Flora, Fauna, dan Benda Alam dengan
Berbagai Bahan.
2. Menggambar
Ragam Hias.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………………………,
20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Sekolah :
SMP/ MTs ....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya.
Kelas/ Semester : VII/ 1.
Kompetensi Inti
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
BAB 2.
3.1 Memahami konsep dasar bernyanyi satu suara
secara berkelompok dalam bentuk unisono.
3.2 Memahami dasar bernyanyi dengan dua suara
atau lebih secara berkelompok.
4.1 Menyanyikan lagu dengan satu suara secara
berkelompok dalam bentuk unisono.
4.2 Menyanyikan lagu dengan dua suara atau lebih
dalam bentuk kelompok vokal.
|
1. Mengidentifikasi
dan menerangkan tentang bernyanyi satu suara
secara berkelompok.
2. Menyebutkan
dan menjelaskan mengenai bernyanyi dua suara secara berkelompok.
|
1. Bernyanyi Satu Suara secara Berkelompok.
2. Bernyanyi Dua Suara secara Berkelompok.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………………………,
20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Sekolah :
SMP/ MTs ....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya.
Kelas/ Semester : VII/ 1.
Kompetensi Inti
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
BAB 3.
3.1 Memahami gerak tari
berdasarkan unsur ruang, waktu, dan tenaga.
3.2 Memahami gerak tari
berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan.
4.1 Memeragakan gerak tari
berdasarkan unsur ruang, waktu, dan tenaga.
4.2 Memeragakan gerak tari
berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan.
|
1. Menyebutkan
dan menerangkan tentang elemen gerak tari.
2. Menyebutkan
dan menguraikan tentang gerak tari sesuai iringan.
|
1. Elemen Gerak Tari.
2. Gerak Tari sesuai Iringan.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………………………,
20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Sekolah :
SMP/ MTs ....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya.
Kelas/ Semester : VII/ 1.
Kompetensi Inti
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
BAB 4.
3.1 Memahami konsep, teknik dan prosedur dasar
seni peran untuk pementasan fragmen.
3.2 Memahami teknik menyusun naskah fragmen.
4.1 Memeragakan adegan fragmen sesuai konsep,
teknik dan prosedur seni peran.
4.2 Menyusun naskah sesuai kaidah pementasan
fragmen.
|
1. Menyebutkan
dan menjelaskan mengenai dasar seni peran
pementasan fragmen.
2. Menerangkan
tentang naskah pementasan fragmen.
|
1. Dasar Seni Peran Pementasan Fragmen.
2. Naskah Pementasan Fragmen.
|
... × Jam Pelajaran (JP).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………………………,
20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
SILABUS DAN PENILAIAN
Sekolah : SMP/
MTs ....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya.
Kelas/ Semester : VII/ 1.
Kompetensi Inti
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat.
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
BAB 1.
3.1 Memahami unsur, prinsip, teknik, dan prosedur menggambar flora,
fauna, dan alam benda dengan berbagai bahan.
3.2 Memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna,
dan bentuk geometrik menjadi ragam hias.
4.1 Menggambar flora, fauna, dan alam benda.
4.2 Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi
ragam hias.
|
1. Menggambar
Flora, Fauna, dan Benda Alam dengan Berbagai Bahan.
2. Menggambar Ragam Hias.
|
1. Menyebutkan
dan menjelaskan mengenai menggambar flora, fauna, dan benda alam dengan
berbagai bahan.
2. Menyebutkan dan menguraikan
tentang menggambar ragam hias.
|
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan
menyimak dari audiovisual tentang mengamati gambar-gambar yang ada di sekitar
kalian, manakah yang termasuk jenis gambar flora, fauna, dan benda alam?
Lakukan pengamatan terhadap objek gambar yang ada pada gambar tersebut.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan
tentang hal-hal yang belum kalian pahami seputar objek menggambar.
2. Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber
belajar lainnya tentang hal-hal yang belum kalian pahami seputar objek
menggambar.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca
dan menyimak dari kajian tentang informasi seputar teknik menggambar di media
cetak atau elektronik.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan
kegiatan tentang analisis informasi dari media cetak/ elektronik yang telah
kalian dapatkan tersebut, kemudian gunakan hasilnya untuk menulis sebuah
makalah atau artikel mengenai menggambar ragam hias.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang analisis
informasi dari media cetak/ elektronik yang telah kalian dapatkan tersebut,
kemudian gunakan hasilnya untuk menulis sebuah makalah atau artikel mengenai
menggambar ragam hias.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan tentang
presentasi makalah atau artikel kalian mengenai teknik menggambar ragam hias
tersebut di depan kelas, kemudian kumpulkan kepada guru untuk dievaluasi.
