ANALISIS KOMPETENSI IPA
ANALISIS KOMPETENSI
NAMA SEKOLAH : ………………..
MATA PELAJARAN : IPA
KompetensiInti :
1.
Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya |
|||
2.
Menghargaidanmenghayatiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri,
dalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya |
|||
3.
Memahamipengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan
rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni,
budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata |
|||
4.
Mencoba, mengolah, danmenyajidalamranahkonkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di
sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori
|
|||
NO |
KOMPETENSI
DASAR |
KELAS VII |
|
SEMESTER |
|||
1 |
2 |
||
1 |
A. Objek I pa dan
pengamatannya |
||
3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai
besaran yang ada pada diri sendiri,
makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan
satuan standar (baku) dalam pengukuran. 4.1 Menyajikan data hasil pengukuran
dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan
benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku |
√ |
|
|
B. Klasifikasi Makhluk Hidup |
|||
3.2 Mengklasififikasi makhluk Hidup
dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati 4.2 Menyajikan hasil pengklasIfikasia makhluk hidup dan benda di
lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati |
√ |
|
|
C. Klasifikasi Materi dan
Perubahannya |
|||
3.3
Memahami konsep campuran dan zat
tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan
kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari 4.3
Menyajikan hasil penyelidikan atau
karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau
pemisahan campuran |
√ |
|
|
D. Suhu dan Perubahannya |
|||
3.4
Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan. 4.4
Melakukan percobaan untuk menyelidiki
pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor. |
√ |
|
|
E. Kalor dan Perpindahannya |
|||
3.5
Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan. 4.5
Melakukan percobaan untuk menyelidiki
pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud bendaserta perpindahan kalor |
√ |
|
|
F. Energi dalam Sistem
Kehidupan |
|||
3.6
Memahami konsep energi, berbagai
sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk
fotosintesis 4.6
Menyajikan hasil percobaan tentang
perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis
|
√ |
|
|
2 |
G. Sistem Organisasi
Kehidupan |
||
3.7 Memahami sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat
sel sampai organism dan komposisi utama penyusun sel 4.7 Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan
|
|
√ |
|
H. Interaksi Makhluk
Hidup dengan Lingkungannya |
|||
3.8
Menganalisis
interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi
akibat interaksi 4.8
Menyajikan hasil pengamatan terhadap
interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya |
|
√ |
|
I. Pencemaran Lingkungan |
|||
3.9 Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan
dampaknya bagi ekosistem 4.9 Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah
pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan |
|
√ |
|
J. pemanasan Global |
|||
3.10 Memahami perubahan iklim dan
dampaknya bagi ekosistem 4.10 Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi/penanggulangan masalah
perubahan iklim |
|
√ |
|
|
K. Struktur Bumi dan
Dinamikanya |
||
|
3.11 Memahami lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan
pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman
bencana di daerahnya. 4.11 Mengomuni-kasikan upaya pengurangan resiko dan dampak bencana alam
serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan
jenis ancaman bencana di daerahnya |
|
√ |
|
L. Tata Surya |
||
|
3.12 Memahami sistem tata surya,rotasi dan revolusi bumi dan bulan, serta
dampaknya bagi kehidupan di bumi 4.12 Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan
bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai
sumber informasi |
|
√ |
………………., ………………
Mengetahui,
Kepala
................................. Guru
Mata Pelajaran
……………………………… ………………………………
NIP/NRK. - NIP/NRK.
Catatan
Kepala Sekolah
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
0 Response to "ANALISIS KOMPETENSI IPA"
Posting Komentar