Langsung ke konten utama

SOAL BAHASA ARAB MTs KELAS 8 SEMESTER GENAP

 

 

1.  كَمِ السَّاعَةُ اْلآنَ ؟ اَلْآنَ " اَلسَّاعَةُ الثَالِثَةُ "

 أ. 04.00

ب. 05.00

ج. 03.00

د. 02.00

2.  كَمِ السَّاعَةُ اْلآنَ ؟ اَلْآنَ " اَلسَّاعَةُ الْخَامِسَةُ "

 أ. 03.00

ب. 04.00

ج. 05.00

د. 06.00

3.  صَلَّيْتُ صَلَاةَ الظُّهْرِ  فِيْ السَّاعَةِ ؟

 أ. اَلْحَادِيَةَ عَشَرَ

ب. اَلْعَشِرَةُ

ج. اَلثَّانِيَةَ عَشَرَ

د. التَّاسِعَةُ

4.  أَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ فِي السَّاعَةِ 06. 30 ؟

 أ. اَلْسَّادِسَةُ وَالنِّصْفُ

ب. اَلْخَمِسَةُ وَالنِّصْفُ

ج. اَلرَّابِعَةُ وَالنِّصْفُ

د.  الثَّالِثَةُ وَالنِّصْفُ

5.  السَّاعَةُ اَلْآنَ   07. 15 ؟

 أ. اَلْسَّادِسَةُ وَالرُّبُعُ

ب. اَلْسَّابِعَةُ وَالرُّبُعُ

ج. اَلثَّامِنَةُ وَالرُّبُعُ

د.  اَلْعَاشِرَةُ

6.  اَرْجِعُ مِنَ الْمَدْرَسَةِ فِي السَّاعَةِ " اَلْوَاحِدَةُ وَالنِّصْفُ " ؟

 أ. jam 01.00

ب. jam 01.30

ج. jam 02.00

د. jam 02.30

7.  صَلَّيْتُ صَلَاةَ الْعَصْرِ فِي السَّاعَةِ (15.45) ؟

 أ.  الثَّالِثَةُ وَالنِّصْفُ

ب. الثَّالِثَةُ وَالرُّبُعُ

ج. اَلرَّابِعَةُ وَالرُّبُعُ

د.  اَلرَّابِعَةُ إِلاَّ الرُّبُعُ

8.  مَا مَعْنَى " سَاعَةُ الْيَدِ " ؟

 أ. jam dinding

ب. jam weker

ج. jam tangan

د. jam tidur

9.  مَا مَعْنَى " سَاعَةُ الْحَائِطِ " ؟

 أ. jam weker

ب. jam dinding

ج. jam tangan

د. jam saku

10.      مَا مَعْنَى " سَاعَةُ الْمَكْتَبِ " ؟

 أ. jam dinding

ب. jam weker

ج. jam saku

د. jam tangan

11.         Apa yang di maksud dengan jumlah ismiyah?

setiap kata yang tersusun dari huruf hijaiyah.

ب. setiap kalimat yang tersusun atas fi’il (kata kerja) dan fa’il (orang yang melakukan pekerjaan).

  kalimat yang di dahului dengan isim yang terdiri dari mubtada dan khabar.

د. kalimat yang di dahului dengan ayat Al-Qur’an.

12.         Apa yang di maksud dengan jumlah fi’liyah?

setiap kata yang tersusun dari huruf hijaiyah.

ب. setiap kalimat yang tersusun atas fi’il (kata kerja) dan fa’il (orang yang melakukan pekerjaan).

kalimat yang di dahului dengan isim yang terdiri dari mubtada dan khabar.

د. kalimat yang di dahului dengan ayat Al-Qur’an.

13.      اَلْجُمْلَةُ الآَتِيَةُ هِىَ اَلْجُمْلَةُ الْإِسْمِيَّةُ ؟

  أ. يَذْهَبُ اَحْمَدُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ

 ب. أَقْرَأُ الْقُرْآَنَ فِيْ الْبَيْتِ

 ج. اَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ فِيْ السَّاعَةِ السَّادِسَةِ صَبَاحًا

 د. اَلْمَسْجِدُ فِيْ قَرْيَتِيْ جَمِيْلٌ وَكَبِيْرٌ

14.      اَلْجُمْلَةُ الآَتِيَةُ هِىَ اَلْجُمْلَةُ الْفِعْلِيَّةُ ؟

  أ. اَلْمَسْجِدُ وَاسِعٌ

 ب. عَائِشَةُ تَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ

 ج. اَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ فِيْ السَّاعَةِ السَّادِسَةِ صَبَاحًا

