Langsung ke konten utama

PERANGKAT PPKN VII K13



PROGRAM TAHUNAN
(PROTA)

Sekolah                   :     SMP/MTs-------------------
Mata Pelajaran        :    Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester    :    VII /1

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Materi Pelajaran
Alokasi Waktu
Keterangan
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Bab 1
1.1.          Mensyukuri proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
2.1.          Menghargai proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara.
3.1.          Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1.          Melaksanakan tanggung jawab atas keputusan bersama dengan semangat konsensus tokoh pendiri.
Bab 2
1.2.          Menghargai  norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dengan jujur sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2.          Mematuhi  norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
3.2.          Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
4.2.          Berperilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
Bab 3
1.3.  Menghayati nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.3.  Mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3.  Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3.  Mendemonstrasikan proses kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Bab 1
1.   Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
2.   Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
3.   Semangat, Komitmen Kebangsaan, Kebersamaan, dan Nilai Juang Para Pendiri Negara dalam Perumusan dan Penetapan Pancasila
4.   Makna Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup bangsa serta Pengamalan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari
Bab 2
1.   Pengertian dan Macam-Macam Norma
2.   Arti Penting Norma dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
3.   Perilaku Sesuai dengan Norma dalam Kehidupan Sehari-Hari dan Mewujudkan Perilaku Positif terhadap Norma-norma
Bab 3
1.   Perumusan dan Penetapan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2.   Sejarah dan Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia bagi Bangsa dan Negara Indonesia 1945
3.   Peran Tokoh Perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945



Mengetahui,                                                                                                       …………………………. 20..
Kepala Sekolah                                                                                                  Guru Mata Pelajaran


                                                                                                                                                                                               
                   NIP.                                                                                                                       NIP.


PROGRAM SEMESTER

Sekolah                   :     SMP/MTs ----------------
Mata Pelajaran        :     Pendidikan Kewaganegaraan
Kelas / Semester    :     VII /1
Kompetensi Inti        :
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
Bab 1
1.1.            Mensyukuri proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
2.1.            Menghargai proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara.
3.1.            Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1.            Melaksana-kan tanggung jawab atas keputusan bersama dengan semangat konsensus tokoh pendiri.

1.   Menjelaskan tentang Pembentukan BPUPKI
2.   Menjelaskan tentang Perumusan Dasar Negara oleh Pendiri Negara
3.   Menjelaska tentang Proses Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
4.   Menyebutkan Perbedaan dan Kesepakatan yang Muncul dalam Sidang PPKI
5.   Menjelaska tentang Nilai Semangat Pendiri Negara
6.   Menjelaska tentang Komitmen Para Pendiri Negara dalam Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
7.   Menjelaska tentang Nilai Kebersamaan Para Pendiri Negara dalam Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
8.   Meneladani Nilai Juang Perumusan Dasar Negara
9.   Meneladani Nilai Juang Para Tokoh Perumusan Dasar Negara
10.             Menyebutkan Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara
11. Menyebutkan Manfaat Pandangan Hidup
12. Menyebutkan Isi Pandangan Hidup
13. Menyebutkan Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari
1.               Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
2.               Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
3.               Semangat, Komitmen Kebangsaan, Kebersamaan, dan Nilai Juang Para Pendiri Negara dalam Perumusan dan Penetapan Pancasila
4.               Makna Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup bangsa serta Pengamalan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari































Mengetahui,                                                                                                                                                                          …………………………. 20..
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran
                                                                                                                                        
                                                                                                                                                                                                                                                        
NIP.                                                                                                                                                                                       NIP.

