SOAL QUR"AN HADITS KELAS IX SEMESTER GENAP

 

  

1.       Kata-kata berikut merupakan asal kata dari dari qurโ€™an, yang paling tepat adalah ....

 A.ู‚ูŽุฑูŽุงูŽ_ูŠูŽู‚ู’ุฑูŽุงู_ู‚ูุฑู’ุงูŽู†

B.ู‚ูŽุฑูŽุงูŽ_ูŠูู‚ู’ุฑูŽุงู_ู‚ูุฑู’ุงูŽู†

G.ู‚ูุฑูุงูŽ_ูŠูŽู‚ู’ุฑูŽุงู_ู‚ูุฑู’ุงูŽู†

H.ู‚ูุฑูุงูŽ_ูŠูู‚ู’ุฑูŽุงู_ู‚ูุฑู’ุงูŽู† 

2.       Perhatikanlah pernyataan-pernyataan berikut!

 (1) membacanya adalah ibadah

 (2) wahyu Allah

(3) yang diturunkan kepada Nabi Muhammad

(4) melalui malaikat Jibril

(5) secara berangsur-angsur

Susuanan yang benar tentang pengertian Al-Qurโ€™an secara Istilah adalah ...

A. (1) โ€“( 2) โ€“ (3) โ€“ (4) โ€“ (5)

B. (2) โ€“ (3) โ€“ (5) โ€“ (4) โ€“ (1)

 C. (2) โ€“ (3) โ€“ (4) โ€“ (5)โ€“ (1)

 D. (1) โ€“ (3) โ€“ (4) โ€“ (5) โ€“ (2

3.       Ibu Fatimah seorang wanita yang sukses dalam karirnya. Agar tetap dapat memfungsikan al-Qurโ€™an dan Hadis dalam kehidupannya berkeluarga, sikap yang mesti diambil adalah....

A. yang terpenting tetap bekerja keras agar mendapatkan uang banyak dan dapat menyenangkan anak

B. melaksanakan tugas dalam karirnya sebaik mungkin meski anak dan suaminya tidak mendapatkan perhatiannya secara penuh

C. tetap melaksanakan kewajbannya sebagai seorang ibu dan istri dengan seadiladilnya

D. mohon izin pada suami dan anak-anaknya untuk absen sebagai istri dan ibu selama masa karir

4.       Sebagaimana dengan al-Quran, mencintai Hadis dapat dibuktikan dengan....

A. menjadikan kitab hadis yang tebal sebagai hiasan rumah

B. Menerapkan hukum-hukum yang ada dalam hadis yang sesuai dengan keinginan kita

C. memahami hadis dan berusaha menerapkannya

            H. cukup memahami hadis dan tidak menerapkannya

5.       Tata cara pelaksanaan sholat, Zakat , Puasa, jual beli dan pernikahan dapat kita temui di dalam hadist, namun tidak kita temui dalam Al Qurโ€™an. Hal tersebut menunjukkan bahwa fungsi hadist adalah...

A. Menguatkan hukum-hukum yang telah disebutkan dalam Al Qurโ€™an

B. Menafsirkan ayat-ayat Al Qurโ€™an yang masih besifat Mujmal

C. Menetapkan hukum-hukum yang belum ada dalam Al-Qurโ€™an

D. Membatasi keumuman dalam Al โ€“Qurโ€™an

6.       Al qurโ€™an dan hadist merupakan sumber hukum ajaran islam namun ada perbedaan antara Al Qurโ€™an dan Hadist. Manakah dari penyataan dibawah ini yang paling tepat....

A. Al-Qurโ€™an dibukukan, adapun Hadis tidak

B. Membaca Ayat dalam Al Qurโ€™an dinilai ibadah, sedangkan hadis tidak

C. Hukum membaca Al Qurโ€™an adalah sunnah, sedangkan hukum membaca hadist adalah mubah

H. Hadist adalah praktik rosulullah SAW dalam mengamalkan Al Qurโ€™an, sedangkan Al Qurโ€™an adalah wahyu Allah

7.       Perhatikan ayat berikut!

ูˆูŽุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงุกููˆูŽู…ูŽุงุจูŽู†ูŽุงู‡ูŽุง Isi kandungan dari ayat tersebut adalah ....