2. Membuat laporan secara tertulis hasil studi
pengamatan tentang presentasi makalah atau artikel kalian mengenai teknik
menggambar ragam hias tersebut di depan kelas, kemudian kumpulkan kepada guru
untuk dievaluasi.
|
Kuis dan tugas individu.
|
Pertanyaan lisan
dan tes tertulis.
|
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
|
...
× Jam Pelajaran (JP).
|
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
|
BAB 2.
3.1 Memahami konsep dasar bernyanyi satu suara secara berkelompok
dalam bentuk unisono.
3.2 Memahami dasar bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara
berkelompok.
4.1 Menyanyikan lagu dengan satu suara secara berkelompok dalam
bentuk unisono.
4.2 Menyanyikan lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk
kelompok vokal.
|
1. Bernyanyi Satu Suara secara Berkelompok.
2. Bernyanyi Dua Suara secara Berkelompok.
|
1. Mengidentifikasi dan menerangkan tentang
bernyanyi satu suara secara berkelompok.
2. Menyebutkan
dan menjelaskan mengenai bernyanyi dua suara secara berkelompok.
|
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan
menyimak dari audiovisual tentang mengamati dengan rutin dan seksama berbagai
bentuk teknik vokal dalam bernyanyi yang dibawakan oleh para penyanyi
Nusantara.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan
tentang teknik vokal.
2. Melakukan konsultasi dengan
guru dan sumber belajar lainnya tentang teknik vokal.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca
dan menyimak dari kajian tentang informasi seputar teknik berlatih vokal di
media cetak atau elektronik.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan
kegiatan tentang analisis informasi dari media cetak/ elektronik tersebut,
kemudian gunakan hasilnya untuk menulis sebuah makalah atau artikel mengenai
teknik menyanyikan lagu dengan kelompok vokal.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang analisis
informasi dari media cetak/ elektronik tersebut, kemudian gunakan hasilnya
untuk menulis sebuah makalah atau artikel mengenai teknik menyanyikan lagu
dengan kelompok vokal.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan tentang
hubungan antara teknik vokal dengan bermain musik menggunakan kelompok vokal tersebut.
Kemudian, kumpulkan kepada guru untuk dievaluasi.
2. Membuat laporan secara tertulis hasil studi
pengamatan tentang hubungan antara teknik vokal dengan bermain musik
menggunakan kelompok vokal tersebut. Kemudian, kumpulkan kepada guru untuk
dievaluasi.
|
Kuis dan tugas individu.
|
Pertanyaan lisan
dan tes tertulis.
|
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
|
...
× Jam Pelajaran (JP).
|
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
|
BAB 3.
3.1 Memahami gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu, dan tenaga.
3.2 Memahami gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai
iringan.
4.1 Memeragakan gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu, dan
tenaga.
4.2 Memeragakan gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga
sesuai iringan.
|
1. Elemen
Gerak Tari.
2. Gerak Tari sesuai Iringan.
|
1. Menyebutkan
dan menerangkan tentang elemen gerak tari.
2. Menyebutkan dan menguraikan
tentang gerak tari sesuai iringan.
|
Mengamati
Melakukan
pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati gerak
setiap penari dalam melakukan tariannya, unsur-unsur apakah yang menonjol
terdapat pada gerakan penari saat menari?
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan
tentang hal-hal yang belum kalian pahami seputar ruang, waktu, dan tenaga
dalam seni tari.
2. Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber
belajar lainnya tentang hal-hal yang belum kalian pahami seputar ruang,
waktu, dan tenaga dalam seni tari.
Mengeksplorasi
Melakukan
studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang informasi seputar
ruang, waktu, dan tenaga, dalam seni tari di media massa atau internet.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan
kegiatan tentang analisis informasi dari media massa/ internet yang telah
kalian kumpulkan, kemudian gunakan hasilnya untuk menulis sebuah makalah atau
artikel mengenai gerak tari dan iringan.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang analisis
informasi dari media massa/ internet yang telah kalian kumpulkan, kemudian
gunakan hasilnya untuk menulis sebuah makalah atau artikel mengenai gerak
tari dan iringan.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan tentang
presentasi makalah atau artikel kalian mengenai melakukan gerak tari sesuai iringan yang telah
kalian susun di depan kelas secara lisan, kemudian kumpulkan kepada guru
untuk dievaluasi.
