SOAL QUR"AN HADITS KELAS IX SEMESTER GENAP
1. Kata-kata berikut merupakan asal kata dari dari qurโan, yang paling tepat adalah ....
A.ููุฑูุงู_ููููุฑูุงู_ููุฑูุงูู
B.ููุฑูุงู_ููููุฑูุงู_ููุฑูุงูู
G.ููุฑูุงู_ููููุฑูุงู_ููุฑูุงูู
H.ููุฑูุงู_ููููุฑูุงู_ููุฑูุงูู
2. Perhatikanlah pernyataan-pernyataan berikut!
(1) membacanya adalah ibadah
(2) wahyu Allah
(3) yang diturunkan kepada Nabi Muhammad
(4) melalui malaikat Jibril
(5) secara berangsur-angsur
Susuanan yang benar tentang pengertian Al-Qurโan secara Istilah adalah ...
A. (1) โ( 2) โ (3) โ (4) โ (5)
B. (2) โ (3) โ (5) โ (4) โ (1)
C. (2) โ (3) โ (4) โ (5)โ (1)
D. (1) โ (3) โ (4) โ (5) โ (2
3. Ibu Fatimah seorang wanita yang sukses dalam karirnya. Agar tetap dapat memfungsikan al-Qurโan dan Hadis dalam kehidupannya berkeluarga, sikap yang mesti diambil adalah....
A. yang terpenting tetap bekerja keras agar mendapatkan uang banyak dan dapat menyenangkan anak
B. melaksanakan tugas dalam karirnya sebaik mungkin meski anak dan suaminya tidak mendapatkan perhatiannya secara penuh
C. tetap melaksanakan kewajbannya sebagai seorang ibu dan istri dengan seadiladilnya
D. mohon izin pada suami dan anak-anaknya untuk absen sebagai istri dan ibu selama masa karir
4. Sebagaimana dengan al-Quran, mencintai Hadis dapat dibuktikan dengan....
A. menjadikan kitab hadis yang tebal sebagai hiasan rumah
B. Menerapkan hukum-hukum yang ada dalam hadis yang sesuai dengan keinginan kita
C. memahami hadis dan berusaha menerapkannya
H. cukup memahami hadis dan tidak menerapkannya
5. Tata cara pelaksanaan sholat, Zakat , Puasa, jual beli dan pernikahan dapat kita temui di dalam hadist, namun tidak kita temui dalam Al Qurโan. Hal tersebut menunjukkan bahwa fungsi hadist adalah...
A. Menguatkan hukum-hukum yang telah disebutkan dalam Al Qurโan
B. Menafsirkan ayat-ayat Al Qurโan yang masih besifat Mujmal
C. Menetapkan hukum-hukum yang belum ada dalam Al-Qurโan
D. Membatasi keumuman dalam Al โQurโan
6. Al qurโan dan hadist merupakan sumber hukum ajaran islam namun ada perbedaan antara Al Qurโan dan Hadist. Manakah dari penyataan dibawah ini yang paling tepat....
A. Al-Qurโan dibukukan, adapun Hadis tidak
B. Membaca Ayat dalam Al Qurโan dinilai ibadah, sedangkan hadis tidak
C. Hukum membaca Al Qurโan adalah sunnah, sedangkan hukum membaca hadist adalah mubah
H. Hadist adalah praktik rosulullah SAW dalam mengamalkan Al Qurโan, sedangkan Al Qurโan adalah wahyu Allah
7. Perhatikan ayat berikut!
ููุงูุณููู ูุงุกูููู ูุงุจูููุงููุง Isi kandungan dari ayat tersebut adalah ....