A. langit dan pembangunannya, peninggiannya yang demikian hebat yang amat sempuna indah B. yakni Allah membentangkan langit dan memperluasnya

C. ketika nampak jelas dengan cahayanya dan sinarnya dan menyingkap kegelapan.

 D. yaitu, ketika matahari tenggelam, bulan muncul

8.                   ุงูู†ู‘ูŽ ูููŠู’ ุฎูŽู„ู’ู‚ู ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽูˆูŽุชู ูˆูŽุงู’ู„ูŽุงุฑู’ุถูŽูˆูŽุงุฎู’ุชูู„ุงูŽูู ุงู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽู‡ูŽุงุฑูู„ูŽุงูŠูŽุชููู„ูุงูˆู’ู„ููŠ ุงู’ู„ูŽุงู„ู’ุจูŽุงุจIsi kandungan dari ayat tersebut adalah ....

 A. orang-orang yang selalu memikirkan Allah Swt

B. golongan yang menggunakan akal sehatnya untuk mencermati Allah Swt

C. orang-orang yang memikirkan ciptaan Allah Swt.

D. orang yang senantiasa memanfaatkan semua ciptaan Allah Swt.

9.       Perhatikan hadis berikut!

ุนูŽู†ู’ ุงูŽุจูู‰ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุนูŽู†ู’ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูู„ู’ ุงูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ู„ูŽู…ู‘ูŽุง ู‚ูŽุถูŽ ุงู’ู„ุญูŽู‚ู‘ูŽ ูƒูŽุชูŽุจูŽ ุนูู†ู’ุฏูŽู‡ู ููŽูˆู’ู‚ูŽ ุนูŽุฑู’ ุดูู‡ูุงูู†ู‘ูŽ ุฑูŽุญู’ู…ูŽุชููŠ ุชูŽุบู’ู„ูุจู ุบูŽุถูŽุจููŠ

( Isi kandungan yang tepat dari kalimat yang bergatis bawah tersebut adalah ....

A. Allah akan marah terhadap orang yang tidak mau mohon ampun.

B. Ampunan Allah adalah bagaian dari rahmat-Nya

C. semua dosa manusia akan diampuni oleh Allah Swt.

 D. Allah akan mengampuni kesalahan manusia, selama ia memnta ampun

10.   Perhatikan ayat berikut!

ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽู‡ูŽุงุฑูุงูุฐูŽุงุชูŽุฌูŽู„ู‘ูŽู‰

 Arti yang tepat dari ayat tersebut adalah ....

 A. dan siang apabila terang benderang

B. dan penciptaan laki-laki dan perempuan,

C. sesungguhnya usaha kamu memang berbeda-beda,

D. maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah.

11.   Perhatikan hadis berikut!

ุนูŽู†ู’ ุงูŽุจูู‰ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุนูŽู†ู’ ุฑูŽุณููˆู’ู„ ูŽุงู„ู„ู‡ู ุตูŽุงู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…, ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุงู†ูŽู‚ูŽุถูŽุชู’ ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู‹ ู…ูู†ู’ ู…ูŽุงู„ู ูˆูŽู…ูŽุง ุฒูŽุงุฏูŽุงู„ู„ู‡ู ุนูŽุจู’ุฏู‹ุง ุจูุนูŽูู’ูˆู...

Arti dari kalimat yang bergaris bawah tersebut adalah โ€ฆ

A. Tidaklah sedekah itu mengurangi harta,

B. tidaklah Allah Swt. menambah bagi seorang hamba

C. tidak pemberian maaf (kepada saudaranya,)

 D. Dia akan meninggikan (derajat)nya

12.   . Apabila terdapat ha แธammir berharakat แธammah maupun kasrah terletak di akhir kata, tidak dibaca waqaf, tidak dibaca sambung dengan huruf berikutnya dan sebelumnya adalah huruf yang berharakat hidup adalah pengertian....

