PERANGKAT PPKN VII K13
PROGRAM TAHUNAN
(PROTA)
Sekolah : SMP/MTs-------------------
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : VII /1
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
Bab 1
1.1. Mensyukuri proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai Dasar Negara.
2.1. Menghargai proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai dasar Negara.
3.1. Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai Dasar Negara.
4.1. Melaksanakan tanggung jawab atas keputusan bersama dengan
semangat konsensus tokoh pendiri.
Bab 2
1.2. Menghargai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat dengan jujur sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2. Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
3.2. Memahami norma-norma yang berlaku
dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
4.2. Berperilaku sesuai norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
Bab 3
1.3. Menghayati nilai kesejarahan perumusan dan
pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.3. Mendukung nilai kesejarahan perumusan dan
pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3. Menganalisis kesejarahan perumusan dan
pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3. Mendemonstrasikan proses kesejarahan
perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945
|
Bab 1
1. Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
2. Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
3. Semangat, Komitmen Kebangsaan, Kebersamaan,
dan Nilai Juang Para Pendiri Negara dalam Perumusan dan Penetapan Pancasila
4. Makna Pancasila sebagai Dasar Negara dan
Pandangan Hidup bangsa serta Pengamalan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari
Bab 2
1. Pengertian dan Macam-Macam Norma
2. Arti
Penting Norma dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
3. Perilaku
Sesuai dengan Norma dalam Kehidupan Sehari-Hari dan Mewujudkan Perilaku
Positif terhadap Norma-norma
Bab 3
1. Perumusan dan Penetapan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2. Sejarah dan Arti Penting UUD Negara
Republik Indonesia bagi Bangsa dan Negara Indonesia 1945
3. Peran
Tokoh Perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
|
|
Mengetahui, ………………………….
20..
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Sekolah : SMP/MTs ----------------
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewaganegaraan
Kelas / Semester : VII
/1
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
Bab 1
1.1. Mensyukuri
proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
2.1. Menghargai
proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara.
3.1. Menganalisis
proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1. Melaksana-kan
tanggung jawab atas keputusan bersama dengan semangat konsensus tokoh
pendiri.
|
1. Menjelaskan
tentang Pembentukan BPUPKI
2. Menjelaskan
tentang Perumusan Dasar Negara oleh Pendiri Negara
3. Menjelaska
tentang Proses Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
4. Menyebutkan
Perbedaan dan Kesepakatan yang Muncul dalam Sidang PPKI
5. Menjelaska
tentang Nilai Semangat Pendiri Negara
6. Menjelaska
tentang Komitmen Para Pendiri Negara dalam Perumusan Pancasila sebagai Dasar
Negara
7. Menjelaska
tentang Nilai Kebersamaan Para Pendiri Negara dalam Perumusan Pancasila
sebagai Dasar Negara
8. Meneladani
Nilai Juang Perumusan Dasar Negara
9. Meneladani
Nilai Juang Para Tokoh Perumusan Dasar Negara
10. Menyebutkan Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara
11. Menyebutkan
Manfaat Pandangan Hidup
12. Menyebutkan
Isi Pandangan Hidup
13. Menyebutkan
Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari
|
1. Perumusan
Pancasila sebagai Dasar Negara
2. Penetapan
Pancasila sebagai Dasar Negara
3. Semangat,
Komitmen Kebangsaan, Kebersamaan, dan Nilai Juang Para Pendiri Negara dalam
Perumusan dan Penetapan Pancasila
4. Makna
Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup bangsa serta Pengamalan
Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………………………….
20..
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Sekolah : SMP/MTs-----------------
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewaganegaraan
Kelas / Semester : VII
/1
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
Bab 2
1.2. Menghargai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat dengan jujur sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2. Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
3.2. Memahami norma-norma yang berlaku
dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
4.2. Berperilaku sesuai norma-norma
yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
|
1. Menjelaskan
Pengertian Norma
2. Menyebutkan
Tujuan Norma
3. Menyebutkan
Fungsi Norma
4. Menyebutkan
Macam-Macam Norma
5. Menjelaskan
Hubungan Norma, Kebiasaan, Adat Istiadat, dan Peraturan
6. Menjelaskan Arti Penting Norma dalam Kehidupan
Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
7. Menjelaskan
tentang Perilaku Sesuai dengan Norma dalam Kehidupan Sehari-Hari
8. Mewujudkan
Perilaku Positif terhadap Norma-norma
|
1. Pengertian
dan Macam-Macam Norma
2. Arti
Penting Norma dalam Kehidupan Bermasyara-kat, Berbangsa dan Bernegara
3. Perilaku
Sesuai dengan Norma dalam Kehidupan Sehari-Hari dan Mewujudkan Perilaku
Positif terhadap Norma-norma
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………………………….