A. langit dan pembangunannya, peninggiannya yang demikian hebat yang amat sempuna indah B. yakni Allah membentangkan langit dan memperluasnya
C. ketika nampak jelas dengan cahayanya dan sinarnya dan menyingkap kegelapan.
D. yaitu, ketika matahari tenggelam, bulan muncul
8. ุงูููู ูููู ุฎููููู ุงูุณููู ูููุชู ููุงูููุงุฑูุถูููุงุฎูุชููุงููู ุงููููููู ููุงููููููุงุฑูููุงููุชููููุงููููู ุงูููุงููุจูุงุจIsi kandungan dari ayat tersebut adalah ....
A. orang-orang yang selalu memikirkan Allah Swt
B. golongan yang menggunakan akal sehatnya untuk mencermati Allah Swt
C. orang-orang yang memikirkan ciptaan Allah Swt.
D. orang yang senantiasa memanfaatkan semua ciptaan Allah Swt.
9. Perhatikan hadis berikut!
ุนููู ุงูุจูู ููุฑูููุฑูุฉู ุนููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู
ูููู ุงูููู ุงูููู ููู
ููุง ููุถู ุงููุญูููู ููุชูุจู ุนูููุฏููู ูููููู ุนูุฑู ุดูููุงูููู
ุฑูุญูู
ูุชูู ุชูุบูููุจู ุบูุถูุจูู
( Isi kandungan yang tepat dari kalimat yang bergatis bawah tersebut adalah ....
A. Allah akan marah terhadap orang yang tidak mau mohon ampun.
B. Ampunan Allah adalah bagaian dari rahmat-Nya
C. semua dosa manusia akan diampuni oleh Allah Swt.
D. Allah akan mengampuni kesalahan manusia, selama ia memnta ampun
10. Perhatikan ayat berikut!
ููุงููููููุงุฑูุงูุฐูุงุชูุฌููููู
Arti yang tepat dari ayat tersebut adalah ....
A. dan siang apabila terang benderang
B. dan penciptaan laki-laki dan perempuan,
C. sesungguhnya usaha kamu memang berbeda-beda,
D. maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah.
11. Perhatikan hadis berikut!
ุนููู ุงูุจูู ููุฑูููุฑูุฉู ุนููู ุฑูุณูููู ูุงูููู ุตูุงูููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
,
ููุงูู ู
ูุงููููุถูุชู ุตูุฏูููุฉู ู
ููู ู
ูุงูู ููู
ูุง ุฒูุงุฏูุงูููู ุนูุจูุฏูุง ุจูุนููููู...
Arti dari kalimat yang bergaris bawah tersebut adalah โฆ
A. Tidaklah sedekah itu mengurangi harta,
B. tidaklah Allah Swt. menambah bagi seorang hamba
C. tidak pemberian maaf (kepada saudaranya,)
D. Dia akan meninggikan (derajat)nya
12. . Apabila terdapat ha แธammir berharakat แธammah maupun kasrah terletak di akhir kata, tidak dibaca waqaf, tidak dibaca sambung dengan huruf berikutnya dan sebelumnya adalah huruf yang berharakat hidup adalah pengertian....
A. farqi
B. badal
C. tamkin
D. แนฃilah
13.
Perhatikan ayat berikut!
ูููู ู
ูุง ููู ุงูุณููู
ูุงููุงุชู ููู
ูุงููู ุงูููุงุฑูุถู
ู
ููู ุฐูุง ุงูููุฐููู ููุดูููุนู ุนูููุฏููู ุงููููุงุจูุงู ุฐูููู
Mad แนฃilah dalam ayat tersebut sebanyakโฆ.
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
14. Bacaan panjang ketika ada tanwin fathah atau fathatain dibaca waqaf (berhenti) pada akhir kalimat, baik berhenti karena terdapat tanda waqaf atau karena kehabisan nafasa dalah pengertian madโฆ.
A. Badal
B. Layyin
C. โiwaแธ
D. Tamkin
15. Perhatikan ayat berikut!
ููุงูููุงู ูู ููุฑูููุด
Akhir ayat tersebut harus dibaca lunak karena madโฆ.