 A. farqi                            

 B. badal                          

 C. tamkin                                  

D. แนฃilah

13.   Perhatikan ayat berikut!

ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุง ูููŠ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงูˆูŽุงุชู ูˆูŽู…ูŽุงูููŠ ุงู’ู„ูŽุงุฑู’ุถู ู…ูŽู†ู’ ุฐูŽุง ุงู‘ูŽู„ุฐููŠู’ ูŠูŽุดู’ููŽุนู ุนูู†ู’ุฏูŽู‡ู ุงูู„ู‘ูŽุงุจูุงู ุฐู’ู†ูู‡

Mad แนฃilah dalam ayat tersebut sebanyakโ€ฆ.

 A. 1                               

B. 2                                       

C. 3                                                  

D. 4

14.   Bacaan panjang ketika ada tanwin fathah atau fathatain dibaca waqaf (berhenti) pada akhir kalimat, baik berhenti karena terdapat tanda waqaf atau karena kehabisan nafasa dalah pengertian madโ€ฆ.

 A. Badal                         

 B. Layyin                             

C. โ€˜iwaแธ                              

D. Tamkin

15.   Perhatikan ayat berikut!

ู„ูุงูŠู’ู„ุงูŽ ูู ู‚ูุฑูŽูŠู’ุด

Akhir ayat tersebut harus dibaca lunak karena madโ€ฆ.

 A. badal                            

 B. โ€˜ariแธ lissukun                      

 C. แนญabiโ€™i                      

D. layyin

16.   Abdullah sedang membaca QS. an-Naziโ€™at (79):2, ketika sampai pada kalmiatู†ูŽุดู’ุทูŽุงia memanjangkan bacaannya sebanyakโ€ฆ.harakat

 A. 1                           

B. 2                         

C. 3                                     

D. 4

17.   Habibullah sedang membaca QS. al-Baqarah (2) : 46, ketika membaca kalimatุงูู„ูŽูŠู’ู‡Habibullah membacanya denganโ€ฆ.

A. lunak                     

B. jelas                          

 C. samar

D. dengung

18.   Alfiah adalah siswi yang pandai membaca al-Qurโ€™an. Ketika ia membaca huruf berharakat fathah yang bertemu dengan wau atau ya sukun di akhir ayat ia akan membaca panjang dua harakat atau empat harakat bahkan enam harakat. Dengan demikian Alfiah mempraktikkan bacaan madโ€ฆ.

 A. Tamkin                          

 B. โ€˜Ariแธ lissukun                            

C. โ€˜iwaแธ                    

D. Layyin

19.   Revaldo adalah siswa madrasah yang suka berbagi pengetahuan. Suatu hari ia menjelaskan kepada teman sebangkunya bahwa apabila terdapat mad thabiโ€™i di akhir ayat atau ditengah ayat yang diikuti huruf hidup kemudian dibaca waqaf maka dapat dibaca panjang maksimal enam harokat. Dalam hal ini Revaldo menjelaskan tentang madโ€ฆ.

A. Mad แนญabiโ€™i                       

B. Mad layyin                   

 C. Mad โ€˜ariแธ lissukun                

D. Mad โ€˜iwaแธ

20.   Abdullah mengeluarkan atau memberikan sebagian dari harta atau pendapatannya untuk pembangunan masjid dekat rumahnya. Perbuatan yang dilakukan Abdullah disebutโ€ฆ

A. infak                          

B. amanah                           

C. zakat                       

D. wakaf

21.   Perhatikan QS. al-Fajr ayat 16 berikut!

ูˆูŽุงูŽู…ู‘ูŽุง ุงูุฐูŽุง ู…ูŽุงุจู’ุชูŽู„ูŽุง ู‡ู ููŽู‚ูŽุฏูŽ ุฑูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฑูุฒู’ู‚ูŽู‡ู ููŽูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู ุฑูŽุจู‘ููŠู’ ุงูŽู‡ูŽุงู†ูŽู†

Sikap orang yang beriman sesuai ayat tersebut seharusnyaโ€ฆ.

A. Bersyukur                      

B. Bersabar                 

C. Tawakkal                       

D. Qanaโ€™ah

22.   . Perhatikan ayat berikut!

ูƒูŽู„ุงู‘ูŽ ุจูŽู„ู’ ู„ู‘ูŽุง ุชููƒู’ุฑูู…ููˆู’ ู†ูŽ ุงู’ู„ูŠูŽุชููŠู’ู…

Arti yang tepat dari ayat tersebut adalahโ€ฆ.

