Langsung ke konten utama

SOAL QUR"AN HADITS KELAS IX SEMESTER GENAP

 

  

1.       Kata-kata berikut merupakan asal kata dari dari qur’an, yang paling tepat adalah ....

 A.قَرَاَ_يَقْرَاُ_قُرْاَن

B.قَرَاَ_يُقْرَاُ_قُرْاَن

G.قُرِاَ_يَقْرَاُ_قُرْاَن

H.قُرِاَ_يُقْرَاُ_قُرْاَن 

2.       Perhatikanlah pernyataan-pernyataan berikut!

 (1) membacanya adalah ibadah

 (2) wahyu Allah

(3) yang diturunkan kepada Nabi Muhammad

(4) melalui malaikat Jibril

(5) secara berangsur-angsur

Susuanan yang benar tentang pengertian Al-Qur’an secara Istilah adalah ...

A. (1) –( 2) – (3) – (4) – (5)

B. (2) – (3) – (5) – (4) – (1)

 C. (2) – (3) – (4) – (5)– (1)

 D. (1) – (3) – (4) – (5) – (2

3.       Ibu Fatimah seorang wanita yang sukses dalam karirnya. Agar tetap dapat memfungsikan al-Qur’an dan Hadis dalam kehidupannya berkeluarga, sikap yang mesti diambil adalah....

A. yang terpenting tetap bekerja keras agar mendapatkan uang banyak dan dapat menyenangkan anak

B. melaksanakan tugas dalam karirnya sebaik mungkin meski anak dan suaminya tidak mendapatkan perhatiannya secara penuh

C. tetap melaksanakan kewajbannya sebagai seorang ibu dan istri dengan seadiladilnya

D. mohon izin pada suami dan anak-anaknya untuk absen sebagai istri dan ibu selama masa karir

4.       Sebagaimana dengan al-Quran, mencintai Hadis dapat dibuktikan dengan....

A. menjadikan kitab hadis yang tebal sebagai hiasan rumah

B. Menerapkan hukum-hukum yang ada dalam hadis yang sesuai dengan keinginan kita

C. memahami hadis dan berusaha menerapkannya

            H. cukup memahami hadis dan tidak menerapkannya

5.       Tata cara pelaksanaan sholat, Zakat , Puasa, jual beli dan pernikahan dapat kita temui di dalam hadist, namun tidak kita temui dalam Al Qur’an. Hal tersebut menunjukkan bahwa fungsi hadist adalah...

A. Menguatkan hukum-hukum yang telah disebutkan dalam Al Qur’an

B. Menafsirkan ayat-ayat Al Qur’an yang masih besifat Mujmal

C. Menetapkan hukum-hukum yang belum ada dalam Al-Qur’an

D. Membatasi keumuman dalam Al –Qur’an

6.       Al qur’an dan hadist merupakan sumber hukum ajaran islam namun ada perbedaan antara Al Qur’an dan Hadist. Manakah dari penyataan dibawah ini yang paling tepat....

A. Al-Qur’an dibukukan, adapun Hadis tidak

B. Membaca Ayat dalam Al Qur’an dinilai ibadah, sedangkan hadis tidak

C. Hukum membaca Al Qur’an adalah sunnah, sedangkan hukum membaca hadist adalah mubah

H. Hadist adalah praktik rosulullah SAW dalam mengamalkan Al Qur’an, sedangkan Al Qur’an adalah wahyu Allah

7.       Perhatikan ayat berikut!

وَالسَّمَاءِوَمَابَنَاهَا Isi kandungan dari ayat tersebut adalah ....

A. langit dan pembangunannya, peninggiannya yang demikian hebat yang amat sempuna indah B. yakni Allah membentangkan langit dan memperluasnya

C. ketika nampak jelas dengan cahayanya dan sinarnya dan menyingkap kegelapan.

 D. yaitu, ketika matahari tenggelam, bulan muncul

8.                   اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمَوَتِ وَاْلَارْضَوَاخْتِلاَفِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِلَايَتِِلُاوْلِي اْلَالْبَابIsi kandungan dari ayat tersebut adalah ....