A. badal
B. โariแธ lissukun
C. แนญabiโi
D. layyin
16. Abdullah sedang membaca QS. an-Naziโat (79):2, ketika sampai pada kalmiatููุดูุทูุงia memanjangkan bacaannya sebanyakโฆ.harakat
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
17. Habibullah sedang membaca QS. al-Baqarah (2) : 46, ketika membaca kalimatุงููููููHabibullah membacanya denganโฆ.
A. lunak
B. jelas
C. samar
D. dengung
18. Alfiah adalah siswi yang pandai membaca al-Qurโan. Ketika ia membaca huruf berharakat fathah yang bertemu dengan wau atau ya sukun di akhir ayat ia akan membaca panjang dua harakat atau empat harakat bahkan enam harakat. Dengan demikian Alfiah mempraktikkan bacaan madโฆ.
A. Tamkin
B. โAriแธ lissukun
C. โiwaแธ
D. Layyin
19. Revaldo adalah siswa madrasah yang suka berbagi pengetahuan. Suatu hari ia menjelaskan kepada teman sebangkunya bahwa apabila terdapat mad thabiโi di akhir ayat atau ditengah ayat yang diikuti huruf hidup kemudian dibaca waqaf maka dapat dibaca panjang maksimal enam harokat. Dalam hal ini Revaldo menjelaskan tentang madโฆ.
A. Mad แนญabiโi
B. Mad layyin
C. Mad โariแธ lissukun
D. Mad โiwaแธ
20. Abdullah mengeluarkan atau memberikan sebagian dari harta atau pendapatannya untuk pembangunan masjid dekat rumahnya. Perbuatan yang dilakukan Abdullah disebutโฆ
A. infak
B. amanah
C. zakat
D. wakaf
21. Perhatikan QS. al-Fajr ayat 16 berikut!
ููุงูู
ููุง ุงูุฐูุง ู
ูุงุจูุชูููุง ูู ููููุฏู ุฑู ุนููููููู ุฑูุฒููููู ูููููููููู
ุฑูุจูููู ุงูููุงููู
Sikap orang yang beriman sesuai ayat tersebut seharusnyaโฆ.
A. Bersyukur
B. Bersabar
C. Tawakkal
D. Qanaโah
22. . Perhatikan ayat berikut!
ูููุงูู ุจููู ูููุง ุชูููุฑูู
ููู ูู ุงููููุชูููู
Arti yang tepat dari ayat tersebut adalahโฆ.
A. Maka dia berkata: "Tuhanku telah memuliakanku
B. maka dia berkata: "Tuhanku telah menghinakanku
C. Sekali-kali tidak!, bahkan kamu tidak memuliakan anak yatim
D. Dan kamu tidak saling mengajak memberi makan orang miskin
23. . Perhatikan ayat berikut!
ููุงูู
ููุง ุงูุฐูุง ู
ูุงุจูุชูููุง ูู ููููุฏู ุฑู ุนููููููู ุฑูุฒููููู ูููููููููู
ุฑูุจูููู ุงูููุงูููู
Arti kalimat bergaris bawah adalahโฆ.
A. Memuliakanku
B. Menghinakanku
C. Menghormatiku
D. Membenciku
24. Salah satu sifat manusia adalah kurang bersyukur. Ayat yang menggambarkan sifat tersebut adalahโฆ.
Aููููุง ุชูุญูุง ุถูููู ูู ุนูููู ุทูุนูุง ู
ู ุงููู
ูุณููููููู .
B .ูููููุง ุจููู ููุง ุชูููุฑูู ููู ูู ุงููููุชูููู
C. ููุงูู ููุง ุงูุฐูุง ู ูุงุจูุชูููุง ูู ููููุฏู ุฑู ุนููููููู ุฑูุฒููููู ูููููููููู ุฑูุจูููู ุงููุงููู .
D.ุฑูุจูููู ููุง ูููุฑูู
ููู ููููุนููู
ููู ูููููููู ูู ุฑูุจููููุงูููุฑูู
ูููููุงู
ู
ููุงุงูููุงููุณูุง ูู ุงูุฐูุง ู
ูุง ุงุจูุชููุงููู
25.