A. Maka dia berkata: "Tuhanku telah memuliakanku

 B. maka dia berkata: "Tuhanku telah menghinakanku

 C. Sekali-kali tidak!, bahkan kamu tidak memuliakan anak yatim

 D. Dan kamu tidak saling mengajak memberi makan orang miskin

23.   . Perhatikan ayat berikut!

ูˆูŽุงูŽู…ู‘ูŽุง ุงูุฐูŽุง ู…ูŽุงุจู’ุชูŽู„ูŽุง ู‡ู ููŽู‚ูŽุฏูŽ ุฑูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฑูุฒู’ู‚ูŽู‡ู ููŽูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู ุฑูŽุจู‘ููŠู’ ุงูŽู‡ูŽุงู†ูŽู†ู’

 Arti kalimat bergaris bawah adalahโ€ฆ.

A. Memuliakanku       

B. Menghinakanku              

C. Menghormatiku             

D. Membenciku

24.   Salah satu sifat manusia adalah kurang bersyukur. Ayat yang menggambarkan sifat tersebut adalahโ€ฆ.

AูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽุญูŽุง ุถู‘ููˆู’ ู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุทูŽุนูŽุง ู…ู ุงู’ู„ู…ูุณู’ูƒููŠู’ู†ูŽ .

B .ูƒูŽู„ู‘ูŽุง ุจูŽู„ู’ ู„ูŽุง ุชููƒู’ุฑูู…ููˆู’ ู†ูŽ ุงู’ู„ูŠูŽุชููŠู’ู…

C. ูˆูŽุงูŽู…ู‘ูŽุง ุงูุฐูŽุง ู…ูŽุงุจู’ุชูŽู„ูŽุง ู‡ู ููŽู‚ูŽุฏูŽ ุฑูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฑูุฒู’ู‚ูŽู‡ู ููŽูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู ุฑูŽุจู‘ููŠู’ ุงูŽู‡ุงูŽู†ู‹ .

D.ุฑูŽุจู‘ูู‡ู ููŽุง ูŽูƒู’ุฑูŽู…ูŽู‡ู ูˆูŽู†ูŽุนู‘ูŽู…ูŽู‡ู ููŽูŠูŽู‚ููˆู’ ู„ู ุฑูŽุจู‘ููŠู’ุงูŽูƒู’ุฑูŽู…ูŽู†ู’ููŽุงูŽ ู…ู‘ูŽุงุงู’ู„ูุงู†ู’ุณูŽุง ู†ู ุงูุฐูŽุง ู…ูŽุง ุงุจู’ุชูŽู„ุงูŽู‡ู

25.   Perhatikan ayat berikut!

. ูˆูŽุงูŽู…ู‘ูŽุง ุงูุฐูŽุง ู…ูŽุงุจู’ุชูŽู„ุงูŽ ู‡ู ููŽู‚ูŽุฏูŽ ุฑูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฑูุฒู’ู‚ูŽู‡ู ููŽูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู ุฑูŽุจู‘ููŠู’ ุงูŽู‡ูŽุงู†

Mencermati ayat tersebut seharusnya manusia memiliki sifatโ€ฆ.

A. sabar                 

B. sukur                        

C. dzikir                               

D. tawaแธuโ€™

26.   Pak Mulki termasuk orang yang tidak mau menginfakkan hartanya. Berkali-kali kesempatan berinfak ia dapati. Berulang-ulang seruan berinfak pun disampaikan, tetapi tetap saja Pak Mulki tidak berinfak. Perilaku Pak Mulki terasuk orang yangโ€ฆ.

 A. insyaf                     

B. แบ“olim                 

 C. murtad                            

D. kufur

27.   Dalam QS. al- Baqarah (2): 261 Allah Swt, menjanjikan pahala berlipat ganda bagi orang-orang yangโ€ฆ.

A. infak

B. zakat

C. ลผikir

D. doa

28.   Perhatikan ayat berikut!

ูŠูŽุง ุงูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู‘ูŽู„ุฐู ูŠู’ู†ูŽ ุกูŽุงู…ูŽู†ููˆู’ุง ุงูŽู†ู’ููู‚ููˆู’ุง ู…ูู…ู‘ูŽุง ุฑูŽุฒูŽู‚ู’ู†ูŽุงูƒูู…ู’ ู…ู‘ูู†ู’ ู‚ูŽุจู’ู„ู ุงูŽู†ู’ ูŠู‘ูŽุงู’ุชููŠูŽูŠูŽูˆู’ู…ูŒ ู„ู‘ูŽุง ุจูŽูŠู’ุนูŒ ูููŠู’ู‡ู ูˆูŽู„ูŽุงุฎูู„ู‘ูŽุฉูŒ ูˆูŽู„ุงูŽุดูŽููŽุง ุนูŽู‡

Yang dimaksud ayat bergaris bawah tersebut adalahโ€ฆ.