2. Membuat laporan secara tertulis hasil studi
pengamatan tentang presentasi makalah atau artikel kalian mengenai melakukan
gerak tari sesuai iringan yang telah kalian susun di depan kelas secara
lisan, kemudian kumpulkan kepada guru untuk dievaluasi.
|
Kuis dan tugas individu.
|
Pertanyaan lisan
dan tes tertulis.
|
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
|
...
× Jam Pelajaran (JP).
|
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
|
BAB 4.
3.1 Memahami konsep, teknik dan prosedur dasar seni peran untuk
pementasan fragmen.
3.2 Memahami teknik menyusun naskah fragmen.
4.1 Memeragakan adegan fragmen sesuai konsep, teknik dan prosedur
seni peran.
4.2 Menyusun naskah sesuai kaidah pementasan fragmen.
|
1. Dasar Seni Peran Pementasan Fragmen.
2. Naskah Pementasan Fragmen.
|
1. Menyebutkan dan menjelaskan mengenai dasar
seni peran pementasan fragmen.
2. Menerangkan tentang naskah pementasan
fragmen.
|
Mengamati
Melakukan
pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati seni
peran melalu berbagai media di sekitar kalian, kemudian temukan unsur-unsur
yang terdapat pada seni peran.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan
tentang hal-hal yang belum kalian
pahami mengenai teknik dalam teater atau seni peran.
2. Melakukan konsultasi dengan
guru dan sumber belajar lainnya tentang hal-hal yang belum kalian pahami mengenai teknik dalam teater atau
seni peran.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca
dan menyimak dari kajian tentang informasi seputar teknik akting teater
mencakup teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah vokal di media massa atau
internet. Kemudian lakukan studi mengenai prosedur dalam pementasan fragmen.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan
kegiatan tentang teknik penyusunan
dialog dalam naskah fragmen atau teater, kemudian konsultasikan hasilnya
dengan gurumu di kelas.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang teknik penyusunan dialog dalam naskah
fragmen atau teater, kemudian konsultasikan hasilnya dengan gurumu di kelas.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan tentang memperagakan dialog dalam naskah fragmen
atau teater. Lakukan dengan teknik yang benar sesuai dengan kaidah pementasan
fragmen seperti yang telah kalian pelajari.
2. Membuat laporan secara tertulis hasil studi
pengamatan tentang memperagakan
dialog dalam naskah fragmen atau teater. Lakukan dengan teknik yang benar
sesuai dengan kaidah pementasan fragmen seperti yang telah kalian pelajari.
|
Kuis dan tugas individu.
|
Pertanyaan lisan
dan tes tertulis.
|
1. Tes pilihan ganda.
2. Tes uraian.
3. Penugasan.
|
...
× Jam Pelajaran (JP).
|
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi dari media massa dan internet.
|
…………………………,
20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
BAB 1.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP/
MTs ....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya.
Kelas/ Semester : VII/ 1.
Alokasi Waktu :
... × Jam Pelajaran (JP).
KOMPETENSI INTI
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami
unsur, prinsip, teknik, dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda
dengan berbagai bahan.
3.2 Memahami
prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik
menjadi ragam hias.
4.1 Menggambar
flora, fauna, dan alam benda.
4.2 Menggambar
gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1. menyebutkan dan menjelaskan
mengenai menggambar flora, fauna, dan benda alam dengan berbagai bahan, serta
2. menyebutkan dan menguraikan
tentang menggambar ragam hias.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Menggambar
Flora, Fauna, dan Benda Alam dengan Berbagai Bahan.
2. Menggambar
Ragam Hias.
METODE PEMBELAJARAN
Informasi,
diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan
pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati
gambar-gambar yang ada di sekitar kalian, manakah yang termasuk jenis gambar
flora, fauna, dan benda alam? Lakukan pengamatan terhadap objek gambar yang ada
pada gambar tersebut.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan
tentang hal-hal yang belum kalian
pahami seputar objek menggambar.
2. Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber
belajar lainnya tentang hal-hal yang
belum kalian pahami seputar objek menggambar.
Mengeksplorasi
Melakukan
studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang informasi seputar
teknik menggambar di media cetak atau elektronik.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan
kegiatan tentang analisis informasi
dari media cetak/ elektronik yang telah kalian dapatkan tersebut, kemudian
gunakan hasilnya untuk menulis sebuah makalah atau artikel mengenai menggambar
ragam hias.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang analisis informasi dari media cetak/
elektronik yang telah kalian dapatkan tersebut, kemudian gunakan hasilnya untuk
menulis sebuah makalah atau artikel mengenai menggambar ragam hias.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan tentang presentasi makalah atau artikel kalian
mengenai teknik menggambar ragam hias tersebut di depan kelas, kemudian
kumpulkan kepada guru untuk dievaluasi.