Perhatikan ayat berikut!
. ููุงูู
ููุง ุงูุฐูุง ู
ูุงุจูุชููุงู ูู ููููุฏู ุฑู ุนููููููู
ุฑูุฒููููู ูููููููููู ุฑูุจูููู ุงูููุงู
Mencermati ayat tersebut seharusnya manusia memiliki sifatโฆ.
A. sabar
B. sukur
C. dzikir
D. tawaแธuโ
26.
Pak Mulki termasuk orang yang tidak mau
menginfakkan hartanya. Berkali-kali kesempatan berinfak ia dapati.
Berulang-ulang seruan berinfak pun disampaikan, tetapi tetap saja Pak Mulki
tidak berinfak. Perilaku Pak Mulki terasuk orang yangโฆ.
A. insyaf
B. แบolim
C. murtad
D. kufur
27.
Dalam QS. al- Baqarah (2): 261 Allah Swt,
menjanjikan pahala berlipat ganda bagi orang-orang yangโฆ.
A. infak
B. zakat
C. ลผikir
D. doa
28.
Perhatikan ayat berikut!
ููุง ุงููููููุง ุงูููุฐู ูููู ุกูุงู
ูููููุง ุงูููููููููุง
ู
ูู
ููุง ุฑูุฒูููููุงููู
ู ู
ูููู ููุจููู ุงููู ูููุงูุชูููููููู
ู ูููุง ุจูููุนู ูููููู ููููุงุฎููููุฉู
ูููุงูุดูููุง ุนูู
Yang dimaksud ayat bergaris bawah tersebut adalahโฆ.
A. Hari Qiyamah
B. Hari dagang
C. Hari infak
D. Hari syafaat
29.
Sifulan adalah orang yang sangat
berkecukupan,tetapi ia memilih memperkaya dirinya. Ia tidak mau berbagi dengan
sesama. Berdasarkan QS. al-Baqarah (2): 254 perilaku Sifulan termasukโฆ. A.
แบolim
B. kikir
C. kufur
D. inkar
30.
Perhatikan hadis berikut!
ุงูููููููู
ููุง ุงูุนูุทู ู
ูููููููุง ุฎูููููุง ูููููููููู ุงููุงูุฎูุฑู ุงููููููู
ูู
ุงูุนูุทู ู
ูู
ูุณูููุง ุชูููููุง
Arti kata yang bergaris bawah adalahโฆ.
A. pengganti
B. kehancuran
C. kekecewaan
D.
bakhil
31.
Perhatikan hadis berikut!
1.ู
ูุง ู
ููู ููููู
ู
2. ุงููููุง ู
ูููููุง ูู
3.ููุตูุจูุญููู
4.ุงููุนูุจุงู ุฏู ูููููู
5.ููููุฒู ููุงูู
Urutan yang benar adalahโฆ.
A. 1, 2, 3, 4, 5
B. 1, 3, 4, 2, 5
C. 1, 3, 4, 5, 2
D. 1, 3, 2, 5, 4
32.
Perhatikan hadis berikut!
ุงููููุฏู ุงููุนูููููุง ุฎูููุฑู ู
ููู ุงููููุฏูุงููุณูููููู
Arti kata yang bergaris bawah adalahโฆ.
A. di atas
B. di bawah
C. di samping
D. di belakang
33.
Salman sedang membaca QS. Hud: 41, ketika sampai
pada lafadz:
ุจูุณูู
ู ุงูููู ู
ูุฌูุฑู ููุง ููู
ูุฑูุณูููุงDia membaca dengan โฆ.
A. Isymam
B. Mad dan Qashr
C. Tas-hil
D. Imalah
34.
Lafadz
ููุง ุชูุงู ู
ููููุง dalam QS. Yusuf: 11 menunjukkan adanya
bacaanโฆ.