 د. اَحْمَدُ يَجْلِسُ فِي الْكُرْسِيِّ

15.      اَلْجُمْلَةُ الآَتِيَةُ هِىَ اَلْجُمْلَةُ الْإِسْمِيَّةُ ....؟

  أ. عَائِشَةُ تَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ

 ب. كَتَبَ مُحَمَّدٌ اَلْكِتَابَ

 ج. قَرَأَ اَحْمَدُ اَلْقُرْآَنَ

 د. يَشْرَبُ اَلْمَاءَ فِيْ الْمَطْبَخِ

16.      اَلْجُمْلَةُ الآَتِيَةُ هِىَ اَلْجُمْلَةُ الْفِعْلِيَّةُ ؟

  أ. عَائِشَةُ تَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ

 ب. اَلْكُرْسِيُّ فِيْ الْفَصْلِ

 ج. اَحْمَدُ يَجْلِسُ فِي الْكُرْسِيِّ

 د. يَذْهَبُ اَحْمَدُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ

17.      مَا مَعْنَى " هِوَايَتِيْ " ؟

 أ. kebunku

ب. sekolahku

ج. hobiku

د. rumahku

18.      هَذَا اَحْمَدُ, هُوَ طَالِبٌ نَشِيْطٌ فِي الْمَدْرَسَةِ, هِوَايَةُ اَحْمَدُ فِيْ بَيْتِهِ الْقِرَاءَةُ, لِأَنَّ الْقِرَاءَةَ تَزيْدُ الْعِلْمَ.

مَا هِوَايَةُ اَحْمَدُ ؟

  أ. اَلطَّبخُ

 ب. اَلْقِرَاءَةُ

 ج. اَلسِّبَاحَةُ

 د.كُرَّةُ الْقَدَمِ

19.      مَا مَعْنَى  كُرَّةُ الْقَدَمِ ؟

 أ. tenis meja

ب. sepak bola

ج. membaca

د. traveling

20.      هِوَايَتِيْ سَمَاعُ الْمُوْسِقَى ؟تَرْجِمْ إِلَى الْإِنْدُوْنِسِيَّةِ!

 hobiku bermain badminton

ب. hobiku bermain tenis meja

hobiku berbelanja

د. hobiku mendengar musik

21.      مَا مَعْنَى اَلتَّصْوِيْرُ ؟

 أ. menggambar / memotret

ب. melukis

ج. badminton

د. traveling

22.      مَا مَعْنَى اَلرِّيَاضَةُ ؟

ا. sepak bola

 

olahraga ب

ج. membaca

د. berenang

 

23.      أَنَا أُحِبُّ كُرَّةُ الْقَدَمِ ؟تَرْجِمْ إِلَى الْإِنْدُوْنِسِيَّةِ!

 saya suka bermain badminton

  saya suka bermain sepak bola

 saya suka bernyanyi

 saya suka melukis

24.      مَا مَعْنَى مَرْمَى ؟

أ. gawang

ب. kolam

ج. wasit

د. pemain

25.      مَا مَعْنَى مَلْعَبٌ ؟

أ. sekolah

ب. lapangan

ج. wasit
د.
pemain

26.      مَا مَعْنَى حَكَمٌ ؟

أ. wasit

ب. pemain

ج. bola

د. pluit

27.      عُمَرَ يُحِبُّ كُرَّةَ الْقَدَمِ وَ كُرَّةَ السَّلَّةِ وَالسِّبَاحَةَ.

 تَرْجِمْ إِلَى اللُّغَةِ الْإِنْدُوْنِسِيَّةِ!

Umar senang bermain tenis meja, berenang dan voli

Umar senang bermain sepak bola, basket dan berenang

Umar senang bermain basket, berenang dan sepak bola

  Umar senang membaca, menulis dan menggambar.

28.      عَائِشَةُ تُحِبُّ الْقِرَاءَةَ وَالتَّصْوِيْرَ.

 تَرْجِمْ إِلَى اللُّغَةِ الْإِنْدُوْنِسِيَّةِ!