20..
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Sekolah : SMP/MTs ----------------
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewaganegaraan
Kelas / Semester : VII
/1
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
Bab 3
1.3. Menghayati nilai kesejarahan
perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945.
2.3. Mendukung nilai kesejarahan
perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945.
3.3. Menganalisis kesejarahan perumusan
dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3.Mendemonstrasi-kan proses
kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
1. Menjelaskan
Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2. Menetapan UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3. Menjelaskan
Sejarah UUD 1945
4. Menjelaskan
Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
1. Perumusan
dan Penetapan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2. Sejarah
dan Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia bagi Bangsa dan Negara
Indonesia 1945
3. Peran
Tokoh Perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………………………….
20..
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
SILABUS DAN PENILAIAN
Sekolah : SMP/MTs--------------------
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas / Semester : VII /1
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/Alat.
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Bab 1
1.1. Mensyukuri proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai Dasar Negara.
2.1. Menghargai proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai dasar Negara.
3.1. Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai Dasar Negara.
4.1. Melaksanakan tanggung jawab atas keputusan bersama dengan
semangat konsensus tokoh pendiri.
|
1. Perumusan
Pancasila sebagai Dasar Negara
2. Penetapan
Pancasila sebagai Dasar Negara
3. Semangat,
Komitmen Kebangsaan, Kebersamaan, dan Nilai Juang Para Pendiri Negara dalam
Perumusan dan Penetapan Pancasila
4. Makna
Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup bangsa serta Pengamalan
Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari
|
1. Menjelaska
tentang Pembentukan BPUPKI
2. Menjelaska
tentang Perumusan Dasar Negara oleh Pendiri Negara
3. Menjelaska tentang Proses Penetapan Pancasila
sebagai Dasar Negara
4. Menyebutkan Perbedaan dan Kesepakatan yang Muncul
dalam Sidang PPKI
5. Menjelaska tentang Nilai Semangat Pendiri Negara
6. Menjelaska tentang Komitmen Para Pendiri Negara
dalam Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
7. Menjelaska tentang Nilai Kebersamaan Para Pendiri
Negara dalam Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
8. Meneladani Nilai Juang Perumusan Dasar
Negara
9. Meneladani Nilai Juang Para Tokoh Perumusan
Dasar Negara
10. Menyebutkan Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara
11. Menyebutkan
Manfaat Pandangan Hidup
12. Menyebutkan
Isi Pandangan Hidup
13. Menyebutkan
Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari
|
Mengamati
Mengamati gambar tentang sidang
BPUPKI dan mencatat hal-hal yang
penting.
Menanya
Mengidentifikasi pertanyaan dari
wacana yang berkaitan dengan pembentukan BPUPKI.
Mengumpulkan informasi
Mencari informasi untuk menjawab
pertanyaan yang sudah disusun
Mengasosiasi
Mendiskusikan hubungan atas
berbagai informasi yang sudah diperoleh
Mengomunikasikan
Menyusun laporan hasil telaah
tentang makna perumusan Pancasila sebagai dasar negara
|
Kuis dan tugas
individu
|
Pertanyaan lisan dan
tes tertulis
|
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian
c. Penugasan
|
… x JP
|
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku referensi lain yang relevan
4. Informasi dari media dan internet
|
Bab 2
1.2. Menghargai
norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dengan jujur
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2. Mematuhi
norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk
mewujudkan keadilan
3.2. Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
4.2. Berperilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
|
1. Pengertian dan Macam-Macam Norma
2. Arti
Penting Norma dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
3. Perilaku
Sesuai dengan Norma dalam Kehidupan Sehari-Hari dan Mewujudkan Perilaku
Positif terhadap Norma-norma
|
1. Menjelaskan
Pengertian Norma
2. Menyebutkan
Tujuan Norma
3. Menyebutkan
Fungsi Norma
4. Menyebutkan
Macam-Macam Norma
5. Menjelaskan
Hubungan Norma, Kebiasaan, Adat Istiadat, dan Peraturan
6. Menjelaskan Arti Penting Norma dalam Kehidupan
Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
7. Menjelaskan
tentang Perilaku Sesuai dengan Norma dalam Kehidupan Sehari-Hari
8. Mewujudkan
Perilaku Positif terhadap Norma-norma
|
Mengamati
Mengamati gambar dan mencatat
hal-hal yang penting dan yang tidak diketahui.