 A. orang-orang yang selalu memikirkan Allah Swt

B. golongan yang menggunakan akal sehatnya untuk mencermati Allah Swt

C. orang-orang yang memikirkan ciptaan Allah Swt.

D. orang yang senantiasa memanfaatkan semua ciptaan Allah Swt.

9.       Perhatikan hadis berikut!

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيَّ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قُلْ اِنَّ اللهَ لَمَّا قَضَ اْلحَقَّ كَتَبَ عِنْدَهُ فَوْقَ عَرْ شِهِاِنَّ رَحْمَتِي تَغْلُبُ غَضَبِي

( Isi kandungan yang tepat dari kalimat yang bergatis bawah tersebut adalah ....

A. Allah akan marah terhadap orang yang tidak mau mohon ampun.

B. Ampunan Allah adalah bagaian dari rahmat-Nya

C. semua dosa manusia akan diampuni oleh Allah Swt.

 D. Allah akan mengampuni kesalahan manusia, selama ia memnta ampun

10.   Perhatikan ayat berikut!

وَالنَّهَارِاِذَاتَجَلَّى

 Arti yang tepat dari ayat tersebut adalah ....

 A. dan siang apabila terang benderang

B. dan penciptaan laki-laki dan perempuan,

C. sesungguhnya usaha kamu memang berbeda-beda,

D. maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah.

11.   Perhatikan hadis berikut!

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُوْل َاللهِ صَالَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّم, قَالَ مَانَقَضَتْ صَدَقَةً مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَاللهُ عَبْدًا بِعَفْوِ...

Arti dari kalimat yang bergaris bawah tersebut adalah …

A. Tidaklah sedekah itu mengurangi harta,

B. tidaklah Allah Swt. menambah bagi seorang hamba

C. tidak pemberian maaf (kepada saudaranya,)

 D. Dia akan meninggikan (derajat)nya

12.   . Apabila terdapat ha ḍammir berharakat ḍammah maupun kasrah terletak di akhir kata, tidak dibaca waqaf, tidak dibaca sambung dengan huruf berikutnya dan sebelumnya adalah huruf yang berharakat hidup adalah pengertian....

 A. farqi                            

 B. badal                          

 C. tamkin                                  

D. ṣilah

13.   Perhatikan ayat berikut!

لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي اْلَارْضِ مَنْ ذَا اَّلذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ اِلَّابِاِ ذْنِه

Mad ṣilah dalam ayat tersebut sebanyak….

 A. 1                               

B. 2                                       

C. 3                                                  

D. 4

14.   Bacaan panjang ketika ada tanwin fathah atau fathatain dibaca waqaf (berhenti) pada akhir kalimat, baik berhenti karena terdapat tanda waqaf atau karena kehabisan nafasa dalah pengertian mad….

 A. Badal                         

 B. Layyin                             

C. ‘iwaḍ                              

D. Tamkin

15.   Perhatikan ayat berikut!

لِايْلاَ فِ قُرَيْش

Akhir ayat tersebut harus dibaca lunak karena mad….

 A. badal                            

 B. ‘ariḍ lissukun                      

 C. ṭabi’i                      

D. layyin

16.   Abdullah sedang membaca QS. an-Nazi’at (79):2, ketika sampai pada kalmiatنَشْطَاia memanjangkan bacaannya sebanyak….harakat

 A. 1                           

B. 2                         

C. 3                                     

D. 4

17.   Habibullah sedang membaca QS. al-Baqarah (2) : 46, ketika membaca kalimatاِلَيْهHabibullah membacanya dengan….

A. lunak                     

B. jelas                          

 C. samar

D. dengung

18.   Alfiah adalah siswi yang pandai membaca al-Qur’an. Ketika ia membaca huruf berharakat fathah yang bertemu dengan wau atau ya sukun di akhir ayat ia akan membaca panjang dua harakat atau empat harakat bahkan enam harakat. Dengan demikian Alfiah mempraktikkan bacaan mad….