 

Aisyah senang menulis dan membaca

Aisyah senang membaca dan memotret

Aisyah senang berenang dan memasak

Aisyah senang menulis dan menggambar

29.      اَللُّغَةُ الْعَرَبِيَّةُ مِنْ .“ memotret ”

أ. اَلتَّصْوِيْرُ

ب. اَلقِرَاءَةُ

ج. اَلْكُرَّةُ الْقَدَمِ

د. اَلسِّبَاحَةُ

30.      اَللُّغَةُ الْعَرَبِيَّةُ مِنْ .“ Traveling ”

أ. اَلطَّبْخُ

ب. اَلسَّفَرُ

ج. اَلْقِرَاءَةُ

د. اَلرَّسْمُ

31.      اَللُّغَةُ الْإِنْدُوْنِسِيَّةُ مِنْ قِرَاءَةُ الْقُرْآَنِ ؟

 أ. membaca buku

ب. menulis cerita

ج. membaca majalah

د. membaca Al-Qur’an

32.      اَحْمَدُ أُرِيْدُ . . . . إِلَى الْمَكْتَبَةِ

 أ. أَنْ أَذْهَبُ

ب. أَنْ أَذْهَبِ

ج. أَنْ أَذْهَبَ

د. أَنْ أَذْهَبْ

33.      اَلتِّلْمِيْذُ يُرِيْدُ . . . . يَذْهَبَ إِلَى الْمَدْرَسَةِ.

أ. أَنْ

ب. لَنْ

ج. لِ

د. إِلَى

34.      . . . . . يَدْخُلَ الْكَافِرُ اَلْجَنَّةَ.

أ. أَنْ

ب. لَنْ

ج. لِ

د. إِلَى

35.      يَذْهَبُ فَوْزَانُ إِلَى الْمَكْتَبَةِ . . . . يَقْرَأَ الْكِتَابَ

أ. أَنْ

ب. لَنْ

ج. لِ

د. إِلَى

36.      نَحْنَ نَتَعَلَّمُ اَللُّغَةَ الْعَرَبِيَّةَ . . . . أَفْهَمَ الْقُرْآَنَ

 أ. أَنْ

ب. لَنْ

ج. لِ

د. مِنْ

37.         Apa pengertian dari “ أَنْ ” ?

  hendak/ ingin

 tidak akan

 supaya, agar

 siapa

38.         Apa pengertian dari “ لَنْ ” ?

  hendak/ ingin

 tidak akan

 supaya, agar

 siapa

39.      . . . . . يَنْجَحَ مَنْ كَسَلَ.

أ. أَنْ

ب. لَنْ

ج. لِ

د. مِنْ

40.      يَدْخُلُ الطُّلَّابُ إِلَى الْفَصْلِ . . . . الدُّرُوْسَ.

أ. لِيَدْرُسُ

ب. لِيَدْرُسَ

ج. لِيَدْرُسِ

د. لِيَدْرُسًا

41.      نَحْنُ نُرِيْدُ . . . . نَرْجِعَ إِلَى الْبَيْتِ.

أ. أَنْ

ب. لَنْ

ج. لِ

د. مِنْ

42.      مَا مَعْنَى  " اَلْمِهْنَةُ "؟

أ. pekerjaan

ب. profesi

ج. hobi

د. olahraga

43.      مَنْ يُعَالِجُ الْمَرْضَى فِيْ الْمُسْتَشْفَى ؟

أ. اَلطَّبِيْبُ

ب. اَلْخَيَّاطُ

ج. اَلْمُدَرِّسُ

د. اَلْفَلَّاحُ

44.      مَنْ يَتَعَلَّمُ الطُّلَّابَ فِيْ الْمَدْرَسَةِ ؟

أ.  اَلطَّبِيْبُ

ب. اَلْخَيَّاطُ

ج. اَلْمُدَرِّسُ

د.  اَلْفَلَّاحُ

45.      مَنْ يَزْرَعُ الرُّزَّ فِيْ الْمَزْرَعَةِ ؟

 أ.  اَلطَّبِيْبُ

ب. اَلْخَيَّاطُ

ج. اَلْمُدَرِّسُ

د.  اَلْفَلَّاحُ

46.      مَنْ تُخَيِّطُ اَلْمَلَابِسَ فِيْ مَحَلِّ الْحَيَّاطَةِ ؟

 أ.  اَلطَّبِيْبُ

ب. اَلْخَيَّاطُ

ج. اَلْمُدَرِّسُ

د.  اَلْفَلَّاحُ

47.      مَنْ يُنَظِّمُ اَلْمُرُوْرَ فِي الشَّوَارِعِ ؟

 أ.  اَلطَّبِيْبُ

ب. اَلْخَيَّاطُ

ج. اَلشُّرْطِيُّ

د.  اَلْفَلَّاحُ

48.       (1). صَلَاةَ  (2). فِيْ  (3). اَلْعِشَاءِ  (4). اَلْمُسْلِمُوْنَ (5). اَلْمَسْجِدِ

Susunan kalimat yang benar adalah  . . . .