Menanya
Bertanya tentang perilaku dari
gambar
Mengumpulkan informasi
Mencari informasi dan mendiskusikan
jawaban atas pertanyaan
Mengasosiasi
Mendiskusikan hubungan atas
berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya
Mengomunikasikan
Menyusun laporan hasil telaah
tentang pengertian norma dan macam-macam norma secara tertulis.
|
Kuis dan tugas
individu
|
Pertanyaan lisan dan
tes tertulis
|
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian
c. Penugasan
|
… x JP
|
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku referensi lain yang relevan
4. Informasi dari media dan internet
|
Bab 3
1.3. Menghayati nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.3. Mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3. Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3. Mendemonstrasikan proses kesejarahan perumusan dan
pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
1. Perumusan dan Penetapan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2. Sejarah dan Arti Penting UUD Negara
Republik Indonesia bagi Bangsa dan Negara Indonesia 1945
3. Peran
Tokoh Perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
1. Menjelaskan
Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2. Menetapan
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3. Menjelaskan
Sejarah UUD 1945
4. Menjelaskan
Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Mengamati
Mengamati gambar tokoh pengusul
dasar negara dan Panitia Sembilan BPUPKI
Menanya
Mengidentifikasi pertanyaan dari
wacana yang berkaitan dengan perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
Mengumpulkan Informasi
Mencari melalui sumber belajar lain
Mengasosiasi
Menyimpulkan arti penting perumusan
Pancasila sebagai dasar negara.
Mengomunikasikan
Menyusun laporan hasil telaah
tentang makna perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
|
Kuis dan tugas
individu
|
Pertanyaan lisan dan
tes tertulis
|
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian
c. Penugasan
|
… x JP
|
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku referensi lain yang relevan
4. Informasi dari media dan internet
|
Mengetahui, ………………………….
20..
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
BAB 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP/MTs--------------------
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas / Semester : VII /1
Alokasi Waktu :
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI DASAR
1.1. Mensyukuri
proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
2.1. Menghargai
proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara.
3.1. Menganalisis
proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1. Melaksanakan
tanggung jawab atas keputusan bersama dengan semangat konsensus tokoh pendiri.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini, maka
di harapkan siswa mampu:
1. Menjelaska tentang
Pembentukan BPUPKI
2. Menjelaska tentang
Perumusan Dasar Negara oleh Pendiri Negara
3. Menjelaska
tentang Proses Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
4. Menyebutkan Perbedaan
dan Kesepakatan yang Muncul dalam Sidang PPKI
5. Menjelaska
tentang Nilai Semangat Pendiri Negara
6. Menjelaska
tentang Komitmen Para Pendiri Negara dalam Perumusan Pancasila
sebagai Dasar Negara
7. Menjelaska
tentang Nilai Kebersamaan Para Pendiri Negara dalam Perumusan
Pancasila sebagai Dasar Negara
8. Meneladani Nilai Juang Perumusan Dasar Negara
9. Meneladani Nilai Juang Para Tokoh Perumusan Dasar Negara
10. Menyebutkan
Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara
11. Menyebutkan Manfaat
Pandangan Hidup
12. Menyebutkan Isi
Pandangan Hidup
13. Menyebutkan
Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
2. Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
3. Semangat, Komitmen Kebangsaan, Kebersamaan, dan Nilai Juang Para
Pendiri Negara dalam Perumusan dan Penetapan Pancasila
4. Makna Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup bangsa
serta Pengamalan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari
METODE
PEMBELAJARAN
Informasi,
diskusi,praktik, dan penugasan
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
Mengamati
Mengamati gambar tentang sidang BPUPKI dan mencatat hal-hal yang penting.
Menanya
Mengidentifikasi pertanyaan dari wacana yang berkaitan
dengan pembentukan BPUPKI.