 A. Tamkin                          

 B. ‘Ariḍ lissukun                            

C. ‘iwaḍ                    

D. Layyin

19.   Revaldo adalah siswa madrasah yang suka berbagi pengetahuan. Suatu hari ia menjelaskan kepada teman sebangkunya bahwa apabila terdapat mad thabi’i di akhir ayat atau ditengah ayat yang diikuti huruf hidup kemudian dibaca waqaf maka dapat dibaca panjang maksimal enam harokat. Dalam hal ini Revaldo menjelaskan tentang mad….

A. Mad ṭabi’i                       

B. Mad layyin                   

 C. Mad ‘ariḍ lissukun                

D. Mad ‘iwaḍ

20.   Abdullah mengeluarkan atau memberikan sebagian dari harta atau pendapatannya untuk pembangunan masjid dekat rumahnya. Perbuatan yang dilakukan Abdullah disebut…

A. infak                          

B. amanah                           

C. zakat                       

D. wakaf

21.   Perhatikan QS. al-Fajr ayat 16 berikut!

وَاَمَّا اِذَا مَابْتَلَا هُ فَقَدَ رَ عَلَيْهِ رِزْقَهُ فَيَقُوْلُ رَبِّيْ اَهَانَن

Sikap orang yang beriman sesuai ayat tersebut seharusnya….

A. Bersyukur                      

B. Bersabar                 

C. Tawakkal                       

D. Qana’ah

22.   . Perhatikan ayat berikut!

كَلاَّ بَلْ لَّا تُكْرِمُوْ نَ اْليَتِيْم

Arti yang tepat dari ayat tersebut adalah….

A. Maka dia berkata: "Tuhanku telah memuliakanku

 B. maka dia berkata: "Tuhanku telah menghinakanku

 C. Sekali-kali tidak!, bahkan kamu tidak memuliakan anak yatim

 D. Dan kamu tidak saling mengajak memberi makan orang miskin

23.   . Perhatikan ayat berikut!

وَاَمَّا اِذَا مَابْتَلَا هُ فَقَدَ رَ عَلَيْهِ رِزْقَهُ فَيَقُوْلُ رَبِّيْ اَهَانَنْ

 Arti kalimat bergaris bawah adalah….

A. Memuliakanku       

B. Menghinakanku              

C. Menghormatiku             

D. Membenciku

24.   Salah satu sifat manusia adalah kurang bersyukur. Ayat yang menggambarkan sifat tersebut adalah….

Aوَلَا تَحَا ضُّوْ نَ عَلَى طَعَا مِ اْلمِسْكِيْنَ .

B .كَلَّا بَلْ لَا تُكْرِمُوْ نَ اْليَتِيْم

C. وَاَمَّا اِذَا مَابْتَلَا هُ فَقَدَ رَ عَلَيْهِ رِزْقَهُ فَيَقُوْلُ رَبِّيْ اَهاَنً .

D.رَبُّهُ فَا َكْرَمَهُ وَنَعَّمَهُ فَيَقُوْ لُ رَبِّيْاَكْرَمَنْفَاَ مَّااْلِانْسَا نُ اِذَا مَا ابْتَلاَهُ

25.   Perhatikan ayat berikut!

. وَاَمَّا اِذَا مَابْتَلاَ هُ فَقَدَ رَ عَلَيْهِ رِزْقَهُ فَيَقُوْلُ رَبِّيْ اَهَان

Mencermati ayat tersebut seharusnya manusia memiliki sifat….

A. sabar                 

B. sukur                        

C. dzikir                               

D. tawaḍu’

26.   Pak Mulki termasuk orang yang tidak mau menginfakkan hartanya. Berkali-kali kesempatan berinfak ia dapati. Berulang-ulang seruan berinfak pun disampaikan, tetapi tetap saja Pak Mulki tidak berinfak. Perilaku Pak Mulki terasuk orang yang….

 A. insyaf                     

B. ẓolim                 

 C. murtad                            

D. kufur

27.   Dalam QS. al- Baqarah (2): 261 Allah Swt, menjanjikan pahala berlipat ganda bagi orang-orang yang….

A. infak

B. zakat

C. żikir

D. doa

28.   Perhatikan ayat berikut!

يَا اَيُّهَا اَّلذِ يْنَ ءَامَنُوْا اَنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنَاكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّاْتِيَيَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيْهِ وَلَاخُلَّةٌ وَلاَشَفَا عَه

Yang dimaksud ayat bergaris bawah tersebut adalah….