A. Isymam
B. Mad dan Qashr
C. Tas-hil
D. Imalah
35.
Ahmad sedang membaca al-Qurโan yang disimak oleh
gurunya, ketika membaca QS. Al-Hujurat: 11, membaca lafadz yang harusnya dibaca
Naql, yang artinyaโฆ.
A. Memiringkan
B. Menggabungkan
C. Meringankan
D. Memindahkan
36.
Pernyataan yang menjelaskan tentang bacaan
Tas-hil adalahโฆ.
A. Di tengah โ tengah antara huruf
hamzah dan huruf ha, sehingga lafadz yang keluar tidak seperti hamzah tidak
juga seperti ha
B. Memindahkan harakat hamzah ke huruf mati
sebelumnya, dan setelah itu hamzahnya dibuang
C. Mencampurkan dhummah pada sukun dengan
memoncongkan bibir.
D. Mencondongkan bacaan harakat fathah pada
harakat kasrah sekitar dua pertiganya
37.
Pernyataan yang menjelaskan tentang bacaan
Isymam adalahโฆ.
A. Di tengah โ tengah antara huruf hamzah
dan huruf ha, sehingga lafadz yang keluar tidak seperti hamzah tidak juga
seperti ha
B.
Memindahkan harakat hamzah ke huruf mati sebelumnya, dan setelah itu hamzahnya
dibuang
C. Mencampurkan dhummah pada sukun
dengan memoncongkan bibir.
D. Mencondongkan bacaan harakat fathah pada
harakat kasrah sekitar dua pertiganya.
38.
Berikut adalah contoh bacaan Naql:
A. ุกูุงูุนูุฌูู
ูููู ููุนูุฑูุจูููู
B.ุณูููุง ุณูููุง
.C ููู
ูุฑู ุณูููู
ุฌูุฑูู ููุง
D.ุจูุงูุณู ููุงุณูู
ู
39.
Siswa kelas IX C di MTs โCinta Tanah Airโ sedang
belajar menterjemahkan QS. โAbasa: 1-10. Mereka menghafalkan ayat dan artinya
secara bergantian.
Ketika sampai pada ayatููุงูููุชู ูููู ุชูุตูุฏูููmereka mengartikanโฆ.
A. atau dia (ingin) mendapatkan pengajaran,
yang memberi manfaat?
B. Adapun orang yang merasa dirinya serba
cukup
C. maka engkau (Muhammad) memberi
perhatian kepadanya
D. padahal tidak ada (cela) atasmu kalau
dia tidak menyucikan diri
40.
Diantara kandungan QS. โAbasa: 1-10 sebagai
berikutโฆ.
A. Orang yang beriman dan berilmu akan
ditinggikan deratanya
B. Perintah untuk melapangkan tempat bagi
pencari ilmu
C. Allah mengetahui secara detail apa yang
dilakukan manusia
D. Perintah kepada guru memberikan
penghargaan dan pelayanan yang sama
41.
Arti mufradat dari lafadz ุงูููุง ุนูู
ูู....adalah
A. Orang yang buta
B. Orang yang tuli
C. Orang yang bisu
D. Orang yang gagap
42.
. Saat Nabi Saw. sedang menjelaskan tentang
Islam kepada para pemuka Quraisy, datang Abdullah bin Ummi Maktum dan menyela
pembicaraan Nabi Saw.. Hal ini dimaklumi karena Abdullah bin Ummi Maktum adalah
seorang yang buta dan fakir. Hal ini digambarkan dalam ayatโฆ.
A.ุงููู ุฌูุงุกููู ุงูููุงุนูู
ูุง
B ููู
ูุง ููุฏุฑููููู ููุนูููููู ููุฒูููููู .
C.ุงูู
ููุง ู
ููู ุงุณูุชูุบูููู
.D ููุงู ููุชู ูููู ุชูุตูุฏ ููู
43.