PROGRAM SEMESTER

Sekolah                   :     SMP/MTs-----------------
Mata Pelajaran        :     Pendidikan Kewaganegaraan
Kelas / Semester    :     VII /1
Kompetensi Inti        :
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
Bab 2
1.2.            Menghargai  norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dengan jujur sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2.            Mematuhi  norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
3.2.            Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
4.2.            Berperilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
1.    Menjelaskan Pengertian Norma
2.            Menyebutkan Tujuan Norma
3.            Menyebutkan Fungsi Norma
4.           Menyebutkan Macam-Macam Norma
5.    Menjelaskan Hubungan Norma, Kebiasaan, Adat Istiadat, dan Peraturan
6.    Menjelaskan  Arti Penting Norma dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
7.    Menjelaskan tentang Perilaku Sesuai dengan Norma dalam Kehidupan Sehari-Hari
8.    Mewujudkan Perilaku Positif terhadap Norma-norma
1. Pengertian dan Macam-Macam Norma
2. Arti Penting Norma dalam Kehidupan Bermasyara-kat, Berbangsa dan Bernegara
3. Perilaku Sesuai dengan Norma dalam Kehidupan Sehari-Hari dan Mewujudkan Perilaku Positif terhadap Norma-norma













































Mengetahui,                                                                                                                                                                          …………………………. 20..
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran



                                                                                                                                        
                                                                                                                                                                                                                                                        
NIP.                                                                                                                                                                                       NIP.

















PROGRAM SEMESTER

Sekolah                   :     SMP/MTs ----------------
Mata Pelajaran        :     Pendidikan Kewaganegaraan
Kelas / Semester    :     VII /1
Kompetensi Inti        :
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
Bab 3
1.3.            Menghayati nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.3.            Mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3.            Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3.Mendemonstrasi-kan proses kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
1.             Menjelaskan Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2.   Menetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.             Menjelaskan Sejarah UUD 1945
4.            Menjelaskan Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

1.               Perumusan dan Penetapan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2.               Sejarah dan Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia bagi Bangsa dan Negara Indonesia 1945
3.               Peran Tokoh Perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945












































Mengetahui,                                                                                                                                                                          …………………………. 20..
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran


                                                                                                                                        
                                                                                                                                                                                                                                                        
NIP.                                                                                                                                                                                       NIP.



















SILABUS DAN PENILAIAN

Sekolah                   :     SMP/MTs--------------------
Mata Pelajaran        :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester    :     VII /1
Kompetensi Inti        :
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Bab 1
1.1.          Mensyukuri proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
2.1.          Menghargai proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara.
3.1.          Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1.          Melaksanakan tanggung jawab atas keputusan bersama dengan semangat konsensus tokoh pendiri.

1.   Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
2.   Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
3.   Semangat, Komitmen Kebangsaan, Kebersamaan, dan Nilai Juang Para Pendiri Negara dalam Perumusan dan Penetapan Pancasila
4.   Makna Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup bangsa serta Pengamalan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

1.   Menjelaska tentang Pembentukan BPUPKI
2.   Menjelaska tentang Perumusan Dasar Negara oleh Pendiri Negara
3.   Menjelaska tentang Proses Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
4.   Menyebutkan Perbedaan dan Kesepakatan yang Muncul dalam Sidang PPKI
5.   Menjelaska tentang Nilai Semangat Pendiri Negara
6.   Menjelaska tentang Komitmen Para Pendiri Negara dalam Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
7.   Menjelaska tentang Nilai Kebersamaan Para Pendiri Negara dalam Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
8.   Meneladani Nilai Juang Perumusan Dasar Negara
9.   Meneladani Nilai Juang Para Tokoh Perumusan Dasar Negara
10.           Menyebutkan Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara
11. Menyebutkan Manfaat Pandangan Hidup
12. Menyebutkan Isi Pandangan Hidup
13. Menyebutkan Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari
Mengamati
Mengamati gambar tentang sidang BPUPKI  dan mencatat hal-hal yang penting.
Menanya
Mengidentifikasi pertanyaan dari wacana yang berkaitan dengan pembentukan BPUPKI.
Mengumpulkan informasi
Mencari informasi untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun
Mengasosiasi
Mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh
Mengomunikasikan
Menyusun laporan hasil telaah tentang makna perumusan Pancasila sebagai dasar negara