2. Membuat laporan secara tertulis hasil studi
pengamatan tentang presentasi makalah
atau artikel kalian mengenai teknik menggambar ragam hias tersebut di depan
kelas, kemudian kumpulkan kepada guru untuk dievaluasi.
SUMBER BELAJAR
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi
dari media massa dan internet.
PENILAIAN
1. Teknik/
jenis: kuis dan tugas individu.
2. Bentuk
instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3. Instrumen/
soal:
a. Tes
pilihan ganda.
b. Tes
uraian.
c. Penugasan.
…………………………,
20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
BAB 2.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP/
MTs ....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya.
Kelas/ Semester : VII/ 1.
Alokasi Waktu : ... × Jam Pelajaran (JP).
KOMPETENSI INTI
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami konsep dasar bernyanyi satu suara
secara berkelompok dalam bentuk unisono.
3.2 Memahami dasar bernyanyi dengan dua suara atau
lebih secara berkelompok.
4.1 Menyanyikan lagu dengan satu suara secara
berkelompok dalam bentuk unisono.
4.2 Menyanyikan lagu dengan dua suara atau lebih
dalam bentuk kelompok vokal.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1. mengidentifikasi
dan menerangkan tentang bernyanyi satu suara secara berkelompok, serta
2. menyebutkan
dan menjelaskan mengenai bernyanyi dua suara secara berkelompok.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Bernyanyi Satu Suara secara
Berkelompok.
2. Bernyanyi Dua Suara secara
Berkelompok.
METODE PEMBELAJARAN
Informasi,
diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan
pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati dengan
rutin dan seksama berbagai bentuk teknik vokal dalam bernyanyi yang dibawakan
oleh para penyanyi Nusantara.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan
tentang teknik vokal.
2. Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber
belajar lainnya tentang teknik vokal.
Mengeksplorasi
Melakukan
studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang informasi seputar
teknik berlatih vokal di media cetak atau elektronik.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan
kegiatan tentang analisis informasi dari media cetak/ elektronik tersebut,
kemudian gunakan hasilnya untuk menulis sebuah makalah atau artikel mengenai
teknik menyanyikan lagu dengan kelompok vokal.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang analisis
informasi dari media cetak/ elektronik tersebut, kemudian gunakan hasilnya
untuk menulis sebuah makalah atau artikel mengenai teknik menyanyikan lagu
dengan kelompok vokal.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan tentang
hubungan antara teknik vokal dengan bermain musik menggunakan kelompok vokal
tersebut. Kemudian, kumpulkan kepada guru untuk dievaluasi.
2. Membuat laporan secara tertulis hasil studi
pengamatan tentang hubungan antara teknik vokal dengan bermain musik
menggunakan kelompok vokal tersebut. Kemudian, kumpulkan kepada guru untuk
dievaluasi.
SUMBER BELAJAR
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi
dari media massa dan internet.
PENILAIAN
1. Teknik/
jenis: kuis dan tugas individu.
2. Bentuk
instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3. Instrumen/
soal:
a. Tes
pilihan ganda.
b. Tes
uraian.
c. Penugasan.
…………………………,
20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
BAB 3.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP/
MTs ....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya.
Kelas/ Semester : VII/ 1.
Alokasi Waktu :
... × Jam Pelajaran (JP).
KOMPETENSI INTI
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami
gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu, dan tenaga.
3.2 Memahami
gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan.
4.1 Memeragakan
gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu, dan tenaga.
4.2 Memeragakan
gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1. menyebutkan
dan menerangkan tentang elemen gerak tari, serta
2. menyebutkan
dan menguraikan tentang gerak tari sesuai iringan.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Elemen
Gerak Tari.
2. Gerak
Tari sesuai Iringan.
METODE PEMBELAJARAN
Informasi,
diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual
tentang mengamati gerak setiap penari dalam melakukan tariannya, unsur-unsur
apakah yang menonjol terdapat pada gerakan penari saat menari?
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat
pertanyaan tentang hal-hal yang belum kalian pahami seputar ruang, waktu, dan
tenaga dalam seni tari.
2. Melakukan konsultasi dengan
guru dan sumber belajar lainnya tentang hal-hal yang belum kalian pahami
seputar ruang, waktu, dan tenaga dalam seni tari.