A. Hari Qiyamah                  

B. Hari dagang                

C. Hari infak                  

D. Hari syafaat

29.   Sifulan adalah orang yang sangat berkecukupan,tetapi ia memilih memperkaya dirinya. Ia tidak mau berbagi dengan sesama. Berdasarkan QS. al-Baqarah (2): 254 perilaku Sifulan termasuk…. A. ẓolim                                  

B. kikir                                 

C. kufur                                  

D. inkar

30.   Perhatikan hadis berikut!

اَلَّلهُمَّا اَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُوْلُ اْلاَخَرُ اَّللهُمَّ اَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Arti kata yang bergaris bawah adalah….

A. pengganti                   

B. kehancuran                

C. kekecewaan                          

 D. bakhil

31.   Perhatikan hadis berikut!

1.مَا مِنْ يَوْمٍ

2.   اِلَّا مَلَكَا نِ

3.يُصْبِحُوْ

4.اْلعِباَ دُ فِيْهِ

5.يَنْزِ لَانِ

Urutan yang benar adalah….

 A. 1, 2, 3, 4, 5                    

B. 1, 3, 4, 2, 5                  

 C. 1, 3, 4, 5, 2               

D. 1, 3, 2, 5, 4

32.   Perhatikan hadis berikut!

اْليَدُ اْلعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ اْليَدِاْلسُفْلَى

Arti kata yang bergaris bawah adalah….

A. di atas                         

B. di bawah                    

C. di samping                            

D. di belakang

33.   Salman sedang membaca QS. Hud: 41, ketika sampai pada lafadz:

بِسْمِ اللهِ مَجْرَ هَا وَمُرْسَهَاDia membaca dengan ….

A. Isymam                 

B. Mad dan Qashr                       

C. Tas-hil                           

D. Imalah

34.   Lafadz      لَا تَاْ مَنَّا         dalam QS. Yusuf: 11 menunjukkan adanya bacaan….

A. Isymam                     

B. Mad dan Qashr                       

C. Tas-hil                        

D. Imalah

35.   Ahmad sedang membaca al-Qur’an yang disimak oleh gurunya, ketika membaca QS. Al-Hujurat: 11, membaca lafadz yang harusnya dibaca Naql, yang artinya….

A. Memiringkan       

B. Menggabungkan           

C. Meringankan          

D. Memindahkan

36.   Pernyataan yang menjelaskan tentang bacaan Tas-hil adalah….

A. Di tengah – tengah antara huruf hamzah dan huruf ha, sehingga lafadz yang keluar tidak seperti hamzah tidak juga seperti ha

B. Memindahkan harakat hamzah ke huruf mati sebelumnya, dan setelah itu hamzahnya dibuang

C. Mencampurkan dhummah pada sukun dengan memoncongkan bibir.

D. Mencondongkan bacaan harakat fathah pada harakat kasrah sekitar dua pertiganya

37.   Pernyataan yang menjelaskan tentang bacaan Isymam adalah….

A. Di tengah – tengah antara huruf hamzah dan huruf ha, sehingga lafadz yang keluar tidak seperti hamzah tidak juga seperti ha

 B. Memindahkan harakat hamzah ke huruf mati sebelumnya, dan setelah itu hamzahnya dibuang

C. Mencampurkan dhummah pada sukun dengan memoncongkan bibir.

D. Mencondongkan bacaan harakat fathah pada harakat kasrah sekitar dua pertiganya.

38.   Berikut adalah contoh bacaan Naql:

 A. ءَاَعْجَمِىُّ وَعَرَبِىُّ

B.سَلَا سِلَا

.C وَمُرْ سَهَمجْرَى هَا

D.بِاْسَ لْاسْمُ

39.   Siswa kelas IX C di MTs “Cinta Tanah Air” sedang belajar menterjemahkan QS. ‘Abasa: 1-10. Mereka menghafalkan ayat dan artinya secara bergantian.

 Ketika sampai pada ayatفَاَنْتَ لَهُ تَصَدَّىmereka mengartikan….