Kuis dan tugas individu
Pertanyaan lisan dan tes tertulis
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian
c. Penugasan
… x JP
1.                                                                    Buku paket
2.                                                                      Buku LKS
3.                                  Buku referensi lain yang relevan
4.                                  Informasi dari media dan internet
Bab 2
1.2.          Menghargai  norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dengan jujur sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2.          Mematuhi  norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
3.2.          Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
4.2.          Berperilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
1.   Pengertian dan Macam-Macam Norma
2.   Arti Penting Norma dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
3.   Perilaku Sesuai dengan Norma dalam Kehidupan Sehari-Hari dan Mewujudkan Perilaku Positif terhadap Norma-norma

1.   Menjelaskan Pengertian Norma
2.   Menyebutkan Tujuan Norma
3.   Menyebutkan Fungsi Norma
4.   Menyebutkan Macam-Macam Norma
5.   Menjelaskan Hubungan Norma, Kebiasaan, Adat Istiadat, dan Peraturan
6.   Menjelaskan  Arti Penting Norma dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
7.   Menjelaskan tentang Perilaku Sesuai dengan Norma dalam Kehidupan Sehari-Hari
8.   Mewujudkan Perilaku Positif terhadap Norma-norma
Mengamati
Mengamati gambar dan mencatat hal-hal yang penting dan yang tidak diketahui.
Menanya
Bertanya tentang perilaku dari gambar
Mengumpulkan informasi
Mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan
Mengasosiasi
Mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya
Mengomunikasikan
Menyusun laporan hasil telaah tentang pengertian norma dan macam-macam norma secara tertulis.

Kuis dan tugas individu
Pertanyaan lisan dan tes tertulis
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian
c. Penugasan
… x JP
1.                                                                    Buku paket
2.                                                                      Buku LKS
3.                                  Buku referensi lain yang relevan
4.                                  Informasi dari media dan internet
Bab 3
1.3.          Menghayati nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.3.          Mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3.          Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3.          Mendemonstrasikan proses kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
1.   Perumusan dan Penetapan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2.   Sejarah dan Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia bagi Bangsa dan Negara Indonesia 1945
3.   Peran Tokoh Perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

1.   Menjelaskan Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2.   Menetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.   Menjelaskan Sejarah UUD 1945
4.   Menjelaskan Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Mengamati
Mengamati gambar tokoh pengusul dasar negara dan Panitia Sembilan BPUPKI
Menanya
Mengidentifikasi pertanyaan dari wacana yang berkaitan dengan perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
Mengumpulkan Informasi
Mencari melalui sumber belajar lain
Mengasosiasi
Menyimpulkan arti penting perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
Mengomunikasikan
Menyusun laporan hasil telaah tentang makna perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

Kuis dan tugas individu
Pertanyaan lisan dan tes tertulis
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian
c. Penugasan
… x JP
1.                                                                    Buku paket
2.                                                                      Buku LKS
3.                                  Buku referensi lain yang relevan
4.                                  Informasi dari media dan internet





Mengetahui,                                                                                                                                                                          …………………………. 20..
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran
                                                                                                                                        



                                                                                                                                                                                                                                                        
NIP.                                                                                                                                                                                       NIP.







BAB 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   :     SMP/MTs--------------------
Mata Pelajaran       :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester    :     VII /1
Alokasi Waktu         :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASAR
1.1.          Mensyukuri proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
2.1.          Menghargai proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara.
3.1.          Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1.          Melaksanakan tanggung jawab atas keputusan bersama dengan semangat konsensus tokoh pendiri.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini, maka di harapkan siswa mampu:
1.   Menjelaska tentang Pembentukan BPUPKI
2.   Menjelaska tentang Perumusan Dasar Negara oleh Pendiri Negara
3.   Menjelaska tentang Proses Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
4.   Menyebutkan Perbedaan dan Kesepakatan yang Muncul dalam Sidang PPKI
5.   Menjelaska tentang Nilai Semangat Pendiri Negara
6.   Menjelaska tentang Komitmen Para Pendiri Negara dalam Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
7.   Menjelaska tentang Nilai Kebersamaan Para Pendiri Negara dalam Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
8.   Meneladani Nilai Juang Perumusan Dasar Negara
9.   Meneladani Nilai Juang Para Tokoh Perumusan Dasar Negara
10.           Menyebutkan Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara
11. Menyebutkan Manfaat Pandangan Hidup
12. Menyebutkan Isi Pandangan Hidup
13. Menyebutkan Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
2.   Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
3.   Semangat, Komitmen Kebangsaan, Kebersamaan, dan Nilai Juang Para Pendiri Negara dalam Perumusan dan Penetapan Pancasila
4.   Makna Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup bangsa serta Pengamalan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi,praktik, dan penugasan