A. Hari Qiyamah                  

B. Hari dagang                

C. Hari infak                  

D. Hari syafaat

29.   Sifulan adalah orang yang sangat berkecukupan,tetapi ia memilih memperkaya dirinya. Ia tidak mau berbagi dengan sesama. Berdasarkan QS. al-Baqarah (2): 254 perilaku Sifulan termasukโ€ฆ. A. แบ“olim                                  

B. kikir                                 

C. kufur                                  

D. inkar

30.   Perhatikan hadis berikut!

ุงูŽู„ู‘ูŽู„ู‡ูู…ู‘ูŽุง ุงูŽุนู’ุทู ู…ูู†ู’ููู‚ู‹ุง ุฎูŽู„ูŽูู‹ุง ูˆูŽูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู ุงู’ู„ุงูŽุฎูŽุฑู ุงู‘ูŽู„ู„ู‡ูู…ู‘ูŽ ุงูŽุนู’ุทู ู…ูู…ู’ุณููƒู‹ุง ุชูŽู„ูŽูู‹ุง

Arti kata yang bergaris bawah adalahโ€ฆ.

A. pengganti                   

B. kehancuran                

C. kekecewaan                          

 D. bakhil

31.   Perhatikan hadis berikut!

1.ู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ูŠูŽูˆู’ู…ู

2.   ุงูู„ู‘ูŽุง ู…ูŽู„ูŽูƒูŽุง ู†ู

3.ูŠูุตู’ุจูุญููˆู’

4.ุงู’ู„ุนูุจุงูŽ ุฏู ูููŠู’ู‡ู

5.ูŠูŽู†ู’ุฒู ู„ูŽุงู†ู

Urutan yang benar adalahโ€ฆ.

 A. 1, 2, 3, 4, 5                    

B. 1, 3, 4, 2, 5                  

 C. 1, 3, 4, 5, 2               

D. 1, 3, 2, 5, 4

32.   Perhatikan hadis berikut!

ุงู’ู„ูŠูŽุฏู ุงู’ู„ุนูู„ู’ูŠูŽุง ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู…ูู†ูŽ ุงู’ู„ูŠูŽุฏูุงู’ู„ุณููู’ู„ูŽู‰

Arti kata yang bergaris bawah adalahโ€ฆ.

A. di atas                         

B. di bawah                    

C. di samping                            

D. di belakang

33.   Salman sedang membaca QS. Hud: 41, ketika sampai pada lafadz:

ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‡ู ู…ูŽุฌู’ุฑูŽ ู‡ูŽุง ูˆูŽู…ูุฑู’ุณูŽู‡ูŽุงDia membaca dengan โ€ฆ.

A. Isymam                 

B. Mad dan Qashr                       

C. Tas-hil                           

D. Imalah

34.   Lafadz      ู„ูŽุง ุชูŽุงู’ ู…ูŽู†ู‘ูŽุง         dalam QS. Yusuf: 11 menunjukkan adanya bacaanโ€ฆ.

A. Isymam                     

B. Mad dan Qashr                       

C. Tas-hil                        

D. Imalah

35.   Ahmad sedang membaca al-Qurโ€™an yang disimak oleh gurunya, ketika membaca QS. Al-Hujurat: 11, membaca lafadz yang harusnya dibaca Naql, yang artinyaโ€ฆ.