A. atau dia (ingin) mendapatkan pengajaran, yang memberi manfaat?

B. Adapun orang yang merasa dirinya serba cukup

C. maka engkau (Muhammad) memberi perhatian kepadanya

D. padahal tidak ada (cela) atasmu kalau dia tidak menyucikan diri

40.   Diantara kandungan QS. ‘Abasa: 1-10 sebagai berikut….

A. Orang yang beriman dan berilmu akan ditinggikan deratanya

B. Perintah untuk melapangkan tempat bagi pencari ilmu

C. Allah mengetahui secara detail apa yang dilakukan manusia

D. Perintah kepada guru memberikan penghargaan dan pelayanan yang sama

41.   Arti mufradat dari lafadz اَلْا عْمَى....adalah

A. Orang yang buta

B. Orang yang tuli

C. Orang yang bisu

D. Orang yang gagap

42.   . Saat Nabi Saw. sedang menjelaskan tentang Islam kepada para pemuka Quraisy, datang Abdullah bin Ummi Maktum dan menyela pembicaraan Nabi Saw.. Hal ini dimaklumi karena Abdullah bin Ummi Maktum adalah seorang yang buta dan fakir. Hal ini digambarkan dalam ayat….

A.اَنْ جَاءَهُ اْلَاعْمَا

B وَمَا يُدرِيْكَ لَعَلَّهُ يَزَّكىَّ .

C.اَمَّا مَنِ اسْتَغْنَى 

.D فَاَ نْتَ لَهُ تَصَد َّى

43.   Isi kandungan QS. al-Mujadilah: 11 antara lain….

 A. Peringatan agar memperhatikan orang yang akan menuntut ilmu

B. Orang yang beriman dan berilmu akan ditinggikan deratanya

C. Peringatan agar tidak membeda-bedakan antara si kaya dan si miskin

D. Perintah kepada guru memberikan penghargaan dan pelayanan yang sama

44.   Dalam QS. al-Mujadilah: 11 lafadz:

فَا فْسَحُوْا يَفْسَحِ اللهُ لَكُمْ....adalah

A. Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis

B. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah

C. niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman

D. maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu

45.   Perhatikan terjemah Hadis berikut: “Dari Abu Hurairah bahwasannya Rasulullah SAW. bersabda: “Barangsiapa yang menempuh satu jalan untuk mendapatkan ilmu, maka Allah memudahkan baginya jalan menuju surga.”(H.R. Muslim). Kalimat yang bergaris bawah adalah terjemah dari…. .A مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا

.B يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا

C.سَهَّالَ اللهُ لَهُ

D طَرِيْقًا اِلىَ اْلجَنَّهِ

46.   Huda dan Luthfi belajar menghafal sebuah Hadis tentang keutamaan menuntut ilmu, mereka bergantian membaca dan mengartikan Hadis tersebut.

Saat sampai pada lafadzمَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا ,Huda mengartikannya sebagai ….

A. Barang siapa menempuh suatu jalan

B. untuk mendapatkan ilmu

 C. maka Allah akan memudahkan baginya

D. Jalan menuju surga

47.   Shinta mendapat tugas mencari arti mufradat dari lafadzسَهَّلَّ اللهُ لَه ُyang artinya….

A. Barang siapa menempuh suatu jalan                                  

 B. untuk mendapatkan ilmu

C. maka Allah akan memudahkan baginya                   

D. Jalan menuju surga

48.   . Dalam Hadis tentang keutamaan menuntut ilmu riwayat Muslim dari Abu Hurairah, penghargaan yang akan diterima si pencari ilmu adalah….

 A. Rumah yang sangat lapang

 B. Dijaga dan doakan seluruh malaikat

C. Ditinggikan derajatnya dari pada ahli ibadah

D. Dimudahkan jalannya menuju ke surga

49.   Diana membaca Hadis keutamaan menuntut ilmu riwayat Ibnu Majah dari Shafwan Bin ‘Assal Al-MuradiSampailah ia pada lafadzفِي طَلَبِ اْلعِلْمِyang artinya….

A. Tidaklah seseorang yang keluar dari rumahnya

B. untuk menuntut ilmu

C. para malaikat akan mengepakkan sayap-sayapnya untuk orang tersebut

D. karena ridha dengan apa yang ia kerjakan

50.   Rina dan Rini adalah saudara kembar di kelas dan madrasah yang sama. Mereka belajar Hadis dengan saling bertanya jawab. Rina melontarkan pertanyaan kepada Rini: “apa lafadz dari arti  رِضًا بِمَا يَصْنَعُRini menjawab….

A. Tidaklah seseorang yang keluar dari rumahnya

B. untuk menuntut ilmu

 C. para malaikat akan mengepakkan sayap-sayapnya untuk orang tersebut

D. karena ridha dengan apa yang ia kerjakan

 

 

1.        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pertanyaan dan jawaban tentang manajemen proyek

TUGAS   TEKNI PERENCANAAN DAN EVALUASI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Tekni perencanaan dan evaluasi Disusun Oleh :        Budianoor NPM : 10.12.02183 Semester : 7 (Tujuh) A Eksekutif SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI (STIA) AMUNTAI TAHUN AKADEMIK 2013 BAB 1 Soal-Soal 1.       Dalam manajemen proyek, ada hubungan sebab akibat dari suatu tindakan manajemen. Dari daftar efek dan sebab berikut carilah pasangannya. Efek - Keterlambatan penyelesaian aktivitas dalam proyek - Pembengkakan biaya proyek - Konflik antar personal proyek Sebab -    Tidak ada orang khusus untuk menangani proyek -   Desain yang kurang bagus -   Pembuatan jadwal yang tidak realistis 2.       Sebutkan ciri-ciri proyek. 3.       Terangkan bagaimana cara munculnya proyek. Beri contoh. 4.       Jelaskan segitiga project constraint. 5.       Apa perbedaan antara ukuran dan kompleksitas proyek. Jawab : 1.     Pasangan efek

CONTOH PROPOSAL MAULID AL-HABSYI

PERSATUAN MAULID AL-HABSYI “ DARUL MUKHLISIN ” DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor                         : 03/BJP-BLG/2014                                                                              Halong, 06 Juli 2014 Lampiran         : 1 (satu) berkas Perihal                         : Mohon Bantuan Keuangan Untuk perlengkapan maulid Al-habsyi Kepada Yth, PIMPINAN PT. ATA Di – Halong Asslamu’alaikum Wr. Wb. Dengan Hormat, Kami dari Persatuan Maulid Al-Habsyi “DARUL MUKHLISIN” Ds. Binjai punggal Rt.II Kec.Halong Kab. Balangan mengajukan permohonan kepada Bapak kiranya dapat memberikan bantuan dana untuk perbaikan dan penggantian alat-alat yang hampir tidak layak lagi untuk dipakai. Dan perlu Bapak ketahui bahwa Persatuan Maulid ini sudah dibentuk sejak tahun 2006 atau sudah berusia 8 tahun jadi hampir 80% peralatan yang ada sudah tidak layak pakai. Bantuan yang akan Bapak berikan sangat berarti bagi kelancaran kegi

Proposal Prmohonan Bibit jagung

PROPOSAL KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN TAHUN   201 5 KELOMPOK TANI LULUTUNG INDAH DESA BINJAI PUNGGAL RT.02 KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN Nomor      : 04/BJP/HLG/2015 Lampiran : 1 ( satu ) berkas Perihal      : mohon bantuan Bibit jagung,Pupuk dan perlengkapan lainnya                                    Kepada Yth.                  BAPAK KEPALA DINAS PER IKANAN       KABUPATEN BALANGAN                     di -   tempat Assalamu’alaikum Wr.Wb Salam silaturrahmi kami semua, teriring Do’a semoga Bapak senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan sukses selalu dalam menjalankan tugas sehari-hari Amein. Sehubung dengan potensi yang dimiliki Desa Binjai Punggal untuk pengembangan sektur pertanian serta untuk pembangunan daerah kabupaten Balangan, maka kami dari kelompok tani “LULUTUNG INDAH” Desa Binjai Punggal Kecamatan Halong Kabupaten Balangan bermaksu