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Mengamati gambar tentang sidang BPUPKI  dan mencatat hal-hal yang penting.
Menanya
Mengidentifikasi pertanyaan dari wacana yang berkaitan dengan pembentukan BPUPKI.
Mengumpulkan informasi
Mencari informasi untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun
Mengasosiasi
Mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh
Mengomunikasikan
Menyusun laporan hasil telaah tentang makna perumusan Pancasila sebagai dasar negara

SUMBER BELAJAR:
1.   Buku paket
2.   Buku LKS
3.   Buku reverensi lain yang relevan
4.   Informasi dari media masa dan internet

PENILAIAN
1.   Teknik/jenis : kuis dan tugas individu.
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.   Instrumen/soal:
      a.   Tes Pilihan Ganda
      b.   Tes Uraian
      c.   Penugasan
















Mengetahui,                                                                                                       …………………………. 20..
Kepala Sekolah                                                                                                  Guru Mata Pelajaran



                                                                                                                                                                                               
                   NIP.                                                                                                                       NIP.








































BAB 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   :     SMP/MTs-------------------
Mata Pelajaran       :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester    :     VII /1
Alokasi Waktu         :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASAR
1.2.          Menghargai  norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dengan jujur sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2.          Mematuhi  norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
3.2.          Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
4.2.          Berperilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini, maka di harapkan siswa mampu:
1.   Menjelaskan Pengertian Norma
2.   Menyebutkan Tujuan Norma
3.   Menyebutkan Fungsi Norma
4.   Menyebutkan Macam-Macam Norma
5.   Menjelaskan Hubungan Norma, Kebiasaan, Adat Istiadat, dan Peraturan
6.   Menjelaskan  Arti Penting Norma dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
7.   Menjelaskan tentang Perilaku Sesuai dengan Norma dalam Kehidupan Sehari-Hari
8.   Mewujudkan Perilaku Positif terhadap Norma-norma

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Pengertian dan Macam-Macam Norma
2.   Arti Penting Norma dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
3.   Perilaku Sesuai dengan Norma dalam Kehidupan Sehari-Hari dan Mewujudkan Perilaku Positif terhadap Norma-norma

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi,praktik, dan penugasan

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Mengamati gambar dan mencatat hal-hal yang penting dan yang tidak diketahui.
Menanya
Bertanya tentang perilaku dari gambar
Mengumpulkan informasi
Mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan
Mengasosiasi
Mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya
Mengomunikasikan
Menyusun laporan hasil telaah tentang pengertian norma dan macam-macam norma secara tertulis.

SUMBER BELAJAR :
1.   Buku paket
2.   Buku LKS
3.   Buku reverensi lain yang relevan
4.   Informasi dari media masa dan internet

PENILAIAN
1.   Teknik/jenis : kuis dan tugas individu.
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.   Instrumen/soal:
      a.   Tes Pilihan Ganda
      b.   Tes Uraian
      c.   Penugasan
BAB 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   :     SMP/MTs--------------------
Mata Pelajaran        :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester    :     VII /1
Alokasi Waktu         :

KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASAR
1.3.  Menghayati nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.3.  Mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3.  Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3.  Mendemonstrasikan proses kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini, maka di harapkan siswa mampu:
1.   Menjelaskan Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2.   Menetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.   Menjelaskan Sejarah UUD 1945
4.   Menjelaskan Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

MATERI PEMBELAJARAN
1.   Perumusan dan Penetapan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2.   Sejarah dan Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia bagi Bangsa dan Negara Indonesia 1945
3.   Peran Tokoh Perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