ا. 4-1-3-2-5

ب. 4-3-1-2-5

ج. 4-2-3-1-5

د. 4-2-1-3-5

49.       (1). اَلْقُرْآَنَ  (2). قِرَاءَةَ  (3).أَنَا  (4). أُحِبُّ.

Susunan kalimat yang benar adalah  . . . .

ا. 4-3-2-1

ب. 3-4-2-1

ج. 4-3-2-1

د. 3-4-1-2

50.      اَللُّغَةُ الْعَرَبِيَّةُ هِيَ لُّغَةُ الْقُرْآَنِ

   تَرْجِمْ إِلَى اللُّغَةِ الْإِنْدُوْنِسِيَّةِ!

 Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an

   Bahasa Indonesia adalah bahasa yang indah

 Bahasa Arab adalah bahasa semua orang

   Bahasa Arab adalah bahasa orang Arab.

 

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pertanyaan dan jawaban tentang manajemen proyek

TUGAS   TEKNI PERENCANAAN DAN EVALUASI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Tekni perencanaan dan evaluasi Disusun Oleh :        Budianoor NPM : 10.12.02183 Semester : 7 (Tujuh) A Eksekutif SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI (STIA) AMUNTAI TAHUN AKADEMIK 2013 BAB 1 Soal-Soal 1.       Dalam manajemen proyek, ada hubungan sebab akibat dari suatu tindakan manajemen. Dari daftar efek dan sebab berikut carilah pasangannya. Efek - Keterlambatan penyelesaian aktivitas dalam proyek - Pembengkakan biaya proyek - Konflik antar personal proyek Sebab -    Tidak ada orang khusus untuk menangani proyek -   Desain yang kurang bagus -   Pembuatan jadwal yang tidak realistis 2.       Sebutkan ciri-ciri proyek. 3.       Terangkan bagaimana cara munculnya proyek. Beri contoh. 4.       Jelaskan segitiga project constraint. 5.       Apa perbedaan antara ukuran dan kompleksitas proyek. Jawab : 1.     Pasangan efek

CONTOH PROPOSAL MAULID AL-HABSYI

PERSATUAN MAULID AL-HABSYI “ DARUL MUKHLISIN ” DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor                         : 03/BJP-BLG/2014                                                                              Halong, 06 Juli 2014 Lampiran         : 1 (satu) berkas Perihal                         : Mohon Bantuan Keuangan Untuk perlengkapan maulid Al-habsyi Kepada Yth, PIMPINAN PT. ATA Di – Halong Asslamu’alaikum Wr. Wb. Dengan Hormat, Kami dari Persatuan Maulid Al-Habsyi “DARUL MUKHLISIN” Ds. Binjai punggal Rt.II Kec.Halong Kab. Balangan mengajukan permohonan kepada Bapak kiranya dapat memberikan bantuan dana untuk perbaikan dan penggantian alat-alat yang hampir tidak layak lagi untuk dipakai. Dan perlu Bapak ketahui bahwa Persatuan Maulid ini sudah dibentuk sejak tahun 2006 atau sudah berusia 8 tahun jadi hampir 80% peralatan yang ada sudah tidak layak pakai. Bantuan yang akan Bapak berikan sangat berarti bagi kelancaran kegi

Proposal Prmohonan Bibit jagung

PROPOSAL KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN TAHUN   201 5 KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL RT.02 KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor      : 04/BJP/HLG/2015 Lampiran : 1 ( satu ) berkas Perihal      : mohon bantuan Bibit jagung,Pupuk dan perlengkapan lainnya                                    Kepada Yth.                  BAPAK KEPALA DINAS PER IKANAN       KABUPATEN BALANGAN                     di -   tempat Assalamu’alaikum Wr.Wb Salam silaturrahmi kami semua, teriring Do’a semoga Bapak senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan sukses selalu dalam menjalankan tugas sehari-hari Amein. Sehubung dengan potensi yang dimiliki Desa Binjai Punggal untuk pengembangan sektur pertanian serta untuk pembangunan daerah kabupaten Balangan, maka kami dari kelompok tani “LULUTUNG INDAH” Desa Binjai Punggal Kecamatan Halong Kabupaten Balangan bermaksu