Mengumpulkan informasi
Mencari informasi untuk menjawab pertanyaan yang sudah
disusun
Mengasosiasi
Mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang
sudah diperoleh
Mengomunikasikan
Menyusun laporan hasil telaah tentang makna perumusan
Pancasila sebagai dasar negara
SUMBER
BELAJAR:
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4. Informasi
dari media masa dan internet
PENILAIAN
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas
individu.
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan
dan tes tertulis.
3. Instrumen/soal:
a. Tes
Pilihan Ganda
b. Tes
Uraian
c. Penugasan
Mengetahui, ………………………….
20..
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
BAB 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP/MTs-------------------
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas / Semester : VII /1
Alokasi Waktu :
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI DASAR
1.2. Menghargai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat dengan jujur sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2. Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
3.2. Memahami norma-norma yang berlaku
dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
4.2. Berperilaku sesuai norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini, maka
di harapkan siswa mampu:
1. Menjelaskan
Pengertian Norma
2. Menyebutkan Tujuan
Norma
3. Menyebutkan Fungsi
Norma
4. Menyebutkan
Macam-Macam Norma
5. Menjelaskan
Hubungan Norma, Kebiasaan, Adat Istiadat, dan Peraturan
6. Menjelaskan Arti Penting Norma dalam Kehidupan
Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
7. Menjelaskan
tentang Perilaku Sesuai dengan Norma dalam Kehidupan Sehari-Hari
8. Mewujudkan
Perilaku Positif terhadap Norma-norma
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Pengertian dan Macam-Macam Norma
2. Arti Penting Norma
dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
3. Perilaku Sesuai
dengan Norma dalam Kehidupan Sehari-Hari dan Mewujudkan Perilaku Positif
terhadap Norma-norma
METODE
PEMBELAJARAN
Informasi,
diskusi,praktik, dan penugasan
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
Mengamati
Mengamati gambar dan mencatat hal-hal yang penting dan
yang tidak diketahui.
Menanya
Bertanya tentang perilaku dari gambar
Mengumpulkan informasi
Mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas
pertanyaan
Mengasosiasi
Mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang
sudah diperoleh sebelumnya
Mengomunikasikan
Menyusun laporan hasil telaah tentang pengertian norma
dan macam-macam norma secara tertulis.
SUMBER
BELAJAR :
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4. Informasi
dari media masa dan internet
PENILAIAN
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas
individu.
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan
dan tes tertulis.
3. Instrumen/soal:
a. Tes Pilihan Ganda
b. Tes Uraian
c. Penugasan
BAB 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP/MTs--------------------
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : VII /1
Alokasi Waktu :
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI DASAR
1.3. Menghayati nilai kesejarahan perumusan dan
pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.3. Mendukung nilai kesejarahan perumusan dan
pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3. Menganalisis kesejarahan perumusan dan
pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3. Mendemonstrasikan proses kesejarahan perumusan
dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini, maka
di harapkan siswa mampu:
1. Menjelaskan
Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2. Menetapan UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3. Menjelaskan
Sejarah UUD 1945
4. Menjelaskan Arti
Penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Perumusan dan Penetapan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
2. Sejarah dan Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia bagi Bangsa
dan Negara Indonesia
1945
3. Peran Tokoh
Perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
METODE
PEMBELAJARAN
Informasi,
diskusi,praktik, dan penugasan
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
Mengamati
Mengamati gambar tokoh pengusul dasar negara dan
Panitia Sembilan BPUPKI
Menanya
Mengidentifikasi pertanyaan dari wacana yang berkaitan
dengan perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
Mengumpulkan Informasi
Mencari melalui sumber belajar lain
Mengasosiasi
Menyimpulkan arti penting perumusan Pancasila sebagai
dasar negara.
Mengomunikasikan
Menyusun laporan hasil telaah tentang makna perumusan
Pancasila sebagai dasar negara.
SUMBER
BELAJAR:
1. Buku paket
2. Buku LKS
3. Buku reverensi lain yang relevan
4. Informasi
dari media masa dan internet
PENILAIAN
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas
individu.
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan
dan tes tertulis.
3. Instrumen/soal:
a. Tes Pilihan Ganda
b. Tes Uraian
c. Penugasan
0 Response to "PERANGKAT PPKN VII K13"
Posting Komentar