METODE PEMBELAJARAN
Informasi, diskusi,praktik, dan penugasan

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Mengamati
Mengamati gambar tokoh pengusul dasar negara dan Panitia Sembilan BPUPKI
Menanya
Mengidentifikasi pertanyaan dari wacana yang berkaitan dengan perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
Mengumpulkan Informasi
Mencari melalui sumber belajar lain
Mengasosiasi
Menyimpulkan arti penting perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
Mengomunikasikan
Menyusun laporan hasil telaah tentang makna perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

SUMBER BELAJAR:
1.   Buku paket
2.   Buku LKS
3.   Buku reverensi lain yang relevan
4.   Informasi dari media masa dan internet

PENILAIAN
1.   Teknik/jenis : kuis dan tugas individu.
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis.
3.   Instrumen/soal:
      a.   Tes Pilihan Ganda
      b.   Tes Uraian
      c.   Penugasan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pertanyaan dan jawaban tentang manajemen proyek

TUGAS   TEKNI PERENCANAAN DAN EVALUASI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Tekni perencanaan dan evaluasi Disusun Oleh :        Budianoor NPM : 10.12.02183 Semester : 7 (Tujuh) A Eksekutif SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI (STIA) AMUNTAI TAHUN AKADEMIK 2013 BAB 1 Soal-Soal 1.       Dalam manajemen proyek, ada hubungan sebab akibat dari suatu tindakan manajemen. Dari daftar efek dan sebab berikut carilah pasangannya. Efek - Keterlambatan penyelesaian aktivitas dalam proyek - Pembengkakan biaya proyek - Konflik antar personal proyek Sebab -    Tidak ada orang khusus untuk menangani proyek -   Desain yang kurang bagus -   Pembuatan jadwal yang tidak realistis 2.       Sebutkan ciri-ciri proyek. 3.       Terangkan bagaimana cara munculnya proyek. Beri contoh. 4.       Jelaskan segitiga project constraint. 5.       Apa perbedaan antara ukuran dan kompleksitas proyek. Jawab : 1.     Pasangan efek

CONTOH PROPOSAL MAULID AL-HABSYI

PERSATUAN MAULID AL-HABSYI “ DARUL MUKHLISIN ” DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor                         : 03/BJP-BLG/2014                                                                              Halong, 06 Juli 2014 Lampiran         : 1 (satu) berkas Perihal                         : Mohon Bantuan Keuangan Untuk perlengkapan maulid Al-habsyi Kepada Yth, PIMPINAN PT. ATA Di – Halong Asslamu’alaikum Wr. Wb. Dengan Hormat, Kami dari Persatuan Maulid Al-Habsyi “DARUL MUKHLISIN” Ds. Binjai punggal Rt.II Kec.Halong Kab. Balangan mengajukan permohonan kepada Bapak kiranya dapat memberikan bantuan dana untuk perbaikan dan penggantian alat-alat yang hampir tidak layak lagi untuk dipakai. Dan perlu Bapak ketahui bahwa Persatuan Maulid ini sudah dibentuk sejak tahun 2006 atau sudah berusia 8 tahun jadi hampir 80% peralatan yang ada sudah tidak layak pakai. Bantuan yang akan Bapak berikan sangat berarti bagi kelancaran kegi

Proposal Prmohonan Bibit jagung

PROPOSAL KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN TAHUN   201 5 KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL RT.02 KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor      : 04/BJP/HLG/2015 Lampiran : 1 ( satu ) berkas Perihal      : mohon bantuan Bibit jagung,Pupuk dan perlengkapan lainnya                                    Kepada Yth.                  BAPAK KEPALA DINAS PER IKANAN       KABUPATEN BALANGAN                     di -   tempat Assalamu’alaikum Wr.Wb Salam silaturrahmi kami semua, teriring Do’a semoga Bapak senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan sukses selalu dalam menjalankan tugas sehari-hari Amein. Sehubung dengan potensi yang dimiliki Desa Binjai Punggal untuk pengembangan sektur pertanian serta untuk pembangunan daerah kabupaten Balangan, maka kami dari kelompok tani “LULUTUNG INDAH” Desa Binjai Punggal Kecamatan Halong Kabupaten Balangan bermaksu