Iklan

Iklan dalam feed

ANALISIS KOMPETENSI IPA

ANALISIS  KOMPETENSI

 

NAMA SEKOLAH      :    ………………..

MATA PELAJARAN       :      IPA

       

 

KompetensiInti :

1.         Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya

2.         Menghargaidanmenghayatiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya

3.         Memahamipengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata

4.         Mencoba, mengolah, danmenyajidalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori

 

NO

KOMPETENSI DASAR

KELAS  VII

SEMESTER

1

2

1

A.    Objek I pa dan pengamatannya

3.1  Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran  yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran.

4.1  Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku

 

B.     Klasifikasi Makhluk Hidup

3.2  Mengklasififikasi makhluk Hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati

4.2  Menyajikan hasil pengklasIfikasia makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati

 

C.     Klasifikasi Materi dan Perubahannya

3.3  Memahami konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari

4.3  Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran

 

D.    Suhu dan Perubahannya

3.4  Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.

4.4  Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor.

 

E.     Kalor dan Perpindahannya

3.5  Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.

4.5  Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud bendaserta perpindahan kalor

 

F.      Energi dalam Sistem Kehidupan

3.6  Memahami konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis

4.6  Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis

 

 

2

G.    Sistem Organisasi Kehidupan

3.7  Memahami sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism dan komposisi utama penyusun sel

4.7  Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan

 

 

H.    Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

3.8  Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi

4.8  Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya

 

I.       Pencemaran Lingkungan

3.9  Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem

4.9  Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan

 

J.       pemanasan Global

3.10    Memahami perubahan  iklim dan dampaknya bagi  ekosistem

4.10    Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi/penanggulangan masalah perubahan iklim

 

 

K.    Struktur Bumi dan Dinamikanya

 

3.11  Memahami lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya.

4.11  Mengomuni-kasikan upaya pengurangan resiko dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya

 

 

L.     Tata Surya

 

3.12  Memahami sistem tata surya,rotasi dan revolusi bumi dan bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi

4.12  Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi

 

 

                                                                                        ………………., ………………

 

Mengetahui,         

Kepala .................................                        Guru Mata Pelajaran

 

 

 

………………………………                        ………………………………

NIP/NRK. -                                                  NIP/NRK.

 

Catatan Kepala Sekolah

....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

 

 

 

 

 

  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ANALISIS KOMPETENSI IPA"