Isi kandungan QS. al-Mujadilah: 11 antara lainโฆ.
A.
Peringatan agar memperhatikan orang yang akan menuntut ilmu
B. Orang yang beriman dan berilmu akan
ditinggikan deratanya
C. Peringatan agar tidak membeda-bedakan
antara si kaya dan si miskin
D. Perintah kepada guru memberikan
penghargaan dan pelayanan yang sama
44.
Dalam QS. al-Mujadilah: 11 lafadz:
ููุง ููุณูุญูููุง ููููุณูุญู ุงูููู ููููู
ู....adalah
A. Berilah kelapangan di dalam
majelis-majelis
B. Dan apabila dikatakan, โBerdirilah
kamu,โ maka berdirilah
C. niscaya Allah akan mengangkat (derajat)
orang-orang yang beriman
D. maka lapangkanlah, niscaya Allah
akan memberi kelapangan untukmu
45.
Perhatikan terjemah Hadis berikut: โDari Abu
Hurairah bahwasannya Rasulullah SAW. bersabda: โBarangsiapa yang menempuh satu
jalan untuk mendapatkan ilmu, maka Allah memudahkan baginya jalan menuju
surga.โ(H.R. Muslim). Kalimat yang bergaris bawah adalah terjemah dariโฆ. .A ู
ููู ุณููููู ุทูุฑูููููุง
.B ููููุชูู
ูุณู ูููููู ุนูููู
ูุง
C.ุณููููุงูู ุงูููู ูููู
D ุทูุฑูููููุง ุงูููู ุงููุฌูููููู
46.
Huda dan Luthfi belajar menghafal sebuah Hadis
tentang keutamaan menuntut ilmu, mereka bergantian membaca dan mengartikan
Hadis tersebut.
Saat sampai pada lafadzู
ููู ุณููููู ุทูุฑูููููุง ,Huda mengartikannya sebagai โฆ.
A. Barang siapa menempuh suatu jalan
B. untuk mendapatkan ilmu
C.
maka Allah akan memudahkan baginya
D. Jalan menuju surga
47.
Shinta mendapat tugas mencari arti mufradat dari
lafadzุณููููููู ุงูููู ููู ูyang
artinyaโฆ.
A. Barang siapa menempuh suatu jalan
B.
untuk mendapatkan ilmu
C. maka Allah akan memudahkan baginya
D. Jalan menuju surga
48.
. Dalam Hadis tentang keutamaan menuntut ilmu
riwayat Muslim dari Abu Hurairah, penghargaan yang akan diterima si pencari
ilmu adalahโฆ.
A.
Rumah yang sangat lapang
B.
Dijaga dan doakan seluruh malaikat
C. Ditinggikan derajatnya dari pada ahli
ibadah
D. Dimudahkan jalannya menuju ke
surga
49.
Diana membaca Hadis keutamaan menuntut ilmu
riwayat Ibnu Majah dari Shafwan Bin โAssal Al-MuradiSampailah ia pada lafadzููู ุทูููุจู ุงููุนูููู
ูyang artinyaโฆ.
A. Tidaklah seseorang yang keluar dari
rumahnya
B. untuk menuntut ilmu
C. para malaikat akan mengepakkan
sayap-sayapnya untuk orang tersebut
D. karena ridha dengan apa yang ia kerjakan
50.
Rina dan Rini adalah saudara kembar di kelas dan
madrasah yang sama. Mereka belajar Hadis dengan saling bertanya jawab. Rina
melontarkan pertanyaan kepada Rini: โapa lafadz dari arti ุฑูุถูุง ุจูู
ูุง ููุตูููุนูRini
menjawabโฆ.
A. Tidaklah seseorang yang keluar dari
rumahnya
B. untuk menuntut ilmu
C.
para malaikat akan mengepakkan sayap-sayapnya untuk orang tersebut
D. karena ridha dengan apa yang ia
kerjakan
1.
Komentar