A. Memiringkan       

B. Menggabungkan           

C. Meringankan          

D. Memindahkan

36.   Pernyataan yang menjelaskan tentang bacaan Tas-hil adalahโ€ฆ.

A. Di tengah โ€“ tengah antara huruf hamzah dan huruf ha, sehingga lafadz yang keluar tidak seperti hamzah tidak juga seperti ha

B. Memindahkan harakat hamzah ke huruf mati sebelumnya, dan setelah itu hamzahnya dibuang

C. Mencampurkan dhummah pada sukun dengan memoncongkan bibir.

D. Mencondongkan bacaan harakat fathah pada harakat kasrah sekitar dua pertiganya

37.   Pernyataan yang menjelaskan tentang bacaan Isymam adalahโ€ฆ.

A. Di tengah โ€“ tengah antara huruf hamzah dan huruf ha, sehingga lafadz yang keluar tidak seperti hamzah tidak juga seperti ha

 B. Memindahkan harakat hamzah ke huruf mati sebelumnya, dan setelah itu hamzahnya dibuang

C. Mencampurkan dhummah pada sukun dengan memoncongkan bibir.

D. Mencondongkan bacaan harakat fathah pada harakat kasrah sekitar dua pertiganya.

38.   Berikut adalah contoh bacaan Naql:

 A. ุกูŽุงูŽุนู’ุฌูŽู…ูู‰ู‘ู ูˆูŽุนูŽุฑูŽุจูู‰ู‘ู

B.ุณูŽู„ูŽุง ุณูู„ูŽุง

.C ูˆูŽู…ูุฑู’ ุณูŽู‡ูŽู…ุฌู’ุฑูŽู‰ ู‡ูŽุง

D.ุจูุงู’ุณูŽ ู„ู’ุงุณู’ู…ู

39.   Siswa kelas IX C di MTs โ€œCinta Tanah Airโ€ sedang belajar menterjemahkan QS. โ€˜Abasa: 1-10. Mereka menghafalkan ayat dan artinya secara bergantian.

 Ketika sampai pada ayatููŽุงูŽู†ู’ุชูŽ ู„ูŽู‡ู ุชูŽุตูŽุฏู‘ูŽู‰mereka mengartikanโ€ฆ.

A. atau dia (ingin) mendapatkan pengajaran, yang memberi manfaat?

B. Adapun orang yang merasa dirinya serba cukup

C. maka engkau (Muhammad) memberi perhatian kepadanya

D. padahal tidak ada (cela) atasmu kalau dia tidak menyucikan diri

40.   Diantara kandungan QS. โ€˜Abasa: 1-10 sebagai berikutโ€ฆ.

A. Orang yang beriman dan berilmu akan ditinggikan deratanya

B. Perintah untuk melapangkan tempat bagi pencari ilmu

C. Allah mengetahui secara detail apa yang dilakukan manusia

D. Perintah kepada guru memberikan penghargaan dan pelayanan yang sama

41.   Arti mufradat dari lafadz ุงูŽู„ู’ุง ุนู’ู…ูŽู‰....adalah

A. Orang yang buta

B. Orang yang tuli

C. Orang yang bisu

D. Orang yang gagap

42.   . Saat Nabi Saw. sedang menjelaskan tentang Islam kepada para pemuka Quraisy, datang Abdullah bin Ummi Maktum dan menyela pembicaraan Nabi Saw.. Hal ini dimaklumi karena Abdullah bin Ummi Maktum adalah seorang yang buta dan fakir. Hal ini digambarkan dalam ayatโ€ฆ.

A.ุงูŽู†ู’ ุฌูŽุงุกูŽู‡ู ุงู’ู„ูŽุงุนู’ู…ูŽุง

B ูˆูŽู…ูŽุง ูŠูุฏุฑููŠู’ูƒูŽ ู„ูŽุนูŽู„ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽุฒู‘ูŽูƒู‰ู‘ูŽ .