Mengeksplorasi
Melakukan studi dengan cara membaca dan menyimak
dari kajian tentang informasi seputar ruang, waktu, dan tenaga, dalam seni tari
di media massa atau internet.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil
pengamatan dan kegiatan tentang analisis informasi dari media massa/ internet
yang telah kalian kumpulkan, kemudian gunakan hasilnya untuk menulis sebuah
makalah atau artikel mengenai gerak tari dan iringan.
2. Mengamati dan menjelaskan
tentang analisis informasi dari media massa/ internet yang telah kalian
kumpulkan, kemudian gunakan hasilnya untuk menulis sebuah makalah atau artikel
mengenai gerak tari dan iringan.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan
tentang presentasi makalah atau artikel kalian mengenai melakukan gerak tari
sesuai iringan yang telah kalian susun di depan kelas secara lisan, kemudian
kumpulkan kepada guru untuk dievaluasi.
2. Membuat laporan secara
tertulis hasil studi pengamatan tentang presentasi makalah atau artikel kalian
mengenai melakukan gerak tari sesuai iringan yang telah kalian susun di depan
kelas secara lisan, kemudian kumpulkan kepada guru untuk dievaluasi.
SUMBER BELAJAR
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi
dari media massa dan internet.
PENILAIAN
1. Teknik/
jenis: kuis dan tugas individu.
2. Bentuk
instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3. Instrumen/
soal:
a. Tes
pilihan ganda.
b. Tes
uraian.
c. Penugasan.
…………………………,
20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
BAB 4.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP/
MTs ....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya.
Kelas/ Semester : VII/ 1.
Alokasi Waktu : ... × Jam Pelajaran (JP).
KOMPETENSI INTI
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami
konsep, teknik dan prosedur dasar seni peran untuk pementasan fragmen.
3.2 Memahami
teknik menyusun naskah fragmen.
4.1 Memeragakan
adegan fragmen sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran.
4.2 Menyusun
naskah sesuai kaidah pementasan fragmen.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari materi berikut, siswa diharapkan dapat:
1. menyebutkan
dan menjelaskan mengenai dasar seni peran pementasan fragmen, serta
2. menerangkan
tentang naskah pementasan fragmen.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Dasar Seni Peran Pementasan
Fragmen.
2. Naskah Pementasan Fragmen.
METODE PEMBELAJARAN
Informasi,
diskusi, praktik, dan penugasan.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Melakukan
pengamatan lapangan dan menyimak dari audiovisual tentang mengamati seni peran
melalu berbagai media di sekitar kalian, kemudian temukan unsur-unsur yang
terdapat pada seni peran.
Menanya
1. Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan
tentang hal-hal yang belum kalian
pahami mengenai teknik dalam teater atau seni peran.
2. Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber
belajar lainnya tentang hal-hal yang
belum kalian pahami mengenai teknik dalam teater atau seni peran.
Mengeksplorasi
Melakukan
studi dengan cara membaca dan menyimak dari kajian tentang informasi seputar
teknik akting teater mencakup teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah vokal di
media massa atau internet. Kemudian lakukan studi mengenai prosedur dalam
pementasan fragmen.
Mengasosiasi
1. Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan
kegiatan tentang teknik penyusunan
dialog dalam naskah fragmen atau teater, kemudian konsultasikan hasilnya dengan
gurumu di kelas.
2. Mengamati dan menjelaskan tentang teknik penyusunan dialog dalam naskah fragmen
atau teater, kemudian konsultasikan hasilnya dengan gurumu di kelas.
Mengomunikasikan
1. Mengomunikasikan secara lisan tentang memperagakan dialog dalam naskah fragmen
atau teater. Lakukan dengan teknik yang benar sesuai dengan kaidah pementasan
fragmen seperti yang telah kalian pelajari.
2. Membuat laporan secara tertulis hasil studi
pengamatan tentang memperagakan dialog
dalam naskah fragmen atau teater. Lakukan dengan teknik yang benar sesuai
dengan kaidah pementasan fragmen seperti yang telah kalian pelajari.
SUMBER BELAJAR
1. Buku paket.
2. Buku LKS.
3. Buku referensi lain yang relevan.
4. Informasi
dari media massa dan internet.
PENILAIAN
1. Teknik/
jenis: kuis dan tugas individu.
2. Bentuk
instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3. Instrumen/
soal:
a. Tes
pilihan ganda.
b. Tes
uraian.
c. Penugasan.
…………………………,
20..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
0 Response to "PERANGKAT SENI BUDAYA VII KUR 13 PK-Q-I"
Posting Komentar