C.ุงูŽู…ู‘ูŽุง ู…ูŽู†ู ุงุณู’ุชูŽุบู’ู†ูŽู‰ 

.D ููŽุงูŽ ู†ู’ุชูŽ ู„ูŽู‡ู ุชูŽุตูŽุฏ ู‘ูŽู‰

43.   Isi kandungan QS. al-Mujadilah: 11 antara lainโ€ฆ.

 A. Peringatan agar memperhatikan orang yang akan menuntut ilmu

B. Orang yang beriman dan berilmu akan ditinggikan deratanya

C. Peringatan agar tidak membeda-bedakan antara si kaya dan si miskin

D. Perintah kepada guru memberikan penghargaan dan pelayanan yang sama

44.   Dalam QS. al-Mujadilah: 11 lafadz:

ููŽุง ูู’ุณูŽุญููˆู’ุง ูŠูŽูู’ุณูŽุญู ุงู„ู„ู‡ู ู„ูŽูƒูู…ู’....adalah

A. Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis

B. Dan apabila dikatakan, โ€œBerdirilah kamu,โ€ maka berdirilah

C. niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman

D. maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu

45.   Perhatikan terjemah Hadis berikut: โ€œDari Abu Hurairah bahwasannya Rasulullah SAW. bersabda: โ€œBarangsiapa yang menempuh satu jalan untuk mendapatkan ilmu, maka Allah memudahkan baginya jalan menuju surga.โ€(H.R. Muslim). Kalimat yang bergaris bawah adalah terjemah dariโ€ฆ. .A ู…ูŽู†ู’ ุณูŽู„ูŽูƒูŽ ุทูŽุฑููŠู’ู‚ู‹ุง

.B ูŠูŽู„ู’ุชูŽู…ูุณู ูููŠู’ู‡ู ุนูู„ู’ู…ู‹ุง

C.ุณูŽู‡ู‘ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ู„ูŽู‡ู

D ุทูŽุฑููŠู’ู‚ู‹ุง ุงูู„ู‰ูŽ ุงู’ู„ุฌูŽู†ู‘ูŽู‡ู

46.   Huda dan Luthfi belajar menghafal sebuah Hadis tentang keutamaan menuntut ilmu, mereka bergantian membaca dan mengartikan Hadis tersebut.

Saat sampai pada lafadzู…ูŽู†ู’ ุณูŽู„ูŽูƒูŽ ุทูŽุฑููŠู’ู‚ู‹ุง ,Huda mengartikannya sebagai โ€ฆ.

A. Barang siapa menempuh suatu jalan

B. untuk mendapatkan ilmu

 C. maka Allah akan memudahkan baginya

D. Jalan menuju surga

47.   Shinta mendapat tugas mencari arti mufradat dari lafadzุณูŽู‡ู‘ูŽู„ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ู„ูŽู‡ ูyang artinyaโ€ฆ.

A. Barang siapa menempuh suatu jalan                                  

 B. untuk mendapatkan ilmu

C. maka Allah akan memudahkan baginya                   

D. Jalan menuju surga

48.   . Dalam Hadis tentang keutamaan menuntut ilmu riwayat Muslim dari Abu Hurairah, penghargaan yang akan diterima si pencari ilmu adalahโ€ฆ.

 A. Rumah yang sangat lapang

 B. Dijaga dan doakan seluruh malaikat

C. Ditinggikan derajatnya dari pada ahli ibadah

D. Dimudahkan jalannya menuju ke surga

49.   Diana membaca Hadis keutamaan menuntut ilmu riwayat Ibnu Majah dari Shafwan Bin โ€˜Assal Al-MuradiSampailah ia pada lafadzูููŠ ุทูŽู„ูŽุจู ุงู’ู„ุนูู„ู’ู…ูyang artinyaโ€ฆ.

A. Tidaklah seseorang yang keluar dari rumahnya

B. untuk menuntut ilmu

C. para malaikat akan mengepakkan sayap-sayapnya untuk orang tersebut

D. karena ridha dengan apa yang ia kerjakan

50.   Rina dan Rini adalah saudara kembar di kelas dan madrasah yang sama. Mereka belajar Hadis dengan saling bertanya jawab. Rina melontarkan pertanyaan kepada Rini: โ€œapa lafadz dari arti  ุฑูุถู‹ุง ุจูู…ูŽุง ูŠูŽุตู’ู†ูŽุนูRini menjawabโ€ฆ.

A. Tidaklah seseorang yang keluar dari rumahnya

B. untuk menuntut ilmu

 C. para malaikat akan mengepakkan sayap-sayapnya untuk orang tersebut

D. karena ridha dengan apa yang ia kerjakan

 

 

1.        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH PROPOSAL MAULID AL-HABSYI

pertanyaan dan jawaban tentang manajemen proyek

LAPORAN PRAKTEK MAGANG PADA UPT.DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN